iklan iwb

banner-460x110 (9)
460x110_rev

wpid-3-20premium20habis4

Bro dan sis sekalian….kehebohan atas keputusan Pertamina membatasi suplai bensin subsidi sangat dirasakan biker diseluruh wilayah Jawa seperti Jawa Barat, Jawa Timur dan Tengah…Cirebon, Tegal hingga Yogyakarta yang cukup sulit mendapatkan bensin Premium. Implikasinya…..para pemilik kendaraan berbondong-bondong membeli Pertamax. Wah…berhasil dong tujuannya. Eitt….tunggu dulu mzbro. Konyolnya bukan hanya premium yang kini lenyap. Akibat lemahnya perhitungan…..Pertamax kehabisan stock hingga seluruh bensin diSPBU habis total. Opo ora cenut-cenut!!….
GT125Garuda_460x140

iklan iwb

Kekesalan diungkapkan bro Amir via surel keIWB. Doi mengungkapkan kekesalannya karena pemerintah dan Pertamina tidak mempunyai perhitungan matang jika ingin membatasi bensin subsidi. Biker asal Yogyakarta tersebut mengungkapkan dua hal kelemahan yang patut menjadi catatan. Berikut email doi…..

Assalaamu’alaikum wr.wb

Mas, Jogja premium di SPBU pada habis. kemarin pada antri panjang. Pertamina & Pemerintah Ngawur ini waton batasi wae.

1. Pertamina & Pemerintah kalau mau membatasi BBM bersubsidi harusnya BBM Non Subsidi disediakan banyak. Lha ini BBM yang Non Subsidi ikutan habis.
2. Terus Dispenser untuk BBM Non Subsidi di bedakan jalurnya biar tidak ikutan antri dengan yang BBM bersubsidi.

Sakjane nek (sebenarnya jika red.) BBM Bersubsidi dibatasi terus adanya BBM Non Subsidi aja banyak konsumen yang mau beli BBM bersubsidi. Kalau seperti ini benar-benar menghambat ekonomi rakyat!!.

Yup…tidak berlebihan kang Amir meradang. Kelangkaan premium memang terjadi sejak seminggu lalu. Tidak hanya Jateng….kelangkaan premium terjadi di jalur utama pantai utara (pantura) Jawa dan kini mulai melipir kearah Selatan. Dari berita yang IWB kumpulkan….warga di wilayah Cirebon, Kuningan, Indramayu, Majalengka, dan Tegal harus antre berjam-jam di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Yang mengesalkan….belum ada penanganan berarti untuk mengatasi krisis tersebut. Pihak Pertamina adem ayem seperti tidak perduli. Lah…sebenarnya apa sih yang terjadi??….

1644984_20130211051856

Pertamina memang sengaja membatasi pengiriman mzbro. Sebagai contoh diSPBU Kuningan Rest Area biasanya dijatah premium 24 kiloliter (kl)…sekarang yang didapat hanya 8 kl. Kuota 8 kl itu padahal bisa habis hanya dalam dua jam. SPBU Babakan juga pusing karena dengan jatah 8kl…praktis mereka harus berbagi. Yup…warga kudu antri berjam-jam hanya untuk membeli 20 ribu. Mau nggak mau kudu dibatasi karena jatah sangat jauh dari pengiriman biasanya. Kelangkaan bensin Premium di Cirebon terjadi di SPBU Cipeujeuh Lemahabang, SPBU Karangsembung, SPBU Babakan, SPBU Ciledug, SPBU Pabuaran, SPBU Waled, dan SPBU-SPBU di jalur pantura…

Alhasil banyak warga yang akhirnya ngendon antri sejak tengah malam agar mendapatkan bagian. Mirisnya kekacauan tersebut dipergunakan para penjual bensin eceran yang ingin meraup untung besar dengan menjual dagangannya 7ribu hingga 8ribu perliter. Terus gimana tanggapan Pertamina mengenai kelangkaan bensin non Subsidi??. Membantah dengan tegas. Seperti penuturan Vice President Corporate Communication PT Pertamina Ali Mundakir yang IWB kutip dari Jawapos….

