iklan iwb
iklan iwb

460x110 (3)
460x110_rev

Bro dan si sekalian, pasti sampeyan sudah tahu berita terkini akan adanya rencana kenaikan bensin Premium sebanyak 3000 rupiah. Presiden terpilih kita Jokowi sudah menyatakan tekad bulatnya untuk tidak populer demi penghematan uang kas negara. Konfirmasi ini dilontarkan penasihat Senior Tim Transisi Jokowi-JK, Luhut Binsar Panjaitan dalam sambutannya di acara Peluncuran Buku Outlook Energi Indonesia 2014 di kantor BPPT, Jakarta, Selasa (30/9/2014) seperti dilansir Detikfinance. Kemungkinan wacana langsung digolkan per-November ini. Cakeppppp!!!…..
GT125Garuda_460x140

Luhur Binsar menyatakan…..rencana ini sudah diputuskan dan kemungkinan besar dilakukan. “Sudah diputuskan oleh Pak Jokowi, kenaikan harga BBM subsidi Rp 3.000 per liter, November dimungkinkan sudah dinaikkan” ujarnya seperti dilansir Detikfinance. Dari informasi yang IWB baca, dengan menaikkan harga dari 6500 ke 9500 rupiah perliter, negara dikatakan bisa menghemat uang negara hingga 158T. Yup…..itu adalah hitung-hitungan matematis diluar dampak perekonomian sosial. Kenapa??….

Harga pasti akan melambung tinggi. Lonjakan harga barang jelas langsung akan menghantam hampir semua lini kebutuhan masyakat. Yang paling terasa adalah rakyat kecil dimana daya beli paling rendah akibat penghasilan yang didapat tak memiliki arti. Kalau sudah begini akan memicu inflasi yang sangat besar. Apalagi jumlah masyarakat miskin sangat besar brosis. Dari data BPS yang IWB baca dibulan Maret 2013 jumlah mencapai 28,07 juta jiwa dengan kecenderungan terus bertambah. Dan merekalah yang akan banyak memikul serta menanggung beban dampak kenaikan Premium yang begitu signifikan. Ujung-ujungnya angka kriminalitas makin tinggi akibat hidup yang makin susah….

Kebijakan strategi pasti untuk meraih tujuan positif. Namun jika langkah harus mengorbankan rakyat kecil….alangkah baiknya pemerintah memperhitungkan secara cermat khususnya jumlah kenaikan. BBM subdisi memang harus dicabut….IWB setuju 100 persen. Akan tetapi ibarat penyakit…..subsidi BBM sudah seperti kanker yang tentu saja butuh kalkulasi ekstra agar tubuh nggak langsung kolaps saat diangkat. Yang paling merasakan nanti adalah teman-teman kita yang penghasilan dibawah 1 juta rupiah/bulan. Dan itu masih ada mzbro. Kabar gembiranya….motor pasti akan makin subur. Dengan kenaikan BBM pengendara mobil mau nggak mau berpindah keroda dua. Lebih hemat, efisien, dan cepat….

petani
“Merekalah yang paling merasakan nantinya”…

Last…..kita berharap, kompensasi kenaikan BBM betul-betul untuk rakyat bukan segelintir golongan. Kalau ini bisa dilakukan pasti semuanya akan mendukung. Alokasikan uang subsidi kepembangunan secara nyata…..bukan “lips service” untuk menutupi banyaknya kebocoran akibat korupsi yang merajalela. Dan jika bapak diseberang istana sana mampu melakukannya…..bukan tidak mungkin nama sampeyan akan kami ukir disanubari sebagai pahlawan. So brosis…..dengan informasi diatas, yuk kita bersiap-siap. Mending cari motor yang irit waelah. Ora usah kenceng-kenceng sing penting nggak bikin kantong bolong. 9000/liter rek…..lumayan cakep tuh :mrgreen: …..(iwb)

Advertisements

420 COMMENTS

    • Kalo bensinnya mah nggak pusing kang. Lawong cuma beda 3000 perliter. Efek dominonya yang kudu siap-siap

    • boleh bbm naik. . .asal yang lainnya ga ikutan naik. . .
      mboh pie carane. . .pikiren dewe. . . .
      lha BBM belum diketok palu. . .Ehh. . .sembako. .transport. . .dah naik duluan. . .
      TOBAT. . TOBAT. . .DUDU SOTO BABAT. . .
      KAPOK. . .KAPOK. . .OJO MUNG KAPOK. .LOMBOK. . . .

    • Koplak lu gan. Wkwkwk. Emang lu makan minum mandi pake pertamax. Mikirrr. Wkwkwkwk. Emang anak istri lu babe nyokap lu makan minum pertamax. Kan yang naik gak bbm aja. Tapi semuanya. Pinter dikit dong. Hahaha. Peace

      • ketahuan nga baca artikel ya …, Kl cuma premium aja yang naik sih nga masalah. Bisa naik sepeda, kendaraan umum atau jalan kaki ke kantor.
        yang masalah itu yang ngikut ngikut naik.

        Harga-harga sembako / kebutuhan hidup di pasar, ongkos kendaraan umum, listrik. akhirnya gaji baru naik nga berasa…, apa apa kurang.

        belum lagi para buruh turun ke jalan akibat biaya hidup meningkat…
        uang jadi makin nga bernilai…,

        mikir !!!

      • Dasar oon. Iya lek lu punya kantor sekilo doang. Emang lu doang ya kantornya jarake sekilo sing jarak puluhan kilo gmn ncong. Naik angkot2 what the fu ongkos naik tong. Bla2 semua naik tong. Kopler lu

  1. dulu paling napsu nolak, sekarang naikin, plis deh…..tolong yang make motor diatas 20 juta harusnya make pertamax….isin bro..isin…! gw aja yang make metik 12 juta make pertamax

    • salam pertamax gan !.. buat yang milih salam gigit jari.. ternyata gini caranya ngatasi mafia migas…

    • Bro, w sehari” motor diminumin pertamak
      Yg e masalahin Klo harga kebutuhan laen ikut naek
      Masa uda b ensin w mahal makan juga mahal
      Itu yg di permasalahin

  2. shock juga nih yg punya penghasilan pas-pasan namun kerjanya mengandalkan sang kuda besi..
    ikhlas wae lah,, mudah2an mampu..
    mansarpost.wordpress.com/2014/10/02/menerka-positioning-forza-125-jika-dibawa-ke-indonesia/

  3. Rakyat kecil tidak naik kendaraan bermotor pribadi. Konsepnya yg harus dirubah. Jgn membebani negara dengan ngaku wong cilik, tapi gaya hidup mewah dan manja

    • Pertamax selama ini nggak terpatok pemerintah kang alias langsung Pertamina. Turun naik sesuai harga minyak mentah dunia (kata lho ya :mrgreen: )

      • Kang Iwan, sy lg tugas di Malaysia..
        BBm disini harganya 2.1 RM/liter itu sdh di subsidi kerajaan 0.68/liter.
        jadi normalnya harga BBm di malaysia itu 2,78/liter..dan tau ga yg di subsidi itu tipe apa..?
        Pertamax Plus bro….wkakakkaka,
        Memang pemerintah kita aja yg Koplak hitung-2 annya…

  4. 1 motor matic minum 2liter/ hari 2×9.500
    =19.000×30 hari =570.000
    punya 3 motor = 570.00×3 = 1.710.000 sisihkan perbulan
    gajih 5jt sisa 3.290.000/30 hari = 109.666 punya anak 2 uang jajan 30.000 sisa 79.000 buat istri belanja apes yang penghasilan dibawah 5jt perbulan imho

  5. Siip. Berarti pensiun sruntulan di jalan nh. Ngirit je. Haha. Naekin aja, sakitnya cm diawal”nya, nnt strusnya pst bisa adaptasi. Yg ptg memang niatnya buat membangun negeri bobrok ini. Dan jgn lupa racunin dulu tikusnya biar yg udh di simpan ga digragotin lg.

  6. Cakeeeppp biasa nya klo BBM naik Upah jg naik….di tempat ane dulu jg gt…bbm naik uang transport naik …..

    • Cuma gak serta merta karena perusahaan juga kudu berhitung dulu toh? Jadi siap siap aja merana barang 2-3 bulan sebelum gaji disesuaikan, ingat, disesuaikan bukan naik..

  7. itu harga segitu subsidi udah dicabut atow masih ngaku” subsidi ya mas?? harga asli premium berapa tho??soale udah deket harga pertamax iku, mudah”an demi rakyat, dan pembangunan nyata terlihat, kasian mas yang nggak punya kendaraan juga kebagian, kebagian naik harga kebutuhan sehari-hari

  8. ini ngawur,,, Naikin bertahap lah,, langsung 3000 mana kuat,, jokowi enak dia pejabat gaji gede,,, nah kita,,wkwkwk
    harusnya mobil2 pajeknya digedein 200%

    • kl ane sih usulnya dikenakan pajak BBM bro …., besarannya bertahap…
      jadi yang kaya subsidi yang miskin…, Uangnya buat benahi transpotasi umum…, seperti kereta Subway dibuat menggurita di bawah tanah jakarta dan 24 jam beroperasi.

      kemacetan akan berkurang karena waktu tempuh dengan mobil dan kereta selisih banyak. kemana-mana bisa naik kereta subway kl jalurnya sudah menggurita.

      kemacetan berkurang…, konsumsi bensin berkurang.

      • Yaelah, dari jaman jebot juga di indonesia ini yang kaya subsidi yang miskin. silahkan lihat tarif pajak penghasilan, siapa yang paling banyak bayar pajak? siapa yang penghasilannya PTKP? kadang yang penghasilannya ptkp ini kaga tahu diri maki2 org isi premium, kayak dia punya sumbangsih aja ngoahahahahahahahahaha

  9. Mengurangi berpergian dulu dah. Paling tidak mengurangi alay dengan motor borosnya dijalanan.

  10. Harga BBM boleh aja naik tapi bagaimana caranya agar harga bahan pangan tidak ikut naik. Itu kuncinya !

  11. Aq beli pertamax aja dah,gara ganti presiden yg lebih kemayu harga minyaknya jd harga jagoan!hayo siapa yg berani nantang naikin lebih dari 3000 per liternya???

  12. gue… lebih setuju kalo mentri kabinet, jokowo – jk, termasuk presiden n wakil presiden pake mobil, ESEMKA yang sempat di gembar, gemborkan….
    bukan hanya pembodohan publik.
    katanya untuk memajukan mobil nasional dan penghematan belanja anggaran negara.

  13. Ane heran. Kalo sby naikin harga bbm selalu dimaki. Tapi kalo jokowi di ambil hikmahnya. Kaya jokowi laksana nabi yg memimpin negara aja

    Catatan ane. Bbm naik itu pasti, tapi pertanyaanya kenapa naik sekarang? Bukankah harga bbm non subsidi gak naik terlalu signifikan dari sejak kenaikan bbm kemaren?

    Yup. Artinya emang beban negara gak naik sebenarnya. Tapi jokowi pingin mengamankan apbn. Itu poinya

    Kenapa harus mengamankan apbn? Karena jokowi pingin jualan kartu pintar dan sehat yg gimmick itu

    Padahal bos udah ada, bpjs udah ada

    Tau kan arahnya kemana? Semerawut mah

    Kalo mau bbm murah simpel mah.

    1. Mobil semua pake pertamax, selese kan

    2. Mobil di batasi premiumnya, dengan kata lain bisa isi premium sekitar 10 liter per minggu

    3, mobil baru pake lubang nozzle bbbm yg kecil
    4. Mobil lawas mau dapet premium subsidi kudu di modiv lubang nozzle
    5.bikin pom khusus nozle kecil yg nelayani mobil. Agar mobil bisa isi pertamax
    6. Gak berlaku buat angkutab umum

    Pengawasan gmn? Ya monggo si jokowi mikir. Dia kan presiden

    Inget janji pdi yg bilang ada 1001 cara untuk gak naikin harga bbm

    • Joko*i mana bisa dikritik gan, klo udah cinta tai kucing juga rasa coklat :mrgreen:

      Kerjaan pencitraan mulu, pake KJS padahal itu BPJS kelas 1 yang disubsidi pake surat kismin. So subsidi bbm ini mau dibikin mpengalihannya buat bahan pencitraan kartu kartu kartu 😆

      Klo emang niatnya mengurangi subsidi harusnya pemerintah ga usah jual premium ke mobil-mobil pribadi, adapun bbm subsidi dijual buat kendaraan plat kuning dan kendaraan niaga. Selanjutnya tugas menteri buat bikin manajemen kontrolnya (yang pasti ga semudah congor jokowi yang blg e-budgeting, e-buskaratan, yang katanya bisa selesai dalam 2 minggu). Tujuannya selain penghematan subsidi juga buat meminimalisir kemacetan.

      Oh ya, ada baiknya untuk hari tertentu seperti wiken bbm subsidi dijual bebas ke siapa saja. Mau bagaimanapun sebagian besar dana subsidi didapat dari rakyat dan hak rakyat untuk menikmati iuran yang telah diberikannya pada negara.

