iklan iwb

460x110 (7)460x110_ok

125204_620Bro dan sis sekalian…sebagai biker sekaligus masyarakat, IWB senantiasa mengikuti pergerakan harga bensin diseluruh SPBU. Ketika harga bensin subsidi terdongkrak hingga 8500 rupiah/liter….bensin oktan 92 keatas ternyata ramai-ramai turun. Hal ini dikarenakan harga minyak mentah dunia turun cukup drastis antara 75-79 dolar perbarel. Dan prediksinya….Pertamax-pun bulan Desember terbuka dibawah 10ribu rupiah perliter. Weleh….

460x110REVSYOURBIKE

iklan iwb

Kalau sampeyan sudi memperhatikan…pertengahan November ini hampir seluruh harga bensin oktan 92 keatas mengalami penurunan. Dari pengamatan IWB…..harga Pertamax turun sekitar 300 rupiah perliter menjadi 10.200 dari sebelumnya 10.500. Begitu pula bensin oktan 95 atau Pertamax plus yang terdorong ke 11.600/liter (sebelumnya 11.900). Diikuti Pertamina Dex dari 12.200 turun ke 11.800 rupiah/liter. Langkah ini juga sejalan dengan SPBU asing yang menurunkan harga bensin mereka. Pertanyaannya…apakah bensin 8500 rupiah/liter sudah cukup layak dan memang jauh lebih murah dibandingkan harga bensin negeri lain?….

Ternyata tidak brosis. Dari referensi beberapa media yang IWB baca….kenaikan bensin Premium 8.500 rupiah perliter membuat negeri ini melampui harga Malaysia yang jika dikonversi berkisar 7.300 rupiah/liter. Begitu juga dibanding Brunnei Darussalam yang menjual bensin untuk rakyatnya sekitar 4.980 rupiah/liter. Padahal dari pendapatan perkapita masyarakat disana jauh lebih tinggi dibanding Indonesia. Untuk lebih jelasnya berikut harga-harga BBM di beberapa negara kawasan Amerika, Eropa, Asia dan Timur Tengah perbulan November yang IWB kutip dari Liputan6……

1. Venezuela
Harga bensin US$ 0,06 per liter atau Rp 728 per liter

2. Arab Saudi
Harga bensin US$ 0,12 per liter atau Rp 1.450 per liter

3. Iran
Harga bensin US$ 0,25 per liter atau Rp 3.050 per liter

4. Mesir
Harga bensin US$ 0,26 per liter atau Rp 3.150 per liter

5. Brunei Darussalam
Harga bensin US$ 0,41 per liter atau Rp 4.980 per liter

6. Uni Emirat Arab
Harga bensin US$ 0,47 per liter atau Rp 5.700 per liter

7. Malaysia
Harga bensin US$ 0,6 per liter atau Rp 7.300 per liter

8. Amerika Serikat

Harga bensin US$ 0,89 per liter atau Rp 10.800 per liter

9. Brazil
Harga bensin US$ 1,07 per liter atau Rp 13.000 per liter

10. Filipina
Harga bensin US$ 1.09 per liter atau Rp 13.250 per liter

11. Thailand
Harga bensin US$ 1,1 per liter atau Rp 13.363 per liter

12. India
Harga bensin US$ 1,17 per liter atau Rp 14.200 per liter

13. Singapura
Harga bensin US$ 1,54 per liter atau Rp 18.700 per liter

14. Prancis
Harga bensin US$ 1,74 per liter atau Rp 21.140 per liter

15. Inggris
Harga bensin US$ 2,03 per liter atau Rp 24.700 per liter

16. Turki
Harga bensin US$ 2,17 per liter atau Rp 26.400 per liter.

* (Kurs: Rp 12.148/US$)

bensin-naikYup itulah perbandingan harga bensin dibeberapa negara luar negeri. Yang patut diingat….walau Amerika, Inggris, Turki, Singapura, Thailand terlihat mahal…..namun pendapatan perkapita penduduknya jauh diatas Indonesia. Kasarannya….kalau karyawan disini gaji sebulan 3juta…..disana paling rendah 15juta. Wis….ngerti to maksud IWB. So….24ribu kayak nyelip digigi nggak berasa apa-apa pastinya :mrgreen: …..

Last…..jika sudah begini mungkin akan lebih baik tidak ada lagi istilah subsidi. Toh prediksinya Pertamax bulan Desember terbuka turun dibawah 10ribu rupiah. Memang ribet kalau sudah ngomongin harga bensin sebab implikasinya keseluruh komponen kebutuhan pokok. Apalagi belum genap 2 hari Premium naik….sandang, pangan, papan untuk masyarakat juga mulai merangkak. Opo ora mumet jal. Yah…IWB percaya, bapak-bapak disana sudah memperhitungkan secara matang. Nggak mungkinlah menyesatkan rakyatnya….walau untuk saat ini dahi masih terus berkerut berusaha mencari keyakinan bahwa langkah ini memang yang terbaik. Premium??. Jangan usil ngrecokin harga lainnya bisa nggak sih? :mrgreen: …..(iwb)

rpms-banner

192 COMMENTS

    • Eh coeg,, bbm subsidi itu buat orang miskin, nah lu ngomong gitu sama aja lu bilang klo honda itu motornya orang miskin.. Gak usang ngetusak nama Honda deh lu.

