iklan iwb
iklan iwb

460x110(1)460x110a

Bro dan sis sekalian….isu perkara knalpot racing memang sedang hangat dibicarakan oleh para biker. Ketegasan polisi dan razia yang intens dilakukan mereka menjadi momok menakutkan bagi biker yang masih ngotot menggunakan knalpot racing. Apalagi seperti yang kita tahu…pejabat tinggi polisi diBandung bahkan tidak segan-segan menyuruh para biker bandel dengan mendekatkan telinga mereka keknalpot seraya digeber. Tapi gimana dengan motor terlampir??….
r15goldgifLOOP

iklan iwb
iklan iwb

Sebuah foto dijepret bro Heri dan dikirim kenewsroom IWB. Judulnya “motor dinas aja pakai knalpot racing” ujar bro Heri. Setelah IWB intip…..terpampang gambar kendaraan dinas yang ternyata Ninja250FI plus knalpot racing Yoshimura. Tentu saja tidak ada yang salah dengan prajurit diatasnya. Mereka hanya menjalankan tugas dan disodori motor dinas dua silinder….ya harus dipakai apapun kondisinya. Yang membuat kita bingung….apakah memang ada pengecualian motor bisa dibekali perangkat knalpot racing untuk instansi tertentu?. Entahlah…memang kudu dibuka lagi aturan bakunya. Yang pasti…..pertanyaan intermezzo  keluar dari para biker, kalau ada razia….kira-kira motor dinas diatas kena tilang nggak ya??….. :mrgreen: …..(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

158 COMMENTS

    • absen.
      absen..
      absen…
      absen….
      absen…..
      absen……
      absen…….
      absen……..
      absen………
      absen……….
      kang.!!!

          • Bisnis awal kawasaki memang alat berat dulu bro!!!
            Jaman perang dunia II, pesawat tempur jepang adalah buatan Kawasaki! Kawasaki Heavy Industry, gitu!!!

          • Kebalik masbro, harusnya “bikin pesawat aja bisa, apalagi motor”.
            Bukan hanya pesawat, kawasaki heavy industries jg mampu membuat kereta api, infrastruktur industri, kereta api, kapal, dll.
            Itu namanya diversifikasi produk masbro, mereka punya arah industri yg berbeda dengan yamaha yg juga punya industri alat musik, honda dan suzuki yg punya industri mobil.
            So, ga ada yang namanya semakin jauh ketinggalan selama mereka mengejar visi n misi mereka sendiri kan?:)

          • Mungkin ada instruksi dari bpak bapak jendralnya… Le Tole. mene nek kowe wes pensiun teko tentara, dadio pembalap ae yo. iki onok dwite teko pajake rakyat tk tukokno motor balap gae latihan yopo… Siap Ngebuttttt Grak….

          • “kemungkinan motor2 itu emang disengaja dipasang knalpot racing supaya suara jd lebih sangar. Tujuannya apa? Dalam ilmu militer ada yg namanya efek kejut – biasanya yg pake kavaleri nih, memanfaatkan suara atau tampilan yg ‘overwhleming’ bisa bikin musuh – atau massa, ciut nyalinya”… kl emang ini y di cari ngapain beli motor mahal mahal dari uang rakyat???? pake aja motor Yamaha Group MIO secara Knalpot menembak nembak cetar membahana laksana suara meriam. Bhret Bhret Dhor Dhor bhret Dorrrrrr osotosmastis membikin ciut nyali musuh. Hayooo MIKIRRRRRRRRR…..

    • penegakan hukum tentara indonesia itu ada pada polisi militer dan mahkamah militer…

      kalau di negara maju, polisi umum dan peradilan umum bisa menindak tentara yang berada dalam lingkup kekuasaan hukum sipil…, di sana situasi dan kondisinya pun sangat2 berbeda dengan di sini…, jadi tidak bisa disamakan…

      (sebagai gambaran saja)

      so ini blog otomotif roda dua, rasanya tidak perlu juga gue komen panjang lebar tentang hal tersebut…

       

    • bisa perang saudara nih kalo ketilang hehe

      —————————-
      Naik motor sambil traveling
      travelmotoblog.wordpress.com/2014/10/22/menjelajah-kepala-burung-pulau-alor/

    • kagak mungkin kena, di kota ane ninja 250 FI anti tilang klo ada razia knalpot / tilang dadakan (biker” ninja bilang gitu semua)
      cukup pakai ninja 250 FI aja, gak harus prajurit..