  14. gak masalah dengan naiknya premium jadi 9500, orang-orang akan beralih ke pertamax, wong nambah 1400 dapet RON 92. tapi sayang sekali pelayanannya yang mau ngisi pertamax ngantrinya dicampur dengan yang ngisi premium, hahahaha

  15. setuju sih subsidi dialihkan di bidang lain misal pendidikan ato kesehatan

    M+ ada komparasi lg tuh Honda CBR150R, Yamaha YZF R15, Minerva RX150
    hasilnya… tetep beda ma otomotif wkwkwkwk
    sama” 1 grup tapi bisa beda jauh gitu yak??

    da juga Mio J vs Fino vs BeAT vs Vario 110
    tapi klo yg ini sih kayaknya gak bakal terlalu rame kayak kasus CBR vs R15

  16. dengan naiknya premium menjadi 9500 akan menyadarkan rakyat kaya yang sok miskin, ngoahahaha masa beli mongstor puluhan juta muaampu, bensin naek 3000 perak gak mampu ! ngoahaha

    • yg paling lucu itu pegawe negri sipil. . .gajinya ikut2an naik.
      Katay ga bisa beli sembako krna mahal.
      Ngoah

  17. pemerintah tidak becus.
    Bukan BBM nya yg diutik utik. . .tp KORUPSI DAN bayar pajak yg mesti dibenahi.
    Mau harga BBM 50ribu seliter kek, ,kalo korupsi tetep meraja lela ya sama aja.
    Coba dong pada mikir,mikir,mikir. . .jangan semau wudele dewek.
    Org indonesia itu sbenary paling pintar didunia. Conthy: buah jarak gundul bisa dibuat bensin,bahkan air bisa ganti bensin . .itu ama anak indo. Tp pemerintah cuek.

    • Ini benar juga, negara klo taunya cuma ngurangin beban itu namanya pemerintahnya ga bisa ngelola duit, pemerintah itu harus bisa ngembangin duit (income) . aliran kas dari aktivitas operasi harus ditambahin (surplus) 😀 . Jangan lupa, selain income, expenses untuk kenikmatan rakyatnya juga harus ditambahin. Kan dari rakyat untuk rakyat.

      gimana cara ningkatin income-nya? Silahkan due diligence dong mana flow yang bocor bocor bocorrr!! klo buat hemat2 doang anak TK unyu2 juga tau hemat pangkal kaya ngoahahahahahahahahaha

  18. presiden jokomi itu yang kalo ngomong ludah sama jigong nya muncrat itu ya,, terus kalo ngomong ludahnya meleber2 ke samping bibir and kalo ketawa giginya kayak kaki umang umang berjejer itu ya,, giginya kuning gak pernah sikat gigi itu.
    di pom Rp 9000, berarti di kios eceran harganya Rp 10.000 dong pak jokomi..
    kalo gitu sich…
    cabut 100% semua subsidi yang ada di premium, jangan ada sepeserpun subsidi dalam harga premium, kalo perlu hilangkan sekalian premium itu. khusus bahan bakar liquid sediakan hanya pertamax, pertamax plus, dan solar. lalu sementara itu / berjalan berbarengan dengan itu, buatlah lah regulasi untuk semua pabrikan kendaraan bermotor secara nasional bahwa semuanya harus melakukan peralihan teknologi ke arah kendaraan bermotor berbahan bakar gas. dengan harga yang sama seperti saat ini untuk kapasitas mesin yang sama. dan bagi pemerintah mulailah menambahkan mesin pengisian bahan bakar gas disetiap SPBU yang sudah ada saat ini. dampak positifnya adalah beban masyarakat akan lebih ringan, karena bahan bakar gas yang lebih murah dan lebih irit., maka aliran darah perekonomian akan terus mengalir dan beban rakyat akan lebih ringan.

    lalu dampak positif lainnya adalah, setelah peralihan ke bahan bakar gas tertangani sepenuhnya, maka pemerintah tidak perlu lagi mengadakan subsidi sepeser pun untuk bahan bakar liquid jenis apapun. anggaran negara yang lari ke BBM jenis liquid / di gunakan untuk subsidi BBM jenis liquid itu kan yang jadi masalah utamanya ?
    pemerintah gak bisa cuma main cabut aja tanpa menggantinya dengan sistem yang baru dan lebih baik. lama lama rakyat bisa mati berdiri kalo cuma cabut subsidi tapi pemerintah gak melakukan peralihan tehnologi dan regulasi ke bahan bakar gas.
    lalu dari mana anggaran untuk membangun sistem pengisian bahan bakar gas ? subsidi bahan bakar liquid yang telah di cabut itu lah, harus di gunakan untuk membangun sistem tersebut, setelah pembangunan sistem selesai maka kasus terselesaikan dengan kemenangan bagi seluruh pihak, anggaran yag ebelumnya di gunakan untuk subsidi BBM jenis liquid dan terbuang jadi asap, akhirnya bisa di gunakan untuk hal yg lebih baik, misalnya pendidikan, kesehatan, tehnologi transportasi darat, laut, dan udara nasional,, alutsista, DLL.
    dan rakyatpun tak lagi terbebani dengan harga bbm liquid yg melambung tinggi karena sudah menggunakan bahan bakar gas yg lebih murah dan lebih irit jadi lebih hemat.

    apa cuma berhenti sampai di situ..
    seharusnya enggak dong,, di samping semua itu pemerintah juga harus memikirkan ke depannya sejak dini regulasi tehnologi kedepannya yang bisa di gunakan jika suatu saat nanti bahan bakar gas dan semua jenis bahan bakar fosil telah menipis stoknya dari alam.. misalnya teknologi motor listrik tenaga matahari dsb.. itu lah gunanya di adakannya kementrian ilmu pengetahuan dan teknologi. kalo gak untuk memikirkan hal hal tersebut apa gunanya mereka itu..? apa cuma duduk di kantor sambil ngupil n makan gaji buta dan cuma membuncitkan perut saja. sepertinya sich gitu muka muka mereka itu.

    aahhh… tapi kayaknya semua itu mustahil ya,, boro boro pemerintah kita mau memikirkan tehnologi seperti pemerintah jepang, jerman, amerika, rusia, dll.. yang di fikirkan pemerintah kita kan cuma rebutan kursi sampe tinju tinjuan, kalo enggak cuma pake jas yang bagus, yang perempuan pake kebaya bagus, terus duduk di kursi dpr mpr sambil mainan gadget n ada juga yang cuma mantuk mantuk ngantuk terus tidur.
    negara bodong, pemerintahnya cuma menuhin tinja dalam perut, n menuhin tabungan dengan uang haram.

    indonesia.

      • iku dudu maido, dudu ngelek2 pe’ak.. iku masukan, nek ono sing di elek2 juga iku fakta.
        gak nonton opo anggota dpr nganggo jas apik nganggo kebaya apik kerjanane mung rebutan kursi karo gontok gontokan.

      • orang kaya yg gak mikirin orang miskin yg merupakan sebagian besar penduduk negeri ini, apa bedanya sama sampah.

    • mas kalo ngasi masukan plus kritik jgn terlalu keras…ntar sampeyan disuruh pindah negara sama pendukungnya lo

    • saya sangat setuju dengan pendapat anda,semoga joko*i bisa berpikir kedepan bukan sekedar kebijakan sesaat,pencitraan buat manjangin gigi yang udah kayak kaki umang-umang!

  19. dari dulu tau bakalan terjadi yang gak beres dengan si megamoncong. tapi masih aja ada yang milih..

    nyesel emang always teko ne nang mburi…

    rasakno.

  20. Bolehlah naik harga BBM, tapi tetap harus sangat diperhatikan rakyat yang berpenghasilan rendah, semoga saja tepat sasaran tujuan dari dinaikkan BBM. Smoga saudara2 kita yang kurang mampu bisa mendapat hak yang layak dari Pemerintahan yang baru agar bisa paling tidak mengurangi masalah perekonomian yg di hadapi mereka selama ini. Kalau tidak tepat sasaran celakalah mereka makin sengsara.

    • Jangankan beli bensin…banyak tuh orang kaya mobilnya keren keren tapi gak bayar pajak… Tapi pemerintah cuek aja.

  21. Mosok kuat beli motor nggak kuat beli bensin, lagipula khan banyak opsi motor yang irit, kita yang harus memilih dengan bijak. saya setuju BBM dinaikkan, karena selama ini selalu masalah BBM jadi akar kegaduhan politik dan bayangkan kalo sebagian subsidi itu dipindahkan ke pertanian…moga-2 pertanian makin diperhatikan pemerintah.

    • pertanian dan peternakan dibenahi?ngimpiiiiii
      wong mafianya aja jdi kuli ri1 kok mlah mau memperhatikan pertanian sama peternakan….

      silogisme antara knaikan harga bbm dan harga hasil pertanian dan peternakan adalah di IMPOR PERTANIAN DAN PETERNAKAN..karena apa? untuk menekan harga HASIL pertanian dan peternakan lokal atau produksi nasional…
      kalo uda bgni siapa yg sengsara?kaum marhaen… sayangnya jokomi bukan seorang marhaenis.. jgn bawa nama besar Soekarno ya pak joko..

  22. pendapatan terbesar negara berasal dari pajak?
    rakyat diperas, kesejahteraan msh dalam kesenjangan…
    tidak tepat sasaran tapi semua dikorbankan, bukannya mmikirkan bagaimana agar tepat sasaran…
    subsidi dikurangi dengan alasan harga market terus naik…
    bung, jika semua anda kembalikan pada harga pasar, maka kami tidak memerlukan pemerintahan, biarlah cukup sebatas transaksi semata, anda menjual, dan kami membeli, hapuslah sudah yg namanya pemerintah jika itu yg anda berlakukan…
    ingat bung, kamilah (rakyat) yang mengijinkan anda (pemerintah) untuk memanfaatkan hasil kekayaan negeri ini, yg tentunya adalah untuk kemakmuran seluruh rakyat indonesia, bukankan anda juga adalah rakyat indonesia???
    anda terlalu jauh melenceng dari uud negara kita bung…

  23. hayo. . .siapa yg kemarin ngasih salam 2 jari !!
    Ekh. . .sekarang pada gigiT jari.
    Yg kemarin dipilih menang lg seneng dilantik … Yg milih pd sekarat krna kena suntik bbm naik.

  24. dengan naiknya premium menjadi 9500, pengguna mongsbil akan berpindah menggunakan mongstor, motor seliter bisa 30-50 km jarak tempuh, mobil seliter cuman 10-15 km jarak tempuh, ngirit toh.. ngoahahaha semakin kecil cc kendaraan semakin uiriiiiit =)) ngoahaha IMHO

  25. nyuwun sewu kang iwan, bukannya bapak2 bersepeda diatas itu justru yg ga merasakan subsidi? gimana mau merasakan, boro2 buat beli kendaraan demi menikmati subsidi BBM… lha buat makan aja udah susah… cmiiw 🙂

    • mikirmu terlalu cekak bro, emang kenaikan bbm cm berdampak sm org yg cm memakai bbm tersebut, ga pernah kepikiran ya dampak domino ke harga sandang pangan dan papan?

  26. Kok kebanyakan komentator mikirnya cmn sampai ke konsumsi motor atw mobil aja ya? Klo efeknya cmn segitu doang sih ga masalah bro sekalian, toh msh ada sepeda. Tp ini masalahnya jauh lbh besar… Ongkos produksi, ongkos ekspedisi yg akan membengkak.. ujung2nya kenaikan pada barang sandang, pangan, papan akan naik gila2an. Kita2 yg berpenghasilan 10jt k bawah akan merasakan beratnya. Seluruh harga akan terkerek 10-20% sedangkan gaji segitu2 aja, naik gaji 5% aja udh syukur bgt.

    • transportasi kendaraan bermotor sudah menjadi aliran darah perekonomian di negarakita, negara kita ini negara luas bukan negara kecil kayak belanda, yang kantor bisa naik sepeda, di negara kita ini banyak yang antar kota antar provinsi.

  27. presiden klo dipilih karena pencitraan ya begini-nih
    ngaku pro rakyat tapi…membunuh pelan2 rakyatnya

  28. thn depan pemerintahan jokowi udh merubah persentasi belanja pegawai n belanja modal…lbh di gedein belanja modalnya..pst nti permendagri 37 n 64 direvisi lg…sy dukung pengurangan subsidi…tdk tll berpengaruh bg sy yg tgl didesa terpencil…hawa msh sejuk..kemana2 jg naik sepeda ontel cannondale..

  29. Selamat menikmati, atas presiden yang kalian pilih kemaren sore… Bagi yang pilih no.2 kemaren ini adalah hasil pilihan kalian…
    Mending golput wae lah karo aku

  30. semua harga bahan kebutuhan pokok bahkan bahan kebutuhan non pokok akan naik..
    uhhuuuy…
    bagus jokowi… bagus…

    papa mama bangga pada mu nak..

