iklan iwb

460x110 (7)460x110_ok

cbr150vsr15iwb

Bro dan sis sekalian…….artikel ini sebagai finalisasi komparasi head to head Honda new CBR150R vs Yamaha YZF R15. Tentu saja bukan hal yang mudah untuk mengadu keduanya karena masing-masing produk mempunyai keunggulan sendiri. Namun sebisa mungkin setiap detil coba IWB rasakan…resapi serta terjemahkan kedalam bentuk tulisan. Mulai dari ergonomi, keampuhan braking, respon engine serta kemampuan handling dalam melibas berbagai kontur jalan baik normal ataupun agresif. Seperti apa??. Berikut detil komparasinya….
460x110REVSYOURBIKE

iklan iwb

Mewarisi gen YZF yang agresif, Yamaha meracik R15 dengan konsep racy dan sport murni. Bisa dilihat dari desain yang tanpa kompromi nungging habis dan bagian depan merunduk. Sedang new CBR150R bisa IWB katakan lebih mature dengan penggabungan antara sport serta turing bike. Tentu saja fell of riding-nya memang sedikit berbeda. IWB akan coba jabarkan satu persatu. Yang pertama yakni….

Ergonomi

R15-red

IMG_1949

Untuk ergonomi atau posisi berkendara….R15 terasa menukik kedepan. Sensasi menunggangi motor ini adalah “great” feeling serta bawaannya seperti nunggang diatas motor racing. Sampeyan akan merasakan sport murni disana….tangan menjangkau stang tanpa perlu menjulur jauh dengan posisi sedikit kebawah yang dikombinasikan foot steep yang ditarik mundur. Dengan ergonomi ini….kepala kita dipaksa mendongak keatas. Feel ergonomi R15 mirip dengan Ninja 2 tak series….

Sedang CBR150R…..posisi stang tidak serendah R15. Dengan tanki besar dan panjang…..ternyata jarak rider kestang lumayan jauh dibanding R15 sehingga tangan harus sedikit menjulur kedepan untuk menggapainya. Soal beban ditangan….tentu lebih rendah sebab bobot cenderung bertumpu diposisi central bukan pergelangan. Pressure yang dihasilkan pada tangan tidak terlalu besar. Nah….gimana praktek dilapangan saat dipakai jarak jauh??……

Jangan samakan dengan turing bike karena setelah jarak jauh….keduanya tidak murni terlepas dari rasa capek. Hanya saja beda dengan R15….pressure CBR150R tidak terlalu dominan dan hanya sedikit terasa pada telapak tangan kanan. Selain itu…dengan posisi riding yang ditawarkan, entah kenapa punggung bawah juga rada pegel. Analisa sementara karena jok yang kurang tebel mengakibatkan jarak foot step jadi lebih dekat bok**g. IMHO mungkin bisa diakalin dengan penebalan busa….

Sementara untuk R15…..punggung terbebas dari pegel. Namun yang diserang adalah bagian pergelangan serta telapak tangan. Khususnya saat hard braking dimana tangan dipaksa bekerja keras menahan bobot tubuh kedepan. Tidak heran kalau pergelangan serta telapak tangan bakal ngilu saat perjalanan jauh. Selain bagian tersebut….mirip dengan nunggang Ninja 2 tak, diawal-awal adaptasi….leher bagian belakang juga sedikit sakit. Posisi badan yang merunduk menjadi biang pressure pada leher lebih besar. lawong digandoli kepala sama helm je. Namun seiring waktu perasaan tersebut akan hilang. Gimana dengan boncenger?….

Ternyata komennya cukup menarik mzbro. Dua poin negatif yang sudah sering diangkat yakni susahnya saat naik keatas jok serta gaya dorong ketika braking bisa membuat badan melorot kebawah jika tidak memegang pundak rider didepan. Namun sisi positifnya…saat motor jalan konstan….ketidak nyaman tersebut tidak menghampiri. Malahan karena posisi split seat yang tinggi….kaki tidak dipaksa nekuk berlebihan ketika menginjak foot step sehingga testimoninya kaki jadi nggak pegel. Kuwi konstan….lek ngerem yo rekoso maneh :mrgreen: ….

Handling dan pengendalian

New CBR150R dibekali suspensi monoshok Pro-link, dikombinasikan sasis teralis yang disebut Honda sebagai truss frame. Untuk mengejar kelincahan….Honda juga memperpendek whellbase dari versi CBU. Alhasil…..new CBR150R memang nurut dan lincah tenan. Untuk manuver kiri kanan mudah serta gampang. Contoh kongret saat digunakan menaklukkan tikungan sempit kekiri dan kemudian lengkungan parabolic kekanan. Perpindahan posisi motor langsung bisa dilakukan dengan mudah tanpa mengeluh….