20130619_premium-habis-di-spbu-tugu-soeharto_7250

??Stok BBM di Pertamina berada pada level di atas 18 hari kebutuhan nasional. Itu level yang normal. Kalau alokasi harian BBM bersubsidi yang habis pada sore hari, itu hanya dampak logis dari pengaturan penyaluran BBM bersubsidi,?? serunya. So…doi menyalahkan dampak logis dari penyaluran BBM bersubdisi. Menurutnya suplai sudah cukup dan tidak benar ada kelangkaan Premium. Makin mumet wis. Pertamina sendiri mengaku memang membatasi jatah bensin subsidi dari?48 juta kiloliter (kl) menjadi 46 juta kl tahun ini. Hal ini dikarenakan instruksi pemerintahan baru yang sedang mengkaji serius perkara BBM non subsidi……

Yah….apapun itu akan lebih bijak jika pemerintah mampu memberikan solusi pada rakyat yang kesusahan diluar sana. Monggo saja dibatasi Premium kalau memang demi “penghematan” uang kas negara. Tapi yang penting jangan sampai bensin kehabisan stok. Mungkin pengiriman Pertamax ditingkatkan dua kali lipat untuk seluruh daerah. “Kondisi ruang fiskal kita tidak memungkinkan untuk semua subsidi BBM itu. Kami akan coba geser ke sektor produktif. Jadi harus masuk usaha produktif. Bukan subsidi untuk kenikmatan. Harus banyak kalkulasi. Belum bisa diputuskan” ujar presiden Jokowi menanggapi dilema bensin subsidi. Btw gimana dengan daerah sampeyan mzbro??. Kesulitan bensin nggak??…..(iwb)

20140811_031925_premium997144_12011019082012_premium-habis

202 COMMENTS

  1. kalau terus begini, berarti memberikan kesempatan buat pesaing pertamina seperti Sh*ll, Pet*onas, Tot*l, dll untuk unjuk kebolehan.

  2. SPBU jogja yang di pinggiran kota juga kosong kang 😀 antri juga cuman ada pertamax.harusnya BBM buat para mobil keluaran terbaru jangan di subsidi lah..ngabisin quota BBM aja.
    tapi jikalau pemerintah tidak segera mengambil tindakan ya sudah kondisi gak akan berubah.pemerintahnya gak bisa belajar dari pengalaman yang sudah2.takut apa emank gak mampu?
    BBM naik pada koar2 demo.padahal tiap hari beli rokok 10 ribu ke atas aja pada mampu.

  3. Probolinggo juga mengular kang iwan..

    Jdi jalan utama probolinggo ke surabaya penuh dengan pemandangan truk dan sepeda motor yang antri BBM kang..

  4. wkwkwkwkkkkk……
    gimana nasib motor2 ganteng kayak cb150,nvl, r15,cbr,ninja…?
    mosok musti dituntun gara2 ga da bensin. wkwkwkwkkkk….
    kalo sikacung aman aja, ga perlu bensin dia. wkwkwkwkkk….
    sama kayak ane cuman pake sepeda ontel. cape dikit cuman diisi ama singkong rebus + air mineral isi ulang. wkwkwkwkkkk…..
    #serius
    prihatin dengan kemampuan negara yg belum berani melakukan terobosan padahal sudah banyak orang2 pinter yg menciptakan sumber daya alternatif tapi tidak disokong pemerintah.

  5. weh…di pulau jawa aja sdh dijatah…aplg di kalimantan yg sejak dr dulu dijatah….,skrg aja sdh terlihat antrean di spbu dan ditambah plang merah dgn “tulisan jatah kuata bbm premium untuk hari ini sdh habis”…..piye ki..,klo di eceran bisa tembus 8 – 9 rbu per botol neh,.. apalgi di pedalaman….bisa 20 rb se-liter….,

  6. Bingung bacanya. Yg dibatasi itu bensin bersubsidi atau non-subsidi sih?
    -Non-subsidi kan pertamax n pertamax plus.
    -Bersubsidi itu premium.