    (lalu jokowi pun nyengir sambil memamerkan untu nya yang kuning)

    mau bagus mau gak bagus kinerjanya, asal yang di lontarkan ke dia adalah pujian, pokoknya langsung besar kepala aja dia.
    jokowi gitu loh… gila pujian..
    negaranya merosot juga asal dia di puji pasti sepengetahuannya dia segala sesuatu udah berjalan bagus aja.
    liat aja deh pasti terbukti.

  31. Hore usaha tetangga di kampung pasti bakal kolaps semua, mantep banget dah listrik naek gas 12kg naek tambah bbm naek, beuuhhhh…… hasyem.
    Salam jari tengah pak pres

  32. Siapapun Presidenya, Jika menaikan BBM, tentu implikasi negatif yang akan didapat, semua pendapat Miring, Pada dia, Dampaknyapun tentu akan luar biasa, bagi masyarakat kecil, apalagi Coba sekalian sebutkan tanggal Kenaikannya kapan, Pastinya, Mungkin Penimbun sudah siap-siap beraksi, Dan sekali lagi, Presiden nya siapapun, Tetap bensin akan dinaikan, Bukan saja karena Jokowinya, Jika kita tahu latar belakangnya, Tentu kita akan lebih arif memandang masalah ini, Hanya saja, Dampak kenaikan ini, Memukul EKONOMI semua kalangan miskin, Makin berat menapaki hidup sehari-hari, Sementara pemerintah baru bisa, Menaikan Harga BBM, Sedangkan Menaikan taraf hidup Orang banyak, Masih Wacana, dan masih dalam perdebatan, dan masih bersinggungan dengan berbagai kepentingan.

  33. Kalo Premium Jadi Rp 9,000,- perliter siap2 aja dilengserkan….. Indonesia akan bergolak seperti air mendidih…. Kenaikan harga BBM itu kan maunya asing… Harusnya cari jalan lain sebelum naikin harga BBM… Kalo cuma segitu kemampuannya jadi presiden yg cuma cari jalan mudah buat naikin APBN, orang bodoh juga bisa. Justru disinilah letak masalahnya, diperlukan Pemimpin yg bisa ngayomi wong cilik dan merangkul kalangan atas juga… Ojo grusa-grusu…. Bisa hancur negeri ini….

  34. kang iwan,
    kemarin ada pict KAMBING, eh sekarang malah nambah RUMPUT … mksdnya apa ya?? #gagalpaham #piss #siap2 overtake ninin150R 😀
    oh ya, mudah2n tindak kejahatan makin bekurang yo kang gegara efek domino dari kenaikan BBM ini 🙁

  35. artikel tahun lalu
    [Al-Islam edisi 663] “Itu sama saja pemerintah membunuh kami,” ungkap Muhammad Nasir seorang nelayan di Pelabuhan Ulee Lheue, Kota Banda Aceh, menanggapi rencana kenaikan BBM (shnews.co, 19/6). Keluhan itu mewakili keluhan rakyat banyak. Meski jelas akan menzalimi rakyat, Pemerintah tetap menaikkan harga BBM. Akhirnya himpitan ekonomi pun kian mencekik rakyat banyak.

    Rakyat Tambah Susah

    Pemerintah berharap, dampak naiknya harga BBM bisa diredam dengan BLSM, Raskin, Bantuan Siswa Miskin, Program Keluarga Harapan dan program infrastruktur dasar khususnya di pedesaan.

    Program BLSM sudah mulai dicairkan. Celakanya, selama penyaluran BLSM tahap I ini, terungkap banyak kesalahan data; penerimanya sudah meninggal, tidak dikenal atau pindah alamat; banyak warga miskin yang seharusnya dapat BLSM justru terlewat, dan masalah lainnya. Maka alih-alih meredam masalah, penyaluran BLSM justru berpotensi menimbulkan konflik di masyarakat meski skalanya terbatas. Wajar saja sejumlah kepala desa di Sukabumi menolak menyalurkan BLSM untuk saat ini.

    Sudahlah begitu, besaran BLSM pun minim dibandingkan naiknya biaya yang harus ditanggung. Begitu harga BBM naik rata-rata 33,3 % (premium naik 44,4 % dan solar naik 22,3 %), ongkos transportasi pun naik rata-rata 20 – 35 persen. Naiknya ongkos transportasi dibarengi oleh lonjakan harga-harga kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari. Bahkan, lonjakan harga-harga ini sudah menghantam rakyat sebelum harga BBM dinaikkan, yakni sejak wacana kenaikan harga BBM bergulir. Begitu harga BBM naik saat ini, harga yang sudah naik itu pun naik lagi. Lonjakan itu makin terasa dan boleh jadi akan berlanjut dengan makin dekatnya bulan Ramadhan dan lebaran, serta berbarengan tahun ajaran baru.

    Kenaikan biaya itu jelas tidak bisa diimbangi oleh BLSM. Banyak warga penerima BLSM tahap I yang mengaku bahwa uang Rp 300 ribu yang dialokasikan untuk meringankan dampak selama dua bulan itu nyatanya hanya cukup untuk menambah uang belanja seminggu hingga sepuluh hari. Ada juga yang langsung habis untuk membayar utang. Bagi yang bukan penerima BLSM, atau bukan sasaran program kompensasi, tentu dampak atau beban yang harus dipikul lebih besar lagi.

    Semua itu masih ditambah dampak berantai naiknya biaya dan harga, yang akan menyebabkan harga-harga semua barang dan jasa naik. Dampak berantai ini bisa jadi akan mulai terasa tiga bulan lagi atau bisa saja lebih cepat. Pada saat yang sama, justru penyaluran BLSM sudah selesai. Sederet dampak ikutannya pun turut mengintai.

    Kondisi itu masih ditambah dengan naiknya tarif listrik. Sesuai Peraturan Menteri ESDM No. 30 Tahun 2012 Tentang Tarif Tenaga Listrik yang disediakan PT PLN (Persero), selama tahun ini tarif listrik dinaikkan secara bertahap sebanyak empat kali. Dua kali sudah dilakukan pada 1 Januari dan 1 April 2013, dan akan naik lagi pada 1 Juli dan 1 Oktober nanti.

    Karenanya, kebijakan kenaikan harga BBM menjelang bulan puasa dan lebaran ini, yang dikatakan demi rakyat itu, sungguh kebijakan yang zalim, tidak berpihak pada rakyat, dan penuh dengan kebohongan kepada publik.

  36. Pemerintah Tak Mau Repot

    Menaikkan harga BBM adalah cara paling mudah bagi pemerintah untuk “menyelamatkan” APBN. Tak peduli bahwa cara termudah itu menyengsarakan rakyat. Padahal masih ada cara lain, semisal meningkatkan efisiensi anggaran di setiap kementrian dan badan atau lembaga negara, mengurangi pemborosan, menutup kebocoran anggaran, menyikat habis mafia minyak, dan menghentikan pengalokasian subsidi bunga obligasi rekap yang mencapai Rp 60 triliun per tahun sampai tahun 2033, dsb.

    Selama ini banyak anggaran yang boros. Sekedar cotoh, biaya rapat kabinet pemerintahan SBY sangat mahal. Menurut Deputi Sekretaris Kabinet Djatmiko, biaya untuk setiap rapat kabinet bisa mencapai Rp 20 juta, bahkan ada rapat yang bisa menelan biaya hingga Rp 1 miliar. Sehingga total anggaran yang dihabiskan pemerintahan SBY untuk rapat saja sepanjang tahun 2012 mencapai Rp 20 miliar.

    Jika subsidi untuk rakyat dianggap salah sasaran, nyatanya banyak subsidi diberikan kepada para pemilik modal tapi tidak pernah dipermasalahkan. Contoh kecil, dana sebesar Rp 7,355 triliun sudah dikucurkan sejak tahun 2007 untuk penanggulangan lumpur Lapindo. Di APBN-P 2013 (pasal 9) dianggarkan tambahan subsidi sebesar Rp 155 miliar untuk penanggulangan lumpur Lapindo. Bahkan untuk tahun anggaran 2014, Komisi V DPR RI sudah menyetujui anggaran untuk Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) sebesar Rp 845,1 miliar, seperti ajuan dalam pagu Rencana Kerja Pemerintah (RKP) (kompas.com, 20/6). Memang semua itu untuk menolong korban bencana lumpur di Sidoarjo. Semestinya perusahaan dan pemiliknya yang harus menanggungnya. Namun, perusahaan dan pemiliknya lolos begitu saja dari jerat hukum dan tanggung jawab, apalagi sejak Mahkamah Konstitusi memutuskan musibah lumpur itu sebagai bencana alam pada tahun 2012.

  37. Atas namakan Rakyat, Menzalimi Rakyat

    Kebijakan naiknya harga BBM ditetapkan pemerintah setelah APBN-P 2013 disetujui oleh DPR dengan suara terbanyak melalui voting. Maka lengkaplah klaim pemerintah bahwa kenaikan harga BBM itu adalah demi rakyat, sebab disetujui oleh para wakil rakyat. Klaim itu penting sebab dalam doktrin demokrasi aspirasi rakyat adalah yang utama.

    Namun doktrin tinggal doktrin. Nyatanya, kenaikan harga BBM itu bertentangan dengan aspirasi mayoritas masyarakat yang tidak ingin harga BBM dinaikkan. Hal itu terungkap dalam hasil survey Lingkaran Survei Indonesia (LSI) terhadap 1200 responden yang dilakukan pada 18 Juni, selepas rapat paripurna pengesahan RAPBN-P 2013 di DPR. Hasil survey itu menunjukkan, 79,21 persen tak setuju kenaikan harga BBM. Sebanyak 19,1 persen tidak tahu dan hanya 1,69 persen yang setuju kenaikan harga BBM (Republika, 24/6).

    Kebijakan pemerintah menaikkan harga BBM, ternyata juga tak disetujui mayoritas pemilih Partai Demokrat, parpol yang paling ngotot menuntut pengurangan subsidi BBM. Mayoritas pemilih partai koalisi lainnya juga tak setuju harga BBM naik. Pemilih Partai Demokrat yang tak setuju sebanyak 77,56 persen; pemilih Partai Golkar 80,81 %; PPP 82,06 %; PAN 66,21 %; PKB 85,65 %; Gerindra 89,33 %; PKS 82,56 %; Hanura 85,88 % dan PDIP 88,69 % (lihat, Kompas, 24/6).

    Fakta itu menunjukkan bahwa jargon demokrasi mengusung aspirasi mayoritas rakyat jelas hanya omong kosong. Juga jelas, doktrin kedaulatan rakyat nyatanya hanya kedustaan belaka.

    Bahkan kebijakan kenaikan harga BBM ini juga mengabaikan aspirasi para politisi kader partai penguasa dan pendukungnya maupun oposisi. Hal itu sesuai hasil survey LSI kepada politisi kader partai koalisi maupun oposisi pemerintah yang menunjukkan mayoritas tak setuju kenaikan harga BBM. Berdasar hasil survei, yang mengejutkan, 70,56 persen politisi Partai Demokrat tak setuju kenaikan harga BBM. Politisi partai lainnya yang tak setuju harga BBM naik antara lain: politisi PKB 85,65 %, politisi PPP 82,56 %, politisi Partai Golkar 80,81 %, politisi PAN 66,21 %, politisi PKS 82,56 %, politisi PDIP 88.69 %, politisi Hanura 85.88 %, politisi Gerindra 80.33 %.

    Ini menunjukkan bahwa, jangankan memperhatikan aspirasi rakyat, kebijakan kenaikan harga BBM itu nyatanya juga bukan aspirasi politisi kader partai yang mengusung dan mendukungnya. Ini adalah gambaran bahwa politisi dalam sistem demokrasi ini sejatinya tidak mewakili aspirasi rakyat, melainkan hanya mengusung dan mengutamakan aspirasi partai dan elit partai dan di belakang itu adalah kepentingan kapitalis.

  38. Sempurnakan Liberalisasi Migas Demi Asing

    Amat nyata bahwa keputusan kenaikan harga BBM selain tak sesuai aspirasi para politisi partai pengusungnya, juga jelas tidak demi rakyat. Lantas demi siapa?

    Yang jelas kenaikan harga BBM sekarang ini adalah untuk menjalankan skenario Memorandum of Economic dan Financial Policies atau LoI dengan IMF tahun 2000. Juga untuk memenuhi apa yang disyaratkan bagi pemberian utang Bank Dunia seperti tercantum dalam Indonesia Country Assistance Strategy tahun 2001.

    Semua itu agar sempurna liberalisasi migas untuk kepentingan bisnis asing. Hal itu ditegaskan oleh Purnomo Yusgiantoro, menteri ESDM kala itu, “Liberalisasi sektor hilir migas membuka kesempatan bagi pemain asing untuk berpartisipasi dalam bisnis eceran migas…. Namun, liberalisasi ini berdampak mendongkrak harga BBM yang disubsidi pemerintah. Sebab kalau harga BBM masih rendah karena disubsidi, pemain asing enggan masuk.” (Kompas, 14 Mei 2003).

