iklan iwb
iklan iwb

460x110 (7)460x110_ok

PA1555717.0008Bro dan sis sekalian….statement menarik dilontarkan oleh pembalap Yamaha Movistar Jorge Lorenzo. Memandang kurang aman bagi rider….doi mengusulkan proposal kewajiban seluruh pembalap masuk PIT berganti motor dengan wet tire saat bendera putih dikibarkan. Alasan doi adalah demi safety sebab potensi kecelakaan sangat besar…..
460x110REVSYOURBIKE

iklan iwb

Wacana usulan dilontarkan karena saat ini banyak rider paling depan selalu ngotot tetap menggunakan ban tipe slick kendati bendera putih dikibarkan oleh race direction karena takut kehilangan waktu. Sistem “flag to flag” dipandang tidak efektif dan membahayakan….

Menurutku untuk pertunjukkan sistem “flag to flag” sangat bagus. Namun untuk keamanan pembalap aku percaya bukanlah opsi terbaik. Aku mengerti menghentikan race saat siaran langsung cukup sulit. Namun membalap dengan ban slick menurutku juga berbahaya. Aku telah katakan satu kemungkinan dimana saat bendera putih dikibarkan seluruh rider harus masuk PIT. Jangan katakan “sekarang sedang hujan dan kamu bisa masuk PIT jika mau”. Tapi katakan “kamu harus masuk” dan itu lebih baik” seru Lorenzo seperti dilansir Crash….

Apa yang diungkapkan Lorenzo berkaca pada kejadian Aragon saat Marquez enggan masuk PIT akibat Pedrosa terus menggeber motornya dibawah hujan deras. Alih-alih menang, Dani malah dlosor dan kemudian disusul Marquez. Sistem flag to flag juga memakan korban Lorenzo yang saat itu berebut posisi runner up melawan Valentino Rossi. Salah kalkulasi dan mengganti motor tipe ban wet…..Jorge menyerah karena cuaca kering dengan cepat sehingga lap time ngedrop signifikan. Sementara Dani, Marc serta Rossi yang terus melanjutkan race tanpa masuk PIT sukses meraih posisi tertinggi. Terus apakah usulan Lorenzo disetujui??…

Mereka tidak menyukai proposalku….jadi kayaknya sistem masih sama seperti biasanya (flag to flag)” tutupnya. Last but not least…..Masalah utama ketika cuaca hujan, seringkali memang tidak semua area tertutupi air. Kadang ada beberapa lokasi yang basah namun mungkin disisi lain tetap kering tergantung besarnya curah hujan. Disinilah rider enggan mengganti ban dengan tipe wet karena takut kehilangan waktu. So….pembalap memang harus jeli dalam mengatur strategi flag to flag. Apakah usul Lorenzo refleksi kekecewaanya atas hasil buruk diValencia?. Entahlah….hanya doi yang tahu :mrgreen: ….(iwb)

rpms-banner

iklan iwb
Previous articleHot…..berikut penampakan Yamaha Mio 125 Blue Core M3 versi masspro!!!…
Next articleSpied……Yamaha Mio125 Blue Core ternyata sudah mulai distribusikan!!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!