iklan iwb
iklan iwb

460x110 (5)460x110_ok

trelis-frame-honda-vtr-250-2014Bro dan sis sekalian….semakin kuatnya wacana sport Honda 250 cc V-Twin banyak memunculkan spekulasi akan desain frame yang digunakan. Apakah bakal nyomot milik CBR250R?. Atau sosok yang lain?. Nah…IWB akan coba meraba dan menganalisa seperti apa konsep Honda terhadap K6*A nanti. Monggo lanjutkan bacanya….

r15goldgifLOOP

iklan iwb

Beda dengan beberapa pabrikan Jepang….Honda termasuk pabrikan yang demen dan cukup konsisten menggunakan konfigurasi V. Konstruksi ini bukannya tanpa kelemahan sebab biasanya vibrasi cenderung lebih terasa dibanding inline. Selain itu….konfigurasi V juga memakan tempat dibagian central frame sehingga efeknya whellbase sedikit lebih molor. Namun….kelebihan konfigurasi V mempunyai torsi yang jauh lebih beringas. Dibanding inline….power V2 bakal terasa sejak dari bawah. Dan sepertinya differensiasi tersebut disukai Honda. Terbukti V2 250cc saat ini hanya dikeluarkan Honda lewat VTR250. Terus pertanyaannya…akankah Honda mempunyai konsep berbeda dibanding VTR250 Jepang?….

Soal desain rada susah kita menganalisa. Tapi perkara sasis….logis jika mereka akan mengambil basis konstruksi sang turing bike VTR. Alasannya sederhana…..durability, kekuatan, rigiditas tidak perlu diragukan. Artinya….cukup kecil mereka nyomot basis konstruksi rangka CB250F misalnya. Kecuali dudukan mesin K6*A mempunyai kemiripan dengan engine single silinder 250cc Honda. Namun IMHO lumayan kecil kemungkinannya. Bagaimanapun engine konfigurasi V2 membutuhkan frame yang mumpuni dengan keunikan tersendiri. Tentu para engineering Honda tidak akan gegabah melakukan hal itu. Artinya?….

Next Honda V-Twin disinyalir tetap mengusung model teralis namun dengan ukuran pipa yang jauh lebih gemuk dibanding CB150R. Selain itu….motor ini sudah menganut sistem injeksi PGM FI dengan orientasi torque atau accelerasi. Yup…itulah beberapa analisa pribadi yang mungkin bisa saja meleset. Btw….kedepan kayaknya IWB ingin membuat polling singkat….mana desain yang cocok untuk K6*A. Apakah CB250F atau VTR250??. Setuju nggak kira-kira mzbro?. Kalau setuju artikel polling akan IWB buat besuk. Monggo masukannya…..(iwb)

Honda VTR 250 Type LD 2014 (Japan) 01

rpms-banner

iklan iwb
Previous articleKenaikan BBM Premium ditunda paling lambat Desember 2014…..
Next articleIMOS 2014 : Wajah Yamaha Mio 125 blue core akhirnya dibongkar!!!…
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!