    Wahai Kaum Muslimin,

    Sistem demokrasi dan kapitalisme melahirkan kebijakan penguasa dan politisi tidak demi rakyat dan mengabaikan aspirasi rakyat. Kebijakan lebih demi kepentingan elit, pemilik modal, dan kapitalis asing.

    Sungguh beda dengan sistem Islam dengan syariahnya dalam bingkai sistem khilafah islamiyah. Negara dan penguasa berkewajiban memelihara kepentingan rakyat dan menjamin kehidupan rakyat tanpa diskriminasi apapun. Seluruh rakyat berhak dapat pelayanan negara. Sementara kekayaan umum seperti migas, akan tetap jadi milik umum. Negara mengelolanya mewakili rakyat dan seluruh hasilnya dikembalikan kepada rakyat untuk kesejahteraan mereka.

    Karena itu, sistem demokrasi dan kapitalisme harus segera dicampakkan. Sebaliknya sistem Islam dengan syariahnya harus segera diterapkan dalam bingkai sistem khilafah yang mengikuti manhaj kenabian. Hal itu untuk memenuhi seruan Allah dalam firman-Nya:

    يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَجِيبُوا لِلَّهِ وَلِلرَّسُولِ إِذَا دَعَاكُمْ لِمَا يُحْيِيكُمْ

    Hai orang-orang yang beriman, penuhilah seruan Allah dan seruan Rasul apabila Rasul menyeru kamu kepada suatu yang memberi kehidupan kepada kamu (TQS al-Anfal [8]: 24).
    dikutip dari : http://www.hizbut-tahrir.or.id

    maaf mas iwan..kpanjangan..smg bsa bwt mnambah ilmu teman2 dsini..trims

  39. Yang sdh biasa dan mampu isi pertamax ga usah sombong. Kalian diberi kelebihan rizki bkn brarti bs nyindir atau ngatain pembeli premium. Sy percaya pembeli premium sebagian besarny adalah warga dengan ekonomi rendah. Yang masih bujang punya penghasilan cukup, skr bs tegak kepalany. Bsok kl da nikah pny anak trs sekolah, rasain dah tuh..kenaikan bbm dampakny berantai..

  40. ha ha ha perexciden yg dari rakyat untuk rakyat…akan menghemat 158t..tpi akan merugikan rakyat level bawah lbih dari 158t..dampak langsung brang pasti mahal..msukan buat perexciden dari q orang bodoh..cobalah audit pertamina audit kecil aj tuh bli minyak masak jangan tangan ke tangan or pake perantara atau cukong..
    trus jangan jual tuh minyak mentah keluar trus kita bli masaknya sama aj bodong…banyak yg di benahi tu pertamina dulu petronas belajar ke pertamina eh krang guru klah ama murid ada apa ini…tembaki aj tu tikus tikus yg ad di pertamina

    • Freeport ae Mas sing di Benerin perjanjiannya.. Paling Kaya Indonesia klo Freeport di ambil. bisa buat nuklir lagi uraniumnya. jd listrik juga nda ketergantungan dngn Bahan Bakar.

  41. Sambil Nyayi => Salam 2 Jari.. Siapa Suruh Pilih Joko** 😀 (?_?) haduuuh Piye iki… gara gara “Pencitraan”

  42. Kamprettt emang jokowow…!!! baru aja jadi presiden, udah menyengsarakan rakyat Embekha!!!

    xixixixi…….!!

  43. Ada saran kang… harus nya sampean segera release ulasan tentang motor paling irit… gimana? Buat nambah referensi kita… ditunggu balasannya…. matur tankyu….

  44. Ko ga 10000 aja sekalian….. Ane biasa tugas keliling2…. Mau pk uang bensin berapa nanti…..
    “sabar”

  45. Kado terindah untuk para pendukung Jokowow… om Bowo cuman bisa nyengir aja dari jauh.. ckckckck

  46. Tolong komennnya pada pake logika ya Mas Bro, Selama ini BBM subsidi itu dibiayai dari APBN yang 80% nya APBN itu dari Pendapatan Pajak Pusat(PPH,PPN) , bisa anda bayangkan saat ini Subsidi ke masyarakat itu sebesar 3000 rupiah per liter, satu haru misal pemakaian motor/mobil 1 liter berarti 1 bulan 1orang tersebut memakai subsidi Rp.3000*30 hari=90.000 : , sedangkan untuk mas Bro ketahui semua, tidak semua masyarakat mau membayar pajak, bahkan perusahaan perusahaan besar banyak yg menggelapkan pajak, apalagi banyak pengusaha orang pribadi mereka banyak untung tapi pajaknya nihil alias gak bayar pajak, padahal ketentuan untuk pajak pengusaha dengan omzet kurang dari 4,8milyar setahun itu ditetapkan per bulan 1% x Omzet per bulan. enak donk orang orang gak bayar pajak, pengusaha kecil menengah gak bayar pajak tapi mereka menikmati per bulan subsidi minimal 90.000 per bulan, capek orang pajak ngejar penerimaan negara klo hasilnya cuma buat subsidi para alay yang ngabisin bensin.
    STOP juga menyalahkan oknum pegawai pajak yg korupsi! pegawai pajak adalah satu satunya institusi pemerintah yg saat ini menerapkan wistleblowing, bukan seperti institusi lain yang klo ada borok malah ditutup tutupi dan media klo bisa tidak tahu., dan korupsi yang nyata itu adalah penerimaan pajak yang dihimpun pegawai pajak untuk APBN, kemudian oleh pemerintah dana tersebut dikucurkan untuk pembangunan daerah daerah maupun untuk instansti instansi namun oleh oknum instansi atau daerah dan tersebut dihamburkan seenaknya.

    ayo lawan korupsi, selamatkan negara ini.

    • itu urusan pemerintah dan pengusaha. kalo rakyat pasti bayar pajak. gaji pasti dah di bayar via PPH21, terus beli ketoko, beli apapun pasti kena pajak. motor aja kena pajak. jadi yang gak bayar pajak biasanya siapa? rakyat ato pengusaha or pengemplang pajak?

  47. wah kebijakan yg “bodoh”…. hanya memikirkan pemborosan anggaran. tapi rak dipikir seng do korupsi kui. naike rapopo. tapi koruptor kudu dihukum mati. setuju ?????

    • Setuju bro teros hasil penyitaan dari KPK itu kmn semua ya jeee ???
      tErus dari perampasan Kepolisian jenis NARKOTIKA itu d kemanain semua ya bro di hancurkan ko gak perna denger britanya.??

  48. klo bisa jangan ada bbm subsidi…. yang sudah sudah bbm subsidi inilah yang bikin rakyat sengsara….
    secara tiap tahun naik trus sembako ikut naik, tapi bbm turun sembako ogah turun… BBM naik lagi sembako tambah naik lagi….
    jadi mending gak usah ada bbm subsidi nanti juga rakyat terbiasa mending subsidi kesehatan ma pendidikan bila perlu GRATIS….

    Rakyat sehat dan pinter bisa bikin negara ini bangkit dari keterpurukan

  49. belum tentu juga org yg memakai sepeda ontel hidupnya lbh damai. kalau penghasilan tetap tp harga kebutuhan hidup melambung tinggi krn inflasi.

  50. sebenere saya setuju saja BBM mau dinaikkan brp asal ane seh kuat aj beli tuh BBM… 🙂
    Tapi klo diliat dri kaca konsumen menengah kebawah bakalan menjerit sangat, sebaiknya pak presiden terpilih lebih cermat lg dalam menyusun keputusan sebelum ketok palu.
    misal : khusus roda 2 ganti BBM oktan 90&92, utk roda 4 keatas must oktan 92, untuk plat kuning ganti bio solar so dengan menghilangkan premium&solar biasa adalah hal yg sangat relevan untuk jangka panjang karena diganti dengan oktan yg lebih tinggi sebagaimana minyak tanah ke gas serta konversi isa diwujudkan dengan perbaikan yg nyata thd infrastruktur shg akan isa dipahami & dimengerti mayoritas konsumen BBM

    • lucu komentar ente om.
      Kalau plat kuningnya kijang bensin, colt T120ss, daihatsu apa bbmnya mau pake bio solar?
      Mikir….!!!

  51. Kalian prlu ingat, kta gk prlu mnyalahkan presiden trplih, Siapapun presidennya pst bkal mnaikan hrga bbm, plihan presiden kmren cma 2, pa jadinya coba klo yg trplih no 1 koalisi mp , skrg aja mrka udh mrebut suara kita untuk pilkada, mrka hnya mementgkan prtainya masing2 gk prdli sma rkyat lg.
    Apa 2019 kalian akan memilih perebut suara rkyat lg..?
    Itu trgntung kalian.
    Jd intinya pilpres kmren memilih yg sdkit lbh baik di antara yg terburuk.

  52. OH..ini y presiden terpilih..!!
    wktu kubu sby mo naekin BBM di tentang keras sma kubu MERAH..
    lah ini apa2an..mo balikin modal kampanye kah..?!!
    jgn sampe tragedi 1998 terulang.. NGERRRIII…

  53. Kalo solusi cuma naikin bbm semua presiden pasti bisa
    Gw pikir lu jok, punya solusi out of the box buat ningkatin pemasukan negara, entah lu naikin pajak mineral, efisiensi anggaran,lu sikat korupsi, dll
    Nyatanya abis kepilih sama aje!! payah lu Jok

    #CoprasCapresRaMikir

  54. sy juga pake FU mas..konsumsi pertamax..anehnya indonesia sbgai slah 1 negeri produsen BBM terbesar dunia bisa mahal pnjualan BBM ya..miris liat orang yg setuju knaikan BBM dgn alasan ktanya harga BBM indonesia termasuk termurah se asia tenggara..klo di singapur dll itu udah lebih mahal..ya wajar donk karena singapur tu bukan negara pRODUSEN BBM..singapur tu beli BBM n gak kaya SDA nya seperti indonesia yg kaya akan SDA..ngaco tu orang..

  55. Jangan cuma bisanya nyalahin pemerintah…
    Klo ente2 yg jadi pemerintah mungkin malah paling banyak korupnya… 😀
    Harusnya dari dulu bensin jangan disubsidi..karena bukan kewajiban pemerintah… Beli kendaraan baru kuat2 kok..lihat pertumbuhan kendaraan pertahun broo…dijepang sendiri pembuat kendaraan sudah mengantisipasi hal ini makanya banyaknya kendaraan dijepang tuh gak seperti disini…indonesia tuh dah terlambat sob…

  56. yah inilah bangsa kita sdh lama terlena oleh subsidi…drpd subsidi digedein, mending anggaran dialokasikan bt rakyat kecil lsg dgn program2 yg bs buat rakyat kecil mandiri dgn mengusung ekonomi kerakyatan, ekonomi kreatif n mengajak rakyat berpatisipasi dlm pembangunan spt program2 pemerintah didaerah sy..dgn program n anggaran yg sejalan, jgn heran bnyk sekali prestasi yg diraih kota saya…lbh pas subsidi bt pendidikan n kesehatan aja…brgkali ada yg dr kota malang, probolinggo, cirebon , sampit , sorong, blitar, lamongan jember lumajang sidoarjo dll pnh study banding kekota sy…pasti dampaknya besar kenaikan bbm…pertumbuhan ekonomi, baik lokal maupun nasional pst trn, inflasi pasti, PDRB jg…tp kl kena subsidi trs bs lemes trs rakyat kita ..gak mw bangkit..ya nggak ndro? bah mn kutahu..tanya aja kasino

    • jgn dendam kusumat dsini bray, koalisi merah putih dengan setia ngrecokin pemerintah yg sah dngn atas nama rakyat dngn pilkada tak langsung, lama2 pemilihan presiden tak langsung, kyaknya emang situ pengen balik ke orde baru ya? kekuasaan diktat0r mikir!

  57. enak mancal wae, bahan bakare sego pecel….sego pecel iwake lele, bojoq mangkel katoke tak gawe…ngono jare kartolo..ws gak usah mikir jeru2 mslh bensin..ws ono seng mikir dw pakare…jarno mumet pemerintahe..lek 2 stroke lover ky nyonge gak bakalan mumet, selama pom akeh seng buka yo gak masalah…

  58. kualitas ron naikin dong jdi 90 mndekati pertamax (mikir lu pertamina jgn jual bensin kualitas rendah melulu pengennya djual mahal, mikir!

  59. susah kan permasalahannya?
    kebijakan tp banyak mudarotnya..
    kan dr kemarin ada waktu yg ‘PAS’ untuk memilih ‘PEMIMPIN’ yg ‘TEPAT’ yg punya solusi mengurangi, menghapus dan mencegah kebocoran ‘NEGARA’..

