iklan iwb

460x110(1)460x110a

Bro dan sis sekalian….isu perkara knalpot racing memang sedang hangat dibicarakan oleh para biker. Ketegasan polisi dan razia yang intens dilakukan mereka menjadi momok menakutkan bagi biker yang masih ngotot menggunakan knalpot racing. Apalagi seperti yang kita tahu…pejabat tinggi polisi diBandung bahkan tidak segan-segan menyuruh para biker bandel dengan mendekatkan telinga mereka keknalpot seraya digeber. Tapi gimana dengan motor terlampir??….
r15goldgifLOOP

iklan iwb

Sebuah foto dijepret bro Heri dan dikirim kenewsroom IWB. Judulnya “motor dinas aja pakai knalpot racing” ujar bro Heri. Setelah IWB intip…..terpampang gambar kendaraan dinas yang ternyata Ninja250FI plus knalpot racing Yoshimura. Tentu saja tidak ada yang salah dengan prajurit diatasnya. Mereka hanya menjalankan tugas dan disodori motor dinas dua silinder….ya harus dipakai apapun kondisinya. Yang membuat kita bingung….apakah memang ada pengecualian motor bisa dibekali perangkat knalpot racing untuk instansi tertentu?. Entahlah…memang kudu dibuka lagi aturan bakunya. Yang pasti…..pertanyaan intermezzo? keluar dari para biker, kalau ada razia….kira-kira motor dinas diatas kena tilang nggak ya??….. :mrgreen: …..(iwb)

158 COMMENTS

  1. cb pak pol yg kmrin nyuruh biker dekatkan teling di knalpot racing nyuruh biker ini yg baju doreng.
    berani ta….

  2. Hukum d Indonesia ku trcinta memang “unik”, saya sering liat tuh beberapa anggota polisi d mabes polri, tp ya itulah penegakan hukum dg segala “ke_unik_anya”,,, jangan trlalu berharap. Terkadang hukum bisa adil kalo ada media, tapi kalo ga ada ya kembali ke “unik” anya lagi, waspada lbh baik,,, bukanya tdk percaya tp itulah yg sy liat skrang ini,,,

  3. tni biker gentle kok bro..
    ane pernah street race sm prajurit tni ad.. geber2an di jalan raya dg kec diatas 160 dan ane menang tp dy fairplay acungin jempol ke ane.
    lain halnya dg pak pol mgkin ane dah ditilang…

  4. motornya aja sikawal om……
    ada pak polnya di depan

    jd kalau mau pakai knalpot racing minta kawal
    aman bin aman ………

  5. Motornya dikawal pak pol om… lihat depan ne…..
    jd kalau mau pakai knalpot racing harus dikawal jiga om………

  6. aturan hukum itu seharusnya sama rata, untuk sipil, TNI, pejabat, polisi, dan siapapun tanpa pandang bulu.
    tapi ya… indonesia, tau sendiri lah…
    hukum tajam ke bawah, tumpul ke atas..
    di lihat oleh polisi, yg pake knalpot racing itu TNI atau keluarga dari pejebat, pasti polisinya langsung mengkeret.

    mungkin bagi orang yang rumahnya jauh dari jalan raya, gak begitu terganggu,, tapi kalo menurut ane sebagai orang yang punya rumah deket jalan raya,, peraturan gak boleh pake knalpot racing itu penting untuk ketenangan khalayak ramai, soalnya kalo ada motor lewat menggunakan knalpot racing n di geber2 pas kebetulan kita lagi asik nnton TV atau pas mau tidur, rasanya jengkel rek.. mau polisi, warga sipil, ataupun tni, gak peduli, sumpah pengennya ngelempar tuh orang.

  7. polisi ada juga sich yang berani sama TNI,, tapi biasanya pas razia gabungan,, karena ada PM nya juga kalo razia gabungan.. soalnya ane pernah liat ada anggota TNI yg pernah di cegat waktu razia gabungan, tapi entah apa masalahnya,, n kalo gak salah itu TNI pun tetep ngeyel adu mulut.

    tapi kalo pas cuma jaga hari biasa di pos, biasanya polisi lebih milih aman, karena sering kejadian pos polisi di ratakan oleh satuan TNI.

  8. Sering liat TNI pakai nvl,,,,sya perhatikan rata2 TNi bawa motornya beda dengan pengendara lain,,,kalo TNI kalem,,sopan,,,memberi contoh kali ya hehehe josssss…..

  9. Sering liat TNI pakai nvl,,,,sya perhatikan rata2 TNi bawa motornya beda dengan pengendara lain,,,kalo TNI kalem,,sopan,,,memberi contoh kali ya hehehe josssss…..

  10. Kalo knalpot takasihmurah polisi berani aja, yg bikin takut moncong knalpot SS1 kaliber 5,56 mm itu yg bikin keder. . . Walaupun cuma 1 silinder en suaranya tret tet tet . . Dijamin revolver 6 silinder pucat

  11. Alesannya pasti “Knalpot yang dipakai Yoshimura asli Jepang / Amerika yang memiliki label street legal. Jadi tidak melanggar aturan batas kebisingan”

    Kalo di Bandung knalpot bukan asli bawaan langsung diangkut ke polrestabes motornya. Kalo mau nebus mesti bawa knalpot asli bawaan, surat legalitas motor, bukti udah bayar tilang, sama knalpot racingnya di ancurin sendiri. Palu udah disediain.