    • mau ente pakek knalpot berisik mau bedel ane jamin kagak ada yang nilang. asal ente anggota ormas jubah putih.
      mana ada polisi berani. yang ada polis digebukin ditimpugin.

    • Sedia plat baja ex otomotif Jepang dengan ukuran besar (>1m). Cocok untuk industri kecil-menengah yang mencari alternatif material murah dengan kualitas tinggi.
      platbaja.blogspot.com/

    • emang biasa kok gini, ane pas lagi pakai dines ngetes muter2 bunderan HI yang katanya polkisnya sensitif ntu gak berhentiin ane pas lampu merah di sana + berhenti samping dia yang lagi ngatur lalu lintas 😀

      tapi begitu pakai pakaian sipil pas lagi sekitaran mangga dua, ada polkis nyamperin ane, dia nanya knalpot racing ama plat nomor stiker mau nilang pula -___-

    • Kembali lagi ke UU yang berlaku.
      kalo dalam aturan hanya ambang batas suara, harusnya tidak masalah dengan penggantian knalpot.
      tapi kalo dalam aturan ditulis tidak diperbolehkan mengganti knalpot ya lain lagi.

      sekarang kalo bikin peraturan harusnya di barengi dengan fasilitas penunjang juga misalnya desibel meter.
      kalo hanya mengandalkan kuping petugas itu namanya sinting. tiap orang mempunya tingkat pendengaran berbeda. ada yang agak budeg, ada yang normal, ada pula yang pura-pura budeg.
      dan penilangan karena ganti knalpot tanpa melalui SOP dan UU yang berlaku harusnya juga ILLEGAL.

      ane gak hanya menghujat, tp juga memberikan solusi buat para petugas yang gak modal dan gak mau modal dan kasih fasilitas penunjang (hanya mikirin penunjang dompet).
      pake aplikasi di android (banyak dong hp android?) desibel meter download di play store. mudah murah.
      Hukum dijunjung tinggi, petugas bersih suap dan tilang abal-abal.

      • Betul gan….cuman aturannya / pasalnya aj a tdk jelas mengenai knalpot..coba mau di jerat pasal berapa ? Ada PP .kementrian lingkungan hidup menyebutkan db 150 cc sd 250 ..80db smp 90 db ( kalo salah tolong di koreksi )

    • nggak pantas amat motor ninja250 jadi motor dinas, nggak fungsional, dipake buat apa an ya? lebih pas kalo motor naked atau half fairing seperti GW250s (inazuma halffairing), lah kalo diberi ninja250 ntar personelnya malah hoby kebut-kebutan dong bukannya kerja, itu kan biayanya dari rakyat bayar pajak ke negara ya pakai dengan sebijak mungkin lah

  1. absen.
    absen..
    absen…
    absen….
    absen…..
    absen……
    absen…….
    absen……..
    absen………
    absen……….
    kang.!!!

  2. saya rasa tidak kena tilang, cuma peringatan kcuali jk itu dwilayah atau ruang lingkup militer sbaiknya polisi minta bantuan PM untuk mnertibkan, stidaknya biar gk salah paham

  3. Ya ini lah pemerintah kita! Kendaraan dinas mewah, gaji gede, kuasa loreng atau cokelat.

    Duit pajak loh beli kendaraan dinas gt

    Gak malu yah?

    • bukan masalah mewah atau tidaknya bro, tapi masalah fungsionalnya atau tidak, gue aja heran koq ninja250 jadi motor dinas?? di pake buat apa an coba?, baru kali ini gue tahu kalo ada motor dinas pakai motor full fairing ck ck ck..kalo pas nya sih motor dinas itu pakai motor naked atau half fairing macam GW250S, nah kalo soal mewah itu relatif bro kendaraan patwal polisi malah lebih mewah ada yamaha tdm, ada juga harley davidson fatboy tapi walaupun mewah lebih fungsional karena pakenya halffairing bukan full fairing untuk balap-balapan

  4. Klo mennurut ane sh gk mas iwb soalnya khn klo moge itu memang sudaah ada knalpot resminya dr dealer…
    Sprti sakura dan akrapovic…
    Tp tau dh…

