iklan iwb
iklan iwb

460x110 (7)460x110_ok

Kalau bikernya model begini mah baru harus dilarang hahaha...
Kendaraan roda dua dianggap biang kesemrawutan. Kalau gambar ini IWB mah setuju :mrgreen: ….

Bro dan sis sekalian…tertegun IWB membaca postingan bro Vandra aka MMblog. Menyoroti postingan koran Kompas yang memuat pelarangan sepeda motor seluruh wilayah DKI…….jelas wacana ini membuat IWB botak sariawan. Lha piye mzbro…..angkutan umum sik madul-madul ora karuan koq moro-moro njedul rencana yang pelarangan sepeda motor dijalanan Jakarta. Tidak hanya diThamrin namun kedepan seluruh wilayah Jakarta. Ediannn!. Apes bener nasib biker rekkk-rekkkk…..

460x110REVSYOURBIKE

iklan iwb
iklan iwb

Dari penggalan artikel Kompas bisa kita baca……pembatasan ruas jalan Thamrin untuk kendaraan sepeda motor adalah uji coba tahap 1 sebelum seluruh wilayah DKI haram dilalui kendaraan roda kedepan. Dinas perhubungan DKI berdalih bahwa mereka sudah menyiapkan 10 bis tingkat gratis serta 11 tempat parkir disekitar luas jalan tersebut. Shifting diharapkan mulus dan wajib dituruti seluruh biker. Alasan mereka kendaraan roda dua selama ini dianggap tidak aman serta biang kesemrawutan serta kemacetan jalanan ibu kota. Sebuah justifikasi prematur tanpa penggalian lebih dalam akar permasalahan sesungguhnya….

Jika ada yang mengatakan motor biang kemacetan jelas IWB tidak setuju. Berjubelnya motor tidak akan membuat stuck dijalan sempit sekalipun. Namun sekalinya nongol kendaraan roda 4….nyuwun sewu ki, langsung beda flow-nya mzbro. Jadi ngadat brebet kayak busi mau mati. Lawong IWB juga suka nyetir dan jujur……mobil memang lebih banyak memakan tempat. Sedang motor…..jauh lebih kompak serta simpel. Artinya apa?. Bakal tidak fair jika yang digiring dan dipaksa naik angkutan umum hanya biker. Sementara mobil-mobil pribadi masih melenggang santai. Satu mobil hanya diisi sopir dan….seorang anak SMA dibelakang yang disinyalir adalah juragannya. Pemandangan ini sering IWB temui. Tidak heran RSA memberikan pernyataan sikap atas wacana diatas dan menghimbau agar tidak grusa-grusu yakni…..

1. Sosialisasikan alasan-alasan pembatasan sepeda motor kepada masyarakat luas melalui media massa dan media sosial. Materi sosialisasi mencakup seberapa besar tingkat kecelakaan di kawasan yang akan diterapkan pembatasan. Selain itu, sejauhmana tingkat kemacetan yang ditimbulkan oleh sepeda motor di kawasan yang dimaksud.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

2. Sampaikan ke publik hasil uji coba. Sejauhmana dampaknya terhadap masalah kecelakaan dan kemacetan di kawasan yang diujicoba.

3. Penuhi kaidah-kaidah yang diamanatkan oleh UU No 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) maupun aturan turunannya seperti Peraturan Pemerintah (PP) No 32/2011 tentang Manajemen dan Rekayasa, Analisis Dampak, Serta Manajemen Kebutuhan Lalu Lintas, serta Perda No 5/2014 tentang Transportasi.

4. Sesegera mungkin wujudkan transportasi publik yang aman, nyaman, aman, selamat, tepat waktu, terjangkau secara akses dan finansial, serta ramah lingkungan. Angkutan umum yang sesuai standar pelayanan minimum (SPM) yang sepadan. (*)

Kebijakan di hilir soal pembatasan lalu lintas kendaraan sebenarnya tidak perlu dilakukan bila persoalan di hulunya, yakni angkutan umum massal yang nyaman cukup tersedia. Angkutan umum massal yang aman, nyaman, selamat, tepat waktu, terjangkau secara akses dan finansial, serta ramah lingkungan menjadi dambaan publik. Andai angkutan seperti itu tersedia cukup banyak, rasanya penggunaan kendaraan bermotor pribadi seperti mobil penumpang dan sepeda motor bisa tereduksi secara alamiah.

Di sisi lain, andai perilaku individual masyarakat kota dapat dikurangi, maka penggunaan kendaraan pribadi pun dapat menyusut. Kita selalu sibuk dengan persoalan di hilir dan lalai atas persoalan di hulu, termasuk dalam permasalahan kecelakaan lalu lintas jalan. Bila pemda menerapkan pembatasan sepeda motor, kendaraan substitusinya juga harus sepadan sehingga hak bermobilitas warga masih dapat terpenuhi. Nah….pertanyaannya, Pemda wis iso opo durung?. Lawong nunggu busway aja sampe jenggot sariawan geblak katene semaput koq saking lamanya. Sekalinya datang kapasitas full nggak muat jadi kayak ikan pepes digencet didalam. Seharusnya….buktikan dulu dengan penyediaan angkutan umum memadai baru pelarangan dibuat. Kuwi baru pinterrrr, iyo ora kangbro? :mrgreen: …(iwb)

SAMSUNG CAMERA PICTURES

rpms-banner

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

242 COMMENTS

    • Kalau bikernya kaya foto di atas sih udah bener banget pemerintah lek wkwkwkwkw….
      bonsai mana bonsai
      ——————-
      Selamat malam, berbagi kisah inspiratif seorang gadis ayu belia penjaja getuk yang bercita cita menjadi dokter..
      kobayogas.com/2014/11/26/kisah-inspiratif-ninih-gadis-manis-penjual-asongan-getuk-asal-indramayu-yang-kepingin-jadi-dokter/

      • amankan dulu ah πŸ˜›
        =======
        SYM Motor, kenapa bisa jadi pilihan?
        kobayogas.com/2014/11/25/first-impression-sym-series-joyride-gts-dan-maxsym-400/

          • Pengen ikutan beli. πŸ™‚

            BMW S1000RR Meraih Predikat Paling Top Untuk Kategori Motor Non Jepang | prasetyo676.com
            prasetyo676.com/2014/11/27/bmw-s1000rr-meraih-predikat-paling-top-untuk-kategori-motor-non-jepang/

        • Ini membuat saya sadar, kalau tahun depan saya harus bawa pesawat jet pribadi, wkwkwkwk πŸ˜€

          ————————————-
          Apa Jadinya kalau ada Bikers yang lebih miring daripada #MM93… Nih Dia, HEAD DOWN !

          enoanderson.com/2014/11/27/wth-skill-cornering-tingkat-tinggi-nih-head-down/

      • alau kita lihat secara fisik yang menggunakan luas lahan di jakarta dan Kota Besar lainnya adalah mobil Pribadi pantau saja melalui udara di jalan Tol Jabodetabek yang macet itu mobil dan yang di jalan non tol yang memenuhi jalan mobil. mengapa hanya motor yang kena larangan. yang bikin peraturan bukan dari orang yang menggunkan motor. itu kan yang Kementerian Perindustrian dan intansi terkait yang meloloskan produksi daerah yang menjadi tempat produksi kendaraan. tang dibenahi itu pruduksi jangan pengguna kendaraan roda dua

    • bukan di-semua wilayah jakarta om…

      tapi semua jalan2 protokol di jakarta (rencana kedepannya)

      semua wilayah jakarta dan semua jalan protokol jakarta, beda pemahaman jadi rancu…

      γ€€

    • maaf om iwb n om vandra…

      judul artikel ini bisa salah pemahaman bagi pengunjung…

      bukan di-wilayah dki jakarta, tapi di-jalan2 protokol wilayah dki jakarta…

      γ€€

    • kalo ahok tidak buat aturan pengetatan penjumlahan motor …nanti di bilang dapet tekanan dari konglomerasi jepang …nanti dibilang kongkalikong dengan atpm jepang……skrg di buktikan tuh sama si ahok ….eh di komplain juga sama beberapa pihak di negri ini yang dalam tanda kutip dapet “jatah insentif from konglomerasi jepang”

  1. ea kang td jg sy dpt informasi ktnya sepeda mtr ngk boleh lewat kebon jeruk..n kebon nanas..
    trus sy tanya..kenapa. eh mlh dia jawab….lo mau di omelin orang kebon jeruk sm kebon nanasx dirusak sm mtr lo…
    gk gk gk heureuy kang.

