iklan iwb

460x110 (3)
460x110_rev

Margono (AHM)

Bro dan sis sekalian…menyambung interview pak Margono Tanuwijaya-IWB part 1….diartikel kedua ini perbincangan sudah mengarah ke hot topik yakni segmen sport. Petunjuk penting arah strategi AHM serta gimana reaksi pak Margono saat IWB singgung tentang segmen sport yang begitu alot?. Disini pula IWB singgung tentang eksistensi sang legendaris Tiger yang nyaris tanpa suara. Monggo siapkan pisang goreng dan kopi soale rada panjang. Check it out…!!
GT125Garuda_460x140

iklan iwb
iklan iwb

IWB : Kemudian ini pak……untuk skutik memang luar biasa. Produk yang dirilis AHM dan respon serta sambutan dari konsumen juga cukup bagus. Bisa dilihat indikasi dari market share yang terus menanjak. Nah…tapi ada satu yang masih (langsung dipotong pak Margono..)

Margono (AHM) : Sport ya (sambil tertawa)….ya kita tahu. Banyak wartawan juga nanya. Kalau dilihat misalkan perkembangan dari tahun 2007-2005….Honda ini sangat strong pada masa itu….kuat sekali. Kita cuma punya produk satu bebek….sport ada satu dualah. Berubah keinginan customer. Sempat pada tahun 2007-2008 agak problem ya mz karena skutik. Pada saat itu kita konsen dan sekarang kita menjadi rajanya skutik. Nah…memang masih ada satu, sport!.

Ini masih dalam proses kita untuk memperbaiki. Nah…kalau dilihat sport ini, tahun 2012 kita nomer tiga dibawah Kawasaki. Tahun lalu dan tahun ini kita sudah nomer dua. Dengan ada beberapa produk…Street Fire dan Verza. Sampai sekarang….betul masih nomer dua. Tapi kita punya keinginan pasti….terus nomer satu disemua segmen. Tapi kan perlu proses, tahapan, perlu waktu…

IWB : Jadi tujuan kesana pasti pak ya?

Margono (AHM) : Pasti!! (menjawab tegas tanpa ragu)

IWB : Optimis pak??

Margono (AHM) : Optimis!! . Kan mz sudah menulis CBR untuk melawan R15 (semua tertawa). Begitu kan. Nah…itukan menunjukkan bahwa kita tidak diam. Karena apa……karena kalau kita sudah memahami bahwa yang namanya “Satu Hati”….konsumen kita inikan….ya konsumen bebek,  konsumen skutik dan konsumen sport. Nggak bisa kita hanya cuma dibebek-skuter….selesai. Nggak. Pasti tujuan kita adalah itu. Tapi semua perlu proses. Pada waktu 2007 kita ketinggalan di-skutik sampai kita merajai……kita disitu juga perlu beberapa tahun. Bukan hanya mendesain produk…namun merubah persepsi konsumen. Kalau dulu Honda adalah rajanya bebek…Honda kini juga rajanya skutik,. Dua segmen berhasil dan itu menurut saya adalah perjuangan yang luar biasa. Kenapa?. Karena dari market share yang sangat lemah…..saat ini skuter kita sudah 70 %. Tentu sangat luar biasa….

IWB : Terus ini pak…sport yang kita bicarakan tadi kan baru yang 150cc. Karena potensi untuk mendapatkan profit dan market share terbesar memang dari situ. Terus gimana untuk yang 250cc pak…??

Margono (AHM) : Iya…saya tahu (tersenyum). Sport ada tiga kelas…empat malahan dikita. First entry….150cc low segmen dimana sebenarnya kita sudah menjadi raja disitu karena tidak ada lawan lewat Verza150. Yang kedua mid sport 150cc ada StreetFire dan CBR150 lawannya Vixion, R15 dan segala macam. Nah…ada yang 250cc yakni masuk kategori high sport dan premiumnya. Kan kalau mau naik dari 250cc ada Premiumnya…..

IWB : (nyeletuk) Moge dong pak??..

Margono (AHM) : Mz tahu aja…..(tertawa). Jadi maksudnya gini….intinya kita tahu disegmen 250, belum. Kita kan cuma punya CBR250R yang mana kompetitor kita ada yang 250 R25 begitu juga Kawasaki dengan Ninjanya dsb. Kembali seperti tadi…semua by proses. Satu-satu….mulai dari yang gede dulu (market sharenya red). Kita sadar bahwa yang 250cc kita hanya punya CBR250 sedang musuhnya banyak sekali. Bukan cuma Yamaha. Ada Kawasaki…dan cukup kuat disitu. Tapi balik semuanya kan satu-satu…..

IWB : Sebenarnya kalau saya lihat yang 250cc kayaknya memang belum optimal ya pak??

