iklan iwb
iklan iwb

460x110 (7)460x110_ok

125204_620Bro dan sis sekalian…sebagai biker sekaligus masyarakat, IWB senantiasa mengikuti pergerakan harga bensin diseluruh SPBU. Ketika harga bensin subsidi terdongkrak hingga 8500 rupiah/liter….bensin oktan 92 keatas ternyata ramai-ramai turun. Hal ini dikarenakan harga minyak mentah dunia turun cukup drastis antara 75-79 dolar perbarel. Dan prediksinya….Pertamax-pun bulan Desember terbuka dibawah 10ribu rupiah perliter. Weleh….

460x110REVSYOURBIKE

iklan iwb
iklan iwb

Kalau sampeyan sudi memperhatikan…pertengahan November ini hampir seluruh harga bensin oktan 92 keatas mengalami penurunan. Dari pengamatan IWB…..harga Pertamax turun sekitar 300 rupiah perliter menjadi 10.200 dari sebelumnya 10.500. Begitu pula bensin oktan 95 atau Pertamax plus yang terdorong ke 11.600/liter (sebelumnya 11.900). Diikuti Pertamina Dex dari 12.200 turun ke 11.800 rupiah/liter. Langkah ini juga sejalan dengan SPBU asing yang menurunkan harga bensin mereka. Pertanyaannya…apakah bensin 8500 rupiah/liter sudah cukup layak dan memang jauh lebih murah dibandingkan harga bensin negeri lain?….

Ternyata tidak brosis. Dari referensi beberapa media yang IWB baca….kenaikan bensin Premium 8.500 rupiah perliter membuat negeri ini melampui harga Malaysia yang jika dikonversi berkisar 7.300 rupiah/liter. Begitu juga dibanding Brunnei Darussalam yang menjual bensin untuk rakyatnya sekitar 4.980 rupiah/liter. Padahal dari pendapatan perkapita masyarakat disana jauh lebih tinggi dibanding Indonesia. Untuk lebih jelasnya berikut harga-harga BBM di beberapa negara kawasan Amerika, Eropa, Asia dan Timur Tengah perbulan November yang IWB kutip dari Liputan6……

1. Venezuela
Harga bensin US$ 0,06 per liter atau Rp 728 per liter

2. Arab Saudi
Harga bensin US$ 0,12 per liter atau Rp 1.450 per liter

3. Iran
Harga bensin US$ 0,25 per liter atau Rp 3.050 per liter

4. Mesir
Harga bensin US$ 0,26 per liter atau Rp 3.150 per liter

5. Brunei Darussalam
Harga bensin US$ 0,41 per liter atau Rp 4.980 per liter

6. Uni Emirat Arab
Harga bensin US$ 0,47 per liter atau Rp 5.700 per liter

7. Malaysia
Harga bensin US$ 0,6 per liter atau Rp 7.300 per liter

8. Amerika Serikat

Harga bensin US$ 0,89 per liter atau Rp 10.800 per liter

9. Brazil
Harga bensin US$ 1,07 per liter atau Rp 13.000 per liter

10. Filipina
Harga bensin US$ 1.09 per liter atau Rp 13.250 per liter

11. Thailand
Harga bensin US$ 1,1 per liter atau Rp 13.363 per liter

12. India
Harga bensin US$ 1,17 per liter atau Rp 14.200 per liter

13. Singapura
Harga bensin US$ 1,54 per liter atau Rp 18.700 per liter

14. Prancis
Harga bensin US$ 1,74 per liter atau Rp 21.140 per liter

15. Inggris
Harga bensin US$ 2,03 per liter atau Rp 24.700 per liter

16. Turki
Harga bensin US$ 2,17 per liter atau Rp 26.400 per liter.

* (Kurs: Rp 12.148/US$)

bensin-naikYup itulah perbandingan harga bensin dibeberapa negara luar negeri. Yang patut diingat….walau Amerika, Inggris, Turki, Singapura, Thailand terlihat mahal…..namun pendapatan perkapita penduduknya jauh diatas Indonesia. Kasarannya….kalau karyawan disini gaji sebulan 3juta…..disana paling rendah 15juta. Wis….ngerti to maksud IWB. So….24ribu kayak nyelip digigi nggak berasa apa-apa pastinya :mrgreen: …..

Last…..jika sudah begini mungkin akan lebih baik tidak ada lagi istilah subsidi. Toh prediksinya Pertamax bulan Desember terbuka turun dibawah 10ribu rupiah. Memang ribet kalau sudah ngomongin harga bensin sebab implikasinya keseluruh komponen kebutuhan pokok. Apalagi belum genap 2 hari Premium naik….sandang, pangan, papan untuk masyarakat juga mulai merangkak. Opo ora mumet jal. Yah…IWB percaya, bapak-bapak disana sudah memperhitungkan secara matang. Nggak mungkinlah menyesatkan rakyatnya….walau untuk saat ini dahi masih terus berkerut berusaha mencari keyakinan bahwa langkah ini memang yang terbaik. Premium??. Jangan usil ngrecokin harga lainnya bisa nggak sih? :mrgreen: …..(iwb)

rpms-banner

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

192 COMMENTS

    • Eh coeg,, bbm subsidi itu buat orang miskin, nah lu ngomong gitu sama aja lu bilang klo honda itu motornya orang miskin.. Gak usang ngetusak nama Honda deh lu.