  2. betul kang.. selama angkutan umum udah bagus.. dijamin banyak koq yang bakal pindah ke angkutan umum.. lihat aja busway.. gak ada yang kosong kan..

  3. Betul sekali iku bro iwan
    Apalagi kalimat yg nyebutin ada sopir n anak smu dibelakang yg disinyalir sbg tuannya or calon temen majikannya hehehe cabe2an
    Tp bnr iju q ibget bnr wkt kerja di jkt th 2003 pemandangannya kyk gt persis sperti senetron aja…
    G spakat blas klo tiba2 kebijakan itu diterapkan ayo p. Ahok jgn buat kebijakan yg bs membuat org lain banyak yg terzolimi selama ini sy suka dg gy bapak yg frontal tp dgn keptusan yg bener bermanfaat untuk org banyak…jgn taken kebijakan yg sperti disurat kabar tulis benahi dulu lah transportasi umum bolehlah setelah itu pelan pelan membuat peraturan yg spt ini

  4. aku sih setuju saja lek, tapi bukan cuma motor namun semua kendaraan pribadi…
    yang boleh jalan kendaraan umum yang layak aman nyaman terjangkau, setuju
    pertamax7.com/2014/11/26/pertamax-ron-92-turun-harga-di-seluruh-indonesia-harga-berbeda-tiap-wilayah-mulai-rp-9-950-sampai-rp-14-500/

  5. ini lah ibukota lebih kejam dr ibu tiri.pemerintah dki menganggap orng yg hdp dijakarta kaya semua,mau gak mau hanya orang yg punya duitlah yg bisa tinggal dijakarta.orang miskin kaya saya gak layak tinggal dijakarta.sebenarnya bagus pelarangan motor masuk protokol.tp gak adil yg punya mobil dengan santainya lewat jalan protokolll.sedihhhh hatikuuu dan sakitnya tu di mari

  6. wah, gawat nih. nanti bloger2 perkotaan mau bahas apaan ???. motuba !!!. jakarta jadi gak asyik sejak dikuasai diktator. kebebasan di belenggu gan !!!. salah ngomong, masuk penjara. hadeeeh !!!. ok lah kang iwan, ane cuma bisa nyimak dari jauh. moga2 aja ada pengkajian ulang πŸ˜€

  7. Alhamdulillah Mas angkat isu ini juga.. sumpah kaget banget aku mas pas baca artikel ini di koran kompas pagi tadi. Kirain wis cukup di jalan tamrin doang, gak taunya bakal ngerembet euy. Kalau di seluruh jalan protokol mah sekalian aja sampe di gang-gang juga gak boleh. Bener-bener daaaaahhhhhhh πŸ™

  8. lebarkan jalan, pisahkan jalur roda2, roda 4. buatkan lahan parkir yg luas dipusat kota yg buanyak. lebih extrem lagi? buat jembatan layang kyk diLA, sebagai pembagi jalur lalu lintas yg padat. gampang amat bro lu ngomong? iya dong, saya kn bayar pajak, itu hak kami hak para pembayar pajak, jd terserah sy mau bilang apa. hehe tp y sudahlah! inilah indonesia.

  9. kalo masalah ukuran saya setuju sama mas iwan. tapi sebenernya masalahnya ada di kedisiplinan pengendaranya mas. karena motor lebih gesit, makanya banyak pengendara motor yang melanggar aturan, melakukan manuver berbahaya dan kebut2an. mungkin itulah yang menjadikan motor dianggap biang kemacetan. selain itu murah meriahnya part modifikasi ilegal (macam kenalpot bising) membuat keberadaan motor kian dianggap mengganggu.

    dan masalah kedisiplinan ini gak hanya menjadi masalah dijalanan tapi juga disetiap bagian dalam kehidupan masyarakat indonesia.

  10. Sebagi bikers n sopir saya sudah bisa merasakan bahwa mobilah yg memakan banyak tempat. lebih tidak efisien lagi kalau mobil cuma dikendarai 1 -2 orang. nek neng jakarta motor gak oleh liwat trus piye nek bikers berbondong2 beli mobil? ben oleh liwat. pora tambah tumpuk undung,,,,,hahaha,,,,,,

  11. cara paling gampang dan efektif biar tdk macet adalah dg:
    1. Hilangkan parkir liar
    2. Siapkan gedung/lahan khusus parkir dg system ELECTRIC
    3. Terapkan tarif parkir MAHAL dan berlakukan tarif parkir progresif naik 50% per jam. Parkir motor Rp. 25.000/jam dan mobil Rp. 75.000/jam
    4. Gunakan tilang parkir ELEKTRONIK

    tp sebelum smua itu dilakukan pemerintah WAJIB menyediakan transportasi massal yg BAIK, NYAMAN dan SELAMAT.

    Dijamin tanpa memberlakukan pelarangan motor, maka para pengguna motor dan mobil akan beralih dg sendirinya ke moda transportasi massal.

  12. jgn cuma motor saja … tapi mobil2 pribadi juga harus dilarang … kan nantinya ada kendaraan umum .. begitu kan seharusnya …

  13. Hayo semua bikers beli mobil aja, biar jakarta makin padet, makin rame, makin macet, gabisa gerak jd ga ada yg ngantor. Biar yg buat peraturannya kewalahan melihat di jakarta tak ada lagi motor yg adanya mobil sebanyak motor :mrgreen:.

  14. dah, turuti aja si ahok, kandangin dulu motornya, beli mobil, kl duit tak cukup, bs arisan. Kalo dah bebas motor tp tetap macet & banyak kecelakaan, mau ditaroh dimana mukanya.

  15. jadi mereka pikir nambahin 10 bis tingkat bisa menampung pemotor yang nggak lagi naik motor?? coba aktifkan 30 bis tingkat sekarang, yakin bisa nampung orang yang pulang pergi kerja?? apalagi ditambah motor dilarang

  16. TTDJ gan, ngebut bukan saja membahayakan diri sendiri, tapi juga orang lain!
    bonsaibiker.com/2014/11/26/tabrakan-beat-vs-nvl-di-karawang-remek-n-ringsek-depannya/

  17. Menuju “JAKARTA Fine City”..hmm,semakin serius menjadikan Jakarta sbg ‘Singapura’nya Indonesia..mungkin nanti nya cuma ada mobil yg setelah 5 th harus diremajakan,transportasi umum yg berkelas, dan moge..trus nanti di negara asean jadi ada istilah ‘Limbah mesin ex Jakarta’..

  18. Kalian yang memilih, kita semua kena imbas nya! Efek salah pemimpin!!!

    Min, galang aksi tolak kebijakan itu min.. Ini udah Diskriminasi!

  19. motor,mobil,truk,bis,angkutan umum,
    smua kendaraan dilarang kabeh wae…..mlh joss…. ben dho mlaku….nk ra glm mlaku yo ben mabur….