Sedang R15 mengandalkan frame deltabox yang dikawinkan dengan suspensi monocross. Secara sistem kerja sami mawon dengan Pro-link hanya beda nama paten. Dibanding wheelbase CBR150R….motor racikan Yamaha ini lebih panjang. Alhasil….manuver tidak selincah CBR. Melakukan manuver serupa….IWB butuh beberapa saat untuk berpindah posisi. Otomatis racing line tidak bisa sedalam saat menggunakan CBR150R. Jelas IWB akui soal kelincahan CBR150R sedikit unggul dibanding R15. Namun sisi positif dari R15 adalah traksi ban depan mzbro…..

Yup….secara feeling, pada saat melibas tikungan tajam….R15 terasa lebih antep. Efeknya traksi cukup menggigit dan menyenangkan. Dari analisa IWB hal ini dikarenakan distribution weight yang mengatur bobot banyak didepan ketika running. Desain menukik memberikan keuntungan ketika melakukan manuver belok pada high speed. Swing arm besar dan panjang (jangan ngeres :mrgreen: ) juga membantu daya redam goncangan ketika ban dipaksa menghajar lubang jalanan. Praktis pengendara diatasnya merasa tetap anteng. Lengan ayun ini juga banyak memberikan kestabilan ketika motor melaju pada kecepatan diatas 110km/jam…..

Performa dan engine

Honda new CBR150R (3)

IMG_1977Nah….ini yang menarik. Dibekali mesin DOHC 4 klep, engine pada generasi K45 mampu membuat IWB terkesima. Mesin racikan Honda ini halus serta bertenaga disegala rentang RPM. Sejak bawah hingga atas CBR150R nyaris susah dicari cela. Dan yang IWB garis bawahi lagi adalah….vibrasi. Sangat terjaga dari low hingga high RPM. Mesin seperti tidak banyak dibuat stres dan tetap rileks kendati RPM meraung hingga limiter. Top speed terbaik dipecahkan oleh bro Nunu dari Kediri lewat torehan 145 km/jam. Hal ini sedikit berbeda dengan R15…..

Mengadopsi engine SOHC 4 katup, karakter mesin R15 rada linear atau flat. IWB melihat, engineering Yamaha sepertinya mengejar top speed. Tidak heran saat turing diBangka Belitung…bro Goozy (jurnalis) dengan R15 sanggup ngintil kita pada kecepatam 144km/jam (IWB saat itu nunggang R25). Namun atas keputusan tersebut…..accelerasi sedikit dikorbankan. Makanya jangan kaget kalau torsi serasa dibawah NVL. Saat digeber……sendalan tarikan cenderung datar kurang memberikan efek jambakan pada rider diatasnya. Ngayun serta butuh trek panjang untuk mendapatkan top speed. Vibrasi engine juga cukup dominan khususnya ketika menyeberang dari 4500-7000 RPM. Dibanding NVL-pun, vibrasi R15 juga lebih kuat. Untungnya saat berputar tinggi diatas 7000, getaran malah hilang…….

Braking

IMG_1945

IMG_1979

Secara garis besar IWB bisa katakan bahwa kekuatan pengereman nyaris imbang. Sama-sama pakem dan mumpuni. Namun seperti biasa untuk sensasi saat tuas dibetot…..R15 lebih empuk ciri khas motor garputala.

Kesimpulan

Kedua produk masing-masing mempunyai kelebihan serta kekurangan. Jika Yamaha menawarkan handling dan desain….maka Honda lebih kepada mesin, kelincahan serta kenyamanan. Tentu saja semua terserah sampeyan untuk memutuskan. Apalagi keduanya memang sama-sama keren serta bikin iman ambrol. Akhir kata…selamat bermumet ria dan ikuti kata hati untuk menjatuhkan pilihan. Ada komentar dan pertanyaan mzbro??…..(iwb)

rpms-banner

241 COMMENTS

  1. mana neh si momok..
    hbs ini pasti bikin artikel tandingan..
    blg g netral lah berat sebelah… klo review produk hrsl beli sendiri biar g berat sebelah..
    org mas iwan dah netral apa adanya…
    ak dkg kang iwan josss…

  2. seko fonone mas iwan wis ketok…..cbr semakin di depan… 😀 (bar iki mas iwan cepet2 ganti foto…)

  3. Mas iwan kl dsuruh pilih mas iwan pilih mana.dengan catatan mas iwan blm.punya R15.
    Satu lg mas klo new cbr .R15 n pulsar 200ns pilih Mana.kang??
    Soalnya mw ambil salah 1 dr ketiga it mas.mohon pencerahanaya.salam joss gandoss

  4. tapi dari beberapa iven.. trmasuk drag race suramadu ko R15 nyampe kalah 10x yaaa..? pa yaqin top speed slisih 1km/j katay speedo cbr speedo dobleh..? tapi stiap cbr vs r15 pasti r15 kalah.. gmana tu luurr..? mohon pencerahaanya

  5. Yang mas Iwan denger pada saat perpindahan presneling ada suara klik nya gak di CBR…, suaranya persis seperti step boncenger pada saat di tutup/dibuka.

