iklan iwb
iklan iwb

460x110 (5)460x110_ok

trelis-frame-honda-vtr-250-2014Bro dan sis sekalian….semakin kuatnya wacana sport Honda 250 cc V-Twin banyak memunculkan spekulasi akan desain frame yang digunakan. Apakah bakal nyomot milik CBR250R?. Atau sosok yang lain?. Nah…IWB akan coba meraba dan menganalisa seperti apa konsep Honda terhadap K6*A nanti. Monggo lanjutkan bacanya….

r15goldgifLOOP

iklan iwb
iklan iwb

Beda dengan beberapa pabrikan Jepang….Honda termasuk pabrikan yang demen dan cukup konsisten menggunakan konfigurasi V. Konstruksi ini bukannya tanpa kelemahan sebab biasanya vibrasi cenderung lebih terasa dibanding inline. Selain itu….konfigurasi V juga memakan tempat dibagian central frame sehingga efeknya whellbase sedikit lebih molor. Namun….kelebihan konfigurasi V mempunyai torsi yang jauh lebih beringas. Dibanding inline….power V2 bakal terasa sejak dari bawah. Dan sepertinya differensiasi tersebut disukai Honda. Terbukti V2 250cc saat ini hanya dikeluarkan Honda lewat VTR250. Terus pertanyaannya…akankah Honda mempunyai konsep berbeda dibanding VTR250 Jepang?….

Soal desain rada susah kita menganalisa. Tapi perkara sasis….logis jika mereka akan mengambil basis konstruksi sang turing bike VTR. Alasannya sederhana…..durability, kekuatan, rigiditas tidak perlu diragukan. Artinya….cukup kecil mereka nyomot basis konstruksi rangka CB250F misalnya. Kecuali dudukan mesin K6*A mempunyai kemiripan dengan engine single silinder 250cc Honda. Namun IMHO lumayan kecil kemungkinannya. Bagaimanapun engine konfigurasi V2 membutuhkan frame yang mumpuni dengan keunikan tersendiri. Tentu para engineering Honda tidak akan gegabah melakukan hal itu. Artinya?….

Next Honda V-Twin disinyalir tetap mengusung model teralis namun dengan ukuran pipa yang jauh lebih gemuk dibanding CB150R. Selain itu….motor ini sudah menganut sistem injeksi PGM FI dengan orientasi torque atau accelerasi. Yup…itulah beberapa analisa pribadi yang mungkin bisa saja meleset. Btw….kedepan kayaknya IWB ingin membuat polling singkat….mana desain yang cocok untuk K6*A. Apakah CB250F atau VTR250??. Setuju nggak kira-kira mzbro?. Kalau setuju artikel polling akan IWB buat besuk. Monggo masukannya…..(iwb)

Honda VTR 250 Type LD 2014 (Japan) 01

rpms-banner

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

134 COMMENTS

  1. semoga projek V-twin, nya sukses.!!, dan cita” merajai segmen motor sport tanah air cepet atau segera terealisasikan….

    • joss 😀

      —————————————————
      Jangan Taruh Helm di atas Tangki Motor !
      rpmsuper.com/2014/06/07/bahaya-menaruh-helm-diatas-tangki/

    • monggo dibuatkan pollingnya lek….

      atasaspal.wordpress.com/2014/11/02/yamaha-membenamkan-vitur-remote-answear-back-diskutik-mio-blue-core/

  2. Kang saepul jgn terlalu bawa fbh kambing terbang terlalu tinggi

    Gk kasian apa,selalu jatoh mengenaskan

    Ngoahahahahah

  3. Knp gk polling v twin sm r25 kang

    Bisanya kyk gitu

    Apa hasilnya dh ketahuan kalo bakal menang honda lg kang????

    Ngoaahaahhaahah

  4. Power cuma 30hp [m̲̅][a̲̅][u̲̅] lawan r25????

    Sm ninja aj megap2

    Kan kata fbh kambing power mesin itu nomor satu

    Ngoahahahahaha

      • disini tak ada aturan yg membatasi, tp kualitas bbm & harga jual yg membatasi.
        Dimana orang sini lbh senang pake bbm murah, scr pabrikan jg merekomended.
        Orang sini jg gak terlalu mikir kualitas, asal merknya X, & yg penting harga murah pasti laku.

      • Kualitas bbm di jepang dan eropa itu minimal setara ron95 mas, makanya power motor disana bisa maksimal. Lha disini, blom apa2 udah pada minta supaya bjsa minum premium. So, masih ngarep output mesin standard bjsa 40hp?