  60. Hancur negara ini bro kalau cuma saling menyalahkan…
    Uang kita tuh keluar negri berapa banyak??
    Beli kendaraan walaupun buatan sini tetep aja labanya ke pihak asing…
    Bbm?? Memang dari perut bumi indonesia? Belii keluar broo… Berapa banyak tuh duit ngalir ke luar negri?? Sebanding gak sama devisa negara??
    Pemerintah menaikkan bensin itu hanya mengurangi beban negara…tapi disisi lain menambah masalah..ya itu dia rakyat miskin..tapi semua orang ngakunya miskin biar dapet jatah subsidi…hahaha

  61. Wes urong tuku montor bensin larang tuku JARAN IRIT BBM HAHAHAHAHA JO-JE UDAh abis Obatnya ngoangoangoa

  62. @AKU KAPITEN : lek iwb jago bisa tau kalo mereka(yg di gambar) yg paling merasakan.!merasakan apa lek?belum tentu mereka…justru merekalah damai sejahtera..tampa bbm..tinggal di goes z..hahaha
    pengusaha pastinya yg bnyk kolep..karena bnyak tuntutan dari kita nanti…ada untungnya ada ruginya…yang untung kita yg rugi juga kita…kita jalankan saja kebijakan ini..nympe sejauh mana kebijakan ini bs bertahan..positif thinking z lah..yang penting salam 3 jari..(persatuan indonesia) =========================================================>>>>>>>> KOMENT ENTE PALING GOBLOOOOG. MAKSUD IWB ITU RAKYAT KECIL LAH YG BAKALAN MERASAKAN EFEK KENAIKAN HARGA ITU. SEPERTI PENGHASILAN 1.000.000/BULAN MAU MAKAN APA KLO SEMUA HARGA NAIK????

    SALAM 3 JARI (RAKYAT INDONESIA MAKIN MELARAT)

  63. yg pilih jokowi sebagian besar wong cilik alias rakyat bawah,begitu jd presiden kebijakan pertama yg di ambil presiden terpilih justru malah langsung menyengsarakan rakyat yg sudah memilih dia jd presiden…piye rasane ndes? ngowoh mlumah botak sariawan…
    jokowi…jos gandos mlotos-mlotos…

  64. Wedeww gawaat donkk….kasihan rakyat kecil…..mending biar adil harga Rp 9500,- itu untuk mobil Plat item…..harga Rp 6500,- ßuª† mobil Plat kuning ama motor…..kan lebih adil tuhh..

  65. Demo lah. belut solo lengser prabon aja. Boleh aja asal gg ada inflasi 100%. Gaji buruh naik 300%. Dan itu gg mungkin…. negara kaya minyak kaya brang tambang dijual ke asing aseng. Mirrissssssnya lebih miris dr fby fbh nya blog ini haha… cm bisa sedih liat negeri ini.

  66. Saya sangat setuju ga da bbm subsidi, yg udh2 jg bnyak nya di nikmatin ma pngendara roda 4, yg jlan2 cm bwt gya2an n cri hiburan. Lom di selundupin ke negara2 ttangga. Klo rakyat kecil kya sya mah pke mtor jg pling bwt cri nfkah, bwt yg bnr2 brmanfaat.

  67. Sorry gw sih setuju bbm naik kan gw udah bilang siapapun presidentnya karna sekarang tuh (indonesia import bbm bukan penghasil) diindonesia yg kesulitan cuma yg belaga miskin kok tapi pakai kendaraan pribadi

  68. mlh jokowi hbs ne berantas mafia perminyakan…soalnya sarang tikus drdl…hulu nya dl diberesin..drdl gak ada yg berani neh ngubek2 area perminyakan…

  69. Cari motor irit gampang perawatannya cuma honda grand kriteria irit gampang rawat karena karbu,bongkar sendiri juga bisa.

  70. klo misalkan nti bneren bbm jd naik mnjadi 9500/liter, ane mndingan beli pertamax aj sklian wlwpun lbih mhal dkit tp sesuai dgn kualitasnya..

  71. ini [email protected] pasti ulah fby! mreka selalu meminta motor kecang [email protected] irit…..wong mn ada motor kencang irit….seprty kata makamoto sensei “buat motor kencang mudah! tpi……buat motor kencang dan irit itu susah etc!”
    tolong dong! bagi ank fby alai di kurangi [email protected]……bgi ank fby alai mau sampai kpn jdi fby alai teruss???? gx mikir apa????
    semoga jdi bermanfaat yooooiss!

  72. katanya yang nikmatin subsidi bbm mayoritas adalah kalangan menengah keatas.. ayo dah dipangkas tu subsidi, yg mewek mah rakyat jelatanya..yg menengah atas anteng aja.. mau 15ribu seliter juga silakan aja.. bentar lagi juga buruh demo minta naik umr, lalu phk gede2an buat numbalin gaji buruh yg minta gede.. yg kena phk mewek sedih meratapi nasib..yg ngga kena phk sumringah menikmati air mata temennya…

  73. kalo kata si igo jontor, ngga penting mesin efisien, yg penting kenceng.. mau efisein disuruh naik sepeda listrik atau hidup dijaman batu… fbk sinting…

  74. Udah dihapus aja premiumnya bedanya sama pertamax cuma sedikit gitu 9500 vs 10900, asal anggarannya di pindah ke subsidi angkutan umum kereta api dan kapal laut….gak usah kuatir soal inflasi dampaknya kecil…

  75. nek mundake nganti 3000 sontoloyo tenan. nek liwat nggonaku wong krempeng kae sido tak gajuli sisan. nek mundak 2000 trus RON-e dadi 90 yo mendingan.

  76. Hidup mmg g adil mas bro… Slalu ada korban d setiap kebijakan…
    Bayangkan bgmn Tuhan turun ke bumi terus menemui umat manusia.. Apa yg akan terjadi????pasti smua manusia bakalan minta ini itu sak enak udele dewe.. Inilah hdp slalu sulit n takkan pernah mudah.. Berbahagialah org yg beruntung..

  77. saya sih cuma berharap dan berdoa semoga ga sampe terjadi chaos karena melihat di jogja, pendapatan pekerja2 pabrik dan swasta kecil-kecil dah gitu kebanyakan make speda motor nempuh hingga 40 km pp, belum harga-harga yg bakal naik, jadi harus mampu beradaptasi atau akan kesulitan mencukupi kebutuhan hidup mereka…

  78. ..sudah terlambatkah..?? knp cm Bajaj & sbagian busway yg berbahan Gas (contoh sebagian kecil).. dulu minyak tanah dialihkan ke Gas tabung dibilang lbh hemat krn negeri ini msh kaya akan kandungan Gas alam.. ane yakin putra-putri negeri ini (smk, insinyur, teknisi, dll) sanggup mendesign kendaraan dgn bahan bakar selain BBM.. yg jelas hrs fokus pada SDA & SDM nya.. bukan SDK (sumber daya konsumtif).. imho :mrgreen:

  79. Saya malah setuju subsidi dcabut aj ato premium dhilangkan skalian
    Cuman ada pertamax saja..
    Jalanan biar makin sepi, hanya org yg bkepentingan aja yg make kendaraan
    Pajak tahunan kendaraan dnaikin, cukai rokok dnaikin, barang konsumtif sperti gadget kasih pajak maksimal. Dijamin apbn surplus…

    • Pemikiran radikal ente ada benarnya, saya setuju sekali. Jujur saya dari dulu berharap di Indonesia gak dijual lagi premium. Premium oktan 88 itu sudah jarang di jual dan hanya beberapa negara aja yg masih menjualnya. Daripada selalu jadi polemik mending premium dihapuskan dan dijual BBM nonsubsidi aja seperti negara2 lain.

  80. jadi penasaran. sekarang subsidi dipotong. yang kerasa banget wong cilik lah.
    nah misal nih ya, kalo kita ngadain pemilu langsung. biaya cetak abis berapa?belum lagi biaya ongkosin yg kerja². kampanye kuga biaya gede.
    misal nih. pemilu kayak jaman pak harto. sekali aja, sisa lainnya tuh duit buat kepentingan rakyat. efektif mana?

    sekedar berpikir, mungkin ada yg bisa pahami maksud saya?
    saya nanya baik² ya. soalnya awam juga di dunia politik begini. analisa kecil aja.

    • pengen kembali jaman pk harto? bbm murah? pikir? enaknya murah karena hutang luar negeri guede yg dihaluskan istilahnya dngan bantuan luar negeri, buat subsisdi salah satunya buat apa?

      • nah, @the comment, sekarang ane jd mikir hutang luar negri banyakan dulu apa sekarang? 😀
        kampanye itu duit dr mana? :p

        soalnya, pertamina sendiri minyak mentah yg bagus dijual. trus hasil jual buat beli minyak mentah lagi yg kurang sip. kalo ga percaya bandingin pertamina sama brand² lain. kok ga diolah sendiri dulu baru dijual. hehe.

        ini ada hubungannya sama tulisan yg saya buat. makannya kesini sekalian nanya. bgtu. mudah²an dapet masukan yg pas. bukan ditanya balik. :p

  81. untuk para FB…
    yg udah baca hasil test motor
    dan MENGAKU motor sport itu ga musti irit…
    monggo DEMO besar2an ke JOKOWI
    tuntut agar RON88 di hilangkan di indo
    RON92 jangan disubsidi

    wani ora ?? 😀

  82. Jangan biasakan manja.. Masa kalah sm org papua sana bensin hrg 30rb per liter aj dbeli kok..

    • ĐùúŐBő>:O°°°°ĹĹ.‧>:O‧
      pindaho kono nang papua….asal njeplak tok iki….wedhussss!!!!!

  83. ini jawaban dari saya yang sedikit banyak baca koran

    1. bensin naik 3rb? ga masalah toh? wong kendaraan kita semua nanti di alih tukarkan bahan bakarnya ke gas. sulit kah? halah gampang… yang sulit itu mindset kita aja… tuh dulu dari minyak tanah ke gas sulit apa gampang?

    2. harga kebutuhan pokok naik? itu dampaknya… yang dicari sekarang solusinya… we know lah dampaknya… yang kita belum tau solusinya… emmm jika convert dari bbm ke gas sudah dilakukan sebelum bbm naik yaa eces aja ga akan ada kenaikan bahan pokok, atau itu sebagai konsekuensi karena subsidi dialihkan ke pendidikan kesehatan atau swasembada pangan? iso wae toh?

    3. punya motor banyak semakin tambah beban hidup? yaaah itu mah salah kita sendiri ngapain beli motor banyak2 kan? jaman saya sekolah dulu orang pada make sepeda ya ga masalah lho.. motor 1 rumah cukup 1 aja, sisanya mbonceng atau jalan kaki, hidup kita aja yang terlalu konsumtif toh.

    4. kurang setuju kalo gambar diatas yang akan paling menderita. secara tidak langsung mungkin iyaa yah kena dampaknya… namun yang paling menderita ya pengguna motor yang butuh bbm karena dia lah yanf secara langsung kena dampaknya… kembali lagi rumus… beli motor jutaan rupiah bisa… nambah 3000 per liter ga bisa… Btw saya kalo parkir mobil aja udah 2000 lho….1 hari bisa abis duit 10rb (buat parkir aja) ya biasa aja tuh… karena itu konsekuensi saya naik mobil…

  84. siap-siap pegawai lapangan seperti saya kena imbas yg cukup kerasa
    biasanya perbulan uang bensin sekitar 500ribu
    kalau jadi naik jadi 675ribu per bulan
    yg paling kerasa adalah mobil meski jarang keluar, tapi sekali jalan bisa nguras dompet
    meski selisih dikit dengn pertamax untuk motor buat kerja tetap pakai premium, kalau untuk mobil kayaknya mau beralih ke pertamax
    dan satu lagi mengurangi jatah touring bulanan

    • naik knaik karena subsidinya dihilangkan.
      karena subsidi pada bbm yang nikmatin orang yg punya kendaraan pribadi—khususnya mobil-mobil yg seharusnya tidak ikutan nimbrung makan jatah subsidi rakyat.
      Maka itu subsidi pada BBM dihilangkan, misinya jokowi adalah subsdi itu dihilangkan tapi bukan dihapus melainkan dialihkan ke program tepat sasaran seperi kesehatan, pendidikan dan bantuaan lainnya.
      Selain itu menghilangkan subsidi juga bermaksud memberantas mafia bbm, yang selalu memaksa pemerintah impor bbm membuat pertamina selalu merugi…mafia migas yang selalu memaksa pemerintah impor dengan selalu memisikkan bahwasanya impor lebih murah ketimbang membuat kilang minyak sendiri…lihat negara ini masak beli minyak dari singapura yang tidak punya kilang, sedangkan negara ini kaya akan sumber itu…sekrg ini kita sedot, kita kirim ke singapura, trs mereka olah lalu kita beli lagi..lucu bukan?!

      ditambah lagi kita juga kaya gas, tetapi malah dijual ke cina, sedangkan kita tidak mengembangkan atau menggunakan energi alternatif (gas) tsb….harsunya mobil murah itu menggunakan gas…angkutan umum kita pakai gas, banyak membangun SPBG…

  85. Aku rasa ini hanya cara instan pemerintah buat mengendalikan MASYARAKAT’nya, bukan mengendalikan MAFIA’nya.

  86. wew…apa gosip JK jd presiden di 2015 akan terjadi?…,btw,ini buah yg kalian tanem pas pemilu kemaren,nikmati aja…

  87. bro kalo kita terbiasa pake pertamax plus…

    premium mau naik jadi 12 rb juga ga masalah…

    lha jarang pake premium

    asal pertamax jangan ikut naek..
    mau jadi apa negara ini kalo pertamax juga ikut naek kwkwkw

    • yg dipermasalahkan banyak orang itu bukan hanya harga bbm nya, tapi efek samping dari nainkya bbm (semua akan naik).
      jadi meski terbiasa isi pertamak, effek akan terasa ketika makan,minum,parkir,dll

  88. tapi asyyik nya kalo bbm naek adalah…

    motor yg seliweran jadi berkurang horeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee

    jalan jadi sepi..
    bisa ngebuut 150km/h

    horeeeeeeeeeeeeeeee

    itu kan menurut loe??!