  20. Berarti pak pol, pejabat, trmsk yg buat peraturan dilarang pake motor juga dong?

    Pasti klo disuruh gitu mereka gabakal mau dgn alasan “peraturan tsb hny buat rakyat, bukan buat aparatur pemerintah”

    Ya begitulah negara ini hanya penuh dengan alasan dan kebohongan semata2 demi kepentingan sendiri bukan kepentingan bersama. Padahal kan para pendiri bangsa ini memperjuangkan negara matian2 melawan belanda selama 350 thn, dan jepang selama 3,5 tahun demi kepentingan bersama. Lalu dimanakah jiwa nasionalisme si pembuat aturan? Apakah dia tak mengganggap indonesia punya pahlawan ataukah dia buta sejarah? Sampai rakyat sendiri diacuhkan bagaikan angin yang berlalu, sebegitu parahkah pejabat kita??? Patut dicurigai…

  21. Motor tambah banyak itu imbas dari belum baiknya sistem transportasi umum.
    Motor juga lebih bisa menghemat pemakaian bahan bakar daripada mobil, buat nempuh jarak 20km, mobil setidaknya butuh 2 liter,sementara motor rata2 tak sampai 1 liter
    Pakai motor itu juga menghindarkan dari memubazirkan ruang jalan, coba dicek lagi tuh dalam satu mobil ada berapa ekor? paling banter 1-2 orang aja. Makanya ada peraturan 3-1 (3 orang dalam satu mobil) yang bertujuan untuk mengefisiensikan ruang jalan.
    Masih banyak pula warga DKI Jakarta yang kelas ekonominya menengah ke bawah. Kalo banyak yang menengah ke atas maka kemungkinan besar bakalan makin penuh lagi dengan mobil.

    Benahi dulu sistem transportasi umum di DKI Jakarta. Minimal buatlah dulu itu TRANS JAKARTA menjadi lebih NYAMAN AMAN dan TEPAT WAKTU. Sekarang saja masih belum bisa diwujudkan tapi sudah koar2 ngelarang motor.

    • suroboyo bro….the city of hero’s.

      gk bakalan onk aturan koyok ngunu.opo njalok di gae bulan2an karo wargane a?lha wong turunane pejuang,mentale mental perang.hahhhahaa

      tp aku bangga karo suroboyoku.enk gk koyok jkt.anchooorrrr…

  22. Sebenernya ga hanya motor aja mas , mobil kedepanya tetap masuk tetapi masuk jalan protokol itu harus bayar seperti model di eropa , dimulai harga 30rb kalau masih rame 60rb dan kalau masih banyak juga bisa 100rb++ sekali masuk , kata pak ahok sih begitu (CMIIW)

  23. parah.. tajem kebawah.. yg mkan jalan to mobil..isinya satu org.. ngabisin lebar jaln 2 meter.. mana ahok,, yuk tarohan bkalan lebih lancar mana, yg naek mobil pribadi suruh naek agkot, ap yg naek motor naek angkot??

  24. Saya minta pejabat dki naik umum/busway selain taksi ke kantor masing2 sampai transpotasi masal yg murah, aman dan nyaman tercapai.
    Ini baru adil.

  25. Malam Om IwanBanaran…
    maaf Agak Ngelantur dari topik…
    Ane mao nanya donk…
    Ane berminat untuk Beli Ninja 250 Fi…
    Rencana mao ambil hijau SE non abs…
    Katanya Ninja Hijau SE Tahun Pembuatan 2014 semua udah ada Slipper clucth ya??
    Sedangkan saya pernah baca di artikel nya om iwan katanya yg hijau polos baru ada teknologi baru yaitu slipper clucth..
    Mohon pencerahannya…
    Terima kasih

  26. Mugo” banjarmasin sokmben ra koyo jakarta saiki mosok motor ra oleh masuk kota

    Trus piye caraku kerjo nek ngono carane?

    Bagi wong jakarta seng sabar yo

  27. Yg bikin rusuh itu angkot yg naik turunin penumpang sembarangan, and biker yg suka nyelonong nerobos lampu merah, sekalinya berenti di lampu merah malah di depan zebra cross -__- dan juga biker yg suka masuk jalur sepeda tuh, udah di kasih beton masih aja di trobos lewat samping udah masuknya keroyokan akhirnya macet..
    Sebenernya cuma masalah kurang sabar doang sih, klo mereka sabar and taat peraturan mungkin gak bakal jadi macet..

    • Pernah tuh ane kan selalu berenti pas di garis sebelum zebra cross tuh eh di belakang ada bapa2 malah sengaja ngegas2 sambil nabrak-nabrakin knalpot ane supaya ngasih jalan kedia, sayang aja orang tua klo engga udah ane jotos tuh orang..

    • Pernah juga di jalur belok kiri langsung eh ada angkot malah nurunin penumpang pas di tikungannya, kan bikin macet tuh.
      Sekali lagi pengen nampol rasanya

  28. Mas IWB, mgkn bs disanggah tol yg secara gak ad motor aja tyap hari semerawut koq.. Pdhl dah bayar.. Skrg penerapan jam keluar kendaraan berat yg dlu min jam 22.00 br blh keluar skrg kmn bak ilank ditelen bumi tuh peraturan..
    Biang kemacetan itu, 1: mobil yg makin numpuk, trus kendaraan berat yg jalannya lama, jg jalan rusak, n penyempitan jalan..
    Motor itu sumber pemasukan untuk ekonomi jakarta kl diilangin yakin lah lumpuh ekonomi jakarta.. Kurir, xpdc, karyawan itu jalan pake motor yg operasionalnya murah.. Skrg kl motor ilang nasib ribuan buruh pabrik otomotif gmn.. Mreka mw kerja ap? Bkin peraturan jgn maksa n seenak udel..

  29. Wah… sobek tenan Lek.
    Menurut kula ingkang dudu sapa2, sing marai macet nang Jakarta dudu motor atau bahkan mobil. Yang membuat macet adalah Motor dan Mobil kredit. Biasakan membeli tanpa Riba.

  30. ya sama aja mencekik rakyat menengah kebawah. .la wong g kuat bli mobil. . .ntr lm2 DKI isinya orang kaya aja lek iwb, . .YG miskin g blh tingal karna bikin macet aja. . .hadewh

  31. Jadi kaya “maen tebas” aja. Yaa kalo mobilnya juga dilarang, trus menteri dan staff” pemda naek kopaja gt? Makanya motor aja lah yg dikorbanin. Pi kata seseorang diluar sana, “bikers yg mayoritas kalangan bawah , yg mengatasnamakan satu aspal lah, brotherhood lah, pikirannya ga terbuka. Transportasi murah ko mau bagus.” Hahaha, gtw deh dateng pa kaga orgnya diwarung kang iwan. Kalo menurut saya, aturan ini terlalu kentara diskriminatifnya. Ga perlu dijelasin lbh jauh lah, pada ngerti pasti dimana letak diskriminasinya. Salam hoek hoek.

  32. Ayo, nickname yoga, ane summon ente biar nyangkut di artikel ni. Belain drivers tuh yg diejek” sama bikers, ane bakal bales komen ente, mumpung speed inet ane lg kenceng”nya nih. Maklum, org kismin, inetnya cepet kalo tengah malem doang. Haha.

    • @ ashes…… komen ente udah nunjukin klo ente tersinggung dgn komen gw,hahahahaaaa….. Berarti ketauan dong klo ente atau para bikers CUMA BERHARAP ADA YG DUKUNG ATAU BELA KAN atau MIN KUDU MAU PRO KE BIKERS, ngaku dehhh….. woahahahahahaaaaaa
      Ya udah skr buktiin aja ente mau gak ketemuan sm gw di X2? Klo udah ketemu kiita sama2 saling liat bgm pola pikir dan pola hidup dan liat jg karier masing2. Maaf gw bukan mau sombong tp kita bicara secara REAL DAN FAKTA JGN HANYA CUMA BISA NGE BELA BIKERS DGN ALASAN KLASIK KRN BROTHERHOOD LAH, 1 ASPAL LAH, SESAMA BIKERS LAH, dll. Ini semua krn komen loe yg bersifat nantang makanya gw tantang balik. Paling ujung2 nya cuma mau ketemuan di warkop krn gak mau ke X2 krn gak sanggup πŸ™‚

  33. Di larang? Paling entar yg boleh masuk golongan mogeh

    Ngoahahaha

    Jakarta mau larang motor? Buruh minta naik gaji buat cicil mobil

  34. Numpang urun rembug mas, penebalannya pas banget yaitu sudah siapkah transportasi umum massalnya? Mau pake jalur berbayar parkir mahal bebas kendaraan pribadi, semua bakalan manut kok kalo tersedia kendaraan umum yg tepat waktu aman nyaman lahiriah batiniah dan dompetiah yg bisa mengakomodir butuh dan pengennya masyarakat, pasti lak adem ayem sendiko dawuh. Jadi inget pernah perjalanan solo jogja naik KA komuter lanjut bis trans sampe tujuan lebih sehat segar irit daripada bawa kendaraan sendiri ternyata,cmiiw.
    Dengan catatan semua pihak dilibatkan, semua sama sama tau sama sama mau. Mufakat.