Margono (AHM) : Tuh kan…bisa dilihatkan (tertawa), orang bisa lihat angkanya. Nanti kalau saya bilang….kita sudah hebat, lha nyatanya nggak kan…iya to. Pengamat juga tahukan…..

Margono honda

IWB : Satu lagi pak…..saya kan banyak ngobrol dengan teman-teman dikomunitas Tiger. Mereka merasa dianak tirikan dan kurang diperhatikan….kapan sebenarnya new Tiger akan datang. Apalagi tidak ada kejelasan dengan kelangsungan produksi sendiri sudah discontinue. Nah……sebenarnya gimana sih pak posisi Tiger kedepan?.

Margono (AHM) : Tiger itu memang kan kita discontinue. Bukan berarti kita menganak tirikan…tidak. Tapi kita lagi memikirkan untuk successornya itu apa. Kenapa?. Karena pada saat itu kita harus mendukung program pemerintah…yakni harus fuel injection. Jadi kita memang taat terhadap janji kita…taat terhadap lingkungan. Kalau kita mau tidak menganak tirikan…wong masih ada yang beli…masih ada komunitasnya. Nggak usah kita discontinue kita jual terus juga bisa.  Tapi kan kita bukan tidak memperhatikan customer itu….kita tahu…dan kita pasti akan selalu memikirkan apa sih suksesor yang terbaik. Jadi begitu (tertawa). Pasti ada alasannya (Tiger stop)…..yakni komitmen kita terhadap lingkungan. Itu sangat penting buat kita. Kalau kita mau terusin bisa aja. Tapi mosok pakai karburator……

Yup….demikian interview eksklusif antara pak Margono Tanuwijaya (Direktur Marketing PT Astra Honda Motor) dengan IWB. Lugas, singkat namun cukup tajam mzbro. Beberapa poin yang bisa kita ambil dari interview diatas yakni :

1. Sport Honda harus nomer satu dan itu adalah tujuan pasti

2. Honda dipastikan memasarkan moge kedepan

3. AHM mengakui segmen sport 250cc belum dikelola secara optimal. Saat ini mereka masih konsen dikelas 150cc. Menggarap pasar tersebut akan menjadi agenda setelahnya

4. Tiger discontinue karena alasan regulasi dan lingkungan

5. Pengganti Tiger sedang dipikirkan dan pasti ada

Piye kangbro…wis jelas tur gamblang yo. Moga-moga interview dengan salah satu BOD AHM pak Margono diatas sedikit mampu mencerahkan isu simpang siur diluar sana. Akhir kata…IWB ucapkan terima kepada pak Margono sendiri yang sudi meluangkan waktu buat IWB….bu Istiyani (GM HC3) plus jeng Siska (HC3) atas bantuannya hingga moment berguna ini bisa terlaksana dengan baik. So….Tiger??. AHM tidak tinggal diam. Pasti ada penggantinya dan sedang dipikirkan mzbro. Sing sabar. lek boso Jowone…step by step :mrgreen: . Juozzz gandozzz wis…..(iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

81 COMMENTS

  1. Menanggapi pertanyaan tmen ane seputar nvl ane jawab via komen monggo diwoco=
    1.Rem belakang blong?
    2.cakram blakang panas?
    3.ban blakang ngesot/ngepot?
    4.tangki klutak-klutuk?
    5.bau hangus di knalpot? Dan ini jwaban ane sbgai pnyemplak nvl
    1.Rem blakang nvl emang kurang pakem brow mgkin krena pnggunaan velg lebar+ban gambot tp bkan brati blong dy cngkram nya saza krg mumpuni roda trus munyer kala rem di injek(ini jadi pr buat yamoped kdepan hrus ada perbaikan)
    2.Semua mtor jg gitu khususnya cakram blakang abis jalan pasti panas y cm 5menit lah stelah itu dingin lagi
    3.nginjek rem nya jgn trlalu jeru/dalem kombinasi in rem depan blakang 50:50 lah
    4.klo lewat jalan rusak emang gtu mgkin akibat guncangan
    pelampung tangki
    5.ane gak paham coz gk prnah n jgn smpek ngalami hehe bwa ke beres saza brow

  2. intinya kalau 150 blm d’kuasai, ahm blm memikirkan 250.
    berarti bener dong, dari bawah dulu lalu brjaya di atas.
    kalau ahm mnguasai segala segmen, bagi kompetitor jangan malu kalau mau utang uang ke ahm.
    ahihihi.,,,..

  3. ahm emang kek mesin ambisi…. semua ingin dilibas, anteb tenan 😀
    78deka.com/2014/09/25/perubahan-inilah-yang-membuat-akselerasi-new-cbr150r-lebih-nampol-dibanding-versi-thai/

  4. intinya kalau 150 blm d’kuasai, ahm blm memikirkan 250.
    berarti bener dong, dari bawah dulu lalu brjaya di atas.
    kalau ahm mnguasai segala segmen, bagi kompetitor jangan malu kalau mau utang uang ke ahm.
    buat nyambung hidup.
    ahihihi.,,,..