      • gue ga ada tuh bilang yg pake honda orang miskin…
        honda irit n premium ready… fiturnya idle stop system, membuat irit saat berhenti dilampu merah… mesin juga irit, 1 liter bisa mencapai 100km… awet dan bandel, injector ga kotor walaupun pake bensin… ini KENYATAAN… kalo lo kan penafsiran, nyong!

    • Eh coeg,, bbm subsidi itu buat orang miskin, nah lu ngomong gitu sama aja lu bilang klo honda itu motornya orang miskin.. Gak usang NGERUSAK nama Honda deh lu.

  1. Jelas kan tujuannya emang ngurangin subsidi. Di luaran emang harga turun karena diluar ga pake sistem subsidi kek dimari.
    Bangun oe, indonesia bukan lagi negara kaya minyak. Konsumsi bbm kita udah lebih besar daripada produksi minyak kita.
    Lagipula kalo batal dinaikin apa hara kebutuhan pokok bakal turun juga? Ane rasa tidak melihat kemarin bbm batal naik tapi harga kebutuhan yang naik duluan ga mau diturunin pedagang.

        • yg kaya apanya??
          minyaknya,, bisa aja kaya jumlah penduduknya,,
          ato bisa aja yg kaya subsidi bbm nya yg diaggap tidak efisien,, salah kelola
          makanya yg kaya2 itu di sumbangin buat subsidi yg laen2 yg lbh miskin dan membutuhkan…
          imho

    • karna peduli mas… kalo gak peduli… khalli walli (ungkapan harian orang arab yang artinya biarin aja!). tapi lek iwb gak khalli walli… diulas, dibahas… karna salut plus kasian kpd sodara sodara kita yg incomenya masih ibarat “timbang recehan”. padahal kerjanya cape banget. setiap hari pula!, rajin banget… gak ngeluh, nrimo… sangat layak untuk dihormati dan dipedulikan, dibantu! (bahkan mungkin layak dicontoh ketabahannya, determinasinya, etos kerjanya, dst)
      saya pernah baca suatu artikel tentang poverty (kemiskinan) bahwa salah satu faktor kemiskinan adalah efek kebijakan publik yg memiskinkan.
      melalui blog ini… lek iwb menyuarakan amanat penderitaan rakyat miskin ke permukaan. semoga pembuat kebijakan denger, mempertimbangkan dan memperbaiki kebijakannya demi rakyat miskin.
      ada satu hadits yang sahih (Nabi Muhammad shallallaahu ‘alayhi wasallam benar benar pernah mengatakannya) bahwa ada 7 kelompok orang yg diberi naungan pada hari kiamat dimana di hari itu tidak ada naungan kecuali naungannya ALLAH Subhanahu wata’Ala. salah satunya adalah pemimpin yang adil.
      semoga rakyat nkri dianugerahi oleh ALLAH Subhanahu wata’Ala pemimpin yang adil. sebagaimana doanya Nabi Muhammad shallallaahu ‘alayhi wasallam.
      “… walaa tusallith ‘alaynaa man laa yarhamunaa”
      artinya: wahai Tuhan… janganlah Kau mengkuasakan kami kepada orang yang tidak menyayangi kami.
      aamiin.

      well done iwb!

      wallaahu a’lam.

    • bener bro…rata rata diluar negeri semuanya oktan 92 minim, klo lbh mahal dari premium kita ya wajar tp yg aneh klo dibawah harga premium kita…… apa yakin hasil pengurangan subsidi bisa langsung dinikmatin rakyat biasa???!!! jangan” malah disunat dulu ma para pejabat dan mafia migas???org secara yg jd pejabat dilingkup sektor ini ada banyak kepala bkn satu ato dua org……

  2. selama ini cuma jadi silent rider, berhubung topiknya bkn produk motor, baru aman utk komentar..
    mungkinkah kejadian di bulan desember harga bensin oktan 92 turun sampai level Rp.9500, sedangkan premium baru saja naik?
    opo ora keblinger, premium mana mungkin turun harga..

    • ngoahahahaaa
      andai saja bensin subsidi harganya sama dengan venezuela, bikers indonesia bisa cebok pake bensin sehabis boker.

  3. pro kontra bbm naik memang masih menjadi budaya diindonesia yang sebagian rakyatnya masih hidup dibawah garis kemiskinan…so possitive thinking aja bro…apa yang dilakukan pemerintah kita dukung demi kemajuan bangsa….