  35. kalo menurut saya langkah pertama untuk bensin ron88 hapus aja mas. kayak dimalaysia yg udah pakai euro4 jadinya bensin disana paling rendah ron95. dengan begitu ongkos untuk pemilik kendaraan pribadi bakal meningkat kan, ongkos untuk produsen motor/mobil juga bakal meningkat karena komponen yg harus sesuai dengan euro4. langkahke 2 biaya pajak parkir perjam dan pajak untuk kendaraan pribadi yg cc kecil2 tuh diperbesar, untuk kendaraan yg dengan cc gede dikecilkan. uslangkah ke 3 perbaiki sistem transportasi yg terintegrasi satu sama lain dan yg jelas dipikirkan biayanya yang harus sangat lebih murah daripada memiliki kendaraaan pribadi. langkah ke 3, trotoar tuh dibenerin biar orang jalan kaki ga malas karena banyak rintangan gronjalan dan akar2 pohon serta pkl. langkah ke 4, semuanya jangan terpusat di jakarta aja, sehingga membuat orang pingin ke jakarta. harusnya dipisah antara kota pemerintahan, dengan kota bisnis, dengan kota entertainment kayak amerika. pemrintahan di washington, hiburan di los angeles, bisnis di new york. ciao!

  36. wah wah wah…gk bener ini.

    nanggung banget peraturannya,sekalian dong,jgn tanggung2.

    sekalian suntik modiyar ae semua kendaraan pribadi.inget…..SEMUA!!!! biar “menengah ke atas” JADI “atas ke atas bingitz” dan yang “menengah ke bawah” JADI “bawah ke ndlosor”

    para pemimpinnya pun kalo perlu naek angkot smua (kan merakyat).
    ….
    ancur sekalian ancur.

    daripada buat peraturan konyol mending banyakin aja flyover kaya di luar negeri.dan kendaraan roda 4 WAJIB lewar flyover tersebut (tentunya gk gratis)

  37. ALHAMDULILLAH….. Akhirnya Pemerintah bisa tegas beri larangan utl pemotor/bikers. Knp Pemerintah bisa buat peraturan spt ini?? Semua ini akibat perbuatan dr Bikers sendiri yg mayoritas gak pernah mau patuhi peraturan dan gak pernah mau disalahin. Coba klo para bikers mau matuhin peraturan dan cara berkendara sm spt drivers saya yakin Pemerintah gak akan spt ini. Masa bikers berani berbuat macem2 dijalan gak berani tanggung jawab, katanya pakai motor spy dibilang JANTAN/LAKI.

    Umumnya bikers klo udah ada peraturan spt ini atau sesuatu yg gak enak SELALU PAKAI SENJATA PAMUNGKASNYA YAITU MENGATASNAMAKAN ORANG KECIL LAH/RAKYAT KECIL LAH, GAK ADIL LAH, STATUS SOSIAL LAH DAN AKAN BERUJUNG KPD KECEMBURUAN SOSIAL/KESENJANGAN SOSIAL, DLL Tp gak bisa ngaca dgn kelakuan dijalan, makanya dr dulu sampai skr IMAGE BIKERS SELALU JELEK DIMATA MASYARAKAT dan org gak mau ngomong langsung spy para bikers gak tersinggung/marah tp ini semua nyata. Apa ada Club/Komunitas yg mau ngajarin anggotanya SPY BISA TERTIB RAPI DAN SOPAN SPT DRIVERS??

    Nahh dgn saya komen spt ini PASTI SEBAGIAN BESAR PARA BIKERS TERSINGGUNG/MARAH dgn komen saya krn komen saya dianggap GAK PRO ATAU GAK DUKUNG BIKERS. Apa emang KOMEN HRS DAN WAJIB BELA BIKERS GT SPY DISENENGIN BIKERS?? WALAUPUN BIKERS SALAH KUDU DIBELA DAN DIDUKUNG BIAR KATANYA BROTHERHOOD GT??

    • Iya om ane setuju byk biker yg mlnggar peraturan. Tpi klo soal macet ane rasa mobil juga biang kemacetan. Saat situasi jln lg padat saat di dpan gx ada mobil jln rasa nya lancar2 aja gx ngadat2 tpi stlah ada mobil ikut msuk di jalur padat itu jln lngsung ngadat-ngadat dikarenakan dimensi mobil yg besar dan yg hnya bawa penumpang sedikit rata2 pling cuma 2 3 org di dlm nya.

    • ente para orang kaya mau gak ditebengin mobilnya? harus mau. itu konsekuensi kalo sepeda motor dihilangkan. kalo gak mau ente juga jangan pake mobil pribadi. itu baru adil.

    • Ane tercakiti dgn komen ente.
      memang terkadang kebenaran itu mencakitkan. Cakitnya tuch dicini…
      wkwkwkwkwwkwkkkkkk…..

    • ga semua bikers seperti yang lo bilang kali bang….

      itu mah segelintir aja.buktinya mana ada ank club motor yg berani nglanggar marka dll…

      elu juga sih bang,kebanyakan idup di kampung…jd kalo menilai orang lu sama ratakan dengan tetangga lo dikampung.

      lo pikir pemerintah ibarat ortu yg lagi ngehukum anaknye krna gk nurut aturan ortu gitu?
      wake up bang,kaya ginian mah ga sesimpel itu kali.

      kebijakan dibuat berdasarkan bla bla bla….bukn krna bikers pecicilan dll.itu mah cara pemikiran katak dalam tempurung bang.

      tpi tenang bang,gw hargai pendapat lo.
      komen lagi gih,biar makin kelihatan $&;//%β‚¬βˆšΒ’β‚¬Β° nya…..hehehehe

    • Nah, iki, iki wonge. Yg bilang transportasi murah ko mau bagus. Ibarat makan di warteg lauknya mau kfc. Bahaha. Pemikiran ente mesti di revolusi nyong. Ane undang nih, kenalan sama para drivers ibukota. Eh ente tinggal di desa ya? Yah, sayang deh. Haha. Kenalkan, supir angkot, supir bus, kadang supir transjakarta juga suka nerabas lamer. Mau kenalan lg? Monggo ke jakarta. Mau spesifik lg? Monggo ke sudirman. Fight disana bareng drivers” dulur ente. Biar ente tau tuh, knapa bikers ngeliuk” jalannya. Mau sopan kaya drivers? Yg ada di trompetin krna jalannya lama. Haha. Ayo ke jkt om. Jkt selatan. Jalur sudirman thamrin. Kalo drivers sejati, pasti mau lewat jlur itu.

      • @ ashes…. ternyata loe tersinggung dgn komen2 gw, apa gw salah komen secara REAL DAN FAKTA?? Ato emang maunya HARUS DAN WAJIB DIPUJA PUJI, DIDUKUNG ATAU PRO SPY DISENENGIN SM PARA BLOGGER, KOMENTATOR TETAP DAN BIKERS GT???
        Spy FAIR DAN ADIL ayo kita buktiin Sudirman, Thamrin, Mampang Buncit, Pancoran dll dlm 1 menit 10 menit 1 jam mana yg lebih banyak melanggar dijalan dan mana yg lebih pakai otak dijalan antara BIKERS DAN DRIVERS. Klo ente mau tau dan ketemu gw, ayo kita ketemuan di X2. Jgn cm bisanya koar2 di dunia maya ato emang loe gak mau ketemuan di X2 krn gak sanggup bayar nya?? wuahahahahaaaa…….. Jgn2 cuma maunya ketemuan di warung kopi, wuahahahahaaaaa

        • X2?………
          ayooo…….
          ente bayarin ane ya….
          boleh bawa istri, anak, ama ponakan ane ga?
          totalnya kita berenam….
          kalo ga boleh, ane malas dech.
          wkwkwkwkwkwkwk……..

