iklan iwb
iklan iwb

460x110 (2)460x110a

Maskur_YIMM
“Moch Maskur……Vice GM Marketing PT YIMM”

Bro dan sis sekalian….banyak yang berkomentar, kenapa YIMM tidak memasarkan versi R25 dengan mesin 320cc yang disebut R3 diIndonesia dan malah hanya menjadi pemasok untuk Eropa serta Amerika. Padahal secara produksi mereka sudah sangat mampu meracik mesin besar. Dan inilah alasan mendasar yang membuat mereka urung melakukannya…..
r15goldgifLOOP

Seperti yang kita tahu, Yamaha Motor USA sukses meluncurkan YZF-R3 diajang American International Motorcycle Expo, Orlando, Amerika Serikat baru-baru ini. Motor yang dibuat di Indonesia akan mulai diproduksi tahun depan ini dibekali mesin 320cc dengan power sekitar 42ps. Nah…sopo ora ngiri rek. Pertanyaannya…..kenapa YIMM tidak memasarkannya diIndonesia dan malah hanya untuk pasar eksport??…..

iklan iwb

Jawabannya pajak kangbro. Hanya beda kubikasi 70cc….ternyata membuat R3 tidak kompetitif jika dipasarkan diIndonesia. “Hanya beda kubikasi 50cc dibanding R25….ternyata selisih harganya sangat jauh, mencapai 60 persen atau 100jutaan. Jadi nggak kompetitif” ujar pak Mohammad Masykur (Vice GM Marketing PT. YIMM) saat presscon eksport R25 keJepang. Pajak sendiri diatur sepenuhnya oleh pemerintah yang mengacu pada besaran kubikasi mesin dan diluar kuasa pabrikan. Regulasi dinegara kita…..motor diatas 250cc sudah masuk kategori pajak barang mewah layaknya motor moge. Apes tenan rek….

So…..bukannya mengajari, satu-satunya jalan yang bisa kita lakukan adalah modifikasi sendiri menggunakan blok silinder milik R3. Apalagi pak Abidin (GM service PT. YIMM) mengatakan secara konstruksi memungkinkan dan tidak banyak ubahan. “Bisa banget. Orang kita mah pada pinter koq. R25 jadi R3?. Gampang….ntar juga ada yang main bore up” ujarnya tersenyum. Apakah ini artinya YIMM akan menjual part silinder head serta seher R3?. “Wah….kalau itu kita lakukan akan menyalahi regulasi” tambahnya lagi kembali tersenyum…..

Last…..dari konferensi pers bisa diperoleh kesimpulan, R3 tidak akan dipasarkan diIndonesia. Begitu pula part ataupun casing plus striping….YIMM akan langsung kapalkan untuk tujuan eksport. Namun satu yang menggelitik IWB……kenapa mereka tidak sedikit fleksibel memasarkan komponen suku cadang R3 guna mendukung pasar R25?. IWB yakin jika YIMM melakukannya….akan banyak biker penunggang R25 jingkrak kegirangan dan praktis membuka potensi pasar R25 domestik lebih luas lagi. Lha piye….mesin 250cc tapi bisa dinaikkan menjadi 320cc. Opo ora keder kuwi. Tapi kalau ketahuan dipentungin pak polisi pastinya. Lawong ilegal je :mrgreen: …..(iwb)

iklan iwb
Previous articleApa kata Honda saat ditanya kemungkinan VTR250 masuk keIndonesia??….
Next articleReport Sentul….persiapan penyambutan Marquez & Pedrosa luar biasa megah!!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!