iklan iwb
iklan iwb

460x110 (2)460x110a

Honda NSR500 1984 (4)

Bro dan  sis sekalian…..IWB cukup beruntung bisa nyambangi musium Honda diMotegi. Disana banyak sekali line up produk baik versi masspro ataupun prototype. Dari tahun ketahun serta dari generasi kegenerasi. Satu yang cukup menarik perhatian IWB adalah Honda NSR500 V4 1st gen yang lahir tahun 1984. Kenapa??. Karena ditahun tersebut….insinyur Honda meracik motor balap yang cukup revolusioner yakni penempatan posisi leher knalpot dibagian tanki. Maksude???…..
r15goldgifLOOP

iklan iwb

Monggo intip gambar yang IWB lampirkan. Dijamin sampeyan akan garuk-garuk kepala bingung. Konstruksi termasuk nyleneh pada jamannya brosis. Ditahun itu, Honda memang membikin gebrakan lewat mesin V4 dari sebelumnya V3. Perubahannya cukup radikal dan belum pernah dilakukan pabrikan manapun yakni memindah posisi bahan bakar dibawah engine dengan harapan membantu center gravity. Sedang posisi tabung knalpot ( expansion chambers) nerobos keatas tempat biasanya tanki nangkring. Dengan konstruksi diatas…..power NSR500 499cc V4 2stroke, case reed valve buatan 1984 diklaim tembus diatas 140ps…..

Sayang karena banyak didera cedera, Freddy Spencer sebagai rider diawal NSR500 brojol belum mampu meraih juara dunia. Seiring waktu berjalan….Honda terus menyempurnakan NSR500 dengan penggunakan V4 single crankshaft yang lebih ringan dan kompak dibanding dual crankshaft. Dan ditahun 1985….barulah the killing machine mulai berbicara. Honda NSR500 sabet juara dunia ditahun keduanya diajang Motogp. Sejak itu….NSR terus mendominasi. Ditahun 1987 insinyur Honda menyempurnakan dapur pacu V-angle 112 derajat yang dikawinkan dengan karburator Keihin 36mm persilinder sehingga asupan udara lebih lega. Dan pada tahun itu…..Honda kembali juara dunia lewat Wayne Gardner…..

Seluruh motor dijaga dengan baik oleh Honda dimuseum mereka. Walau berusia renta (sekitar 30an tahunan), engine diklaim tetap dalam kondisi prima. Jadi seluruh yang dipajang bisa dihidupkan mzbro. Jadwal khusus sengaja dibuat untuk mengajak sang kuda besi mencicipi lintasan balap. Hal ini diperlukan agar mesin senantiasa fit dan siap dibawa turun keMotegi jika diperlukan (contoh opening lap Doohan). Satu yang bikin IWB salut adalah pembalap jaman dulu. Koq yo iso menaklukkkan mesin 140ps 2tak yang jelas jauh lebih liar dibanding engine modern…..

Nihil intervensi elektronik plus bobotnya yang jauh lebih ringan (rata-rata antara 125-135kg) dengan karakter power yang meledak-ledak…..pasti susah banget ngontrolnya. Lha piye mzbro….bukaan gas udah pas, penyaluran tenaga motor 2tak tiba-tiba bisa melonjak dipertengahan RPM sehingga ban depan mudah ngangkat. Skill dewa tenan rek. Btw…berikut sekilas jepretan IWB dari Motegi plus cuplikan video aksi Freedy Spencer diatas NSR500 serta cara Honda merawat mesin mereka dengan mengajak melaju dilintasan. The great and legend bike!!! (iwb)

Honda NSR500 1984 (2) Honda NSR500 1984 (3)   Honda NSR500 1984 (1)Honda NSR500 1984 (6)Honda NSR500 1984 (5)

Freedy Spencer on Honda NSR500 1984
[youtube=https://www.youtube.com/watch?v=OAMm0GMghN8]

Link HP klik disini

Honda NSR running lap parade
[youtube=https://www.youtube.com/watch?v=uLUex1BssgY]

Link HP klik disini

iklan iwb
Previous articleKetika sang juara dunia berkonsultasi dengan sang master…..
Next articleMoto2 : Vinales menang diPhilip Island….kabar bagus untuk Suzuki??
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!