        • setau sy drivers dijakarta jg nga semua sopan, sy pernah bertugas disana, mobil rental yg sy kendarai diserempet mobil lain krn mereka berebut jalur didepan sy, n dibalikpapan byk tuh driver sruntulan berplat B n suka parkir sembarangan padahal jelas ada tanda dilarang parkir disitu, mayoritas masyarakat balikpapan sangat mentaati peraturan tp hal itu diciderai oleh kelakukan pendatang dr jakarta yg tidak disiplin dlm berlalin, hanya kendaraan berplat B loh yg berani stop dizebra cross, ada org nyebrang mereka nga mau pelan ampe dilemparin botol, kebiasaan buruk kok dibawa ke tmpt perantauan, klu sy sih malulah masyarakat metropolitan kok kalah disiplin’a dr masyarakat kota pinggiran.

  38. Intinya klo komen disini atau diblog Bikers GAK BOLEH PAKAI LOGIKA/RASIO spy disenengin oleh Blogger, komentator tetap dan BIKERS, KOMEN HARUS DAN WAJIB BELA BIKERS plus bergaul dgn bikers jg KUDU MAU MERAKYAT SPY KATANYA DIBILANG GAK SOMBONG LAH, GAK SOK LAH, RENDAH HATI LAH, SEALIRAN LAH, DLL

    Ini VERSI DAN KEMAUAN BIKER :
    1). Gak pernah mau disalahin dan selalu dianggap paling bener dijalan
    2). Merasa BAYAR PAJAK DAN 1 ASPAL —> Contoh: klo punya rumah sudah MERASA BAYAR PAJAK/PBB, boleh dong tengah malam2 nyalain musik keras2 tp klo tetangga merasa terganggu bilang aja SUDAH BAYAR PAJAK DAN SALAM 1 TANAH, sama aja kan kasus nya krn MERASA BAYAR PAJAK dan SALAM 1 TANAH (klo bikers selalu bilang SALAM 1 ASPAL)
    3). Pemerintah atau orang lain HARUS MAU BELA RAKYAT KECIL spy disenengin para BIKERS tp para BIKERS SERING GAK PERNAH MAU DIBILANG RAKYAT KECIL TP KLO UDAH KEPEPET ATAU ADA SESUATU YG GAK BERKENAN LGS JURUS PAMUNGKAS DIKELUARIN YAITU MENGATASNAMAKAN RAKYAT KECIL
    4). BIKERS GAK MAU DIBILANG BIANG SEMRAWUT, liat aja dijalan klo lg lampu merah bgm para bikers bergerombol lewatin garis, lawan arus,dll tp klo mobil yg lewatin garis lgs dehh para bikers ngedumel
    5). KRN FAKTOR KECEMBURUAN SOSIAL/KESENJANGAN SOSIAL lalu PARA BIKERS MENUTUPIN DGN ALASAN KLASIK SPY GAK terlalu FULGAR
    6). Krn FAKTOR FINANCIAL yg ditutupin dgn alasan klise nya krn HOBBY PAKAI MOTOR LAH, BIAR CEPET LAH, dll
    7). Bikers malanggar aturan atau rambu2 dianggap HALAL/SAH tp klo drivers melanggar para Bikers tersinggung, Bikers BOLEH DAN SAH bikin macet tp klo mobil yg bikin macet gak boleh.
    Klo sudah spt ini namanya apa??
    8). HARAM buat BIKERS UNTUK BISA TERTIB RAPI DAN SOPAN SPT DRIVERS dan bikers selalu BANDINGIN DRIVERS SETARA DGN SUPIR ANGKOT/SUPIR BIS. Utk perbandingan dgn itu spy adil hrs nya dgn TUKANG OJEG dgn SOPIR ANGKOT/SOPIR BIS
    9). Perilaku bikers dijalan sm sekali gak boleh ditiru drivers, klo ditiru jg udah pasti bikers dan masyarakat akan marah lah, dibilang sok lah, sombong lah, dll
    10). Dr dulu sampai skr yg namanya IMAGE DR BIKERS UDAH PASTI JELEK dan itu sesuai kenyataan. Walaupun Club/komunitas motor udah sgt banyak tp gak ada 1 pun Club/komunitas yg mau ngajarin anggotanya spy bisa tertib rapi dan sopan dijalanan. Spt nya HARAM BUAT BIKERS MAU KAYA GT, NAUDZUBILLAH…..
    11). Masih banyak lg

    Semua yg saya komen ini FAKTA DAN REAL jd gak perlu lah para bikers merasa tersinggung dgn komen saya kecuali saya mengada2 boleh Bikers marah/tersinggung. FAIR KAN…

    • kemauan drivers :
      1. ”gue bayar pajak lebih gede dr motor butut lu. Minggir loe!”
      2. Pajek w gede coy. Minggirin motor butut lu. Mo w hajar lu?
      3. Ya, pemda, larang lah itu mongtor butut. Biar kite” aja yg make jalan. Adem, nyaman, persetan org susah.
      4. Eit, ada boil terabas lamer tuh. ”pajek w gede woi. Lamer jg dr duit w yg bayar lbh gede. Mau apa loe?”
      5. Nah, yg kismin silahken modhar. Minggat lu dr jalan w, nyampah ae.
      6. ”woy mobil lu gede, isinya satu orang woy?” drivers pun berkata, ”mau ape loe? W bayar pajek lbh gede dr motor butut loe. W lapor polkis mau loe krna perbuatan tidak menyenangkan?”
      7. Aah, persetan macet. Yg ptg w adem. W ogah ya naek mongtor, panas, debu, asep, wuih, bisa rusak riasan eike cyiin. (padahal cuma bawa dirinya ndiri, ato 2 orang)
      8. Angkot mah orang syuseh. Wajar kalo sruntulan. Kandangin aja yg begituan mah. Kalo gue, bayar pajak neh, duit gue dimane mane. W sumpel cuongor loe pake duit mau po ra?
      9. Lawan arah ah, eh ga muat. Coba muat. W hajar nih pembatas. Ade polkis, kasih cepean jg mingkem.
      10. Club motor mah binasain aje, pecicilan petakilan, suka langgar lalu lintas. Yg boleh pan cuma gue yg punya duit banyak. Pajek gue gede nih.
      11. Udeh, intinye, pak pemda, abisin ae itu motor. Kalo perlu sewa truk segede gaban buat lindes itu motor motor. Org syusyeh dilarang idup.

      Semua yg saya utarakan diatas FAKTA DAN REAL dari opini seorang drivers di Jakarta. Kalo ada yg tersinggung, ya maap deh. Namanya jg menungso. Hahaha.

      N.B. (notabene/catatan kaki) : ente online tiap tengah malem mulu om. Pake paket inet yg tengah malem yee? Lah kaya codhot bangunnya tengah malem. Hahaha.

  39. Yg PALING LUCU NYA LG DR PEMIKIRAN BIKERS, selalu INGIN MINTA MODA TRANSPORTASI YG MURAH NYAMAN AMAN DAN TERJANGKAU, wuahahahahahaaa…….
    Ketahuan bener ini OTAK BIKERS OTAK UDANG krn dimana2 itu ada istilah ADA RUPA ADA HARGA. Mana mungkin dgn HARGA MURAH MINTA FASILITAS YG LEBIH.
    Contoh —> Naik pesawat Lion apa mungkin dpt fasilitas sama seperti naik Garuda?? Udah jelas harga Lion lebih murah dr Garuda. Atau naik kereta Senja apakah bisa dpt fasilitas yg sama spt Argo Bromo??. HP poliponik apa mungkin bisa setara fasilitasnya dgn Androit?? Makan di Warteg apa mungkin bisa dpt fasilitas yg sama dgn di KFC. Apa mungkin nginep di Hotel kelas melati bs dpt fasilitas yg sama yg hotel bintang 5?? Mudah2 an dgn contoh ini otak dan pemikiran Bikers jd lebih terbuka
    Makanya cobalah berpikir secara LOGIS dan PARA BIKERS NGACA SAMBIL INTROPEKSI DIRI, apakah para bikers udah bener dijalanan??
    Coba aja KAMPANYEKAN SPY BS TERTIB RAPI DAN SOPAN SPT DRIVERS otomatis Pemerintah akan takjub dgn bikers. Apakah bikers mau dan bisa???? Butuh wkt brp abad????