      • gue ga ada tuh bilang yg pake honda orang miskin…
        honda irit n premium ready… fiturnya idle stop system, membuat irit saat berhenti dilampu merah… mesin juga irit, 1 liter bisa mencapai 100km… awet dan bandel, injector ga kotor walaupun pake bensin… ini KENYATAAN… kalo lo kan penafsiran, nyong!

    • Eh coeg,, bbm subsidi itu buat orang miskin, nah lu ngomong gitu sama aja lu bilang klo honda itu motornya orang miskin.. Gak usang NGERUSAK nama Honda deh lu.

  1. Jelas kan tujuannya emang ngurangin subsidi. Di luaran emang harga turun karena diluar ga pake sistem subsidi kek dimari.
    Bangun oe, indonesia bukan lagi negara kaya minyak. Konsumsi bbm kita udah lebih besar daripada produksi minyak kita.
    Lagipula kalo batal dinaikin apa hara kebutuhan pokok bakal turun juga? Ane rasa tidak melihat kemarin bbm batal naik tapi harga kebutuhan yang naik duluan ga mau diturunin pedagang.

    • karna peduli mas… kalo gak peduli… khalli walli (ungkapan harian orang arab yang artinya biarin aja!). tapi lek iwb gak khalli walli… diulas, dibahas… karna salut plus kasian kpd sodara sodara kita yg incomenya masih ibarat “timbang recehan”. padahal kerjanya cape banget. setiap hari pula!, rajin banget… gak ngeluh, nrimo… sangat layak untuk dihormati dan dipedulikan, dibantu! (bahkan mungkin layak dicontoh ketabahannya, determinasinya, etos kerjanya, dst)
      saya pernah baca suatu artikel tentang poverty (kemiskinan) bahwa salah satu faktor kemiskinan adalah efek kebijakan publik yg memiskinkan.
      melalui blog ini… lek iwb menyuarakan amanat penderitaan rakyat miskin ke permukaan. semoga pembuat kebijakan denger, mempertimbangkan dan memperbaiki kebijakannya demi rakyat miskin.
      ada satu hadits yang sahih (Nabi Muhammad shallallaahu ‘alayhi wasallam benar benar pernah mengatakannya) bahwa ada 7 kelompok orang yg diberi naungan pada hari kiamat dimana di hari itu tidak ada naungan kecuali naungannya ALLAH Subhanahu wata’Ala. salah satunya adalah pemimpin yang adil.
      semoga rakyat nkri dianugerahi oleh ALLAH Subhanahu wata’Ala pemimpin yang adil. sebagaimana doanya Nabi Muhammad shallallaahu ‘alayhi wasallam.
      “… walaa tusallith ‘alaynaa man laa yarhamunaa”
      artinya: wahai Tuhan… janganlah Kau mengkuasakan kami kepada orang yang tidak menyayangi kami.
      aamiin.

      well done iwb!

      wallaahu a’lam.

    • bener bro…rata rata diluar negeri semuanya oktan 92 minim, klo lbh mahal dari premium kita ya wajar tp yg aneh klo dibawah harga premium kita…… apa yakin hasil pengurangan subsidi bisa langsung dinikmatin rakyat biasa???!!! jangan” malah disunat dulu ma para pejabat dan mafia migas???org secara yg jd pejabat dilingkup sektor ini ada banyak kepala bkn satu ato dua org……

  2. selama ini cuma jadi silent rider, berhubung topiknya bkn produk motor, baru aman utk komentar..
    mungkinkah kejadian di bulan desember harga bensin oktan 92 turun sampai level Rp.9500, sedangkan premium baru saja naik?
    opo ora keblinger, premium mana mungkin turun harga..

    • ngoahahahaaa
      andai saja bensin subsidi harganya sama dengan venezuela, bikers indonesia bisa cebok pake bensin sehabis boker.

  3. pro kontra bbm naik memang masih menjadi budaya diindonesia yang sebagian rakyatnya masih hidup dibawah garis kemiskinan…so possitive thinking aja bro…apa yang dilakukan pemerintah kita dukung demi kemajuan bangsa….

