iklan iwb
iklan iwb

banner-460x110 (9)
460x110_rev

SPBU kebakaran

Bro dan sis sekalian…..sejauh ini banyak sekali yang masih kurang paham kenapa mesin wajib mati ketika mengisi bensin. Padahal jika dianggap sepele…….kebakaran bisa mengintai sewaktu-waktu. Ini bukanlah dongeng atau gertak sambal. Namun telah menimpa salah satu mobil Avanza B 2430 PT diBogor berikut ini……
GT125Garuda_460x140

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Bro Agus Ependi melaporkan…..kejadian 5 hari lalu dan baru sempet IWB posting hari ini menyisakan sebuah kesimpulan yang membuat IWB sendiri cukup merinding yakni….sang pengemudi ternyata tidak mematikan mesin kendaraan saat mengisi bensin….

Assalammuallaikum. Selamat pagi kang Iwan, Selamat menghirup udara sejuk dipagi hari :mrgreem: . Maaf sebelumnya, ijinin saya ganggu bentar ya, ada berita kebakaran di SPBU Sentul City Bogor kang. Pas saya antar istri ke tempat kerjanya yang persis dibelakang SPBU, saya liat ada keramaian mobil-mobil pemadam kebakaran dan polisi-polisi juga. Langsung aja setelah nurunin istri dari motor saya langsung samperin nih SPBU, dan setelah saya liat ternyata ada 1 mobil Toyota Avanza bernomor polisi B 2430 PT sudah hangus ringsek dilahap si jago merah. Menurut sumber yang mnyaksikan kebakaran ini terjadi sekitar jam 6 pagi. Dan saat saya dilokasi itu udah sekitar jam 7 lewat dikitlah. Pihak pemadam kebakaran Kabupaten dan Kota Bogor (5 unit), juga dibantu mobil pemadam kebakaran Sentul City (1 unit) berhasil memadamkan api.

Kebakaran terjadi saat mobil tersebut hendak mengisi BBM Premium. Sumber mengatakan hanya hitungan detik sebelum petugas SPBU menuangkan bensin ke tangki mobil itu, bagian mesin mobil tiba-tiba meledak dan menyambar mesin pengisi bensin disampingnya. Beruntung bensin belum sempat dituang ke tangki, kalau itu terjadi gak tau deh itu SPBU kaya gimana jadinya. Dugaan sementara kunci kontak mesin mobil tidak dimatikan saat hendak mengisi bensin, dan terjadi konsleting listrik pada bagian mesin mobil. Syukur tidak ada korban jiwa pda kejadian ini, tp 1 orang security SPBU dilarikan ke rumah sakit terdekat karena mendapat luka bakar dibagian wajah, dan 1 petugas SPBU luka ringan. mobil hanya di isi satu orang (sang pengemudi), namun sang pengemudi langsung kabur entah kemana, pihak kepolisian stempat sampai saat ini sedang mencari sang pengemudi tsb. Untuk info nih, para biker fans IWB sekitar sentul yang hendak mengisi BBM disini, harap mencari di SPBU terdekat di tempat lain. Karena SPBU ini ditutup sementara, belum tahu sampai kapan. Thank you kang, semoga berguna….

SPBU kebakaran (3)

Juozzz gandozzz kang Agus….jiwa jurnalisnya luar biasa. Suwun tenan infone. Nah…sekarang mari kita coba analisa bersama-sama kenapa hal itu bisa terjadi. Kebetulan IWB langsung bertanya kepada salah satu kepala mekanik diYamaha Belitung. Dan jawabannya simpel….kemungkinan ada kabel yang mengelupas dibagian mesin. Ketika posisi kontak masih ON entah engine hidup atau mati….arus listrik bekerja dan mengaliri seluruh wiring kendaraan. Tanpa pelindung…..uap bensin yang bersemayam diSPBU akan memicu percikan api dibagian yang mengelupas. Bisa ditebak, pertemuan antar kedua unsur menimbulkan ledakan serta kebakaran. Kalau sudah begini jangan harap kendaraan mampu diselamatkan. Masih untung kejadian diatas tidak ada korban jiwa sebab biasanya kebakaran diSPBU efeknya sangat dahsyat brosis….

Last…..wajib mematikan mesin atau kontak kendaraan saat mengisi bensin bukanlah tanpa alasan. Tujuan utama tentu untuk safety seperti insiden diatas. Mata telanjang susah mengetahui kabel yang sudah getas atau mengelupas. Namun tidak dengan uap bensin yang mempunyai “penciuman”  luar biasa dengan posisi arus listrik. Untunglah untuk motor, kita tidak bisa mengisi bensin dengan posisi mesin hidup. Lawong kuncinya cuma satu :mrgreen: . Namun akan lebih baik tetap turun dari kendaraan guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Ngisi bensin diSPBU??. Jangan diremehkan brosis…….(iwb)

 SPBU kebakaran (2)SPBU kebakaran (1)

Post by IWB. Follow us on….

Twitter : @iwanbanaran
FB : Iwanbanaran
Email : [email protected]
Youtube channel : Iwanbanaran
Path : Iwanbanaran
Google+ : Iwanbanaran
Blog alternate : IWBspeed.com

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!