    • ketentuan batas Db sound itu sama buat kendaraan nggak dibedakan dari kapasitas cc, mobil aja yang 2000cc bisa koq knalpotnya bersuara halus apalagi motor yang cuma 250cc sudah seharusnya suaranya lebih halus lagi

  5. Polisi [m̲̅][a̲̅][u̲̅] nilang tni Чα”̮ ϑ¡ keprukk ndase to kang

    Fakta lho,

    Ngoahahahahahahha

    • intinya harus pakai knalpot standar dari pabriknya gitu aja koq bro, masih untung nggak bawa Db meter polisinya coba kalo bawa lengkap selain bawa Db meter bawa juga karbondioksida tester, wah bisa dua kali lipat tuh denda tilangnya, polusi suara sekaligus polusi udara .

  6. Buat motor sport keren nan kencang gk ditilang bossssss

    Kalo make beat knalpot racing baru ϑ¡ kepruk ndase sm polisi

    Ngoahahahahahaha

      • kalo motor bebek / matic pake knalpot racing mah enek denger suaranya
        beda kalo sport (min 2 silinder only, yang jomblo minggat)

      • bebek jeung matik deui dipersoalkeun, kunaon ari sia kehed? masalah mun batur meuli bebek atawa matic?, nu penting mah hasil meuli na duit halal lain hasil korupsi atawa nipu, boga sport hasil maksa menta ka kolot jiga budak idiot, tanya ka kolot maneh duit na hasil timana keur meuli sport teh.. sesa korupsi??

    • ngejar penjahat gimana maksudnya?? tugas tentara emang ngejar penjahat gitu??..dwifungsi abri/tni sudah dihapuskan, tni kembali ke barak

  7. Motor 2 silinder gk ditilang bossss,,,karna suaranya merdu enak ϑ¡ denger

    Kalo motor jones (jomblo ngenes) wajib ditilang bos,krna suaranya kyk beat dikasih knalpot racing

    Suaranya glodak glodak glodak

    Ngoahahahahaha

    • manusia kampung banyak komentar, coba main ke belanda disana pake sepeda bukan motor, tapi walau naek sepeda makannya daging roti lah di sini naik motor sport makan cuma trasi sama kerupuk..hahaha

      • belagu banget, kayak lu dah pernah pergi ke belanda aja nyet….atau elu emang keturunan belanda (BAPAK BELAGU IBU KUDA), huahahahahahaaaaa…..

  8. hukum indonesia tu ambigu…tajam kebawah tumpul keatas…coba tanya walikota bandungnya deh dy jawab apa?kenalpot standar kl digeber deket telinga ya suaranya nyaring (kutipan salah satu komentar yg menurut sy cerdas)

  9. itu udah dari baru pake yoshimura..
    pernah di bahas di bonsaibiker
    dan kayaknya itu kok angkatan laut ya,cmiiw
    salah satu usernya ya pembaca blog otomotif dan anggota motuba kayaknya

    • i2.wp.com/iwanbanaran.com/wp-content/uploads/2014/10/1016915_10202945143413100_1946342546370987720_n.jpg
      ^lihat plat nomor register matranya om…, jelas banget itu tni-ad 😆

       

  10. udah ngak usah heran udah prinsip orang indonesia mengikuti cara orang jepang. prisip pisau tajam di bawah tumpul di atas tuh kalu ngak slah jpretan waktu platikan jkowi

  11. lucu. komene pada katrok. ini motor dinas. pasti ada alasannya pake knalpot kayak gitu. beda sama alay.
    ini tandanya ninja dipandang masih loyo buat tni.
    ngoahaha.
    nunggu fans ninja loyo nyamber. pasti bakalan bawa2 ninja h2.

  12. Cocok buat nyari istri muda “̮ ƗƗaªƗƗaªƗƗäª “̮ː̗(^▽^)

    Tpi ninja 250 knalpot racing suaranya nggk sampai buat orang trganggu kok jika dbndingkn dngan motor para alay yg suaranya gemlodak ngrusak kuping sangat jauh skali cmiw

  13. mudah-mudahan khilaf y pak,, cukup muka pengendara aj yg garang,, suara motornya nga usah garang,, kalem aj…
    mansarpost.wordpress.com/2014/10/22/andai-sesama-pengendara-saling-mengingatkan-di-jalan-raya/