  4. lah kang itu negara berkembang ya menurut ane setara kaya Indonesia macam India sama brasil aja BBM segitu walah ngeri coba harga BBM di brazil sama kaya di Indonesia hahaha

    • bisa jadi harga bbm lbh mahal di brazil krn kadar oktannya tinggi, entah 92, 93, 95, atau 98. selain itu tingkatam pendapatan penduduknya jg perlu dilihat. bisa saja pendapatan perkapita mereka lbh tinggi dari Indonesia

  5. perbandingan harga bbm antar negara sangat lah tidak adil jika tidak ada tabel perbandingan gaji rata2 disana.. ibarat motor cm spyshootnya.. hahaha

  6. Yang tdk.masuk diakal adlh bpk pres menaikkan bbm disaat hrga mnyk dunia turun. Berbeda saat bpk sby menaikkan hrga bensin.krn mmg saat itu hrg mnyk dunia naik, tp stlh turun jg bbm tetap diturunkan harganya.
    Yg kedua, pak pres dlm mnaikkan hrga bbm 2rb/ltr blm ada rembug-bahas dgn DPR. Pdhl mnurut UU yg ada harusnya kputusan hrga itu dari pres dan DPR.
    Ini jg stau sy dari baca di media…
    China sj sdh berkali2 mnurunkan hrga bbm krn mmg tren harga minyak dunia sedang turun.
    Sedang mslh Subsidi,, kata Kwik Kian Gie istilah subsidi adlh pembodohan rakyat.

    • Bukan gitu mamase, harga bbm di indo jg turun koq :
      – Pertamax Plus : dr 13.200 -> 11.900 & skrg 11.600, nanti mgkn bs mjd 11.100
      – Pertamax : dr 11.400 -> 10.500 & skrg 10.200, nanti mgkn bs mjd 9.700
      – Premium : skrg 8.500 (harga sblm subsidi skrg mgkn 9.200, nanti mgkn jg bs mjd 8.700)

      Jadi bbm indo jg turun harga, nha kl ngikutin permisalan sy di atas jadinya kan subsidi Premium cm tinggal Rp 200,00 / liter!!? Trims..Cmiiw

  7. Terpaut dikit mending pertamax kali yah hmm

    Titip reyen
    coolrider69.wordpress.com/2014/11/19/test-ride-singkat-suzuki-address-nyaman-powerful-dan-serbaguna/

  8. murah itu akibat negara penghasil minyak lek.
    setau ane air putih di venezuela harganya sama kayak bensin premium seliternya.

  9. masa ga ngerti seh lek……
    dengan mendekati harga premium. di pastikan masyarakat kita berfikir ” memding beli pertamak, cm selisih segitu”
    ini lah yg di harapkan para cukong ataupun pemodal asing. dgn begitu kan ada pintu yg lebar bngt (catet ya pintu lebar bukan lg celah kecil) buat bangun spbu sebanyak banyaknya di tanah air ini… dan apa selanjutnya… lek iwan tau sendiri lah

  10. kebutuhan harian ikut melonjak tajam dampaknya, saya yang tidak pakai bbm subsidian ikut kelimpungan atas dampak kebijakan pemerintah…
    shit!

  11. mungkin presiden kita ingin masyarakatnya tidak menggunakan lagi BBM subsidi, supaya alokasi APBN bisa di alirkan ke hal lain selain BBM. Bisa saja kan kalau nanti harga Pertamax benar-benar turun dan semua pengguna setia premium beralih ke pertamax, premiumnya akan di tiadakan lagi peredarannya di indonesia? Apa masyarakat Indonesia tidak bangga pada diri mereka sendiri kalau mereka dapat hidup diluar lingkup subsidi pemerintahnya? Apa BERDIKARI bukan itu maknanya?

  12. kalau harga bbm murah, yang habisin masyarakat yang kaya, kapan benerin sekolah yg rusak kalo subsidinya melulu buat bbm saja mas iwan, kapan ada kesehatan yang gratis buat rakyat miskin kalau anggarannya hanya untuk dibakar di jalan, saya setuju harga bbm subsidi naik, sing ra trimo yo ngaliho nang luar negeri…

    salam

    yuyus aripiyanto-surabaya

    • perasaan sejak jaman presiden kemaren jumlah subsidi udah dikurangi, trus apa yg didapet? negara jadi maju g? makmur g? wong pasien miskin aja masih banyak yg ditolak rumah sakit

  13. mas, pertamax itu kenapa beda2 harga ya ? apa pengaruh ongkos distribusi ? lah kilang kita emangnya dimana ? disini aja pertamax bisa tembus diatas 12.500 seliter, pertamax92 belum pernah nemu saya disini

  14. Jane sekalian pendapatan perkapitane lek. Jadi bisa dipraduga mahal murahnya. Bensin perliter 10 rbu tapi pendapatan perkapita di atas 10 juta yo beda dengan yg pendapatan mepet UMR

  15. Setahun terakhir gw udh pake pertamax dengan cara mengurangi jajan dan ngerokok. Awalnya sih berat, tapi dibiasain aja. Mindsetnya yg dirubah mas. Mampu atau tidak terkadang kita sendiri yg ciptakan di kepala. Pemilik mobil harga ratusan juta ngikut ngantri bensin subsidi artinya ada yg salah dgn mindsetnya. Gw naik Suzuki Let’s tiap hari bolak balik cibinong-bintaro dan gw bangga krn hidup gw ngga nyusahin negara dengan pake bensin yg tidak disubsidi.