  5. bagamana dengan opsi “twin spar frame”? layaknya keluarga VFR,,, tp sepertinya kurang sreg klo untuk versi naked, karna versi naked lebih terkesan gagah dengan frame turbular,,,

  6. Dijamin ini motor januari udah dpt award best of the best motorcycle

    Walaupun baru ada beritanya doang

    Ngoahahahahaha

  7. Adventure touring donk designnya, biar beda dri yg laen…
    comot design crosstourer atw minimal cb500x kayaknya oke

    • tak ada yg melarang mas bro.
      Silahkan ikut poling sebanyak2nya, bs lewat warnet kesana kemari, ato bs jg conect disconect sampe dpt ip client yg berbeda.
      Yg penting harus menang, kalau kalah tinggal minta diulang.
      Ngoahoahoa

  8. Saya heran, setiap ada post , pasti ada aja yg melecehkan dan merendahkan fbh, bahkan tanpa di pancing ataupun di panggil. Sebegitu bencikah anda pada merk ini??
    Terkadang saya berburuk sangka sama merk pujaan anda, jangan2 ini orang 2 bayaran yg sengaja di tugaskan untuk menjatuhkan nama merk Honda. Tapi terlintas lagi ngapain juga Yamaha melakukan itu, kayak gak ada kerjaan lain aja.
    Banyak di dunia nyata ( jika di sini di sebut dunia maya) kedua merk sering melakukan aktifitas bersama sama. Di parkir bareng, di cuci bareng, dan di berbagai tempat di servis bareng. Atau para hatters ini hanya sebutir debu yg memang ada tapi gak berdampak apa2 kecuali hanya di kolom koment?
    Ayo lah, kita dewasa sedikit. Berpikir dewasa, komentar dewasa, dan bersikap dewasa. Mau kritik? Silahkan, tapi sampaikan dg cara yg sopan, yg membangun. Toh kalo jadinya bagus itu juga menguntungkan anda untuk memilih produk yg lebih baik. Kecuali anda sendiri yg udah buta, persis seperti apa yg anda tuduhkan pada fb merk yg tidak anda sukai.
    Paling tidak sertakan nama asli anda, kalo perlu no hp anda , sebagai bentuk keberanian dan tanggung jawab anda atas sikap dan koment yg telah anda lakukan. Jangan sembunyi di balik nick name yg profokatif.

    • waduh bro……
      ane nyangkut di mari dari 2010 udah terjadi perang besar….

      coment ane juga sering di karungi :p

      padahal jarang coment -_- “

    • wholes ae mas bro.
      Ada pepatah takkan ada asap kalo tak ada api. Soal siapa yg mulai, tak perlu tunjuk hidung, silahkan buka lembaran lama 1-5 tahun yg lalu.
      Anggap saja hiburan, ngapain jg dimasukin ati?

      • Yah mas bro kayak baru ini mampir ke warung iwb.. Yah pembaca udh pada ngerti kok fby smart itu seperti apa.. Udh dibaca komen dari atas sampe bawah yg nyebutin kambing udh berapa banyak?? Yap kualitas komentar menandakan isi otaknya.. Jadi santai aja..

      • sama aja sih terutama antara h dan y, tapi memang dari h itu lebih bikin ngakak, diantaranya capunk, agus marwoto, dan kloninger nick fby.

    • selamat datang di internet. maaf komentar anda tidak akan digubris oleh para komentator cabe. biasalah, mau yang komen om om umur 40an keatas juga, mentalnya masih kaya anak kecil kok. dimaklumi saja.

  9. moge sekarang banyak yg pake teralis mulai r25, cbr150r, sampe ninja H2, padahal pake twinspar lebih serasa motogp,,, apa mungkin ya motogp beralih ke twinspar?

    • Haaahhh? Moto GP sasisnya pake twinspar semua, mas broh…. Mungkin makzud ente, apa mungkin Moto GP pake sasis teralis? RCV yang 4 silinder berkonfigurasi V ajah pake twinspar, bro. Tiap tipe sasis memiliki kelebihan dan kekurangan. Tinggal tukang insinyur dari tiap pabrikan yang menghitung dan menimbang secara seksama dan dalam tempo yang nggak sesingkat-singkatnya, mana rangka yang dipilih. 😀

  10. jangan pake punya CBR250,, beda mesin, mending comot mentah2 punya VTR….
    mansarpost.wordpress.com/2014/11/02/hanya-ada-di-papua-papua-edition-episode-raja-ampat-habis/

  11. Hmm kayaknya sih gak bakal ekspor oriented. Kalo ekspor oriented costnya besar. Disinyalir desain sama plek. Bodi tpis . Beda dikit ama 250 r yang sekarang.n power ada kemajuan dari yang sekarang. Imho

  12. masalahnya, kalau comot mentah desain frame VTR, pasti bakalan mahal, liat aja desain sambungan antara frame dengan swingarm yang nggak biasa, plus footpeg boncenger yang masih konvensional menyatu dengan footpeg depan.
    kalau mau menekan harga, ya harus mass pro sekalian sebagai produk global. tapi jadi pesimis soal kualitas sambungan antara frame – swingarm kalau dibuat di indonesia.