    • yang dimaksud artikel ini pelanggaran Db sound bukan penggunaan kendaraannya, selama kendaraan dinasnya lengkap sesuai aturan lalu lintas publik ya nggak ada masalah, ada aturan khusus mengenai kendaraan negara dalam penggunaannya ambulance aja nerobos lampu merah nggak ditilang koq asalkan sedang menjalankan tugasnya cirinya dengan membunyikan sirine dan lampu rotator, mobil pemadam kebakaran pun begitu, tujuannya jelas untuk pelayanan publik dan keamanan wilayah

  14. ga kena, Harley Davidson aja ga kena kan dipakai Polisi dan TNI juga.
    Biasanya indisipliner itu oleh Provost tapi kalo begitu udah jadi SOP, mereka ditilang kalau melanggar marka. Suroboyo TNI ditilang karo PomAL, biasanya sih gitu. jadi bukan tebang pilih.

    yang penting knalpotnya bukan knalpot grandong custom 50rebuan pinggir dalan kuwi, sing sawanganne banter tapi yo jek nang sebelahku nggarai kupingku kopok cak. salam dulurr

  15. Hukum tuh tidak pandang bulu *katanya…..
    Kalo keparat negara dgn alasan dinas/ tugas diperbolehkan…. Jangan macem macem… Colek dikit diberondong peluru….

  16. Hukum d Indonesia ku trcinta memang “unik”, saya sering liat tuh beberapa anggota polisi d mabes polri, tp ya itulah penegakan hukum dg segala “ke_unik_anya”,,, jangan trlalu berharap. Terkadang hukum bisa adil kalo ada media, tapi kalo ga ada ya kembali ke “unik” anya lagi, waspada lbh baik,,, bukanya tdk percaya tp itulah yg sy liat skrang ini,,,

  17. tni biker gentle kok bro..
    ane pernah street race sm prajurit tni ad.. geber2an di jalan raya dg kec diatas 160 dan ane menang tp dy fairplay acungin jempol ke ane.
    lain halnya dg pak pol mgkin ane dah ditilang…

  18. motornya aja sikawal om……
    ada pak polnya di depan

    jd kalau mau pakai knalpot racing minta kawal
    aman bin aman ………

  19. aturan hukum itu seharusnya sama rata, untuk sipil, TNI, pejabat, polisi, dan siapapun tanpa pandang bulu.
    tapi ya… indonesia, tau sendiri lah…
    hukum tajam ke bawah, tumpul ke atas..
    di lihat oleh polisi, yg pake knalpot racing itu TNI atau keluarga dari pejebat, pasti polisinya langsung mengkeret.

    mungkin bagi orang yang rumahnya jauh dari jalan raya, gak begitu terganggu,, tapi kalo menurut ane sebagai orang yang punya rumah deket jalan raya,, peraturan gak boleh pake knalpot racing itu penting untuk ketenangan khalayak ramai, soalnya kalo ada motor lewat menggunakan knalpot racing n di geber2 pas kebetulan kita lagi asik nnton TV atau pas mau tidur, rasanya jengkel rek.. mau polisi, warga sipil, ataupun tni, gak peduli, sumpah pengennya ngelempar tuh orang.

  20. polisi ada juga sich yang berani sama TNI,, tapi biasanya pas razia gabungan,, karena ada PM nya juga kalo razia gabungan.. soalnya ane pernah liat ada anggota TNI yg pernah di cegat waktu razia gabungan, tapi entah apa masalahnya,, n kalo gak salah itu TNI pun tetep ngeyel adu mulut.

    tapi kalo pas cuma jaga hari biasa di pos, biasanya polisi lebih milih aman, karena sering kejadian pos polisi di ratakan oleh satuan TNI.

  21. Sering liat TNI pakai nvl,,,,sya perhatikan rata2 TNi bawa motornya beda dengan pengendara lain,,,kalo TNI kalem,,sopan,,,memberi contoh kali ya hehehe josssss…..

  22. Sering liat TNI pakai nvl,,,,sya perhatikan rata2 TNi bawa motornya beda dengan pengendara lain,,,kalo TNI kalem,,sopan,,,memberi contoh kali ya hehehe josssss…..