  89. 84. blackFerio – October 2, 2014
    Kok kebanyakan komentator mikirnya cmn sampai ke konsumsi motor atw mobil aja ya? Klo efeknya cmn segitu doang sih ga masalah bro sekalian, toh msh ada sepeda. Tp ini masalahnya jauh lbh besar… Ongkos produksi, ongkos ekspedisi yg akan membengkak.. ujung2nya kenaikan pada barang sandang, pangan, papan akan naik gila2an. Kita2 yg berpenghasilan 10jt k bawah akan merasakan beratnya. Seluruh harga akan terkerek 10-20% sedangkan gaji segitu2 aja, naik gaji 5% aja udh syukur bgt.
    ——-
    ga usa 10 jt ke bwh bro…

    saya yg penghasilan rata2 40jt perbulan aaja keberatan bgtt….

    ongkos turing jadi membengkak…
    keinginan utk upgrade gadget…upgrade rumah ini itu…
    wisata kuliner dll bakal membengkak….

    ga mikir tuh jokowi..???
    jgn rakyat bwh aja yg di pikiran rakyat menengah juga dipikiran…
    kecuali kalo duid sudah kayak pengacara hotman paris…

    mau premium harga 100 rb per liter juga ga majalah!

  90. rakyat menengah juga manusia…

    jgn low end aja yg di pikiran….

    katanya bhineka tunggal ika???

  91. siapapun d kolom komen ini yg milih jokowor perlu ane tusbol…..wedddddhhhhuuuuuuussssss….ngoahahaha!!!!!

  92. 38. aji – October 2, 2014
    ini ngawur,,, Naikin bertahap lah,, langsung 3000 mana kuat,, jokowi enak dia pejabat gaji gede,,, nah kita,,wkwkwk
    harusnya mobil2 pajeknya digedein 200%


    udel mu bodong,…
    loe pikir yg punya mobil mewah itu nyetak duid??

    mereka mati2 an mengirit pengeluaran dan kerja sampai malam demi mobil impian…

    katakanlah tukang ojek di warung minum soda gembira.. kita2 cukup es teh tawar atau aqua gelas..

    • yg bener gaji dpr n fasilitas’a hrs dipotong 200% wakil rakyat tp gaji 35 juta+rumah+mobil. enakbyaaaaaaa.

  93. siapapun yg milih jokowor si presiden boneka….╔═╦╦═╦═╗
    ║╚╣║║║║║
    ╠╗║║╦║╔╝
    ╚═╩╩╩╩╝
    ╔═╦╦═╦═╗
    ║╚╣║║║║║
    ╠╗║║╦║╔╝
    ╚═╩╩╩╩╝
    ane giles cu*ngorrrrrnya…..ckcuihhh

  94. ayoooo….pendukung jokoplak!!!! mana cu*ngorrrr2 kalian yg menuhankan jokont*l…..maen k jember….tak injak2 bibir kalian pade…..

  95. buku putih mana buku putihnya????
    praktekkan dong. jangan cuma bisa bikin tapi gak bisa jalanin.

  96. Lek betul itu, tapi pasti pemerintah Jokowi-JK sudah berpikir dampak itu dan sudah punya solusinya. Lagian menaikin harga BBM gak semudah itu, Jokowi-JK harus dapat dukungan dari parlemen. Kita tahu sendiri KMP (Koalisi Merah Putih) di parlemen kuat, sudah pasti mereka menolak. KMP juga sedang membuat RUU tentang kenaikan harga BBM bakal jadi wewenang DPR atau mungkin harus persetujuan DPR. Perang sesungguhnya Pemerinrah vs Parlemen baru dimulai sejak penggogokan RUU Pilkada kemarin. Mirisnya mereka perang tidak memikirkan rakyat.

  97. rumangsamu nek presidene WOWO trus BBM ora mundak po ndes??
    ndelok koalisi merah putih ora menang pilpres wae nggilani kelakuane, opo maneh menang pilpres…

    • ey,cong…deloken kuwi mburine jokont*l….bajingan kabeh….koplak ente!!!!!

      • mburine maksude Aburizal Bakri si raja korup?, sing anake nubruk mateni wg akeh tp kebal hukum sopo? daging sapi sopo? korupsi haji sopo? korupsi kitab al qur’an sopo? kasus semanggi sopo? kasus pnculikan para kyai Jatim sopo? iku kabeh bapakmu

      • panganen olehmu presiden sing ora iso jogo amanat,dolll…..kampret!!!!

  98. Saya setuju aja pak joko widodo menaikkan premium, tetapi setelah kenaikan tersebut ekonomi indonesia haruslah lebih membaik daripada saat ini rupiah terhadap dollar amrik aja sekarang anjlok skitar Rp12.000,-
    ,semoga saja kebijakan ini bisa merubah pola pikir masyarakat kita untuk hidup sehat dengan jalan, pakai transportasi umum, bersepeda dsb.
    CMIIW

  99. Emang Gua Pikirin !!! yg penting perut gua + keluarga gua kenyang ….( kata anggota DPR yg baru dilantik kemaren )

  100. Mending semua motor ganti gas elpiji 3kg aj …… biar pada meledak bareng bareng di lampu merah …qiqiqiqiqiqiqiqi

  101. presiden jere pro wong cilik, imbasnya yg kena juga wong cilik
    wis dadi presiden yo ra urusan,
    mas joko ta’ u u

  102. Go onthel ae lek…ra go bensin malah sehat…mobilku ban e tak gantung ngarep lawang…hehehe

  103. Ane malah lebih sreg klo premium ditiadakan…
    Langsung aja langsung jualan pertamax sama pertamax+….
    cuma opini pribadi

  104. pupuk naek, cabe naek,bwng putih bwng merah naek, naek-naek kepuncak gunung tingi-tinggi sekaliiii. tp klu biaya pendidikan n kesehatan turun atau klu perlu gratis sekalian boleh jg, sy seneng malah. nga pa2 biaya makan mahal, asal mau pinter bs didapatkan dgn mudah, sehat bs selalu terjaga krn obat terjangkau. hehe republik mimpi. disinyalir yg milih beliau tensi naek berjamaah!hehe

  105. bener lah mending naekin… toh itu cara paling ampuh biar pada pindah ke pertamax / plus

    lama2 si premium di hapus deh..

    sejahtera INDON

  106. negara berhemat
    wong cilik sakarat

    cara memberantas kemiskinan yg cepat
    bbm naik, sembako melambung tinggi orang miskin nggak mampu beli, mati sendiri sendiri

    jozzzzzzzzzzz

  107. baru mau dilantik udah bikin keresahan rakyat..!
    kalau perlu premium 15rb..!
    Rakyat yg subsidi negara..!
    pas..tuh..! kayak kampanyenya dulu yang di bantu pemulung ama tkng becak rame2 transfer uang ke bank..!
    trus mereka rakyat kecil apa diberi makan, kontrakan, kesehatan gratis sekarang..?

  108. Jangan salahkan jokowi, salahkan diri anda yg terlalu berharap lebih…..wkwkwkwk… Php deh..!!!

  109. Ini dia presiden pilihan rakyat.

    Alasannya biar swasta masuk (asing). Baca deh di berita.
    Pro rakyat or asing.

    Subsidi sepertinya hanya itungan saja. Lha wong subsidi per liter berapa dan harga produksi perliter saja juga ga jelas.
    “SEKIAN TRILIUN JADI ASAP”, hitungannya gimana??????????

  110. 5 tahun akan datang 80% penduduk indonesia semua pake sepeda.. jd miskin semua..! Blm pelantikan naik 3.000.. udah pelantikan naik 6.000.. nyari lahan korupsi ajalah buat beli premium.. agagag..

  111. berarti pemerintah (maaf) tulalit. mereka gak setuju subsidi bbmnya dipake oleh kelas yg mampu (punya motor pribadi, mobil pribadi), tapi pompa premiumnya disediain! bahkan nyediain khusus motor! gimana sih!… menurut saya:
    1. transportasi sembako atau apa saja yg berkaitan dengan kebutuhan rakyat banyak… dihandle oleh pemerintah, ya kendaraannya ya ongkos bbmnya ya gaji sopirnya dan keneknya dan kuli angkutnya!… jadi gak ada alasan sembako naik karna ongkos transportasi naik. untuk ngejaga daya beli rakyat miskin supaya mereka tetap survive.
    2. jalur bbm khusus motor di stasiun pengisian bbm, jangan premium! pertamax aja! kan punya kendaraan itu kategorinya sekunder. bukan primer. bukan sembako maksudnya.

    bukan saya mendukung naiknya harga premium, tapi saya emang gak suka ama premium, kotor! ngerusak motor! buang aja!
    tinggal buat produsen motor… bikin mesin bbm pertamax yg hemat bbm, misalnya nyediain yg ccnya 50 cc (motor imut) seperti honda dio, jadi buat rakyat kelas bawah yg mau tidak mau harus punya motor seperti saya, gak terlalu mati kutu.

    karna saya peduli. maaf kalo salah.
    wallaahu a’lam.

  112. ini namanya mengurangi kemiskinan…bbm naik smbako pun iku naik ,,jadi orang miskin ga makan ..dan cpet almarhum…brkurang lah orang miskin…salam gigit jari aja..

  113. Wes mantap, kayaknya ga bakalan lama jadi presidennya.. Pasti akan terjadi demonstrasi,, siap” juga Rakyak kecil yg Menderita. Wes pilih presidennya jangan dari PARTAI..

  114. wkwkwkkwkwk……………….
    gitu aja kok repot…..
    kalo ente bilang yang kena dampaknya adalah kalangan kebawah kayak digambar, mari sisihkan cukup 1 liter / bulan buat mereka2 kalangan kebawah. Semoga nanti rejeki kita bertambah karena amal baik kita.
    MAMPU ga ????? eh salah sori….disinikan rata2 udah bisa beli paket internet jadi pertanyaannya dirubah MAU ga????

  115. Tuntut Kenaikan BBM, Buktikan Rezim Baru Jokowi Tunduk Kepada Barat!

    Pernyataan Megawati, yang mendukung rencana menaikkan harga BBM dengan alasan untuk menekan defisit APBN, menunjukkan sikap inkonsistensi dan pragmatisme ketua Parpol yang mengklaim partai wong cilik. Dukungan terhadap kenaikan harga BMM sekaligus membuktikan rezim baru Jokowi tunduk kepada Barat.

    Bank Dunia sendiri sudah mewanti-wanti pemenang pemilu harus menaikkan BBM. Direktur Bank Dunia untuk Indonesia Rodrigo A. Chaves mengatakan, Bank Dunia ingin agar pemerintahan yang baru bisa mengurangi subsidi BBM yang nilainya sekitar Rp 246 triliun.

    Seperti yang diberitakan detikfinance (21/7/2014), Direktur Bank Dunia untuk Indonesia ini mengatakan, subsidi BBM yang besar ini telah membuat anggaran negara tertekan, dan defisit makin tinggi.“Tidak terlalu penting siapa yang menang, yang diperhatikan adalah bagaimana mereka yang terpilih menerapkan kebijakan. Salah satunya, siapa nantinya yang berani mengurangi subsidi BBM,” ujar Chaves di Energy Building, Jakarta, Senin (21/7/2014).

    Disamping itu, alasan yang dikemukakan bahwa kenaikan BBM merupakan solusi untuk menyelamatkan APBN dan mengurangi defisit APBN jelas tidak tepat. Sekaligus menunjukkan tidak berpihak kepada ‘wong cilik’. Pasalnya kebijakan tersebut dapat dipastikan akan mengakibatkan penderitaan masyarakat semakin berat.