    • Betul banget bro
      Ane gemes banget sama mobil pribadi
      beli barang harga ratusan juta bisa tapi anehnya malah beli BBM subsidi

      Paling kesel sama mobil
      banyak yang isinya cuma 1-2 ekor aja
      ngemubazirin jalanan
      ngabisin bbmnya lebih banyak dr motor

      Padahal kalo mereka yang bermobil itu mengisi mobilnya pakai BBM non subsidi maka anggaran subsidi bakalan bisa dihemat tp sayangnya mentalnya mental pengemis

      • wkwkwkkk
        mampu beli mobil ratusan juta ikut ngantri bensin subsidi dapat jatah raskin, jamkesmas dan kartu perlindungan sosial.

    • inti keberatan harga premium naik itu bkn soal mampu ato tdk beli bbm non subsidi, semua orang yg punya kendaraan pasti mampu beli bbm non subsidi.
      Yg ditakutkan adlh efek domino akibat harga bbm naik. Cb anda pikir, harga bbm naik berapa persen, ee pemerintah kok cm menaikkan tarif angkutan 10%, dg biaya operasional yg tinggi plus harga onderdil yg mahal, apa mereka akan bs bertahan dlm jangka waktu lama? Lawong harga bensin 6500 aja dah banyak pemilik angkutan yg gulung tikar.
      Belum lg sektor lain spt beras, besok mungkin akan ada kebijakan penetapan harga beras agar murah, pdhl petani menggarapnya dg biaya produksi yg tinggi. Apa petani padi mau bertahan dg kondisi spt itu terus menerus?

      • Mas, itu bener, bapak & simbok sy jg petani yg nasibe persis dgn yg njenengan bilang T_T

        Cm ini lg ngomongin pemilik mobil yg “maksa” itu lho, maksa punya mobil dgn perhitungan ngonsumsi bengsin sumbangan, kalo sy sih cm bs ngeliatin mukanya terus2an sambil pasang emot nyinyir tiap kali antri bareng mobil yg ngisi bengsin sumbangan di spbu..

      • Masalahnya generasi anak muda sekarang lebih suka kerja diruangan ber-ac dari pada panas-panasan,,, Faktor gengsi berbicara,,, Tapi lepas dari itu masalahnya keuntungan menjadi petani ga sebesar keuntungan para tengkulak,,, Tengkulak atau pengepul cuma kerja beberapa hari dah untung gedhe,,, Beda ma petani yang kerja berbulan-bulan tapi panennya dihargai murah,,, Hehehe,,,,

      • Yang saya tangkap dari komentarnya Mas Udin itu bukan berarti setuju harga BBM naik, tapi: Seandainya yang merasa mampu (terutama mobil2 mewah) mau pakai pertamax, otomatis beban pemerintah berkurang dan harga BBM subsidi jadinya gak perlu naik… Gitu loh…

  16. Ane copas komen di fb, gmn mnrt lek iwan…kira2 rasional nggak? Sorry…ane kapasitasnya bkn trmasuk yg setuju atau menolak, tp lg meresapi komen ini ada bnernya apa nggak.
    1.
    Harga bbm tetap naik meski harga minyak dunia
    lagi turun. Ahli investasi dunia Warren Buffet
    sering mengingatkan kita agar membelanjakan
    uang dg bijak dan memutuskan investasi tanpa
    kebingungan saat harga turun atau naik akibat
    ulah para spekulan. Saat spekulan menurunkan
    harga minyak, jokowi melawan arus dg tetep
    meningkatkan harga bbm. Bijak! Hanya orang
    bodoh yg terombang ambing harga spekulan.
    Ingat, minyak semakin langka, kl harga turun, itu
    jelas ulah spekulan. Hukum ekonomi menyatakan
    harga berbanding lurus dg kelangkaan. Spekulan
    sehebat apapun tak akan mampu melawan
    hukum ekonomi Coy!!! 2. Harga minyak RON 95
    malaysia 8.100, lebih murah dari harga minyak
    RON 88 Pertamina – premium. Ini kecerdasan
    kedua. Akbiatnya apa anak2??? Mafia minyak
    akan segera berbondong2 pindah warga negara
    ke Malaysia. Harga minyak malaysia yg relatif lbh
    murah akan menarik semut2 gatal mafia minyak
    utk menyelundupkan minyak dari malaysia ke
    indonesia. Akibatnya, malaysia akan menderita
    kerugian ratusan triliun per tahun. Kapan sihh
    kita bisa ngadalin Malaysia??? Sekaranglah
    saatnya!!! 3. Saat ini cadangan minyak kita
    tinggal 20%, yg sdh di lifting sejak 1970-an
    adalah 80% cadangan minyak yg sdh habis kita
    bakar. 20% cadangan ini hrs sesegera mungkin
    kita pergunakan dg bijak utk dana penelitian dan
    pengembangan energi terbarukan utk menghidupi
    energi 250 juta penduduk Ngendonesah. Jokowi
    cerdas dg cepat dan tangkas menaikkan harga
    bbm. Ia peduli masa depan. Ia peduli pada nasib
    anak cucu kita, bukan hy kita. Cerdas. 4. Akan
    tersedia “sedikit” dana segar tambahan dari
    pemotongan subsidi ini. Pembangunan
    infrastruktur akan segera bisa dimulai dg skala
    prioritasnya. Syupersss jokowow. 5. Kenaikan
    harga bbm hy bbrp jam setelah jokowow pulang
    dari ngider ke LN. Spekulan kampung penimbun
    bbm ga sempat curang, kapoookkkk!!!! Syuper
    cerdas. Kl sampai jokowi menurunkan lagi harga
    bbm utk popularitas suatu saat nanti, saya akan
    mengkritiknya dg sgt pedas!!! Saya akan teriak
    alangkah gobloknya menurunkan harga komoditas
    yg semakin langka!!! Ini melanggar prinsip
    ekonomi demi popularitas sesaat!!! SEMOGA KITA
    DAPAT BELAJAR POLITIK YANG
    SESUNGGUHNYA…..Biar pinter lo kira naik kagak
    ada alasanx,naik 2000 dah kyak org mau mati ae

