iklan iwb

460x110 (5)460x110_ok

Honda_RC211Va (1)

Bro dan sis sekalian…setelah mengamati dan melihat langsung seluruh line up prototype machine dimusium Honda Motegi Jepang, tidak diragukan soal desain IWB vote versi pertama Honda RC. Berlabel RC211V……desain sang kuda besi paling agresif serta sangar!!…
460x110IWB-REVSYOURBIKE(1)

iklan iwb

Beda dengan generasi modern….gen awal racikan Honda ini begitu agresif. Lebih lancip dengan buritan nungging habis. Dikembangkan pada tahun 2001 menggantikan NSR500 2tak….RC211V dibekali mesin 990cc V5. Didebut pertamanya tahun 2002…..RC211V ditangan Valentino Rossi mendominasi Motogp memenangkan juara konstuktor dengan gap 100 poin dibanding para rival. Tidak hanya itu mzbro…..dari beberapa referensi, RC211V 1st gen cukup bengis sebab motor ini belum dibekali traction control. Power management hanya bisa diseting 3 level disesuikan keinginan saat race. Baru dimusim 2003…seiring peningkatan power menjadi 240hp, Honda mencangkokkan traction control. Dan tahun itu pula…kembali HRC meraih juara dunia tanpa perlawanan berarti. Sayang….

Musim 2004…HRC gagal menahan kepindahan Rossi. Awal pengembangan melibatkan the Doctor….musim itu bisa dikatakan moment mengejutkan. Dominasi RC211V selama 2 tahun berturut-turut diruntuhkan oleh pembalap yang ikut mengembangkannya. Sirkuit Afrika menjadi saksi kekalahan pembukaan musim lewat duel Max Biaggi vs Valentino Rossi. Mengandalkan pembalap inti yakni Alex Barros, Nicky Hayden dan Sete Gibernau serta didukung satelit team Max Biaggi, Collin Edward plus Makoto Tamada…..RC211V gagal melakukan tugasnya. Dan tahun 2004 juara dunia lepas ketangan Yamaha….

Honda_RC211Va (2)

Ditahun 2005…..Honda seperti kehilangan arah. Pengembangan RC211V stuck tidak banyak kemajuan berarti. Minimnya masukan dari pembalap yang bisa dijadikan acuan membuat HRC kembali menelan pil pahit. Dan dimusim itu untuk pertama kalinya Honda kehilangan juara konstruktor yang dipegangnya selama 4 tahun. Berusaha bangkit…..HRC merombak ulang sasis dan nyomot versi 2003. Sebuah langkah aneh namun membuahkan hasil. Terbukti setelah melakukan testing pasca balap Brno…Hayden dan Biaggi mengatakan terjadi peningkatan yang cukup bagus. Cukup??. Belum brosis…..

Tidak puas sampai disana……tahun 2006, Honda merevisi RC211V crankshaft (rada tinggi) gearbox (lebih rendah) serta kopling direvisi. Swing arm juga dipanjangin dengan tujuan mengatur titik gravitasi (centralize mass) serta kestabilan. Perombakan mampu membawa Nicky Hayden menjadi pembalap tercepat saat tes diGP Inggris. Walau tidak serta merta mendominasi…ditahun itu dengan susah payah akhirnya HRC sukses merebut kembali juara dunia dari tangan Yamaha. Penutupan musim juga sebagai tanda berakhirnya RC211V dikancah balap Motogp 990cc. Yup…musim 2007, akibar regulasi RC211V lengser dan diganti RC212V….generasi 800cc V4 yang sempat mengantarkan Casey Stoner menjadi juara dunia Motogp…..

Last…..walau sudah pensiun, RC211V paling enak dipandang mata. Mulai dari depan hingga belakang begitu serasi dan kompak. Beda dengan generasi sekarang yang mempunyai buritan rada landai, desain RC211V lancip serta lebih langsing. Great and phenomenal bike. RC211V??. Seksi puoll kangbro, 5 silinder euy…….ediannn!!! (iwb)

RC211V

rpms-banner

Noted : Full gallery bisa mzbro intip di IWBspeed. com.

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!