    • Kan, makin keliatan bloonnya kan. Tong, wong tuwo veteran brewok putih juga tau, transjakarta ma kopaja itu beda. Harga beda, fasilitas beda. Tinggal ente pilih mau yg adem ber ac pi agak mahal ape panas pi murah. Mo warteg apa kfc? Mo murah ya warteg seadanya mau mahal kfc derba ada. Intinya apa? Pilihan, option, choice. Ente yg milih mau mahal apa yg murah. Apa hubungannya ma transportasi umum rakyat menengah kebawah? GA ADA PILIHAN LAIN. lau mo ke tn abang, ada TJ ada kopaja. Ga mau panas nih, gpp mahal dikit, ambil TJ. Nah, didalem TJ itu, ente NUNGGUNYA LAMA, KEGENCET MA PENUMPANG YG BERJUBEL, MASIH KENA MACET, KALO LAGI SIAL, KEBAKARAN, REM BLONG, NGELINDES MOTOR. Ko jd nyalahin org suseh, mau murah ko enak? Ya krna gada pilihan lain. Ente drivers mao ga macet, pi ente ga ngedukung adanye transportasi umum yg memadai bt rakyat suseh? Mau ente ape? Nah, sekian wejanganne. Saiki sampeyan ngerti po ra? Ane sh ragu ente ngerti wong pola pikir msh sempit. Mo ngomong ape lg ente?

  40. Ini lagi pasti gara2 banyaknya motor pengantri beras jatah / beatyy aka bletak duorr !!

    Sangat di sayangkan motor hasil racikan bantargebang yg satu ini, membuat ibu kota semrawut ,,, harus ada pembersihan, kalo bisa aparat bertindak tegas !! Bakar di tempat !!!

    Muehehehehehehe …

  41. Jangan lupa dasar pembatasan dan pelarangan dibuat menggunakan PP produk pemerintah lama yang notabene pro kendaraan roda 4, mestinya ya pengendara roda 2 kompak mengajukan gugatan ke pengadilan agar PP tersebut dicabut dan kebijakan pemerintah lebih transparan dasarnya. Saya yakin alasan sebenarnya dari pelarangan dan pembatasan ini hanya karena motor tidak mau/ dapat dikenakan aturan ERP saja.

  42. siap siap deh ngungsi tuh warga jakarta
    JAKARTA MAU TENGGELEM!!!
    PEMERINTAHNYA SEENAK DEWEK!!!

    MUSNAH AJA TUH SEKALIAN DI JAKARTA WAHAI PEJABAT PEMERINTAH!!!
    nggak mikir dia dipilih rakyat yang mayoritas menengah ke bawah
    pelarangan motor tapi fasilitas umum kok minim, PIYE IKI??

    GENDENG!!!

  43. Tp yo enek apike kang…
    Berarti motor ga wajib bayar pajak, yo to? Lha wong ga boleh lwt jln protokol je, Stnk koit yo ga masalah to?

  44. Bikin orang susah ajah nih Pemkot, Kenapa musti motor yg di larang sich?, angkutan umum yg kurang nyaman dan aman serta jam nya yg ngak fleksible , Bayar pajak motor juga udah, kedepannya jadi kalau ngak beli mobil ya aye pake sepeda aja kalau kemana2, bikin abis duit lagi ajah nih pemkot

  45. Ngawur tenan iki,,lha sing marai macet kui mobil.benahi dulu angkutan umum yg baik..Bikers jakarta kudu demo iki.aturan yg diskriminasi

  46. Pemerintah berat sebelah, selalu dan selalu orang kecil yg di sisihkan hak hak nya. Kenapa ga sekalian aja pabriknya di tutup. Biar ga ada roda 2. Jengkel banget, denger wacana kaya gitu. Nah trus speda motorku buat pajangan gitu? Dah jelas yg bikin macet tuh mobil. ANEH BANgEt ga setuju sampe botak sariawan

  47. Wong waktu uji coba PNS DKI dilarang naik kendaraan pribadi & dinas, si AHOK masih menggunakan kendaraan dinas nya, kata si Ahok Efisiensi Waktu…. “”yang membuat tapi melanggar””

  48. Sama aja boong lah. Ntar yg pd punya mobil tapi udah biasa pake mtor. Pd pake mobil semua. Malah lebih parah. . . Angkutan umum aja msih semrawud.

  49. Jalan TOL yang Enggak ada Motor nya ajah MACET PARAH.
    yang sering nyemplung di Air mancur HI, Air Mancur Monas, MOBIL ugal-ugalan tengah malem., coba suruh semua jajaran pemerintahan yang ada di JAKARTA suruh Naek BUSWAY, KOPAJA, METROMINI, tanpa terkecuali, apa mau???

  50. yah gitulah kerjaannya gubernur pengganti yang hobbynya marah2 doang, padahal hasil kerjanya blom keliatan, hobby marah2nya biar dibilang tegas dan suatu hari berharap jadi presiden, ayo media yg sering memblow up tanggung jawab lho

  51. Setahu saya, pembatasan motor di jakarta akan dilakukan pada jalan protokol, yaitu: Gatsu, Kuningan, Sudirman Thamrin; dengan catatan transportasi publik sudah cukup tersedia. Bukan di seluruh wilayah DKI sebagaimana disinggung berita kompas.

  52. Bagaimana kalo diadu aj, seminggu mobil pribadi ga boleh digunakan di JKT dan seminggu lagi motor? Kalo emang ternyata motor yang bikin macet, berarti motor dilarang selamanya. Akan tetapi kalo mobil yang bikin macet mobil yg dilarang selamanya. Berani ga diadakan seperti ini?

  53. jika mau berubah seperti kota besar lain yang mengandalkan MRT maka harus dipaksa untuk berubah. Salah satunya dengan pembatasan ini.Setelah motor dibatasi, pajak mobil yang masuk jalan protokol juga akan dinaikkan kalau perlu 5x lipat sehingga dari sana akan membatasi orang yang mau naik mobil. Mereka akan dipaksa juga naik kendaraan umum seperti MRT, busway. Jika tidak dipaksa seperti itu, maka sampai kapanpun angkutan umum massal yang diidamkan tidak akan pernah terwujud.

  54. liat aja deh jalan tol, macet kagak? gak ada motor tuh….wong mobil isinya cuman satu orang seringnya.
    Solusi saya si pembatasan bukan hanya ke roda dua tapi juga roda empat tapi di wilayah2 tertentu dengan cara:
    1. perbaiki dulu angkutan umum sehingga nyaman, mudah, dan menjangkau wilayah2 sentral
    2. pemerintah harus mulai bikin gedung2 parkir di berbagai penjuru dan dekat dng akses angkutan umum, dng tarif yang masuk akal dan keamanan juga harus maksimal, karena gdng parkir itu sepi dan bakalan rawan kejahatan.
    3. gedung perkantoran tidak boleh menyediakan parkir untuk kendaraan karyawan, tapi tersedia hanya untuk petinggi perusahaan, kendaraan operasional kantor dan itupun terbatas jumlahnya, pokoknya kendaraan pribadi tdk mendapatkan jatah parkir.
    4. gedung2 parkir dikelola pemerintah untuk pemasukan daerah
    5. ERP, 3 in 1 tetap dijalankan di wialayh2 tertentu
    6. Nyamankan areal untuk pejalan kaki, trotoar yang luas, banyak tanaman, ersih dan rapi
    7. Polisi tolong kerja ya, jangan cuman duduk manis di warung
    8. Peremajaan kendaraan umum dan penertiban kendaraan umum macam bis, kopaja yang suka semau sendiri ngetem, pokoknya tidak boleh ngetem selain di halte
    9. halte bis dibuat melebar, sehingga tidak menggangu lalu lintas
    10. transjakarta harus terjadwal jelas, seperti di luar negri mereka punya sensor di masing2 kendaraan, jadi ketahuan akan brp menit lagi bis akan datang, dan terinformasikan di papan informasi yang bisa dilihat calon penumpang.

    baik roda dua atau empat memang harusnya kena aturan kok, g cuma hanya diskriminasi ke roda dua

  55. mobil pribadi isi cuma 2 orang,pakai jalan hampir 7 meter,dikali berapa ribu mobil…lama lama jadi aspal mobil..tuh jalan.