    Apalagi saat ini pemerintah sudah menaikkan tarif dasar listrik dan juga berencana menaikkan harga LPG 12 kg. Di sisi lain, masih sangat banyak opsi lain yang dapat ditempuh pemerintah, tanpa harus mengurangi apa yang disebut pemerintah sebagai belanja subsidi BBM.

    Dari sisi pengeluaran, misalnya, APBN saat ini menanggung beban pembayaran bunga utang dan cicilannya yang mencapai Rp 221 triliun, terdiri dari pembayaran bunga utang sebesar Rp 154 triliun untuk cicilan pokok sebesar Rp 66,9 triliun. Utang Pemerintah yang kini mencapai Rp 2.500 triliun per Juni 2014 tersebut, merupakan dampak dari kebijakan Pemerintah yang menjadikan utang ribawi sebagai cara untuk menambal defisit.

    Celakanya sebagian pembayaran utang-utang pemerintah digunakan untuk membayar bunga obligasi rekap yang dimiliki oleh sejumlah bank-bank rekapitalisasi, pasca krisis 1998. Dalam Pandangan Islam, utang-utang tersebut jelas haram sebab mengandung riba.

    Dari sisi pendapatan, jika dikelola berdasarkan syariah, potensi pendapatan negara ini sebenarnya sangat besar sehingga tidak hanya dapat menutupi anggaran belanja pemerintah, namun juga berpotensi menghasilkan surplus yang berlimpah.

    Sebagai contoh, jika pengelolaan Sumber Daya Alam negeri ini dikelola oleh BUMN secara maksimal, maka tanpa harus menarik pajak nilai pendapatannya sudah sangat besar. Apalagi hanya sekedar menambal apa yang disebut pemerintah sebagai belanja subsidi BBM yang nilainya hanya Rp 291 triliun.

    Sekedar contoh, untuk batu bara, produksi tahun 2013 mencapai 421 juta ton. Jika harga produksi rata-rata per ton sebesar US$ 20 dan harga pasar tahun 2014 US$ 74 per ton maka potensi pendapatannya mencapai Rp. 250 triliun.

    Contoh lainnya adalah tembaga. Menurut Data BPS, tahun 2012 terdapat 2.385.121metrik ton produksi tembaga di Indonesia. Jika mengacu pada rata-rata biaya produksi dan harga jual tembaga PT Freeport tahun 2012, sebesar US$ 1,24 dan US$3.6 per pound, maka potensi pendapatannya sebesar Rp 124 triliun. Dari dua komoditas ini saja potensi pendapatannya sudah mencapai Rp 374 triliun.

    Padahal komoditas tambang di negeri ini amat melimpah, seperti minyak mentah, gas, emas, nikel yang bernilai ribuan triliun. Namun sayang, pendapatan dari penjualan komoditas tersebut, tidak dapat masuk ke dalam APBN saat ini, melainkan hanya sedikit saja dalam bentuk pajak dan royalty. Bandingkan dengan besar pendapatan SDA migas dan non migas pada RAPBN 2015 yang masing-masing hanya sebesar Rp 207 triliun dan Rp30 triliun.

    Pangkal masalah tersebut adalah, sebagaian besar barang-barang tambang tersebut dikelola oleh swasta. Di sisi lain peran BUMN amat minim. Pada industri batu bara misalnya pangsa produksi PT Bukit Asam hanya lima persen dari total produksi batu bara nasional.

    Demikian pula dengan minyak mentah dan gas yang dikelola oleh Pertamina yang kurang yang dari 20 persen. Ini merupakan akiabat dari paradigma kapitalisme yang diterapkan Negara ini dalam pengelolaan sektor pertambangan yang menurut Islam seharusnya dikelola oleh negara.

    Walhasil, kebijakan menaikkan harga BBM dengan maksud untuk menyehatkan APBN dan mengurangi defisit APBN, jelas sangat absurd. Kebijakan tersebut selain akan mendzalimi rakyat, juga menunjukkan ‘kemalasan’ Pemerintah dalam menjalan banyak alternatif lain yang justru menguntungkan pemerintah dan rakyat.

    Lebih dari itu, upaya tersebut merupakan bagian dari strategi pemerintah, yang didukung dan selalu ‘diingatkan’ oleh Bank Dunia, IMF, dan berbagai lembaga lainnya, serta tentu saja para investor asing, untuk menyempurnakan liberalisasi di sektor migas di negeri ini khususnya di sektor hilir.

    Rencana kebijakan kenaikan BBM, merupakan implikasi penerapan sistem ekonomi kapitalisme yang digunakan dalam mengelola ekonomi negara ini termasuk dalam penyusunan APBN. Jadi, siapapun rezimnya selama masih tunduk kepada Kapitalisme, akan bersikap sama, termasuk rezim Jokowi yang mengklaim merakyat.

    Untuk itu satu-satu jalan untuk membebaskan diri penjajahan ini adalah dengan menegakkan Khilafah yang akan menerapkan syariah Islam. Berdasarkan syariah Islam, barang-barang tambang yang jumlahnya melimpah adalah milik umum (rakyat) yang tidak boleh diserahkan kepada swasta apalagi asing.

    Negara seharusnya mengelolanya dengan baik dan hasilnya digunakan untuk kepentingan rakyat. Walhasil, penegakan Khilafah seharusnya menjadi agenda utama bangsa ini untuk membebaskan diri dari penjajahan Kapitalisme. (Muhammad Ishaq, Lajnah Mashlahiyah DPP Hizbut Tahrir )
    http://hizbut-tahrir.or.id/2014/08/30/tuntut-kenaikan-bbm-buktikanrezim-baru-jokowi-tunduk-kepada-barat/

    • disini bkn negara agama disini negara yang berkeTuhanan, byk pemuka agama brgelar selangit tp tdk mncerminkan org yg bragama justru spt hewan, mngkn jk presidennya anda negara ini lbh makmur….bangun2 jgn mengigau

  116. untung grand ’97 blm saya jual, mesin masih std ting, masih mampu lari top speed 100km/j lumayan motor jadul. byk yg nawar jg. untung gk kjual meski skrg ada motor 10× lbh juos, krn knangan mulai SMP

  117. Subsidi Dicabut Demi Rakyat: Kebohongan Yang Nyata

    Di tengah hiruk-pikuk kampanye Pilpres, Bank Dunia kembali menekan Pemerintah Indonesia dan presiden terpilih agar bisa mengurangi subsidi energi, khususnya subsidi BBM, bahkan menghapuskannya. Bank Dunia meminta presiden baru nanti bisa menaikkan harga BBM subsidi menjadi Rp 8.500/liter. Menurut Direktur Kemiskinan Bank Dunia untuk Asia Pasifik Timur, Sudhir Shetty, menyatakan kesejahteraan bisa dirasakan semua orang asalkan subsidi BBM dikurangi, bahkan dihilangkan, kemudian dialihkan ke program masyarakat miskin yang membutuhkan. “Ini perlu dipikirkan oleh pengambil keputusan,” tegasnya dalam Seminar Bank Dunia, Indonesia: Avoiding The Trap, Senin 23/6) di Hotel Mandarin, Jakarta.

    Demi Rakyat, Subsidi Dihapus?

    Kenaikan BBM selalu diikuti dengan kenaikan harga bahan kebutuhan pokok dan naiknya tarif angkutan umum. Akibtanya, daya beli masyarakat berkurang atau terjadi inflasi. Kenaikan BBM juga akan membangkrutkan industri kecil dan menengah. Dampaknya adalah terjadinya PHK. Bisa dipastikan, kenaikan BBM justru meningkatkan jumlah rakyat miskin.

    Karena itulah setiap rencana kenaikan BBM selalu diikuti dengan janji Pemerintah untuk memberikan kompensasi bagi rakyat miskin yang terkena dampak kenaikan BBM. Kompensasi bisa dalam bentuk bantuan tunai langsung atau janji mengalihkan anggaran subsidi untuk peningkatan belanja infrastruktur yang diklaim bisa meningkatkan kesejahteraan rakyat.

    Namun, itu semua sebenarnya hanya kebohongan yang selalu di ulang-ulang. Faktanya sebenarnya, setiap kenaikan BBM berdampak pada peningkatan jumlah orang miskin dan pengangguran. Pada awal tahun 2006 (setahun setelah kenaikan harga BBM 30% pada tahun 2005), misalnya, jumlah orang miskin melonjak menjadi 39,05 juta (17,75%). Artinya, program BLT yang digelontorkan saat itu tidak berhasil menekan dampak kenaikan harga BBM. Begitu juga tahun 2013. Menurut Menteri Perencaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Armida Alisjahbana, akibat kenaikan harga BBM bersubsidi, jumlah orang miskin baru mencapai 4 juta jiwa. (Kompas.com, 27/5/2013).

    .

    Di Balik Pesan Berulang Bank Dunia

    Bank Dunia dan para ekonom kapitalis tak pernah kenal lelah. Mereka terus-menerus menyerang kebijakan subsidi BBM. Berbagai dalih mereka kemukakan. Tujuannya agar kenaikan BBM diterima oleh rakyat. Mereka bahkan selalu mengatakan “demi kepentingan rakyat atau untuk kesejahteraan rakyat” saat akan menaikkan BBM.

    Sungguh ironis, penghapusan subsidi atau kenaikan harga BBM terus dilakukan ini meski merugikan dan menyengsarakan sebagian besar rakyat. Lalu sebenarnya untuk kepentingan siapa penghapusan subsidi BBM tersebut?

    Sejak masa pemerintahan Orde Baru hingga pemerintahan SBY, IMF dan World Bank terus memberikan utang baik dalam bentuk utang proyek maupun dana segar. Utang proyek adalah utang dalam bentuk fasilitas berbelanja barang dan jasa secara kredit. Adapun utang yang berupa dana segar dari World Bank hanya diberikan dengan skema SAP (Struktural Adjustment Project). Pencairan SAP ini mensyaratkan Pemerintah untuk melakukan perubahan kebijakan yang mengarah pada kebijakan untuk:
    1.Mengurangi peran Pemerintah dalam menyediakan barang publik seperti listrik maupun pelayanan umum seperti pendidikan dan kesehatan.
    2.Memberikan keleluasaan pada pemilik modal untuk mengelola barang publik dan pelayanan umum sebagaimana mengelola perusahaan yang bertujuan mengejar dan menumpuk keuntungan.

    Karena itu dapat ‘dimengerti’ jika arah kebijakan Pemerintah akan ‘condong ke pasar’, yakni pada kepentingan para pemilik modal, bukan ‘condong ke rakyat’.

    Lalu muncullah Undang-undang Migas. Sejak UU No. 22/2001 tentang migas diundangkan, perlahan-perlahan migas akan diliberalisasi. Mulai 2005 harga beberapa jenis bahan bakar minyak (BBM) sudah bisa dinaikkan secara bertahap sesuai mekanisme pasar. Karena itu kenaikan BBM merupakan salah satu amanat UU Migas No. 22/2001. UU ini menyerahkan harga migas pada mekanisme pasar seperti yang disebutkan dalam pasal 2: Menjamin efektivitas pelaksanaan dan pengendalian usaha Pengola-han, Pengangkutan, Penyimpanan, dan Niaga secara akuntabel yang diselenggarakan melalui mekanisme persaingan usaha yang wajar, sehat dan transparan.

    Pasal ini dikuatkan dengan Perpres No. 5/ 2006 Tentang Kebijakan Energi Nasional Pasal 3c: “Penetapan kebijakan harga energi ke arah harga keekonomian, dengan tetap mempertim-bangkan bantuan bagi rumah tangga miskin dalam jangka waktu tertentu.”

    Ketentuan ini diimplementasikan dalam blue print Pengembangan Energi Nasional 2006-2025 Kementerian ESDM: Program utama: (1) Rasionalisasi harga BBM (dengan alternatif) melakukan penyesuaian harga BBM dengan harga internasional.

    Karena itulah sejak Tahun 2008, Organisasi Kerjasama dan Pengembangan Ekonomi (OECD) sudah “mengejar-ngejar” Pemerintah Indonesia agar memastikan penghapusan subsidi BBM. Pada 1 November 2010, Sekjend OECD, Angel Gurria, menemui sejumlah pejabat tinggi Indonesia, termasuk Wapres Boediono dan Menkeu waktu itu, Agus Martowardoyo. OECD menyakinkan Pemerin-tah Indonesia agar segera menghapus subsidi BBM dan listrik hingga 2014.

    Forum G-20 di Pittsburgh (2009) dan Gyeongju (2010) juga mendesak penghapusan subdisi BBM. Di Gyeongju, Korea Selatan, Pemerintah Indonesia menjanjikan akan melaksanakan penghapusan subdisi energi, khususnya BBM dan TDL, mulai pada tahun 2011. Maka dari itu, kenaikan BBM sebenarnya tidak ada kaitannya dengan defisit anggaran, fiskal yang tidak sehat maupun naiknya harga minyak mentah dunia. Semua itu hanya dijadikan alat atau momentum untuk menutupi alasan sebenarnya, yaitu liberalisasi secara menyeluruh di bidang migas dan energi.