    • si penunggu gudang bc mulu sih. jgn lupa ngasi setoran ke bini tong. inget, perut masih harus di kasi makan. jgn cuma duduk2 aja buat nge bc

    • Udah bawaan orok klo itu, karakter mesin V memang itu. Makanya karakter mesin vtr250 itu lebih ke torsi di low sampe medium. Gak heran ni motor perlu frame tubular yg pipanya gede2. Klo dipaksa high rpm, di enginemountingnya kerasa ngerotok karena getaran mesinnya tapi itudi versi yg lama, gak tau klo versi yg baru.

  13. Untuk frame boleh pake punya CB250F yg penting engine VTwin’ny benar adanya,, karna untuk menekan harga pastinya, yakinlah AHM ingin membenturkan harga sama dengan mesin inline yg udah beredar, tetep value bnget nie motor kalo udah rilis’_ Vtwin cuma 50jutaan brow,,

    • Jgn dibandingkan dengan r25 mas, mesin inline 180′ memang terkenal paling halus terutama di rpm yg sangat tingi karena saat piston satu bergerak ke atas, piston satunya lagi bergerak kebawah dalam arah yg sejajar. Coba deh rasakan ninja250r sama r25 panteng di rpm 12500rpm keatas berasa banget sangat minim getaran mesinnya jadi semakin pd gebernya.

    • ga juga keless.. 😀

      yang pasti tuh mesin bersumber dari pabrikan mana dulu… xixixixi

      you know lah pabrikan mana yg vibrasinya naujubilah… sampai ada fitur body geternya lohh… xixixixi

  14. masukan gw buat ahm sasis tetep seperti vtr jepang cuma headlamp pake model msx aja!
    juga buritan ambil punya msx juga!
    dijamin juosss gandooozzz…

  15. Secara tidak langsung kalimatnya berarti menyindir rangka teralis abal-abalnya si cebong alias CBSF yang kecil bagaikan lidi itu. Sudah kecil,gampang patah dan berkarat lagi si cebong itu,plus mesin klothok-klothok dan rompal.

  16. Jangan model kandang ayam plus tower bts lagi dah. Jelekkk….
    Kalo mau trellis ya trellis seperti VTR, jangan seperti kandang ayam.
    Pake juga pipa yg agak bessar, jangan pake yg diameter 22 mm lagi.
    Weldingnya juga yg kuat. Ketebalan ditambah.
    Jangan untung aja yg ditambah

  17. Sayangnya stroke 44mm untuk mendapatkan performa terbaik max bersanding dgn bore 60mm jadi jika diupgrade ke 300cc kurang optimal mirip kaya R3 hehehe. Torsinya juga ngak superior masih dibawah new cbr 250cc stroke 55mm crakshalf bulan sabit 23nm/8500rpm. Menurut saya stroke >47mm kelas 2 silinder 250cc~max 300cc adalah yang terbaik dilihat dari performa power, torsi serta efisiensi bbm.

  18. milih vtr250 saja.., baby monster gitu lho…, motor impian buat touring2. beli IU ga mampu lek..,

    yg paling penting nabung dulu dari sekarang.

  19. kalau pakai chassis VTR sih benar2 logis dan lebih teruji… cuman masalahnya d harga… chassis kyk VTR kalau mau ringan dan kuat kyk Perimeter Twin spar harganya mesti mahal.. karena ukuran pipanya besar n tebal namun ringan… tapi kalau Honda jualan nih motor dg harga murah mustahil bgt (kalau pke chassis VTR).. mesin aja sudah mahal.. blok silinder aja udh 2 bongkah… lalu chassis ringan dan kuat ya harus mahal… belum lagi kalau AHM belum mampu bikin… pstnya CBU.. mau pasang harga 57juta kayak ya susah.. mau kurangi kualitas chassis VTRnya? resiko mudah rusak karena vibrasi mesin V twin lebih besar.. kalau pke chassis twin spar tubular dr CBR ya kyaknya gak kuat membawa bobot mesin.. kecuali dperbesar ukuran pipanya… dan kalaupun pke chassis perimeter twin spar ya bisa juga sih.. cuman kyknya harus riset lagi…. kan distribusi bobotnya berbeda dg mesin inline.. jatuhnya mahal juga d biaya riset

  20. Para fbh koar2 mw beli. Sudah smua orng tw fbh suka matic pasukan transgender.

    Cbr 250 1 silinder aja sepi pembeli.

    Kyk gak tw ehem. 1 silinder aja harga mendekati 2 silinder. Apa lg v twin. Mendekati ducati. Paling 2 tahun 1 cuma beli.

