iklan iwb
iklan iwb

460x110 (3) 460x110_rev

image

Bro dan sis sekalian….jaman memang terus bergeser. Jika 7 tahun yang lalu jumlah Blogger bisa dihitung jari….kini sebaliknya. Wis pokoke seabreg banyak bener. Hadir dari berbagai kalangan, rata-rata mereka dulunya adalah pembaca Blog yang akhirnya terlecut untuk menulis. Namun bukan itu yang akan kita bahas. Akan tetapi sorotan adanya beberapa Blogger yang mengusung bendera salah satu pabrikan sehingga dianggap tidak netral. Apakah benar tuduhan tersebut??….
GT125Garuda_460x140

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Mungkin sampeyan sudah tahu adanya beberapa Blogger yang berada dibawah payung suatu pabrikan. Karena passion yang tinggi terhadap motor….plus ilmu permesinan yang mereka dapatkan…..ngeblog merupakan ajang sharing yang cukup ampuh. Celakanya….karena ilmu yang terlalu dominan pada salah satu merk…..mereka dianggap tidak netral. Ada juga yang ngetes top speed….hingga video disodorkan, keraguan masih saja tetap muncul dari pembaca akibat back ground sang tester. Opini-opini tersebut banyak IWB baca baik via email ataupun komentar. Pertanyannya…..apakah betul seluruh anggapan dan tuduhan tersebut?….

Siapapun tentu tidak ada yang bisa menjawab secara pasti dan hanya mereka yang tahu. Bukannya membela, tapi sebenarnya IMHO…tidak ada yang salah dengan status yang disandang. Mosok karena berkecimpung diindustri roda dua nggak boleh jadi Blogger. Sah-sah saja to Blogger kerja disuatu pabrikan. Selama konten dan isi bisa dipertanggung jawabkan disertai bukti-bukti real….IWB pikir halal hukumnya mengupas kelebihan suatu produk. Pembaca sekarang juga cerdas menilai….bisa meresapi ketika isi artikel terdistorsi kepentingan. Hukum alam yang pada akhirnya akan menyeleksi ketika independensi rusak….maka pembaca juga enggan nyambangi warung. Lawong udah nggak bisa dibuat pegangan…..terus dienggo opo diwoco, yo ora??….

Last….value atau nilai sebuah Blogger adalah independensi. Dan ketika satu hal tersebut tidak bisa dijaga…percayalah, lambat atau cepat Blog tersebut akan tutup warung. Dan IWB sadar betul akan hal itu. Terlepas dari adanya strategi pabrikan untuk memfasilitasi Blogger-Blogger tertentu karena “status” yang disandang, kemudian mengupas kelebihan produk mereka adalah tindakan wajar dan tidak perlu dipermasalahkan. Terdistorsi kepentingan mungkin iya. Tapi selama bukti lengkap dan komplit…..disertai data komprehensif….kenapa nggak?. Nah…kalau menurut sampeyan sendiri gimana….ngaruh nggak jika Blogger tersebut kerja disalah satu pabrikan sementara doi mencoba ngulas kelebihan produk tersebut?. Monggo berikan opininya…..(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!