  17. india ??? jauh lebih mahal dgn pendptn prkapita beda tpiss … toh ,ttp jg pnjualan mtornya monceerrr … apakah berlaku jg di Indonesia ..??

  18. Gak ah om iwan,di thailand gajinya g jauh beda kok sm kt.bhkan saya prnh training dan ckup lama thailand dan menanyakan soal gaji mrk g jauh bda ko sm kt,klo malaysia jls lbih murah sm brunai,mrk penghasil minyak dan baik dlm memaintenance minyak mentah mrk.mgknn klo subsidi buat yg bnr2 g mampu si g apa2,liat di tkp mobil2 mewah pd isi premium sekali isi jg gila2an,blm lg kendaraan pra pebisnis jasa angkutan,courier,kendaraan2 prusahaan yg msh menggunakan bbm,gmn pengusahanya g tmbah kaya.

  19. di thailand pendapatan per kapita lbih tinggi

    tapi jumlah motor/pemakai premium lebih banyak mana kang??

    tolong info nya kang…
    soalnya kenaikan harga bbm saya rasa bukan karna faktor pendapatan per kapita saja 🙂

  20. asline salah kq mas nyubsidi bbm…sing menikmati 80% orang kategori sejahtera,kl miskin bnrn susah beli motor pastinya.
    sing pas tu yg di subsidi otak dan subsidi kesehatan,kl bisa sekolah gratis sampai kuliah pasti pd pinter sehat maju negara ini.

  21. Sedikit kritis lek..kalau premium 88 itu 8500 dan 92 itu10500 . premium 88 harga non subsidinya berapa ya lek? Pemerintah subsidi berapa perliternya?sewu? Kok medit yaaa..

    • pada intinya simpang siur berapa harga asli dari si premium ini ya om?? hahaha, masa deket bgt sama pertamax yang ron 92

    • dengan harga minyak dunia sekarang…hitungannya bensin RON 88 tanpa disubsudi harganya 8600/liter….selisih bensin ron 88 ama pertamax ron 92 sekitar 1500/liter….begitulah kira2x….

    • bensin RON 88 cuma ada di indonesiah….karena semua produksi motor dan mobil di dunia sekarang kompresinya tinggi2x cocoknya pakai RON 92 keatas….sedangkan yang cocok pakai bensin RON 88 mobil motor produksi tahun 90-an…dan di indonesiah spesies thn 90-an masih banyak banget jumlahnya…

  22. kbnyakan ngebandingin dgnmalaysia.emg sih,pndptan perkapitany lebih tinggi dr kita ,tp jmlh kndaraan yg jauh lebih sdkit dr indonesia mmbuat pmerintah sna gak tekor2 amat. kalo dsni? harga Rp.6500 yg make kbnyakan kndaraan roda empat yg mahal,yg isi satu tankinya bisa berkali lipat motor bebek rakyat kecil.blm lagi pnylundupan dmn2 krn pngawasan yg kurang dan bkn cuma pngawasan aja yg kurang,tp juga kesadaran dimasing2 pihak jg kurang.pdhl subsidi dimksdkan utk mmbntu rakyat kecil tp justru rakyat kecillah yg pling sdikitmnggunakan bbm subsidi.mka dr itu pemerintah mngalihkan sbagian subsidi bbm ke program yg lebih tepat sasaran (mnurut mreka yaa)… jd mhon jgn mngambil statement yg negatif duluu ..kita lihat 2 atw 3 bln kedepan. ingat .. kita gak bisa ngbandingin sesuatu dr satu sisi aj ..cb perhatikan yg lainny jg..sama kyk ngbandingin mtor lahh