  7. mudah2an karena kondisi ini :
    – mobil pribadi berkurang,
    – lari ke angkuan umum
    -yg gawe deket gowes aja..go green (udah ane jalanin ..itung2 olahraga)
    -habitat motor berkurang
    -koment fb ga songong (apa hubungannya )
    -hehehehehe

  8. harusnya bbm subsidi buat mobil dihapuskan..rata2 pengguna mobil itu org mampu buat beli bbm non subsidi.secara mobil ajah sanggup beli ratusan juta..jdi bbm subsidi buat kendaraan umum aja sma sepeda motor yg golongan tidak mampu.

  9. subsidi membebani apbn adalah bohong besar…subsisdi dikurangin kicauan bank dunia yang menekan pemerintah..sungguh kejam pemerintah

  10. Terima kasih pak jokowi … Dengan begini rakyat anda akan makmur dan hidup damai … Cepat kekuarkan E_elektrik untuk beli bensin … Dan E_elektrik untuk ayam renyah kfc !!! Xixixixixixixi…

  11. Ayo pak jokowi keluarkan E_elektrik untuk beli kue apem dan bolu basah punya mbak nabila … Ane lagi horny nihhh … 😀

  12. Disinyalir tigong tengki bocorlah yg menyebabkan bbm langka

    Ngoahahahahaha
    Salam macan ompong berketeng ngetek

  13. Jokowi bakal bikin sirkuit Internasionaal untuk menggaet MotoGP ke Indonesia
    bonsaibiker.com/2014/08/27/jokowi-serius-bikin-sirkuit-internasional-untuk-menarik-motogp-ke-indonesia/

  14. @ All : ini bukan karena pemerintah kurang perhitungan. Tp ini strategi SBY utk bargaining power dgn Jokowi. Ilustrasinya gini : SBY : bbm langka, harga harus naik, mau naik skrg atau nanti stlh anda jd presiden? jokowi : Sekarang aja. SBY : wani piro..?? SBY ingin ikut transisi kekuasaan ke Jokowi, tp kubu Jokowi (terutama PDIP) ga mau direcoki. Maka SBY pun mainkan manuver dgn “kelangkaan” bbm ini. Ini semua politik, ttg kekuasaan dan uang….

  15. kayaknya kita harus berpikir ulang untuk menyalahkan pemerintah atas terbatasnya bahan bakar premium. Coba kalo dihitung berapa banyak yg pake bensin, 97% masyarakat menggunakan bensin. pemerintah dari zaman dahulu TAKUT menaikkan harga bensin, imbasnya hutang indonesia pada negara lain meningkat.
    Indonesia memang kaya akan minyak mentah namun blum bisa memprosesnya menjadi bahan bakar minyak, untuk proses inilah minyak mentah dijual kepada negara lain, setelah menjadi bahan bakar minyak (minyak tanah, solar, bensin, pertamax, pertamax plus, bensol, avgas, dll) dibeli kembali oleh indonesia melalui pertamina.

    jadi gunakanlah minimal pertamax, spy subsidi dari pemerintah tepat sasaran.

    • Indonesia bukannya ga sanggup memproses minyak mentah ke produk jadi, boleh percaya boleh engga! Ini permainan kelas kakap bro…! Ini kerjaan para “CALO” minyak… Di oper keluar negri harus lewat calo, nanti kalo udah jadi di masukin lagi harus lewat calo lagi…. Gila ga tuh…! Siapakah calonya? Yah termasuk diantara para donatur di pilpres kemaren…

      • ente bener bro. sdh enak para calo dan pentolan2 yg ngurusin begituan dapet uang bnyak sekali wes ga mikir mau proses bbm sendiri. kl dproses sndiri mereka ngaplo…

    • di luar negeri, tenaga ahli yang merefinerasi (refinery) raw petroleum sebagian juga orang orang indo tki yg kerja di conoco, shell, dst…. gajinya gila bro! jargon bahwa orang indonesia belum bisa merefinerasi sendiri raw petroleumnya… itu tipu tipu supaya londo bisa terus mengeksploitasi hasil bumi indonesia… awas.. jangan dibegoin!

  16. Iki langsung siaran live dari Malang mambengi mas…
    Aq ngantri bensi…hadeeuuuhhh
    —–
    nyobamoto.com/2014/08/27/semalam-malang-merana-saat-bbm-langka/

  17. Oii!… Acik – Omeng – Aren,.. lagi pada ngapain kalian ni semua. Bisa kerja yang benar nggak? Lo juga Iskan !,. jangan melongo aja!..