    Kesejahteraan Rakyat dalam Persfektif Islam.

    Sistem kapitalis telah gagal memberikan kesejahteraan kepada umat manusia baik secara materi maupun non materi. Dalam indikator ekonomi, rasio gini Indonesia tahun 2013 menyentuh angka 0,41. Artinya, 1% penduduk menikmati 41% pendapatan, kekayaan atau sumberdaya. Kondisi ini menggambarkan ketimpangan yang luar biasa antara penduduk kaya dan penduduk miskin. Jadi, walaupun Indonesia negara kaya, jumlah penduduk miskinnya saat itu melebihi 100 juta orang. Adapun mereka yang secara ekonomi tergolong menengah dan kaya, walaupun secara materi kebutuhan pokoknya terpenuhi bahkan sampai kebutuhan sekunder dan tersiernya bisa mereka nikmati, ternyata banyak yang tidak merasakan kebahagian dan kesejahteraan sehingga hidupnya penuh dengan tekanan alias stres.

    Karena itulah kesejahteraan dalam pandangan Islam bukan hanya dinilai dengan ukuran material saja. Kesejahteraan juga dinilai dengan ukuran non-material seperti kebutuhan spiritual yang terpenuhi, nilai-nilai moral yang terpelihara dan keharmonisan sosial yang tercipta.

    Dalam pandangan Islam, masyarakat dikatakan sejahtera bila terpenuhi dua kriteria. Pertama: kebutuhan pokok setiap individu rakyat terpenuhi; baik pangan, sandang, papan, pendidikan maupun kesehatannya. Kedua: agama, harta, jiwa, akal dan kehormatan manusia terjaga dan terlindungi.

    Dalam pandangan syariah Islam kewajiban mewujudkan kesejahteraan merupakan tugas bersama individu, masyarakat dan negara.

    Secara individual, setiap Muslim didorong untuk mengoptimalkan potensi yang ada pada dirinya—tubuh, akal, waktu dan usia—yang merupakan anugerah Allah SWT. Setiap individu didorong agar menggunakan kaidah kausalitas untuk mewujudkan kesejahteraan-nya. Agar tercukupi kebutuhannya, setiap lelaki dewasa wajib bekerja. Setiap orang wajib memperhatikan siapa saja keluarga dan kerabatnya yang menjadi tanggungannya. Negara dapat melakukan intervensi ketika ada seseorang yang malas bekerja atau terlantar. Padahal ada anggota keluarganya yang berada.

    Negara memiliki peran yang sangat besar dalam mewujudkan kesejahteraan, yaitu melalui kebijakan politik ekonomi Islam. Semua ini diwujudkan dalam bentuk politik anggaran, politik pertanian, politik industri dan lain-lain.

    Adapun masyarakat memiliki fungsi utama, yakni kontrol sosial. Mereka harus bisa ikut memastikan individu bisa terus bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan pokoknya. Mereka juga berperan dalam mengawasi dan mengoreksi pemerintahan agar istiqamah dalam menerapkan syariah Islam yang menjamin pemenuhan kesejahteraan di masyarakat.

    Dengan demikian kesejahteraan tidak hanya buah sistem ekonomi semata. Kesejahteraan juga buah dari sistem hukum, sistem politik, sistem budaya, dan sistem sosial. Allah SWT telah menjadikan agama ini sebagai dînul kâmil, agama yang sempurna. Syariahnya mengatur seluruh aspek kehidupan baik politik, ekonomi, hukum, sosial maupun budaya. Bila syariah diterapkan secara kaffah oleh Daulah Khilafah, niscaya kesejahteraan hakiki akan terwujud dalam kehidupan ini. Demikianlah sebagaimana firman Allah SWT:

    وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقُرَى آمَنُوا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكَاتٍ مِنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ وَلَكِنْ كَذَّبُوا فَأَخَذْنَاهُمْ بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ

    Jika penduduk negeri beriman dan bertakwa, pasti Kami akan membukakan pintu keberkahan dari langit dan bumi untuk mereka. Akan tetapi, mereka mendustakan ayat-ayat Kami. Karena itu Kami menyiksa mereka atas apa yang mereka lakukan (QS al-A’raf [7]: 96).

    WalLahu a’lam bi ash-Shawab. []
    http://hizbut-tahrir.or.id/2014/07/26/subsidi-dicabut-demi-rakyat-kebohongan-yang-nyata/

  118. saya sgt tdk setuju bbm premium naik jd 9500, tp saya sgt setuju bbm premium tdk usah dijual alias ditiadakan jd yg dijual RON 92 keatas.
    gmn??? setuju semua??? drpd nanti subsidi premium sama dg mncekik ank cucu kita

  119. Iya jokowi jangan disalahkan..
    Kasihan, karena dia orang suci, pro rakyat, ane jg udah berharap banyak.

    Nyengir kuda lagi
    Aq rapopo
    Wkwkwkwkwk

  120. Rasain milih gw.
    Nggak ada yg gratis gw harus balikin modal kampanye & harus memenuhi perintah bos gw & mafia cina di belakang gw.

  121. Dana kampanye patungan rakyat kemana nih?
    Kok ane nggak kecipratan.
    Padahal udah puluhan milyar lho.

    Transparansi mana transparansi.
    wkwkwkwkwk..
    dikibulin lagi

    Nyengir kuda lagi ah..

  122. Sungguh keputusan yang sangat bijaksana. Biarlah rakyat mati kesusahan. Koruptor makmur habis habisan. Dah tau klo jokowi kepilih bakal gini hasilnya. Pinter pinternya amerika ajah.

  123. harus diakui kita msh jd negara kacung…
    mending ind diembargo aja agar bs mandiri kayak iran…

  124. Jual kayu lebih terhormat
    daripada jd presiden tapi dicaci-maki ama pendukungnya yg udah terlanjur di PHP

    Ah sudah lah nyengir kuda lagi
    wkkwkwkwkwk

  125. A : Jokowi nggak mungkin makan dana kampanye lah. Dia kan polos, bersahaja

    U : Abis nyumbang, sekarang ente dapet apa dari dia?

    A : Cuma Kenaikan BBM november nanti. WTF!

    Nyengirin congor lagi ah…

  126. Sebenarnya siapapun presidennya.
    Kalau BBM dinaikkan berapapun.
    Pasti akan dicaci maki habis2an.

    Lha mumpung yg naikin si krempeng.
    Mari kita protes habis2an
    Haaajaaaaaarrrrrrr………

  127. Ngene lo agan” skalian,..pajak kan dari rakyat,subsidi duit nya juga dari rakyat,..pada tau ga sih klo segala kekaya’an negara itu untuk kemakmuran rakyat nya,…trus apa salah klo rakyat minta subsidi??? Subsidi bbm dicabut,yang untung cuman jokowi dan kroco kroco nya,..

  128. wah miris lg enak2nya ngerintis usaha, biaya produksi malah naik semua, terus mau di jual berapa ini? ikut naik barang ga laku..kalo harga tetep diproduksi kitanya nombok terus, bukan makin sini makin enak malah susah, silahkan BBM naik tp tolong dong kontrol harga konsumsi umum

  129. Waladalah..ra tepak blas presidene mas iwan,aku di ngadiluwih kediri jatim mas,kalau BLT yg dpat kerabate/bolone/kroni2ne pamong tok mas,bih kbutuan pkok pasti mlonjak rgane,subsidi hak e rakyat ben brg kbthan hidup murah,la iki py kok ngene..mas iwan,negorone dwe sugih rakyate tmbah ssah..

  130. Hadeehh.. Mau ga mau ikutin pemerintah..
    di pom bensin, masih suka liat mobil bagus isi premium… kalo motor laki isi premium 50 rb udah cukup lah… tapi kalo mobil isi premium… hadeeeehhhh…

  131. Emang kalo si wowo, jadi presiden lu jamin, BBM nggak akan dinaikin? Pilihan kita pemilu cuman dua, calon presidenya, kalo si wowo, menang, ente yakin si wowo ngga naikin bensin? Mikir dong, dewasa kalo komentar, kalo ngomong, mikir dulu baru, jeprott…!

  132. Kenapa perusahaan tambang asing Pajaknya nggak diperbaharui dengan mempertinggi pajak.
    Malah rakyat yg suruh nanggung piye toh jok.
    Freeport kita yg punya lahan cuma dapet 1 %, chevron, exxon dll kurang dari 15 %.
    Dasar boneka asing.:[email protected]

    • Bener kenapa pajak perusahaan asing yg di Indonesia aja yg di tinggiin daripada bbm yg dinaikin.
      Sekali antek asing tetep antek asing PKI.

  133. rego premium munggah rapopo,, penting rego pertamax ojo melu munggah,, nak iso medun wae.. 😀 😀 😀

  134. sabar..liat z dl nti kinerja jokowi….sy ttp percaya n husnudzon sm beliau…di malysia bensin cm ada ron 95 n 97…yg 95 bt rakyat kecil..byuh..disini 92 z brg mewah..kmrn br naik harga disana..rakyat jg pusing…

  135. Ora ngurusin Ane pake pertamax, tidak punya kepentingan dgn BBM bersubsidi mau dicabut. brg dan kebutuhan lain-lain mau naek urusan belakang…yg penting usaha lebih keras pasti akan terpenuhi…

  136. Kalo ud wacana gini mending, sekalian dinaekin. Daripada dibatalin yang ada barang yg ud naek mala ga turun. Kayak kejadian seblm ini. Bikin barang mala naik 2 kali jadi lebih mahal lg.

  137. De’e pikir mundakke rego bensin ki segampang le nyocot teori penghematane… Deloken wae sesok dadine piye. Selamat ya bagi kalian yang kemaren nyoblos Jokoplo. :mrgreen:

  138. cieeeee… yang pada jago soal ekonomi makro… komentator dan yang punya blog emang hebat. top dah!

    kita lihat dan tunggu aja hasilnya gimana. mau komen dengan hujatan dan copy artikel dari hizbut tahrir (yang pengen mendirikan khilafah dan ngaku anti kapitalisme barat) juga ga akan bikin batal naik.
    menurut ane sih mendingan kerja yang serius dan cermat ngitung pengeluaran. banyak bersyukur, insya Allah rejeki bakal nambah. udah dijanjiin sama Gusti Allah swt.

    salam satu aspal, bro-bro sekalian.

  139. Wkwkekekekek,jual motor ente buat beli pertamax…hari gini msh ngarep subsidi..ngaku rakyat miskin,drumah ngredit motor smpe 2..apalagi yg bikin muak tuh yg pake mobil pribadi isi premium..amit2 jabang bensin..wkekekewkskwk..

  140. naikin dari dulu napa ?
    Premium 9500 pengaruh pada ketergantungan bbm
    jangan kaitkan dg wong ndeso tuh tetangga saya anak” sd pada bawa motor bodong kebut”an yg komplit pd dipretelin gk safety gara” bbm murah
    wong ndeso gk ngaruh beras jagung panen sendiri ayam kambing piara sendiri gula bikin sendiri garam ja yg beli itupun 5000 buat sebulan gk abis
    naikin bbm kompensasinya yg pas
    subsidi bbm hanya buat yg beli bbm

  141. Salah sendiri itu kilang gak banyak dibangun.

    Emangny habis nyedot dr perut bumi tu minyak lgs bs dipake di motor kita. Beuh lgs ancur mina kali lgs dipake.

    Makanya butuh kilang minyak.

    Sayangnya rasio antara total konsumsi bensin ama kilang jauh banget. Konsumsi besar kilang nya dikit banget.

    Sangat jauh berbeda ama singapore. Sumur minyak dikit tapi kilang minyak jauuuh lebih banyak ketimbang Indonesia.

    Kok bisa kita cuma sdkt kilangnya?
    LHA YA ITU ULAH ORBA. Biar bisnis tangker nya jalan. Dr sumur kirim ke singapore pake tangker, diolah disana, lalu kirim balik pake tangker ke indonesia barh deh nyemplung ke motor2 kita.

    Nah sapa coba YANG PENGEN BALIK KAYAK JAMAN ORBA? Enaknya jaman orba itu enak yg semu brow..

    Jadi sebagai penutup, bensin kita itu sebenarnya bensin impor brow..

    Kalo di subsidi terus, kapan bisa bangun kilang minyak sendiri?

    Kalo subsidi terus, kapan bisa bangun tol di sumatera, kalimantan, maluku, irian? KAPAN BROW..

    Uda duit gak punya, di korup lagi. Mana korupnya ada yg korup agama lg alias korup haji… sak bejat2’e hewan gak akan membohongi Gusti Allah, lha manusia malah main2 urusan agama. KOPLAk

  142. Kalo naikkin harga semua orang bisa. Presiden yg kreatif itu tau caranya Gmn bbm g perlu naik tp apbn g jebol.

Comments are closed.