  23. Kalo knalpot takasihmurah polisi berani aja, yg bikin takut moncong knalpot SS1 kaliber 5,56 mm itu yg bikin keder. . . Walaupun cuma 1 silinder en suaranya tret tet tet . . Dijamin revolver 6 silinder pucat

  24. Alesannya pasti “Knalpot yang dipakai Yoshimura asli Jepang / Amerika yang memiliki label street legal. Jadi tidak melanggar aturan batas kebisingan”

    Kalo di Bandung knalpot bukan asli bawaan langsung diangkut ke polrestabes motornya. Kalo mau nebus mesti bawa knalpot asli bawaan, surat legalitas motor, bukti udah bayar tilang, sama knalpot racingnya di ancurin sendiri. Palu udah disediain.

  25. Polisi mah beraninya sama rakyat kecil,uu dmna mana gk tebang plih.kalau takut nilang mending mangkal jd bencong.jng hny kumis dpanjangin

  26. tapi mungkin peraturan yang sebenarnya lebih spesifik ya lek.. bukan pada jenis knalpot yang digunakan, tapi lebih kepada besaran suara yang di hasilkan..

    karena kalo peraturannya buta hanya pada jenis kenalpot aftermarket,, kasihan orang yang menggandungkan hidup dan mencari nafkah sebagai pembuat knalpot,,
    tapi kalo peraturan hukumnya kepada besaran suara / desibel yang di hasilkan oleh knalpot, maka para pembuat knalpot aftermarket masih bisa mensiasati knalpot buatan mereka agar sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku untuk bisa di gunakan di indonesia.
    dalam hal tersebut, tentu saja semua jajaran polantas se indonesia harus di bekali alat pengukur desibel oleh pemerintah,, jangan pemerintah hanya membuat peraturannya tapi tidak memfasilitasi para polisi dengan alat pendukungnya.

    tapi kalaupun di fasilitasi, mungkin polisinya tetep aja main stop asal lihat knalpot aftermarket, walaupun besaran suaranya masih masuk dalam ambang batas yang di perbolehkan, polisi indonesia kan suka nyari seseran, di samping di anggapnya masyarakat pasti ngga tau aturan detailnya.
    apalagi kalo polisinya engga di fasilitasi dengan alat pengukur desibel, tambah lagi deh ngawur..

    ahhh entahlah…
    indonesia negeri ku,, orangnya lucu-lucu.

  27. mungkin motornya di pake untuk memecah massa yg lagi berdemo,klx polisi anti huru hara juga pake knalpot racing,suaranya keras banget.jadi motor kaya gini memang ada dipake buat memecah kerumunan massa yg berdemo.

  28. tapi saya dulu pernah liat org AU..ikut sidang tilang biar bawa komandannya…

    kalo kasus yg diatas sepertinya TIDAK ditilang….tau sendiri laahhh…

    mending IWB bahas REGULASI PEMERINTAH LAMPU PENERANGAN MOTOR ATPM…
    yg saya tahu itu…ada 2 PUTIH dan KUNING…tapi kenapa ADA POLANTAS mempersalahkan jika kita pakai lampu yg lulus REGULASI pemerintah????nahhhh lhooooo

  29. Polisi?
    Hanya orang GOBLOG, yang masih percaya sama polisi.
    Beraninya sama, orang ngga berduit, ngga berpangkat.
    Kalo sama TNI, ya, mingkem. Dan minggat lari…

  30. Motor dinas militer yg bisa razia mah PM atuh mana bisa di tilang polisi….bener2 dah banyak yg gak ngerti bedanya
    razia polisi biasa sama PM.

  31. jgn di tilang ah, kn Yahomo jual knalpot racing jg, kl ditilang trs knalpot gak laku gmn nasib fby dsini? rela gak dibayar? kl AHM mah gak ush jualan knalpot udh kaya raya makmur gemah ripah loh jinawi…kl fby gak dibayar mereka nto ngoplo koyo won buodo…

  32. Gak kenah kang, wonk udah jelas d foto itu terlampir mobil patroli polantas, tetangga ane TNI AD tiap hari nunggang jupie MX pke knalpot NOBI gk pke helm everiday lwt lampu merah ad pak pol d diemin aj..