  18. Pertamina sih siap dengan berapapun banyaknya permintaan bbm non subsidi, masalahnya pengusaha SPBU nya gak siap.
    Pertama, fasilitas tangki timbun nya utk BBM non subsidi gak memadai karena biasanya nyetok yg bersubsidi. Perlu setidaknya 150 jt rupiah utk membangun tangki timbun baru. Pengusahanya enggan krn pembatasa BBM bersubsidi sifatnya sementara sd akhir tahun, awal tahun depan dah balik lagi normal. Gak cucuk biaya investasinya dengan pendapatannya.
    Kedua, harga penebusan BBM non subsidi pasti lebih mahal ketimbang yg bersubsidi sementara batine gak banyak. Yang cash flow nya paspasan pasti puyeng. Ngono kang Iwan….

  19. Mampu beli motor / mobil, kok isi nya premium..

    Ga mau repot ngantri ??? Beli aje bensin di Shell. :p

    Kemahalan beli di Shell ??? Pake angkot aja :p

    Males naik angkot ??? Ga usah kerja !

  20. Hal-hal seperti ini udah jd pemandangan yg biasa di kalimantan bro

    Ora usah kaget bro biasa ae “? ??a???a????? “???(^?^)

  21. Kelangkaan yg disengaja….timbun dulu pake harga lama nanti begitu harga naik pasti deh gak langka….trick biasa….juga tawar menawar politik menjelang peralihan kekuasaan….mending premium di hapus saja, jual pertamax tapi dengan harga yg wajar sesuai harga pasar dunia kalau yg sekarang mah itu harga mark-up….

  22. Kalo di pulau Jawa susah, langsung beritanya keluar kemana-mana. Giliran diluar jawa susah harga mahal amir, ga ad pemberitaan. Gua pribadi di pulau jawa, dan malu baca berita gini. Manja abis.

  23. jokowi belum dilantik tapi kebijakan udah salah nih …
    mendingan pak prabowo presidennya …
    hidup pak prabowo , coblos no.1 !

    • Hoi dongo, itu kebijakan Presiden Sekarang SBY.

      Jokowi saja belum dilantik.

      SBY yang bikin krisis, karena kebijakan2nya yang tidak menyelesaikan masalah.

      Kalau Prabowo naik, yang protes bensin kosong akan ditembak ditempat ntar. wkwk.

  24. mpe kpn ya premium subsidi habis, mending premium subsidi ditiadakan aja klo keadaannya spt ini terus. kasihan rakyat yg mengantri berjam2, banyak waktu terbuang hanya untuk mendapatkan premium bersubsidi beberapa liter saja. mending diganti dg premium non subsidi aja. time is money bro.

  25. solusi gampang spaya premium murah nasionalisasikan seluruh tambang di indonesia, gw pernah kerja ditambang, abiss smua hasil bumi disedot bangsa asing. tepok jidat.

  26. akhir akhir ini suhu politik naik akibat bahan bakar naik .
    tapi ada jokowi-jk yg siap menerima aspirasi rakyat di masa mendatang , terimakasih rakyat , teruslah berjuang bersama .
    * salam 2 jari !!!

  27. di Aceh juga begitu sepanjang jalan dari banda aceh ke medan premium dan solar langka apalagi solar langkanya minta ampun kalo pertamax masih tersedia antrian solar dan premium memanjang sampai 1 km

  28. indonesia ku tercinta kok selalu begini yach semenjak era reformasi ?

    akhir jabatan selalu bbm langka?

  29. pemerintah itu bodo ato plin plan sih.
    Klo mau subsidi tepat sasaran,,motor premium,mobil plat hitam dan merah pertamax, mobil plat kuning premium.
    Gmna! Kepenak toh

    • aku juga bingung om,

      kenapa plat kuning yg mesti pertamak?

      jumlahnya khan ngak banyak.

      banyaken plat hitam.

      kalu plate kuning makan pertamak juga ngak significant ngurangi subsisdi

Comments are closed.