  12. Polisi mah beraninya sama rakyat kecil,uu dmna mana gk tebang plih.kalau takut nilang mending mangkal jd bencong.jng hny kumis dpanjangin

  13. tapi mungkin peraturan yang sebenarnya lebih spesifik ya lek.. bukan pada jenis knalpot yang digunakan, tapi lebih kepada besaran suara yang di hasilkan..

    karena kalo peraturannya buta hanya pada jenis kenalpot aftermarket,, kasihan orang yang menggandungkan hidup dan mencari nafkah sebagai pembuat knalpot,,
    tapi kalo peraturan hukumnya kepada besaran suara / desibel yang di hasilkan oleh knalpot, maka para pembuat knalpot aftermarket masih bisa mensiasati knalpot buatan mereka agar sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku untuk bisa di gunakan di indonesia.
    dalam hal tersebut, tentu saja semua jajaran polantas se indonesia harus di bekali alat pengukur desibel oleh pemerintah,, jangan pemerintah hanya membuat peraturannya tapi tidak memfasilitasi para polisi dengan alat pendukungnya.

    tapi kalaupun di fasilitasi, mungkin polisinya tetep aja main stop asal lihat knalpot aftermarket, walaupun besaran suaranya masih masuk dalam ambang batas yang di perbolehkan, polisi indonesia kan suka nyari seseran, di samping di anggapnya masyarakat pasti ngga tau aturan detailnya.
    apalagi kalo polisinya engga di fasilitasi dengan alat pengukur desibel, tambah lagi deh ngawur..

    ahhh entahlah…
    indonesia negeri ku,, orangnya lucu-lucu.

  14. mungkin motornya di pake untuk memecah massa yg lagi berdemo,klx polisi anti huru hara juga pake knalpot racing,suaranya keras banget.jadi motor kaya gini memang ada dipake buat memecah kerumunan massa yg berdemo.

  15. tapi saya dulu pernah liat org AU..ikut sidang tilang biar bawa komandannya…

    kalo kasus yg diatas sepertinya TIDAK ditilang….tau sendiri laahhh…

    mending IWB bahas REGULASI PEMERINTAH LAMPU PENERANGAN MOTOR ATPM…
    yg saya tahu itu…ada 2 PUTIH dan KUNING…tapi kenapa ADA POLANTAS mempersalahkan jika kita pakai lampu yg lulus REGULASI pemerintah????nahhhh lhooooo

  16. Polisi?
    Hanya orang GOBLOG, yang masih percaya sama polisi.
    Beraninya sama, orang ngga berduit, ngga berpangkat.
    Kalo sama TNI, ya, mingkem. Dan minggat lari…

    • Betulll, sukanya ngumpet dl biar g keliatan, tau2 ad razia d depan
      Pnglman klo ad razia, siapin duit 20-50

  17. Motor dinas militer yg bisa razia mah PM atuh mana bisa di tilang polisi….bener2 dah banyak yg gak ngerti bedanya
    razia polisi biasa sama PM.

  18. ya mana brani kang ane pernah naek motor sama temen yg TNI kaga pake helm jg aman2 aja hehehehe

  19. jgn di tilang ah, kn Yahomo jual knalpot racing jg, kl ditilang trs knalpot gak laku gmn nasib fby dsini? rela gak dibayar? kl AHM mah gak ush jualan knalpot udh kaya raya makmur gemah ripah loh jinawi…kl fby gak dibayar mereka nto ngoplo koyo won buodo…

  20. Gak kenah kang, wonk udah jelas d foto itu terlampir mobil patroli polantas, tetangga ane TNI AD tiap hari nunggang jupie MX pke knalpot NOBI gk pke helm everiday lwt lampu merah ad pak pol d diemin aj..

  21. mas iwan, saya SR sic udah lama. Sudah lama saya mau bertanya masalah ini, mumpung mas iwan sedang membahasnya sekalian mohon pencerahannya. Jika bapak polisi merazia knalpot dengan dalih Peraturan menteri lingkungan hidup dengan ambang batas 90db dan Pasal 285 UU lalu lintas tentang persyaratan teknis dan layak jalan. Sedangkan yang kita gunakan adalah knalpot Sakura yang jelas-jelas adalah knalpot resmi yamaha jika pada waktu launching mengatakan suara yang dihasilkan dari knalpot sakura tsb masuk dalam kategori Peraturan lingkungan hidup, dan mengenai persyaratan teknis dan layak jalan pastinya Perusahaan sebesar sakura yang telah menunjukkan gigi di ajang MotoGp pasti telah meriset produknya sehingga persyaratan teknis dan layak jalan sudah terpenuhi. Apakah dalam hal ini masih terjaring razia?? Terima kasih mas sebelumnya, maaf bahasanya kalo susah dipahami heheee

  22. Curiga, sejak kapan TNI-AD punya/lelang motor dinas sekelas NINJA 250?

    Jangan2 itu cuman motor pribadi yg dilabeli plat TNI..
    (just IMO saja) 😀

  23. coba liat dari fungsi kali ye, ada kemungkinan motor2 itu emang disengaja dipasang knalpot racing supaya suara jd lebih sangar. Tujuannya apa? Dalam ilmu militer ada yg namanya efek kejut – biasanya yg pake kavaleri nih, memanfaatkan suara atau tampilan yg ‘overwhleming’ bisa bikin musuh – atau massa, ciut nyalinya. Contoh lain adalah penggunaan pasukan berkuda or kendaraan lapis baja. Mungkin motor2 ini tujuannya emang untuk kegiatan pengendalian massa or sejenisnya? Sederhananya gitu. Nah di poto di atas, dua2nya pake knalpot racing, bisa disimpulkan itu motor memang udah standar ‘jatah’. Klo masalah dipake harian sama prajurit yg dapat pembagian, mungkin itu lain cerita yah… just my 2 cents, kang Iwan 🙂

Comments are closed.