  33. mas iwan, saya SR sic udah lama. Sudah lama saya mau bertanya masalah ini, mumpung mas iwan sedang membahasnya sekalian mohon pencerahannya. Jika bapak polisi merazia knalpot dengan dalih Peraturan menteri lingkungan hidup dengan ambang batas 90db dan Pasal 285 UU lalu lintas tentang persyaratan teknis dan layak jalan. Sedangkan yang kita gunakan adalah knalpot Sakura yang jelas-jelas adalah knalpot resmi yamaha jika pada waktu launching mengatakan suara yang dihasilkan dari knalpot sakura tsb masuk dalam kategori Peraturan lingkungan hidup, dan mengenai persyaratan teknis dan layak jalan pastinya Perusahaan sebesar sakura yang telah menunjukkan gigi di ajang MotoGp pasti telah meriset produknya sehingga persyaratan teknis dan layak jalan sudah terpenuhi. Apakah dalam hal ini masih terjaring razia?? Terima kasih mas sebelumnya, maaf bahasanya kalo susah dipahami heheee

  34. Curiga, sejak kapan TNI-AD punya/lelang motor dinas sekelas NINJA 250?

    Jangan2 itu cuman motor pribadi yg dilabeli plat TNI..
    (just IMO saja) 😀

  35. coba liat dari fungsi kali ye, ada kemungkinan motor2 itu emang disengaja dipasang knalpot racing supaya suara jd lebih sangar. Tujuannya apa? Dalam ilmu militer ada yg namanya efek kejut – biasanya yg pake kavaleri nih, memanfaatkan suara atau tampilan yg ‘overwhleming’ bisa bikin musuh – atau massa, ciut nyalinya. Contoh lain adalah penggunaan pasukan berkuda or kendaraan lapis baja. Mungkin motor2 ini tujuannya emang untuk kegiatan pengendalian massa or sejenisnya? Sederhananya gitu. Nah di poto di atas, dua2nya pake knalpot racing, bisa disimpulkan itu motor memang udah standar ‘jatah’. Klo masalah dipake harian sama prajurit yg dapat pembagian, mungkin itu lain cerita yah… just my 2 cents, kang Iwan 🙂

  36. “kemungkinan motor2 itu emang disengaja dipasang knalpot racing supaya suara jd lebih sangar. Tujuannya apa? Dalam ilmu militer ada yg namanya efek kejut – biasanya yg pake kavaleri nih, memanfaatkan suara atau tampilan yg ‘overwhleming’ bisa bikin musuh – atau massa, ciut nyalinya”… kl emang ini y di cari ngapain beli motor mahal mahal dari uang rakyat???? pake aja motor Yamaha Group MIO secara Knalpot menembak nembak cetar membahana laksana suara meriam. Bhret Bhret Dhor Dhor bhret Dorrrrrr osotosmastis membikin ciut nyali musuh. Hayooo MIKIRRRRRRRRR…..

    • Intelejensia, kedewasaan, dan pemahaman anda tentang ilmu militer jelas berada di level yg jauh berbeda dg saya. Komentar anda sendiri sudah menjelaskan itu. Salam

  37. Ini semua tk laen sebagai bekal aja di hari tua aka pensiun besok para prajurit bisa alih profesi sebagai pembalap… tp kl pensiunan tentara trus jadi pembalap gmna ya? iso iso balape model baris berbaris gk nyelip nyelip……

  38. gpp lagh.. masa moncong tank, senjata, hrs pake DB killer jg..
    yg penting itu resmi dari instansinya, bukan modif pribadi.

    Bravo TNI !!!

  39. Kemungkinan juga ini model aka lagu lama dari dulu jaman rame ramenya motor MOGE HD yang aslinya itu motor murah. murah maksudnya secara beli dari, lewat pejabat pejabat pemerintah y memanfaatkan posisi lewat instansi tempat kerjanya. jadi itu motor MOGE di beli secara murah tanpa pajak y masuk negara. masalah surat surat gampang aja. mereka sembunyi di ketiak IMBI menjadi angota y mana tiap kali ada even pasti di kawal pk polisi. jadi aman. jadi aslinya moge moge angota imbi banyak yang bodong aka MOGE murah.. Gayanya aja Arogan di jalan tapi aslinya hasil tipu2 pajak negara…. ahahahahahhaaa

  40. ini photo kyknya pas acara pelantikan presiden senin kemarin, sempat liat di tv ini kelompok motor Ninja250Fi mejeng disekitar istana…
    paling juga keluarnya pas ada acara2 penting…

  41. Judulnya kena tilang apa tdk ? Aku mo nanya sama yg punya warung..kalo pake knalpot racing melanggag UU pasal berapa?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here