  23. harga Rp.6500 yg make kbnyakan kndaraan roda empat yg mahal,yg isi satu tankinya bisa berkali lipat motor bebek rakyat kecil…blm lagi pnylundupan dmn2 krn pngawasan yg kurang dan bkn cuma pngawasan aja yg kurang,tp juga kesadaran dimasing2 pihak jg kurang..pdhl subsidi dimksdkan utk mmbntu rakyat kecil tp justru rakyat kecillah yg pling sdikitmnggunakan bbm subsidi..mka dr itu pemerintah mngalihkan sbagian subsidi bbm ke program yg lebih tepat sasaran (mnurut mreka yaa..)… jd mhon jgn mngambil statement yg negatif duluu ..kita lihat 2 atw 3 bln kedepan… ingat .. kita gak bisa ngbandingin sesuatu dr satu sisi aj .. cb perhatikan yg lainny jg… sama kyk ngbandingin mtor lahh..

  24. Negara di list 1-8 kekayaan minyak bumi jauh lebih melimpah dibanding indo,mereka ekspor juga dan bikin sendiri juga oleh perusahaan dalam negeri masing-masing yang kuantitas produksinya jauh lebih tinggi dibanding prtmina.so jadi pasti lebih murah

  25. Kok harga pertamax di setiap daerah beda2 ya..
    Ane di ambon pertamax 12.800 baru turun setelah kemarin 13.100

    Seharusnya pemerintah sama ratakan saja harga bahan bakar seluruh indonesia..
    Lha wong premium bisa sama, kok pertamax nda sama..
    Tp mgkn premium krn disubsidi, jd ongkos kirimnya juga disubsidi mungkin ya..
    Gak tau deh..

  26. harga Rp.6500 yg make kbnyakan kndaraan roda empat yg mahal,yg isi satu tankinya bisa berkali lipat motor bebek rakyat kecil…blm lagi pnylundupan dmn2 krn pngawasan yg kurang dan bkn cuma pngawasan aja yg kurang,tp juga kesadaran dimasing2 pihak jg kurang..pdhl subsidi dimksdkan utk mmbntu rakyat kecil tp justru rakyat kecillah yg pling sdikitmnggunakan bbm subsidi..mka dr itu pemerintah mngalihkan sbagian subsidi bbm ke program yg lebih tepat sasaran (mnurut mreka yaa..)… jd mhon jgn mngambil statement yg negatif duluu ..kita lihat 2 atw 3 bln kedepan… ingat .. kita gak bisa ngbandingin sesuatu dr satu sisi aj .. cb perhatikan yg lainny jg… sama kyk ngbandingin mtor lahh..dimalaysia harga bahan pokok yg ngatur pemerintah, tp kalo diindonesia yg ngatur syp ya??

  27. Kang ipul, jumlah konsumsi bbm pertahun masing2 negara berapa liter ya?
    #Emang mumetz gandoz kotoz-kotoz sebagai kepala rumah tangga.

  28. lek iwan jjl yuk itung2an.
    2ltr/hr bt pp brkgt-plg krj di kali 365hr.=…?

    trus upah blnan 1.223.000 di bagi 32.000 per hari di bagi 365 hri =…??

    piye lek iwan..?? ngenes ora.

    salam SBY^JK = SUSAH BENSIN YA JALAN KAKI 😛

  29. panteklah moderasi ni …
    comment aku knak truss .. mano yg pnyo warung ne ?? system bebal di pepakai… buang ajo lah jejauh moderasi ni..

  30. Berarti tuku pertamax ae lek, gk usah nanggis njaluk premium turun, toh spek motor anyar jane gk cocok gae premium, tp yo dpaksa mergo tipikal pengemis.

  31. sh*el vs t*tal vs petr*nas VS pert*mina….

    aku pilih SHE……
    opsi kedua pilih PETRO…..
    opsi ketiga TOTOL…..
    opsi terakhir PERTAM…..

    tapi utk saat ini pilih pertam krna terpaksa she*l sudah tutup.dan awas aja kalo spbu asing dtng lagi. …..

  32. Persoalan BBM ini urusannya Pertamina. Sebagai salah satu BUMN, seharusnya Menteri BUMN juga ikut bertanggung jawab soal kenaikan harga BBM bersubsidi ini. Siapakah dia? Menteri BUMN yg sekarang yakni Rini Soemarno. Dulu dia bernama Rini Soewandi (setelah bercerai dg Soewandi dia berganti nama). Rini Soemarno dulu adalah pimpinan PT. Kanzen. Ada yg masih ingat motor merek Kanzen? Nah, di bawah kepemimpinannya tsb Kanzen bangkrut hingga gulung tikar. Celakanya orang ini sekarang menduduki jabatan penting di pemerintahan. Entahlah apa maksud Jokowi menunjuknya menjadi Menteri BUMN. Semoga saja BUMN di bawah kendalinya tidak semakin mundur.

