iklan iwb
iklan iwb

460x110 (3)
460x110_rev

IMG_9481

Bro dan sis sekalian….sikebo Byson mempunyai desain cukup gahar. Desain bak mode FZ dilengkapi dengan inner tube besar hingga 41mm menjadikan produk ini rupawan dari sisi visual. Sayang….karena konsep peracikan dilakukan diIndia yang lebih mengedepankan keiritan…..sang kuda besi tergolong kurang responsif. Walau tetap kencang…..butuh waktu lumayan lama untuk menjangkau kecepatan yang diinginkan. Hal ini akibat catalic converter knalpot yang mengebiri performa diperparah dengan karbu tipe vakum. Dengan karbu vakum….fuel consumption memang lebih irit. Tapi bukannya tanpa kelemahan sebab respon gas jadi lebih lambat dan lemot. Kondisi ini ternyata mendapatkan perhatian dari bro Fengki pengunjung warung IWB yang membeberkan tips dan trik mengakali karbu tipe vakum. Berikut detil penjabarannya…..

GT125Garuda_460x140

Karburator vakum/constant velocity (CV) ialah salah satu karbu yang banyak diterapkan pada motor-motor keluaran baru baik matic dan non matic. Tentunya hal ini bukan tanpa alasan, penggunaan karbu vakum ialah demi menekan emisi gas buang sehingga motor lebih ramah lingkungan dan irit bahan bakar. Akan tetapi karburator jenis dinilai lebih lambat merespon bukaan gas daripada jenis konvensional sehingga berdampak dengan berkurangnya performa motor. Disisi lain karbu jenis ini juga memiliki penyakit yaitu jika skep sudah mulai baret dan karet vakum sudah mulai melar akan menyebabkan gerakan skep menjadi ngadat dan membuat skep macet sehingga motor susah hidup dan performa motor jadi gak karuan. Dan harga kedua part tersebut terbilang cukup mahal….

Dari alasan diatas, bro Fengki mencoba memberi solusi  bagi pemilik motor yang motornya menggunakan karbu vakum yang karbunya sudah mulai menunjukkan gejala diatas dengan harga terjangkau. Hal yang paling memungkinkan ialah menggabungkan cara kerja kabu vakum dan konvensional menjadi suatu sistem cara kerja baru yang lebih kompleks. Berikut rincian tahapan percobaan :

Motor yang digunakan ialah Yamaha Byson. Alasan :

1. Karena dari beberapa motor yang menggunakan karbu vakum, Byson termasuk sering mengalami keluhan. Walau sering juga kita jumpai NMP gen awal menemui masalah serupa.
2. Karena karbu Byson memiliki Throttle Position Sensor (TPS), jika diganti dengan karbu konvensional sensor tersebut tidak akan bekerja dan mempengaruhi kinerja mesin.
3. Karena pengguna motor ini lumayan banyak dan rata-rata mengalami hal yang sama yaitu karbu yang ngadat.

Langsung ke topik utama

Adapun bahan dan alat yang harus disediakan

1. Kabel gas GL pro neotech
2. Lem serbaguna
3. Solder
4. Tang pemotong
5. Benang jahit
6. Kunci dan obeng
7. Setelan rem sepeda

Bahan

1(1)

– Setelan rem sepeda

2

Langkah-langkah

1. Potong pentolan kabel gas untuk ke skep

3(1)

(Potong yang tanda merah)

2. Lubangi bagian atas karburator

4
5

(Ukuran lubang kira-kira 5-7 mm)

3. Masukkan setelan rem ke lubang yang sudah dibuat setelan rem berfungsi sebagai pengatur ketinggian setelan skep

6

Tampak bawah

7
8

Tampak atas

4. Masukkan kabel gas yang sudah dipotong tadi ke bagian atas kaburator kemudian pasang per disertai skep beserta karet vakum. 910
– Masukkan ke salah satu lubang bawah skep
– Lilitkan benang diujung kabel sebesar lubang kemudian lem benang tersebut

11

(penampakan rangkaian, siap untuk dirakit)

5. Rakit kembali komponen seperti semula kemudian pasang kabel gas ke selongsong grip gas pastikan jalur kedua kabel gas tidak terganggu dan dalam keadaan bebas.

13
Lakukan penyetelan jarak main antara katup(A) dan skep (B). Setelan kombinasi jarak main tiap motor berbeda-beda, lakukan penyetelan sehingga diperoleh setelan yang pas antara A dan B. Usahakan A bergerak terlebih dahulu sebelum B dan atur ulang kembali setelan angin. Coba hidupkan motor dan kemudian geber-geber gas untuk mengetahui setelan yang pas, alangkah baiknya disertai tes jalan. Kalau sudah oke…..

6. Rakit semua komponen seperti sediakala

14

Hasil test :
1. Akselerasi meningkat serasa memakai karbu konvensional , gas ngisi disemua rentan rpm.
2. Konsumsi BBM dalkot 32-37 kmpl, lukot 40-42kmpl. berkendara normal.
3. Top speed sama saja dengan sebelumnya hanya untuk mencapainya diperlukan waktu yang relatif lebih singkat.
4. Enak untuk berakselerasi di jalan menanjak dan untuk menyalip kendaraan.

Catatan :
1. Untuk yang memakai knalpot racing disarankan melakukan penggantian spuyer/Main Jet dan Pilot Jet untuk hasil yang maksimal.
2. Jika ingin diterapkan pada motor lain ada penyesuaian dari bahan dan langkah-langkah, tp kurang lebih sama.
3. Hasil dapat berbeda pada tiap-tiap motor, tergantung setelan masing-masing motor.