  56. Sebenernya ga perlu dibatasin/dilarang kalau memang angkutan umum di DKI ini sudah bagus, aman, nyaman, tepat waktu dan terjangkau (wilayah dan ekonomi).

    Sekarang logikanya, mana mau sih orang capek2 naek motor pagi2 jam 5.30 dari Depok ke Thamrin tiap hari?

    Naik motor 1-2 jam tuh capek bro.. apalagi kondisi macet nauzubile.

    Nah klo angkutan umum dah bagus kayak kriteria diatas, orang pasti juga nyari aman dan nyamannya.. dia berangkat normal jam 6 atau setengah 7, dari rumah bisa naek motor/angkot ke terminal/stasiun terdekat. Trus naek angkutan umum, tinggal bayar, masuk, duduk dan bisa tidur sampe ngiler2..
    Tau2 setengah jam kemudian dah sampe di stasiun/terminal deket kantor dia. Turun dari angkutan, lanjut naek shuttle bus gratis sampe kantor jam setengah 8.

    Lha nek gitu kan enak to? ora capek karena macet, kecelakaan bisa dikurangi, emisi karbon berkurang, penampilan masih fresh (ora kemringet, baju nya ga lusuh gara2 desak2an), syukur2 bisa dapet kenalan awewe cakep di angkutan umum.

    Tapi ya itu tadi. Prasyarat Angkutan Umum kayak diatas harus Mutlak terpenuhi.

  57. Sudah… pabrikan jualan motornya 600cc ke atas aja… kan pajak sm harganya mirip mobil kan? tp tetep rodanya dua biar sm banyak pemandangan motor bagus di jalan… ahihihi…

  58. Bukan seluruh wilayah Jakarta kali lek.
    Tapi seluruh jalan protokol yang ada di jakarta. kalo seluruh wilayah jakarta saya ga bisa naik motor ke alfa dong. πŸ˜€

    saya sebagai bikers juga commuter sih setuju-setuju aja kalo emang peraturan itu bisa bikin Ibu kota kita tercinta ini jadi lebih baik. Toh sebenernya saya rasain lebih enak naik commuter line dari pada naik motor atau mobil. kebetulan saya tipe orang yang pas nggak seneng hati pas ketemu macet langsung stress. makanya kadang lebih berasa nyaman di kereta meskipun desek-desekan.

    Cuman yaitu, naik kereta bisa stres juga kalo masih sering telat. Alasan telat itu yang akhirnya bikin saya memutuskan naik motor. Hasilnya ya kalo ketemu macet jadi terpaksa grasa-grusu.

    Masalah kenapa yang dilarang motor bukan mobil, ya kita liat aja efeknya apakah TETEP MACET atau malah TAMBAH MACET. saya sih pesimis pelarangan motor bisa ngurangin macet. khawatir malah yang tadinya naik motor trus beli mobil pribadi jadilah supir yang grasa-grusu juga kaya saya. πŸ˜€

  59. salut sama mas IWB selalu mengangkat isu sensitif yang memang pro rakyat cilik bukan kaya partai sono yang katanya partai wong cilik eh kok jadi wong licik, udah di pilih malah susahin wong cilik, mas usul dong artikel2 kaya gini selalu ditampilkan ya yang penting yang ada nyelip2 roda 2 nya, artikel mas iwan sangat menarik ketimbang media massa yang maen pro sana dan sisi, contoh metro tv pro jokowi, tv one pro prabowo, lha berita yang bener yang manaaaa ? yang beneran pro rakyat ? bukan slogan pas kampanye doang…ayo mas iwan tetep semangat kami mendukungmu…..

  60. pemda d sibukan dgan mmikirkan peruty msing2.. boro2 mikir kangg.. cma bsa koar2 doang.. kagkutan gk ada jnisy yg lyak.. jambret n copet mggelora.. trminal pulogadung byak polisi tpi cma mkirin perut gedhey.. sdgkn kjhtan d dlemnya d biarin..dsar tikus berseragam gk ada baik2y 7 turunan gw bnciii…

  61. Pemerintah sepertinya TIDAK PINTAR dan TIDAK MAU BEKERJA KERAS, hanya mencari SOLUSI GAMPANG SAJA. Contoh :menaikkan BBM dari pada membangun infrastruktur yang dibutuhkan agar dampak BBM tidak memberatkan rakyat. Yang ini PEMDA DKI, bukannyya membereskan transportasi masalnya dulu, TAPI MELARANG dulu. Lebih gampang toh melarang motor dari pada membuat transportasi masal yang aman dan nyaman.

  62. pekok nieh atura………..n
    sumber awal macet itu mobil karena ukuranya besar,
    mobil berpapasan di gang sempit pasti bikin macet, kalo motor sih aman aja…….. kalo mau di bilang motor roda 2 itu menggunakan jalan hanya berapa % di banding dengan mobil, anehnya lagi jalna sebelah kiri yang seharusnya di gunakan buat motor lewat yang hanya 1/2 mtr juga di makan sama badan mobil, sumber kemacetan adalah mobil. gak pake koma ggkgkgkgkgkgkk

  63. Kalau mobil thok yang lewat masih macet, ya nanti harusnya mobil yang dilarang lewat, sepeda motor thok πŸ™‚

    kupasmotor.wordpress.com/2014/11/27/adab-di-kala-macet-jangan-bikin-tambah-macet-bro-ada-kode-etiknya/

  64. setuju kang iwan …. ngene iki nggarai kesenjangan sosial makin parah…. lagian mobil pribadi juga harus dilarang dong… mau gk tu orang orang berduit ikut berdesakan menggunakan transportasi umum?

  65. kan yang bikin aturan dalam kesehariannya gak motoran, mobilan mulu, mana paham dia, dah kaya raya sejak lahir, gak pernah ngerasain hidup susah. makanya jangan pilih pemimpin yang gak pernah miskin πŸ˜€
    PILKADA berikutnya jangan pilih dia lagi πŸ˜€

  66. sebagai informasi HBD
    pembukaan registrasi di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi dibuka hari ini mulai jam 17.00 sampai penutupan registrasi pada hari sabtu jam 12.00

  67. efek lainnya, mobil makin laku karena mayoritas biker beralih mobil karena motor dilarang. hasilnya malah makin macet sesuai yang mas iwan sebutkan (mobil makan tempat).

  68. Emang kalau blokade roda dua dilaksanakan sekarang, angkutan umum nggak akan bikin macet?

    kupasmotor.wordpress.com/2014/11/27/rider-pindah-naik-angkutan-umum-bisa-mengurangi-macet-emang-nggak-liat-bagaimana-perilaku-angkutan-umum/

  69. Tenang aja broo.. Jepang2 yg pnya pabrik motor di Indonesia gak akan tinggal diam.. emangnya para pemangku jabatan pada gak doyan duit?? Selama ini penjualan motor yg sampe puluhan juta unit gak ada masalah.. buktinya gak ada aturan pembatasan, ujung2nya cuma pajak progressive. Selama ente wani piro semuanya bisa diatur… gitu aja koq repott..

