iklan iwb
iklan iwb

460x110 (3)
460x110_rev

Margono-iwb

Bro dan sis sekalian….bertemu dengan orang nomer satu di jajaran AHM sebagai direktur marketing merupakan moment yang tidak boleh disia-siakan. Interview eksklusif berusaha menggali cara pandang Astra Honda Motor terhadap konsumen mereka. Apa maksud sebenarnya dari slogan “One Heart” dan seberapa penting market share bagi Honda. Dan yang paling hot…..gimana reaksi pak Margono saat IWB tanya perkara market share sport yang belum juga mampu merontokkan rival dekat mereka plus….eksistensi sang legendaris Tiger. IWB akan kupas secara berseri untuk memudahkan penerimaan para pembaca sekalian. Oke….langsung saja mzbro, check it out!…
GT125Garuda_460x140

iklan iwb

IWB : Kenapa para BOD harus sampai turun tangan kelapangan mengantarkan motor kerumah customer saat hari pelanggan ??….

Margono (AHM) : Acara ini sebenarnya nggak hanya sekali. Tahun-tahun sebelumnya juga sudah ada dalam rangka menyambut hari pelanggan. Karena bagi kita diAstra Honda….kita bisa tumbuh seperti ini juga dari customer. Kita punya spirit satu hati. Nah…satu hati ini apa sih??. Satu hati adalah kita sebagai produsen ingin bersama-sama dengan konsumen untuk mencapai mimpi-mimpinya mereka.

Untuk mencapai mimpi itu customer butuh dukungan dan sebaliknya kitapun demikian. Setiap produk yang kita pilih…pelayananan yang kita berikan harus sesuai dengan keinginan mereka. Jadi misalkan untuk berangkat kerja mencari nafkah itu kan perlu support transportasi. Jadi Honda ingin mendukung dan selalu dekat dengan customer lewat produk yang bagus. Customer kita banyak dari berbagai profesi sehingga butuh kendaraan yang nyaman, irit dan berkualitas. Jadi alasan spirit satu hati seperti itu sebenarnya.

IWB : Memang kalau kita perhatikan, banyak banget perubahan dari Honda. Nah….gimana dari sisi Honda agar terjadi bonding yang makin kuat dan bagaimana posisi customer dimata Honda sendiri?

Margono (AHM) : Wah…jelas sangat penting sekali. Karena gini…kalau kita memproduksi motor tidak ada yang beli pasti kita juga nggak bisa berkembang. Nah karena kita menyadari customer sangat penting….jadi bukan hanya masalah dihari pelanggan saja. namun banyak sekali event-event kita yang tak terhitung jumlahnya. Baik dari AHM sebagai pabrikan juga dijaringan-jaringan…dalam satu tahun tidak bisa terhitung jumlahnya yang melibatkan konsumen.

Dari AHM seperti Honda Bikers Day, mudik bareng, safety riding course, Kontes layanan Honda, kontes modifikasi, community dsb. Belum lagi event-event gathering dan AHM sangat aktif disana. Safety riding bukan hanya kita melatih namun sudah masuk kesekolahan-sekolahan, bekerja sama dengan kepolisian untuk melakukan training mulai dari kecil ketika berlalu lintas. Yang kedua juga dari sisi pendidikan….dengan SMK-SMK kita juga masuk kekurikulumnya agar lulusan-lulusan ini bisa langsung bekerja dibengkel-bengkel umum. Kalaupun tidak bekerja…mereka bisa membuka bengkel sendiri. Karena AHM punya spirit satu hati dan kita bagian dari pada Astra yang merasa”to be an asset nasional” . Jadi kita ingin berkonstribusi disana…

IWB : Bagi AHM sendiri market share itu seberapa penting?

AHM : Hhhmm…gini ya. Market share…..kita sebagai produsen otomotif pasti penting dan itu menjadi tujuan. Karena ukuran market share adalah ukuran kepuasan customer terhadap produk kita. Jadi yang namanya market share itu adalah hasil akhir. AHM mengukur customer puas terhadap kita….terhadap produk, pelayanan dari market share.

Tapi bagi kita market share itu meskipun penting hanyalah hasil akhir. Dan yang lebih penting bagi kita…bagaimana customer itu menjadi satu dengan kita sehingga akhirnya market share tercapai. Itu ukuran….ukuran daripada customer itu mau melihat produk kita seperti apa. Karena nggak mungkin to mz….kalau misalkan kita dengan proses yang tidak memperhatikan pelanggan terus market share bisa tinggi kan nggak mungkin. Orang juga nggak akan mau beli motor kita….mau datang kekita. Nah…artinya jika sampai saat ini market share kita bisa 62 % lebih secara nasional, itu menunjukkan kepercayaan konsumen kekita!

Yup……sebuah penuturan yang begitu mengagungkan konsumen. Selain produk itu sendiri…..dari penuturan pak Margono Tanuwijaya bisa kita tangkap….pelayanan adalah yang paling penting dan mutlak bagi Honda. Mengikat dalam satu hati…mencapai mimpi bersama kepuncak cita-cita. Byuh…ora umum kata-katanya. Btw…artikel ini hanya pemanasan sebelum kita menginjak ke topik yang lebih hot saat beliau menyinggung persaingan kelas sport 150cc dan kelangsungan sang legendaris Tiger. Ditunggu kangbro….sabar yo. Soale kudu ngetik banyak bener ki menuangkan transkip interview kebentuk tulisan. Wis keriting rekkkk driji :mrgreen: ……(iwb)

iklan iwb
Previous articleKawasaki re-call Z250 karena isu tali gas???…..
Next articleIngin tunjukkan performa….DRC Exhaust racing rangkul event balap Vespa!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!