  33. Di malaysia tidak ada RON 88 adanya RON95 dan RON97 dan pertanggal 19nov pemerintah malaysia menurunkan harga bensinya menjadi 2.55RM/Liter kalikan saja berapa kurs RM skrg. Oohh iya IWB. Di padang harga pertamax 92 harganya 12.200 jdi untuk nenggak pertamax khayaknya masih mikir yg selisihnya masih jauh dengan premium. 😉

  34. ditambah lagi yang katanya pemerintah ne ya pemakaian kouta BBM pertahun di indonesia,hampir tidak tercukupi.jumlah kendaraan semakin banyak.yang mana untuk mendapatkan sebuah kendaraan semakin mudah.

  35. apike pancen ngono mas, rego bensin kr petromax eh pertamax kaceke ra akeh, dadi akeh wong sg beralih nyg pertamax. premium ra payu

  36. pom pom shell akan mulai bka kembali ni kayanya…dinegara ini ada kebijakan murni demi kepentingan rakyat scara murni dan ada kebijakan domplengan mengatasnamakan rakyat…klokebijakan kenaikan bensin…naiknya bensin tdk masalah yg jadi masalah efekdomino dari kenaikan itu…(mudah2an pemerintahan sekarang dalam mengelola ngri ini tdk berpikir untung rugi…jgn samakan pengelolaan negara ini dgn mengelola perusahan..namun pengabdiaan kepada rakyat seutuhnya …bagi saya pribadi kranehan bagi bangsa ini klo subsidi dipindah ke kartu kartu yg tdk langsung bermampaat langsung alangkah baiknya digunakan pembabgunan rumah sakit rumah sakit so jumlah rmh sakit mci kurang terutama dipelosok2 negri ini..ada kartu sehat percumah klo tdk bisa digunakan kana rmh sakit penuh atau dipelosok2 tdk ada rmh sakit..tampa istilah kartu sehatpun bisa dgn ktp dirangkap adanya tambahan rakyat – dan + so tdk perlu ribet pke kartu aneh cukup diliat di ktp oleh pihak rmh sakit mana yg mampu dan tdk atau dengan kode baner di ktp nya jadi status rakyat mampu dan kaya tdk tertulis di ktp nya tpi dgn kode baner.. dibanding bkin kartu cuma buang buang duit….apa lagi dmi arogansi pencitraan yg berkesan pembelaan dmi rakyat ayo berpikir sehat jgn mengidolakan menokohkan seorang pemimpin sperti dewa yg nantinya hannya bikin kita terpuruk …….ngoooong

  37. sebenernya harga premium oktan 88 di negara kita kalo bersih tanpa subsidi tu brp sih? g lucu kalo dijual lbh mahal daripada negara sebelah, padahal yg dijual negara sebelah itu oktannya 92 dan 98

  38. Keluahn user NVL baru 5 bulan ngebul dan harus ganti blok, dicopas di banyak group!
    bonsaibiker.com/2014/11/20/keluhan-nvl-5-bulan-harus-ganti-blok-ini-ramai-dibicarakan-orang-justru-di-luar-grup-nvl/

  39. pendapatan perkapita negeri tetangga memang lebih tinggi tapi jangan lupa paopulasi kendaraan bermotor negeri ini jauh lebih tinggi = konsumsi bahan bakar sangat tinggi

  40. disatu sisi di sini teriak2 BBM susbsidi dinaikkan..
    disatu sisi di sini pada girang kebangetan nunggu motor model baru dikeluarkan,, seharusnya lebih dipersulit bagi mereka yg mau kredit motor/mobil.. biar konsumsi BBM dalam negeri menurun..

  41. gak bs dibandingin sm malaysai om iwb..disana RON 95 bt rakyat miskin…disana minim RON 95, pny duit bs pilih RON 97..jd ya msh murah disini..

  42. bang Mechman212v

    Trus Salesnya makan apa kalaupengajuan kredit motor dipersulit.
    Semua keputusan yang dilakukan itu selalu ada Feedback nya.

  43. malu mas-mas (komengtator) kalo sampeyan sampe ngeributin kenaikan BBM..!!!

    justru seharusnya bersyukur..karena masih diberi rezeki dikala BBM naek..!!!

    en jangan protes2 kenaikan BBM dengan ngaku2 “rakjat ketjil”.. inget lho omongan itu adalah do’a..
    kalo sampeyan ngaku2 rakjat ketjil, berarti sampeyan bener2 minta dijadikan rakjat ketjil seperti mereka2 yang tidak mampu…

    naudzubillah min dzalik..!!!