  70. bagus lah…semakin banyak aturan semakin banyak uang….katanya gitu ya…

    GOBLOK NYA APARATUR NEGARA TIDAK MAU/MALES BIKIN SARANA TRANSPORTASI UMUM YANG MERAKYAT!……TITIK…JENGKEL AKU…!

    di kecamatan sini wae…ngaspal dalan ra mari mari…. bosok.. yang di aspal cuman yang daerah dekat kota….JENGKEL AKU MAS…:D

  71. Busway aja nunggunya lama bgt sekalinya ada juga penuh. Bis sama mikroletnya udah banyak yg tua ga nyaman masih ga aman. Gimana orang mau pindah? Seharusnya aparat pemda dki dulu dong yg contohin biar ga cuma rakyat biasa yg harus matuhin peraturan ini. Mereka mau ga gunain angkutan umum? Kalo mereka ngomongin efisiensi berarti kebukti bahwa angkutan umun yg sekarang belum bagus. Larangan anggora pemda dki bawa kendaraan pribadi setiap hari jum`at aja banyak yg langgar.

  72. beda gubenur beda kebijakan. bnyk pr pemda dki. banjir, macet, jalan rusak, pelayanan pendidikan, kesehatan, perumahan, ruang terbuka hijau, fasilitas parkir, iklim investasi yg baik, ump yg layak. pemdanya tegas, kalo kepentingan warganya gak diperhatikan, warga juga harus tegas jgn segan2 demo…

  73. Ini hanya “pendapat” saya mas iwan,.. mungkin kasusnya terjadi di lampu merah; kebanyakan menumpuk pada bagian depan dan sering lambat kalo berjalan, lalu ini zamanne emansisapi..eh emansipasi para wanita lebih safety riding yaitu alon2 seng selamat, laaa yg punya roda 4; [email protected]#$%^&*()_+ sabar Mode ON

  74. jalan tol yg gak ada motor emang rapih ga semrawut,, tp tetep aja macet toh… kalo mau bikin peraturan nyeleneh, coba sekalian buat percobaan nyeleneh, car free day sama motorbike free day, 1 hari tanpa mobil, dan 1 hari lagi tanpa motor, kita lihat mana yg ga macet…

  75. KAPITALIS,
    hal ini makin meningkatkan kecemburuan sosial,
    dampaknya bisa membuat konflik horizontal,
    woii… gw penduduk asli DKI Jakarta,
    kampung halaman gw dijajah kaum hedon dan kapitalis,
    tinggal di Jakarta uang palaknya banyak,
    Rumah sendiri tapi seperti ngontrak, gileee benerrr…
    sekarang bikin kesewenangan (bukan kebijakan) yang makin memojokkan rakyat biasa (paling tidak saya tidak miskin, tp bukan orang kaya), kalo gini caranya, bisa jadi miskin.
    Buatlah KEBIJAKAN, bukan KESEWENANGAN !

    1. benerin Transportasi umum,
    2. bangun pedesaan agar tdk ada urbanisasi,
    3. kendalikan harga-harga (buat apa pemerintah kalo harga dilepas ke pasar. ngga usah ada aja pemerintah).
    4. bangun infrastruktur.

  76. Klo peraturan kayak gini gimana, sehari tanpa kendaraan pribadi roda dua dan sehari tanpa kendaraan roda empat di jalan protokol, kan bisa keliatan tuh biang macet yang lebih parah yang mana

  77. – TJ nunggunya lama, ngantri, bejubel, ada penjahat kelamin.
    – bis ada copet, sumpek, ada penjahat kelamin.
    – Kereta bejubel, belum lg klo gangguan, ada penjahat kelamin.
    – Angkot ada copet juga, rampok, ngetem lama.

  78. Waktu Jokowi bikin peraturan PNS ngga boleh pakai kendaraan Pribadi di hari Jum’at, si AHOK aja ogah naik Angkutan Umum.

  79. Om Stabilo Kuning Izin mempertegas:

    Waktu Jokowi bikin peraturan PNS ngga boleh pakai kendaraan Pribadi di hari Jum’at, si AHOK aja OGAH naik Angkutan Umum.
    Katanya Ga Efisien waktu nya kalo naek Angkutan Umum,

    Jalan TOL yang Katanya Rapi, Teratur, Tanpa Motor, TETEP AJAH MACET……

  80. JENGGOT SARIAWAN GEBLAK KATENE SEMAPUT,,,,, NDLOSORRRRRR……….. SOBEK TENAN……… mantep lik kamusmu kih, ahaha… jwosss nan

  81. anjrit si AHOK, “nga efisien naik angkutan umum”—–> ini bukan hanya lo pak ahok, tapi hampir semua penghuni kota yang sekarang lo atur ini.

  82. pusing saya baca komennya satu2….

    mudah2an yah lek iwan….gak ada titipan dari taipan r4 aja….biar membuat penjualan makin melonjak…

  83. Siang kang Iwan, nih comment pertama saya setelah sekian lama jadi pembaca blognya kang iwan.

    Salah satu yang ada dipikiran saya, diantara banyak pemikiran lain mengenai artikel diatas, banyak pengendara motor ato biasa kita sebut bikers, memilih memakai motor sebagai alat transportasi sehari-hari untuk commuting dari rumah ke kantor,

    Seumpama aturan pelarangan motor diseluruh wilayah jakarta diterapin, apa itu mobil yang dipunyai para bikers, yang selama ini duduk diem dan bengong digarasi bakalan tetep duduk diem digarasi lagi? I don’t think so, pasti pada dipake, secara pasti ada, dan mungkin banyak yang punya pemikiran, mending keluar duit buat bensin buat mobil, daripada harus jadi pindang dibusway ato keringetan dimetromini or kopaja.

  84. ahok oh ahok…
    gubernur abal2
    gubernur KW5

    ngemeng doank bisanya
    action nya NOL

    bandinging progress leadership si ahok dg di bandung(Pak Ridwan Kamil) ato surabaya(Ibu Risma)
    jauuhhhhhh

    si ahok itu GA cukup berkualitas buat jakarta
    bolehlah dia dapet 8 di kampungnya dulu (BAngka BELitung)
    di Jakarta point nya dapet 2 !! GA LULUS !!!!

    kali ini gw setuju FPI
    si ahok kudu lengseng !!!!
    DPRD DKI harus cepet cari celah buat lengserin si ahok

    bukan karna minoritas
    bukan karna politik
    tapii karna si ahok GA cukup berkualitas buat Jakarta

  85. hapus saja motor, biar lancar. ngoahahahaha……………. kalau cuma ada mobil kan bisa lancar katanya
    orongorong.com/2014/11/27/kwalitas-kaki-kaki-yamaha-perlu-di-pertanyakan/

  86. kang maap sebelumnya. memang secara teori motor gak bakal bikin macet. tapi kelakuan biker tanah air itu loh. udah ada lanenya masih serobot sampe sering tuh 2 lajur jalan di embat semua ama motor. nah kalo gitu kita mau gimana? dari arah yang sepi pasti stuck gak bisa gerak. dari arah yang dilajur yang benar harus ngalah sama yang nyerobot. kalo menurut saya sih mending di beri penyuluhan pada biker biker kayak gitu. makasih kang mudah mudahan bisa akang respon.

  87. Orang kecil selalu tertindas.. klo dia cuma punya kendaraan motor satu2 nya gimana ?? apa harus beli mobil dulu?? sekalian tunggu orangnya mati aja..

  88. Ini Kadishub (M.Akbar) bisanya cuma jilat atasan, tapi prestasi NOL. Ingat gak si M.Akbar ini dulu kepala UPT Transjakarta tapi dipecat oleh Jokowi tahun 2013 kemarin, karena kinerja Transjakarta yang amburadul..Lah ini malah diangkat jadi Kadishub, cuma ngiyain doang kata Ahok..Sebelum larang Motor, benerin dulu transportasi massal. Bus TJ aja penuh kaya ikan pepes & dikira 10 bus gratis bisa nampung ratusan penumpang motor gitu..Makanya Ahok ini emang perlu diinterpelasi oleh DPRD.

  89. .buktikan dulu dengan penyediaan angkutan umum memadai baru pelarangan dibuat. Kuwi baru pinterrrr, iyo ora kangbro?

    Setujuh kang emang pemerintah cm bisa merintah pdhl ga pinter

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here