iklan iwb
iklan iwb

460x110 (5)460x110_ok

R15 & Athlete (3)

Siapa sih yang nggak males kalau motor dekil. Tapi kadangkala karena kesibukan……kita tidak punya waktu untuk bersihin atau nyuci sendiri. Sedang diserahkan pada cuci steam??. Nah….ini yang sampeyan kudu hati-hati dan jeli….
r15goldgifLOOP

iklan iwb
iklan iwb

Untuk saving cost….tukang cuci sering menggunakan sabun colek. Selain murah…sabun ini memang cukup tangguh merontokkan bekas oli serta lumpur. Tapi ingat…kelebihan tersebut justru tidak menguntungkan untuk keawetan cat. Sifat sabun colek cukup keras dan dalam pemakaian jangka panjang bisa membuat coating cat menjadi buram. Untungnya tukang cuci steam biasanya mengaplikasikan sabun colek pada area bawah motor seperti ban, pelk, mesin, fender dsb. Jadi??….

Jika sampeyan siap merelakan pelk dan cat mesin….mungkin kondisi tsb tidak masalah. Namun kalau sampeyan termasuk biker yang apik serta sayang tunggangan…saran IWB bawa saja shampo motor dari rumah dan minta tukang steam untuk menggunakan chemical tsb. Efek memang tidak berlangsung instan. Tapi berkesinambungan dalam jangka panjang. So…alangkah lebih baik mencegah ketimbang menyesal belakangan. Sabuk colek??. Coba tempel aja ditangan sampeyan. Pasti akan terasa panas jika didiamkan beberapa saat. Saking kerasnya tuh :mrgreen: …….(iwb)

R15 & Athlete (2)

rpms-banner

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

82 COMMENTS

  1. jujur aja, artikele durung di woco, tapi komen disit lahhh….

    amankan pertamax di warunge kang IWB….
    salam satu aspal dan satu hati…

    • Ora mung rompal thok…lansung jeruane yo rontok,,wes gak iso di lakokke,,,motore langsung modyarrrr,,,,

      *tak rewangi bc,,ben lego atine

  2. Tp klo buat membersihkan rantai n gear manteb loh kang …bisa bersih bener rantene ger juga jadi bersih …asal membersihkan nya teliti n agak lama pake sikat gigi kang …tp ya harus sesegera mungkin di oleni rantene …

  3. Tp klo buat membersihkan rantai n gear
    manteb loh kang …bisa bersih bener
    rantene ger juga jadi bersih …asal
    membersihkan nya teliti n agak lama
    pake sikat gigi kang …tp ya harus
    sesegera mungkin di oleni rantene …

  4. Biasanya yg bikin panas ditangan tuh soda api. G tw klo sabun lekco ada soda api ny apa g.
    Review skalian pengkilap lek. Sing apik py?

  5. Deterjen,sabun colek bahkan sabun mandipun mengandung soda api atau NaoH atau caustic soda,licin tu kang.Pernah waktu dandan tangki yg bocor tangan ane kerendam soda api,efek saat itu cuma telapak tangan trasa licin dan sdikit anget,tp stelah tangan sudah kering baru trasa clekit2 kaya ada yg nusuk dan punggung tangan brubah kriput seperti tangan mbah mbah dan busik.Untuk netralinnya ane bilas pake clear dari juice nanas.Soalnya kalo gak dibilas,tangan trasa licin trus stiap terkena air.

  6. wajar sih. karena sabun colek sifatnya untuk bersihkan lemak.. jdnya tingkat basa nya d turunkan mendekati asam (mendekati bukan masuk indikator asam)… sementara sabun mandi bersifat basa gunanya untuk melembabkan kulit… dan kyknya lebih bagus mencuci tanpa sabun… bikin cat lebih awet

  7. Cuci steam,stiap ktemu tempat cuci motor atau mobil.Kbanyakan pasang plang CUCI STEAM MOTOR/MOBIL.Padahal kalo diperhatikan gak smua tempat cucian motor/mobil menggunakan steam.Setau ane STEAM itu kan uap panas yg mengandung tekanan yg dihasilkan dari air yg mendidih,makanya stiap liat steam motor gliran di samperin mana steamnya,yg ada cuma selang,semprotan,jetpump,sabun dan air dipenampungan doang.Didaerah ane rata2 steam motor gk ada uapnya kang

    • hanya tinggal istilahnya aja lek yang melekat…Steamnya sendiri sih dah gada hehehe
      ————
      kobayogas.com/2014/11/10/modifikasi-mengganti-shock-dengan-aftermarket-tentukan-dulu-tujuannya/

  8. cuci mobil yang 50 ribuan aja tetep pake sabun colek, gimana motor yang paling mahal 20 ribuan. nyari tukan cuci steam yang gak pake sabun colek sama aja kayak nyari jarum ditumpukan jerami 😆 :mrgreen:

  9. selama ini aman2 aja nyuci sendiri pake sabun colek… emg jadi kusam, abis cuci kan selalu di poles… amaaan sampe skrg ga ada masalah om

  10. jangankan sabunx… tekanan campuran udara dan air yang keluar juga bisa mengikis clear dan cat. jika terlalu sering biasax lapisan cat jika diraba mulai terasa kasar.

  11. Sekalian ɑ̤̥̈̊jª dibikin “r15 rontok dicuci make sabun colek” biar recehanya ditambah sm ahm.wkwkwkwkwkwkw

    • cie cieeee yang sakit hatiii ga terima nih yeee r25 pujaan mahluk maho dibilang kualitas ember hahahahahahha sabar ya tante fakta itu emang menyakitkan. ya sekali kali jadi laki laki jantan dong, akui kalo merk sesembahannya emang buruk kualitasnya.
      buat om iwan yang sabar menghadapi maho khususnya yg lagi dapet kaya begini

  12. baca artikek karo mikir, biasane kalo nyuci motor tempat cuci motornya ada plang cuci salju, mungkinkah salju dari cinho?

  13. Terus bagaimana dengan motor buatan AHM yang rata-rata catnya gampang buram padahal bawaan dari pabrikan. Tidak dicuci pakai sabun colek saja sudah buram sendiri,apalagi jika dicuci pakai sabun colek,alamat rontok beserta bracketnya.
    Xixixixixixi….

  14. yuupp betul,, motor terlalu sering cuci steam,, entah pake sabun colek atw apa,, malah agak kusam warna catnya…
    mansarpost.com/2014/11/10/berkaca-pada-kegagalan-refresh-produk-yamaha-atas-jupiter-z-tahun-2009/

  15. paling jos itu DIUMBAH DEWE.sekalian olahraga.kalo gasempat ya gausah di cuci dulu….kalo sempat,baru olahraga cuci motor.

    hati senang,pikiran lega,motor pun sumringah.

    kan harusnya kita yang “menunggangi” harta.bukan harta yang “menunggangi” kita.

    mentang2 biker sejati dan sayang motor trus mau “di tunggangi” gitu?

    mikir….

    hehehe

  16. iya kang, ane juga ngalamin sendiri. bersihin velg pake sabun colek. ane gosok gosok, eh malah cat nya ikut luntur. padahal velg ku warna putih 🙁

  17. belum lagi bikin pelumas gempor… tiap habis cuci steam rantai harus dilumasi ulang gara gara pelumas rantainya rontok dihajar sabun colek.

  18. Mending klo ga kotor2 bgt cukup dibilas pke air saja diusap pke tangan klo perlu bagian bwah nya aja yg pke sampo, klo mau kinclong cukup pke minyak kayu putih biar ga cepet kusam n ga ada efek samping juga soalnya..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here