    • Mas Brow, orang Indonesia suka yg stereo brow, CBR250R kan jomblo,,
      Nie’ skarang laku banyak mana RR Mono 250 sama Ninja250 stereo,’??
      Laku banyak Ninja250 stereo kan’? Padahal harga beda murah yg RR Mono’?? Jngn terlalu maksa bro’ kalo comment,,,

  21. kalau di liat cara coment ny di atas, keliatan banget itu otak limit ny kayak apa. kayak gak sekolah. biasa nya seh yang suka berkoar2 di dunia maya, berbanding terbalik sama real hidup nya.
    —————-

  22. klo sasin di vtr 250 ini bentuknya sasis..ducati lama klo dari kom stir ampe aram..tpi klo yg sekarang bentuknya mlh mirip mirip cb cbr r25..cba perhatikan detilnya…klo cb dibikin pipanya aga besar trus car ngejreng aga mirip sasis dukati gen bru …tpi mci sip klo tetap pke sasis vtr…yah mungkin jga pke cbr250 dgn beberapa perubahan mungkin pipa yg dibin lebih bsar…(nu penting mah ahm kudu wani kaluar dina jalur desig nu ayena di pake ahm..nyieun tah motor nu dipikahayah clon pembelina tong kos ayena..contohna eta rangka cb loba nu hayang pke warna cerah tutup tangkina rata ban gede..eh kamari kalewar kitu bae jdi mcen mceun tanaga..yah sudahlah mungkin mci ad orang2 dijajaran ahm yg bermental katro atau mungkin kepentingan bisnis jga yah seperti tutup tangki rata mungkin vendornya blm siap bli alat produksi bru untuk bkin tangki rata so mungkin tu vendor suap tu jajaran ahm biar produk dia mci kpake klo engga gulung tikar tu vendor. he he pendapat pribadi v)

  23. membeli motor honda ga mesti FBH
    membeli motor yamaha ga mesti FBY
    bgtu dgn suzuki ga mesti FBS..,

    kita semua hidup di negara merdeka, bebas memilih..,
    mohon maaf, motor saya 3, vario, satria, scorpio.

    yg penting suka ya beli…,

  24. Berarti intinya desain sasis bakalan dibuat shg bs meredam getaran yg dihasilkan V-twin y mas..
    Klo aku pribadi lbh suka dsain cb250f, tp klo konsepnya dibikin touring bike lbh mantab vtr krn kokoh dan everlasting.tinggal disesuaikn sdkt dgn selera indo sj…

  25. terserah insinyur nya honda aja, pst terbaik…emh insinyurnya yahomo yg mantan tkg tmbal ban…liat aja semua produknya asal2an…mknya jgn heran kl ms 35% msh dibagi2…ksian ksian ksian….tp salut jg sm tekhnologi kolor birunya, sy rasa ini terinspirasi dr cerita kolor ijo…

  26. FBY pada kemana nih, motor jagoannya keok semua ngoahahahaha…………

    tmcblog.com/2014/11/02/hasil-lengkap-balap-irs-seri-5-finale-sentul-2-nopember-2014/#comment-688075

  27. usul mas iwan, selain model vtr250 vs cb250f yang akan dipolling juga chassisnya, misalnya chassis teralis punya vtr250 vs chassis twinspar (istilah yamaha-nya deltabox). kalau honda mau all out di segmen sport 250 yang dari dulu gak kena-kena harus beri yang terbaik di semua aspek: mesin, chassis, desain, dll. imho

  28. “Selain itu….konfigurasi V juga memakan tempat dibagian central frame sehingga efeknya whellbase sedikit lebih molor.”

    kang iwan, ini maksudnya karena v2 jadi ada blok mesin yang tiduran khan (satunya lagi tegak)? tapi mesin2 motor bebek hampir semuanya tiduran, wheelbase bisa tetap pendek tuh, kang?

  29. Jika benar honda ingin memenuhi keinginan para bikers indonesia, ada baiknya jika framenya dubuat mirip dengan VTR 1000F. Kriteria motor sport yang sempurna minimal adalah Frame delta box, shock depan Upside down double disc, swing arm aluminium die casting suspensi pro link, ful fairing, dan jangan lupa spakbord belakang harus bisa dilepas. jika aprilia saja bisa lakukan di RS 125 nya, kenapa honda gak bisa. jika diproduksi di dalam negri, kisaran harga 80 jutaan sih masih Ok.

  30. Sorry mas iwan karna saya gak paham mesin mau nanya…untuk mesin v twin vibranya legih gede di banding inline . Ini berlaku untuk smua v twin atau v twin dngn angle tertentu..?

  31. saya lebih setuju realisasikan SFA Concept. dengan sedikit perubahan part. gk usah pake usd,cukup teleskopik aja 41mm. lampu depan nyomot cb500 or cb650f pro arm tetep pertahankan. mufler kalo mau neken cost model konvensional juga udah cucok. 60 jt harga yg realistis,pasti banyak yg tertarik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here