  4. lah kang itu negara berkembang ya menurut ane setara kaya Indonesia macam India sama brasil aja BBM segitu walah ngeri coba harga BBM di brazil sama kaya di Indonesia hahaha

    • bisa jadi harga bbm lbh mahal di brazil krn kadar oktannya tinggi, entah 92, 93, 95, atau 98. selain itu tingkatam pendapatan penduduknya jg perlu dilihat. bisa saja pendapatan perkapita mereka lbh tinggi dari Indonesia

  5. perbandingan harga bbm antar negara sangat lah tidak adil jika tidak ada tabel perbandingan gaji rata2 disana.. ibarat motor cm spyshootnya.. hahaha

  6. Yang tdk.masuk diakal adlh bpk pres menaikkan bbm disaat hrga mnyk dunia turun. Berbeda saat bpk sby menaikkan hrga bensin.krn mmg saat itu hrg mnyk dunia naik, tp stlh turun jg bbm tetap diturunkan harganya.
    Yg kedua, pak pres dlm mnaikkan hrga bbm 2rb/ltr blm ada rembug-bahas dgn DPR. Pdhl mnurut UU yg ada harusnya kputusan hrga itu dari pres dan DPR.
    Ini jg stau sy dari baca di media…
    China sj sdh berkali2 mnurunkan hrga bbm krn mmg tren harga minyak dunia sedang turun.
    Sedang mslh Subsidi,, kata Kwik Kian Gie istilah subsidi adlh pembodohan rakyat.

    • Bukan gitu mamase, harga bbm di indo jg turun koq :
      – Pertamax Plus : dr 13.200 -> 11.900 & skrg 11.600, nanti mgkn bs mjd 11.100
      – Pertamax : dr 11.400 -> 10.500 & skrg 10.200, nanti mgkn bs mjd 9.700
      – Premium : skrg 8.500 (harga sblm subsidi skrg mgkn 9.200, nanti mgkn jg bs mjd 8.700)

      Jadi bbm indo jg turun harga, nha kl ngikutin permisalan sy di atas jadinya kan subsidi Premium cm tinggal Rp 200,00 / liter!!? Trims..Cmiiw

  7. Terpaut dikit mending pertamax kali yah hmm

    Titip reyen
    coolrider69.wordpress.com/2014/11/19/test-ride-singkat-suzuki-address-nyaman-powerful-dan-serbaguna/

  8. murah itu akibat negara penghasil minyak lek.
    setau ane air putih di venezuela harganya sama kayak bensin premium seliternya.

  9. masa ga ngerti seh lek……
    dengan mendekati harga premium. di pastikan masyarakat kita berfikir ” memding beli pertamak, cm selisih segitu”
    ini lah yg di harapkan para cukong ataupun pemodal asing. dgn begitu kan ada pintu yg lebar bngt (catet ya pintu lebar bukan lg celah kecil) buat bangun spbu sebanyak banyaknya di tanah air ini… dan apa selanjutnya… lek iwan tau sendiri lah

  10. kebutuhan harian ikut melonjak tajam dampaknya, saya yang tidak pakai bbm subsidian ikut kelimpungan atas dampak kebijakan pemerintah…
    shit!

  11. mungkin presiden kita ingin masyarakatnya tidak menggunakan lagi BBM subsidi, supaya alokasi APBN bisa di alirkan ke hal lain selain BBM. Bisa saja kan kalau nanti harga Pertamax benar-benar turun dan semua pengguna setia premium beralih ke pertamax, premiumnya akan di tiadakan lagi peredarannya di indonesia? Apa masyarakat Indonesia tidak bangga pada diri mereka sendiri kalau mereka dapat hidup diluar lingkup subsidi pemerintahnya? Apa BERDIKARI bukan itu maknanya?

  12. kalau harga bbm murah, yang habisin masyarakat yang kaya, kapan benerin sekolah yg rusak kalo subsidinya melulu buat bbm saja mas iwan, kapan ada kesehatan yang gratis buat rakyat miskin kalau anggarannya hanya untuk dibakar di jalan, saya setuju harga bbm subsidi naik, sing ra trimo yo ngaliho nang luar negeri…

    salam

    yuyus aripiyanto-surabaya

    • perasaan sejak jaman presiden kemaren jumlah subsidi udah dikurangi, trus apa yg didapet? negara jadi maju g? makmur g? wong pasien miskin aja masih banyak yg ditolak rumah sakit

  13. mas, pertamax itu kenapa beda2 harga ya ? apa pengaruh ongkos distribusi ? lah kilang kita emangnya dimana ? disini aja pertamax bisa tembus diatas 12.500 seliter, pertamax92 belum pernah nemu saya disini

  14. Jane sekalian pendapatan perkapitane lek. Jadi bisa dipraduga mahal murahnya. Bensin perliter 10 rbu tapi pendapatan perkapita di atas 10 juta yo beda dengan yg pendapatan mepet UMR

Comments are closed.