iklan iwb
iklan iwb

banner-460x110 (9)
460x110_rev

Iridium-Spark-Plug

Bro dan sis sekalian……banyak dari biker yang percaya busi Iridium bisa mendongkrak performa dibanding busi standart pabrikan. Dijual lebih mahal yakni berkisar 100ribuan……banyak merk terkenal yang sudah menyediakannya. Baik dari Denso maupun NGK. Pertanyaannya…..adakah dampak buruk pada mesin jika busi ini dipakai untuk harian??. …..
GT125Garuda_460x140

iklan iwb

Iridium merupakan elemen logam yang sangat keras, anti korosi, tahan panas. Selain itu…bahan elektroda material ini mempunyai titik didih yang cukup tinggi yakni 2500 derajat celcius. Akibat kekuatannya, diera abad 20…..Iridium dipilih para produsen busi untuk meracik busi dengan durability yang lebih dibanding busi reguler. Pembakaran juga lebih fokus pada satu titik sehingga dipercaya mampu melayani engine racing yang membutuhkan percikan api mumpuni. Adapun beberapa sifat busi iridium yang IWB kumpulkan dari berbagai sumber yakni…

– Karena tahan panas, elektroda lebih kecil dibanding busi reguler

– Membutuhkan tegangan yang lebih rendah untuk memicu pembakaran sehingga jarang terjadi kegagalan saat starter

– Pembakaran lebih presisi, konsisten serta efisien (more efficient combustion)

– Meningkatkan respon gas

– Meningkatkan keiritan (tergantung gaya berkendara)

– Lebih awet (tergantung desain). Dari beberapa penelitian busi Iridium lebih awet hingga 10 kali lipat dibanding busi standart

– Dipercaya meningkatkan tenaga mesin sekitar 1-3% (ora signifikan lho kangbro)

– Meningkatkan kualitas emisi gas buang (lebih ramah lingkungan)

Nah…..jian indah tenan kan kelebihan Iridium. Tidak heran banderol busi ini lumayan mahal yakni bisa diatas 100ribuan. Tapiiii….pertanyaannya bagaimana jika busi ini digunakan untuk motor standart harian??. Berbahayakah??….

781983
Bentuk fisik busi Iridum vs Standart

Mengutip dari berbagai sumber….tidak masalah selama motor diseting ulang secara benar. Namun karena sifat busi Iridium cenderung memberikan dampak panas (karakter pengapian fokus pada satu titik…busi biasa menyebar)……..wajib hukumnya adjust ulang asupan bensin (diperkaya). Jika dibiarkan standart…ditakutkan akan mempengaruhi durability mesin pada jangka panjang. Bagaimanapun standart engine akan tetap lebih cocok menggunakan busi bawaan. Dengan kata lain…kalau sampeyan condong memikirkan performa…..busi Iridium memang bisa membantu setidaknya 1-3% (tipissss pol). Tapi kalau konsen kita hanyalah keawetan mesin….busi standart sudah cukup. Sebab seluruh kalkukasi teknis sudah diperhitungan sedemikian rupa dengan durability serta long life engine dari pihak pabrikan. Ibarat baju…atasannya berharga mahal tapi celananya bukan pasangannya juga akan norak hasilnya. Mungkin begitu kira-kira. Semoga berguna…..(iwb)

iklan iwb
Previous articleSelamat jalan bro Fachrudin……doa kami menyertaimu…..
Next articleSecara resmi Yamaha rilis R-Concept Apparel……minggu ini sudah mulai di-distribusikan!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!