  6. kalo ada rejeki milih CBR150 aja mas, tapi swing armnya cakep punya R15 yaa…

    hmmm, kalo liat di poto mas iwan lebih cocok naek CBR150.. pas sama badannya, heheheh.. #pissssss….

    • Ngoahahahahaha …

      Si ibam suka naik odong2

      Makanya pilih cbr …

      Wong ganteng sering ke kfc yo pilih r15 coyy !!

      Muehehehehehe …

  7. Yg mau ke kfc silakan pilih r15 ..

    Yg mau antri beras jatah silahkan ambil cbr ..

    Muehehehehehehe ..

  8. Muehehehehehehehe …

    Motor jawara dohc overbore cuma unggul 1km/j dari sohc opersirup ..

    Ini yg hebat yimm / ahm yg fekok ???

    Memalukan … !!

    Xixixixixixixi ..

  9. R15 punya Kang Iwan selanjutnya mau diModif apanya ni Kang, barangkali jadi inspirasi ke yang lain.
    Ditunggu bocoran New Soul GT125 Kang.

  10. kang, ,
    coba kalo ada rasia. .kang iwan bw r 15 truz berhenti. Ditilang ga itu lampu cm nyala 1.
    Tolong dipraktekin 3 x ya.
    Mau beli,tp takut kna tilang

    • cbr 150 kaya jangkrik gasir trondol. Coba liat pas lg keluar tikungan headlamp dan tanduky mengingatkan pd JANGKRIK TRONDOL.
      STuju bro

  11. top speed beda 1kpj, katanya speedo cbr lebay???
    tapi dites di suramadu 10x yang kalah masih lele dumbo… 😆

    fby bisa jelasin??? 😆

    • Ngoahahahahaha …

      Ini pemakan beras jatah pura2 fekok / fekok beneran …

      Jelas test kibul ala jongos ahm walau di ulang 1000x ,, ya tetep yang dimenangkan cbr …

      Yuuu – itu tes ala ketoprak humor .. R15 std vs cbr yg dioprek sampai 18dk+ ..

      Itu para pemain jongos2 ahm semua !!

      Ente faham ???

      Muehehehehehehe …

  12. Busyet dah… lht bro Iwan nangkring di atas R15 kok udah kyk pembalap MotoGP ya? wkwkwkwkwk… asli keren. Justru penampilan kyk gitu yg gak dimiliki oleh produk sport AHM. Jadi jgn salahin jg kl udah terlanjur muncul statement yg menyatakan bahwa Honda itu motornya bapak2. Coba dilihat baik2 foto bro Iwan di atas R15, gayanya itu lho yg gak nahan… wkwkwkwkwk…..

  13. naik r15 sangat menguntungkan.. karena antara motor ame orang pasti cakepan orangnya…. kan curut… coba kalo naik cbr…. gantengmu akan hilang coy…. terserah sampean mau beli yang mana….

  14. kesimpulan : Rongsox15 hanya cocok untuk jalan tol saja alias trk lurus berkilo-kilometer akan tetapi New CBR150R di bekali mesin DOHC maka trek lurus pun bisa ngimbangin Rongsox15 dan bahkan bisa mengalahkan Rongsox15 karena karakter DOHC jago di putaran atas,, jadi tidak ada lagi tempat untuk mengimbangi ketangguhan New CBR

    • wk.k.k.k
      R15 bkn tandingan all new cbr150 kjauhan, kang mau jarak 200m pun gk ada apanya, yg ktnya top speed imbang, palagi speedo cbr ngibul knyataanya jarak 200 dah keok jrk smakin jauh smaki ktinggalan tuh r15, bang iwan bilang pkai r15 punggung gk capai itu kan jrk dkat, ane dah prnah nyemplak 2th punggung sakit trus sering batuk krn prjlanan 100km/hr.

  15. dan kenyataannya, 2 ekor bikers bloger lebih memilih sport yam*ha daripada sport nyamannya h*nda.
    naik sport kok pengen nyaman, kalau pengen nyaman itu naik awan terbang 😀

  16. R15 racy banget. Lihat fotonya mas iwan nangkring R15 dari samping mirip balapan motogp. Tapi ada yang kurang mas, umbrella girl nya koq absen?

  17. nggak ada bedanya nih motor juara …cbr repsol ame miliknya markesss…. shock ga boleh nyentul….. yang bawah lucu bingitzzz….muke lebar.. reog ape curut yaaa…. biar tambah ramee….

Comments are closed.