iklan iwb

460x110 (7)460x110_ok

"Your face looks familiar too!"Bro dan sis sekalian……dewasa ini persaingan antar pabrikan sangat ketat. Kompetisi sudah masuk pada level yang cukup tinggi. Tidak heran adu fitur, performa serta desain menjadi kunci agar produk tetap dilirik biker. Begitu juga soal desain. Ketika sebuah produk laris manis….artinya desain tersebut bisa diterima oleh seluruh masyarakat. Pertanyaannya…..haramkah jika pabrikan lain mencoba mengambil basis konsep desain tersebut untuk produk terbaru mereka??….

460x110REVSYOURBIKE

iklan iwb

Tentu saja tidak mzbro. Selama tidak melakukan kloning total tindakan tetap dikatakan legal. Jika desain tersebut dianggap memiliki tren…..ya memang harus fleksibel to. Justru kalau R & D kaku tur “medodok sakarepe dewe” malah akan merugikan mereka. Contohnya nih…..

Ketika model round lamp atau lampu bulat mulai dianggap old fashion dibanding shape oval…..mereka juga harus mengikuti. Atau tutup tanki flat dipandang lebih sporty ketimbang model njendol….lambat atau cepat cara yang sama harus ditempuh. Begitu juga headlamp skutik diatas nempel diarea stang. Ketika model tersebut mulai enggan dilirik konsumen…..tidak usah gengsi mengikuti tren yang sudah tercipta dipasar. Toh secara detil….pabrikan selalu merombak dengan karya sendiri….menghias secara apik agar generasi terbaru jauh lebih indah. Pertanyaannya….gimana jika tindakan tersebut dianggap mengekor??…..

Tentu hak tiap orang menilai. Yang penting mental dipasang supaya telinga ora panas :mrgreen: . Namanya juga ikhtiar mzbro. Jadi kendati cacian dilontarkan kudu tabah menjalani. Apalagi tiap pabrikan memang pernah melakukannya. Lawong emang skutik si A laris….kenapa tidak mengikuti kelebihannya?. Atau sport si B lebih disukai….kenapa haram mengambil garis desainnya?. Yang penting pilihan makin banyak dan kita terus dimanjakan. Setuju ora :mrgreen: …..(iwb)

rpms-banner

130 COMMENTS

  1. Nampaknya ini perlu kita renungkan dan pikirkan bersama gan!
    bonsaibiker.com/2014/11/28/lagi-dan-lagi-anak-dibawah-umur-dikasih-kendaraan-berujung-petaka-bermotor-sambil-bercanda-tertabrak-polisi-hingga-meninggal/

  2. Pas saya liat spy shoot mio 125 shape nya lebih kaya X-ride, lampu lebih lekuknya ke mio soul lawas mas, gx ada ser2an ke beat tuh mas secara pribadi saya menilai, trus sport honda CBSF itu juga shape nya lebih ke megapro, cuma konsumen indo memang fanatik merek, tinggal strategi bombardir marketing… Toh minuman Miz**n juga pelopor minuman isotonik jelas ditiru kompetitor minuman lain bisa bertahan karena iklan yang tiap jam tayang di TV jadi “be 100% minum Miz**n ” yamaha Mio lawas +mio soul itu bisa padam karena bombardir iklan Vario di TV dengan irit+canggih nya… Tinggal YIMM strategi bombardir marketing di tayang TV nya lebih banyak supaya “brain” image di konsumen bisa dibongkar dgn slogan “Yamaha Irit, kencang, canggih, nyaman, aman dan stylish” Soo, last, itu pendapat pribadi mas… Salam rider_netral

  3. impas sih menurut ane..

    blade juga agak ‘niru’ sih desain jupiter z..

    biar bisa menyaingi katanya..

    cmiiw

  4. bener. intinya aga ada yang dirugikan. tapi ya sadar diri juga, jangan plek.ketumplek plek 🙂

  5. ya sah sah aja, tp para fb nya itu lho yang koar2 ga ketulungan, kaya pabrikan sesembahan nya ga pernah jiplak desain aja………………. ingat kasus cb 150 dan vixi mode on

  6. Yang heran kok desain jelek ikut ditiru ya?

    kupasmotor.wordpress.com/2014/11/29/30-persen-lebih-irit-dengan-overdrive-kapan-diterapkan-ke-motor-matic-ya-bro/

  7. blunder brooo yg pinter njiplak ki cuma onda…
    kalgau desain onda yg dijiplax saya yalin gak bakal laku 😛 … kita buktikan ya.. desain M3 ini gak bakal terjual melampaui yg djiplak.

  8. gak masalah kl niru abis, contohnya bnyk yamaha niru honda, kl honda nuntut bisa2 yahama tutup pabriknya..

Comments are closed.