  44. Gaji sebulan di Amerika bisa buat makan selama 5 bulan
    Gaji sebulan di Indonesia cuma bisa buat makan selama sebulan

    Pemerintah koplak,yang diuntungkan cuma golongan tertentu.
    Yang kaya semakin kaya dan yang miskin semakin miskin.

  45. SAYA MERASA ISTILAH SUPSIDI INI HANYA AKAL2AN PEMERINTAH KETIKA PEMERINTAH KEBINGUNGAN MENCARI DANA YG SEGAR, SUDH JELAS2 BENSIN RON 88 HARGANYA GA SEGITU,KALO GA PERCAYA LIHAT HARGA MINYAK DUNIA, INI AKAN MENJADI BOM WAKTU BAGI PEMERINTAH. LIHAT SAJA MINYAK YG DIJUAL SWASTA YG AKAN MERAJAI PENJUALAN BBM DI NEGERI INI,

  46. Lek IWB kurang jelas bahasnya

    1. Venezuela
    Harga bensin US$ 0,06 per liter atau Rp 728 per liter

    2. Arab Saudi
    Harga bensin US$ 0,12 per liter atau Rp 1.450 per liter

    3. Iran
    Harga bensin US$ 0,25 per liter atau Rp 3.050 per liter

    4. Mesir
    Harga bensin US$ 0,26 per liter atau Rp 3.150 per liter

    5. Brunei Darussalam
    Harga bensin US$ 0,41 per liter atau Rp 4.980 per liter

    6. Uni Emirat Arab
    Harga bensin US$ 0,47 per liter atau Rp 5.700 per liter

    7. Malaysia
    Harga bensin US$ 0,6 per liter atau Rp 7.300 per liter

    Negara2x itu produksi sendiri minyaknya, mereka surplus loh, lalu jumlah penduduk meraka gak sebanyak Indonesia. Negeri kita ini sudah bukan negara produsen minyak. 10 Tahun SBY berkuasa gak nambah kilang minyak, kilang minyak di kita sudah tua semua lek IWB. Keadaan ini makin diperparah dengan meningkatkan penggunakan BBM, karena semakin banyak warga kita yg punya kendaraan baik motor dan Mobil. Jadi gak bijak banget bandingin Indonesia dengan negara penghasil minyak dan jumlah penduduk mereka juga gak sebanyak Indonesia, otomatis penggunaan BBM mereka gak seboros Indonesia.

  47. Bensin di malay 7rb, cuma harga motor dan mobilnya jauh lbh mahal dr indon, gitu aja macet..
    apalagi indon harga motor sdikit lbh murah + bensin mao lbh murah lg ?
    Alamat bakar duit di jalan tiap hari 😈
    Alangkah lebih baik jika harga mobil dan motor dimurahin dan bensin yg dimahalin 😉

  48. Pertanyaanya: Kenapa negri penghasil minyak bumi.justru lebih mahal? KARENA NGAK BISA MENGOLAH. yowes mending minyak mentah ngak usah di jual biar semuanya lebih sehat dengan jalan kaki apa naek sepeda

  49. Mahal, gak usah dibeli. Cari kerja yg gak usah pake kendaraan pribadi kalau dirasa berat

    Gasoline di indonesia harus mahal karena jumlah hasil tambangnya gak cukup buat jumlah pemakaiannya.

    Dari list negara2 diatas, indonesia kondisinya paling cocok disandingkan dengan Brazil… dan India… 🙂

  50. Menurut ane iya.. Indonesia itu kaya akan tambang minyak..
    Tapi tambang2 minyak tersebut d kuasai oleh perusahaan asin. Oleh maka dri pada itu pertaminan masih beli minyak k luar negeri.
    Negera kita punya minyak knapa harus beli..?
    Sama aja kita beli air.. Air di sediakan oleh alam tpi kenapa kita harus beli..?

  51. Mas IWB, mungkin tulisannya yang mengulas tentang BBM di Indonesia dan di luar negri harus dimasukkan data seakurat mungkin…seperti kenapa di luar negri bisa lebih murah dan sebagainya…

    di malaysia bisa lebih murah karena pemerintah berani mematok rate kurs mata uang doalar amerika dan tidak floating….kenapa bisa begitu? karena pemerintahnya pede dengan kekuatan ekonominya…..itu cuma sebagian contoh aja mas.

    jadi gak bisa di sama ratakan semua negara dengan kondisi di Indonesia…. 🙂

  52. pertamax sebagian besar impor premium produk sendiri, belum dr segi kualitas…
    harga bensin luar negeri itu umumnya sdh ron90 keatas kalo tdk salah,
    kenapa Indonesia tdk produksi pertamax sj semua kalo disubsidi sdkt bs jd Rp.9000 sy kira masyarakat lebih menerima… 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here