Yup…itulah tips yang dishare oleh bro Fengki kenewsroom IWB (suwun bro). Biker asal Situbondo dan kuliah diMalang ini menawarkan diri secara terbuka jika ada pertanyaan. So…..bagi yang bingung, bisa menghubungi di nomer 082141001414. Asyiknya untuk wilayah Malang kota dan Situbondo doi menawarkan diri untuk bantu proses instalasi. Monggo janjian dulu soale doi anak kuliahan yang pastinya punya kesibukan sendiri. Ingin tarikan sikebo lebih yahud??. Tips diatas bisa dicoba. Kalau IWB mah wis nggak bisa nyoba lawong sikebo sudah setahun merumput dikampung halaman :mrgreen: . Semoga berguna……(iwb)

Post by IWB. Follow us on….

Twitter : @iwanbanaran
FB : Iwanbanaran
Email : [email protected]
Youtube channel : Iwanbanaran
Path : Iwanbanaran
Google+ : Iwanbanaran
Blog alternate : IWBspeed.com

iklan iwb
Previous articleIngin tunjukkan performa….DRC Exhaust racing rangkul event balap Vespa!
Next articlePetugas berikut ini enggan ngantri isi BBM….oalah!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

105 COMMENTS

    • Klo wa yg lsngung wa jual bae lah…
      Bys-oon n yahomo gag bisa di rumat
      Model gampang berubah style gag proporsional
      Mesine ampaz
      Intinya bisa heboh krn cocod FByahomo doank! N blog2er ternakan Yahomo yg tiap saat ngoncek’i kesalahan seple produk lawan2…
      #Salamkarbuvakumcleaner
      Bwuahahahhahahahhhhaaaa
      Dharmo $$$$$$!

      • Melas amat nasib_mu tong

        Mending sebar brosur ɑ̤̥̈̊jª gih

        Tuh cbr numpuk karatan digudang gk laku2

        Ngoahahahahahahaah

    • Lemot ɑ̤̥̈̊jª berani narik ban gambot

      Masak yg ngaku kencang dohcrot motogepeh beraninya narik ban speda jengkih plus body bebekk

      Ngoahahahahahahaha

  1. Megalodon ϑ¡ kamplengg byson

    Cebongg dikamplengg sinchan

    Versa terpalan dikampleng mula lele

    Vario 250 ϑ¡ injek tangki plastik

    Nasib_mu hon hon

    Ngoahahahahaha

  2. FBY: “kang coba deh lampu depan dipasang scotlite, spakbor belakang dimiringin ke kiri 30 derajat, buntut belakang tinggiinn 2 meter, dan pake stiker motoGP dijamin power naik 10 hp” kkwkwkwkwkwkwkwkkw

  3. lha iki masbro yg aku tunggu selama iki
    tips dan trik upgrade performa byson minimalis

    potong intake, sudah
    ganti kabel input output cdi, sudah
    ganti bohlam h4 60/55watt, sudah
    ganti gear 15-43, sudah
    kampas kopling 5 lapis, sudah
    dan lain-lain lah

    lha iki baru tau dan pertama kali di jagad maya

  4. owhhh.. ternyata dikanibal pake part GL pro jg toh?
    hehe.. emangnya gak ada part yamehek yg jauh lbh worthed?
    para fby pasti tetap ngotot bilang ada, walaupun kualitasnya setara plastik.
    Aaaakkkakakakakkkk..! :mrgreen:

  5. pantes si kebo dibuly terus ama NMP.. kebayang klo NMP karbunya disetel juga.. R15 bisa dikentutin jg… wkwkwk… modol tampang doank tenaga engkong engkong.. sebaliknya NMP yg katanya model engkong engkong tenaga anak muda… jd tambah pd nie..

  6. Ngapa banyak seles sih yang komen.. hahahaa eh jangan seles deng, terlalu mainstream, marketing aja.. hahahaaa

    kirain forum, gak taunya sebar brosur…..

    From Yamaha Holic 225 dan BUKAN SALES

  7. o ada yg bisa benerin karbu gua gak ?? Motor gua udh seminggu parah karburatornya akhirnya salah satu montir yamaha nyaranin buat pake karbu PE skrng jd acak2an kacau.. klo ada yg bisa tlp k no gua 085770111196..area bogor thx

  8. Saya sudah aplikasikan kaya $$$$, kayanya gak ngaruh ya, soalnya ngadatnya masih belum sembuh total. Trus kalo di geber pas pertamanaya kyak mau mati mesin bro, solusi plissss

  9. kmarin saya tanya karbu assy komplit 800ribuan. agak berat bayangin harganya, thanks mas bro, ini bisa jadi solusi.

  10. kalau boleh nanya, dan siapa saja yang bisa ngasih solusi,,mohon pencerahanya..begini,,

    setelah modif karbu,,mesin sering mati dan gas tidak setabil tiba-tiba…apa yang terjadi kiranya ya bang,,sudah coba bayak cara dan bongkar pasang.

  11. Ganti karbu Pe 28 aja bang, repairkitnya pake punya karbu neotech.. Tarikan yahud gk pake mbrebet… Catalic converternya di potong aja sambung pake pipa biar lgsg ke selincer.. Bbm ttep irit..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here