iklan iwb
iklan iwb

460x110 (3)
460x110_rev

Bro dan sis sekalian…pernah nggak sampeyan dibikin pening urusan tilang ketika bepergian keluar kota. Kudu sidang dikota sesuai kejadian perkara…potensi terjadi aksi suap akhirnya terbuka. Maklum mzbro…..ketika sampeyan dihadapkan pada situasi tersebut, tiada pilihan lain kecuali melakukan jalan pintas “titip sidang”. Dan celah itulah yang harusnya ditutup dengan sistem yang lebih bagus seperti yang diusulkan bro Agung berikut ini…..
GT125Garuda_460x140

iklan iwb

Assalamualaikum

Salam joss gandoss kotoss kotoss Mas Iwan 😀 . Saya ada sedikit masukan nih buat Polantas. Langsung aja to the point Mas. Selama ini, mungkin banyak teman-teman mengalami penilangan di luar kota. Karena alasan jarak, waktu, dan biaya, sebagian besar pelanggar biasanya gak mau repot-repot ikut sidang, ujung-ujungnya ya nyuap Pak Polisi. Nah di sini saya mengusulkan Polantas membuat mekanisme pelimpahan perkara ke wiliyah domisili Pelanggar. Singkatnya, pelanggar tidak harus jauh-jauh sidang di kota tempat kejadian perkara dan cukup sidang di pengadilan di kotanya masing-masing. Tentunya mekanisme ini cuma bisa buat pelanggaran yang sifatnya ringan dan tidak sampai menahan kendaraan, seperti melanggar rambur-rambu, surat-surat tidak lengkap, pokoke bukan seperti kecelakaan, dan sejenisnya.

Nah mungkin ditilik dari sisi hukum, mekanisme ini agak susah diterapkan karena sepengetahuan saya tempat kejadian menentukan pihak mana yang berhak menindak suatu kasus. Tapi mungkin Polri dan jajaran yang terkait bisa membuat pengecualian untuk kasus tilang ini. Dari sisi sistem, menurut saya Polri mampu mengadakannya karena sebagian besar sistem di Polri (mungkin semua) sudah menggunakan IT, jadi lebih cepet dan tepat. Oh iya, tertinggal satu, untuk proses pengiriman berkasnya (termasuk SIM/STNK yang ditahan), polantas bisa menggunakan jasa kurir di Indonesia yang terkenal udah handal mengirimkan barang tepat waktu. Mungkin biayanya bisa diakumulasikan di denda. Saya yakin dengan mekanisme ini masyarakat akan lebih dimudahkan, selain itu, kasus2 nyuap pak polisi pun bisa diminimalisir.

AgungHery

Yup…sebuah usul yang sangat brilian dan patut dijadikan masukan untuk department kepolisian (suwun kang Agung). Mungkin memang sedikit butuh ekstra effort sebab Polri kudu ngurusin pengiriman berkas surat kedomisili pelanggar. Namun jika hal itu efektif memberantas aksi suap…..kenapa nggak?. Toh sistem bisa disempurnakan jika dirasa ada celah atau kekurangan. Ya nggak bro?……(iwb)

iklan iwb
Previous articlePasca hasil tes media, desakan komparasi CBR150 vs R15 ke Blogger begitu kencang….!!
Next articleRekaman video saat Honda Jazz dihantam truk digerbang Tol Suramadu. Ngilu brosis…..
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!