  5. selamat pagi fbh semuaaaa…..
    pasti pagi2 beri makan kambing deh , hihihihihihihihi….
    beda dong ama fby , udh lgsung ngeber vixion , or r15 !
    hihihihihihihi

  6. selamat pagi fbh semuaaaa……
    pasti pagi2 beri makan kambing deh , hihihihihihihihi….
    beda dong ama fby , udh lgsung ngeber vixion , or r15 !
    hihihihihihihi

  7. selamat pagi fbh semuaaaa……
    pasti pagi2 beri makan kambing deh , hihihihihihihi….
    beda dong ama fby , udh lgsung ngeber vixion , or r15 !
    hihihihihihihi

  8. Tiger sang Legendaris Yang Penuh Sensasi Walau Ada Masalah Di Rantai yang berisik tooh tetep tak terusik sampai di stop dulu jalan hidupnya…menunggu mesin yang pas buat gantiinnya….

  9. lah sampeyan kan sudah tahu…
    wis lek, jika jawabannya gitu dah makin ngambang xixiixixiixiix
    pertamax7.com/2014/09/25/nih-pemilik-pertama-honda-all-new-cbr150r-lokal-di-padang-masuk-koran-euy/

  10. margono ini saudaranya hari tanusidibyo , ikut koalisi merah putih tp belok ke arah jokowi-jk ….
    prabowo-hatta tetap no1 !!!

  11. honda sadar mindset honda di kalangan masyarakat Indonesia adalah bagus, awet dan irit, jadi mereka ga bakal khawatir kehilangan konsumen dikarenakan produk yg kelamaan brojolnya… dan apapun bentuknya nnti mw jelek ataupun bagus… yang penting honda… makanya mereka tenang2 aja…

  12. cbr250 kan kabarnya mau dicangkokin mesin V twin,, nah jadi yang paling tepat ya mesin cbr 250 single silinder di templokin ke tiger,, pake bodi dengan desain seperti NC700, harga 29 juta di jamin laris manis tanjung kimpul..
    jadi tiger terbaru pake mesin 250cc satu silinder yang awet dan tahan lama buat touring, karena nama tiger terkenal buat touring..y
    hilangin aja kelas 200cc, kelas nanggung.

  13. kalau mau produk pengganti tiger ini mau booming.
    ya harus out of the box atau meloncat dari desain kebanyakan..
    kebanyakan motor di pasaran cuma beda garis desainnya saja, tapi desain secara garis besarnya sebenarnya sama saja..
    desain yang out of the box ya desain lazareth dokujya vtr1000. comot desain itu. maka ahm akan merasakan kembali kejayaan tiger di masa lampau.

  14. klo honda mau all out & mau bikin beda, new tiger isa rilis 2 varian sekaligus, misal 1 cyl dohc 200cc/2 cyl dohc naked touring bike 30jeti, 1cyl 250cc naked streetfighter bike 34jeti mantap tuh…

  15. dalam 1 periode/type, honda nguasai 1/2 periode terakhir… sport (tigi) yg berkuasa diganti periode (vixi 150cc injek) berikutnya, bisa aja akhir periode 150cc honda berkuasa tapi akhirnya diganti periode/type baru, matic juga gitu awal matic 14″yamaha berkuasa skrg honda, ntar ada type baru seperti itu muter terus mungkin juga terjadi di periode 250cc skrg….

  16. Ini yg saya suka dari honda, strategi mereka perlahan namun menerkam..

    Klo ampe masarin moge ya mending bawa cbr600 aja..ni motor termasuk laris untuk pasar moge di indonesia..

  17. gak papa kita tunggu saja dulu…

    penggemar tiger tak salah juga kalo pake sport turing merek lain,sambil menunggu si macan lahir kembali..

    ” Tapi mosok pakai karburator…..”

    *itu kalimat yang saya suka mazzzz…

  18. Ga bakalanya. Berani sumpe. AHM itu cuman fokus pada yang gede (market share-nya). Kalau alasan Tigert diskontinyu karena masih karburator, doi kliatannya sekali ngelesnya. MegaPro juga karburator kok sebelumnya. Apa susahnya menginjeksikan Tiger. KALAU DISKONTINU, YA DISKONTINYU AJA. Margono ngga usah banyak BACOT

  19. ah, terakhir ngobrol sama beliau thn 2005 saat masih menjabat div head heavy equipment salah satu finser astra. Goodluck deh buat sport Honda. Persaingan bikin konsumen untung. titik. thx

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here