iklan iwb

GIF460x110px460x110-OK

photo 3

Bro dan sis sekalian…..seperti yang sudah kita tahu, pabrikan sengaja menyeting speedometer agar lebih kencang dibanding real speed berdasarkan GPS. Hal ini disengaja sebagai safety supaya biker mengendurkan kecepatan saat melaju diatas normal. Untuk pengukuran akurasi kecepatan real, biasanya para tester menggunakan racelogic. Alat ini merupakan standart pengukuran dalam uji performa?dan dipercaya cukup akurat sebab racelogic menggunakan sensor satelit. So….jangan heran jika media sekelas Otomotif memiliki data komparasi kecepatan speedometer vs racelogic seluruh unit yang pernah mereka tes. Dan inilah kompilasi yang mereka jabarkan…..

iklan iwb

Yamaha Mio

Deviasi atau penyimpangan disengaja oleh pabrikan. Tindakan berhubungan dengan psikologi untuk safety. Biasanya pada kecepatan rendah kalibrasi cenderung lebih real dan pada high speed?lebih besar.?Deviasi antara speedometer vs GPS bervariasi yakni antara 6 % hingga 10 %. Tiap produk dan pabrikan mempunyai regulasi serta policy sendiri besarnya deviasi. Nah…dari tabel screenshot Otomotif terlampir bisa mzbro intip secara detil…..persentase penyimpangan sang kuda besi. Silakan klik lampiran dibawah…..

photo 1

Data yang disodorkan diatas hampir semua merupakan tes top speed. Dari data diatas pula bisa kita lihat…..Suzuki Shooter 115 ternyata mempunyai kalibrasi speedometer hampir mendekati GPS.?Begitu juga dengan Kawasaki Z250, Pulsar200NS, X-Ride serta new Megapro FI. Semuanya dibawah 5 %. Sedang penyimpangan terbesar disandang Yamaha Force, Vespa S150 serta CBR150R. Ketiga produk ini menurut data terjadi penyimpangan 10-11 %. Jelas dari sana bisa kita simpulkan….speed on speedo tidak bisa kita jadikan patokan sahih sebab masing-masing motor diseting tidak sama. Bahkan produk dalam satu pabrikanpun. Namun yang patut diingat……seluruh tindakan pabrikan diatas adalah untuk safety bukan yang lain. Jadi ketimbang biker pecicilan betot gas terus, mending dibuat lebay supaya mempengaruhi psikologis pengendara. Btw data diatas adalah rekam komparasi milik Otomotif. Semoga bisa dijadikan panduan dan gambaran. Maturnuwunnn……(iwb)

photo 2

109 COMMENTS

  1. Nek spidol gawanan motor sing ora akurat diutak-utik ben dadi akurat ki iso ra? Carane piye nek iso?

  2. cbr jauh banget, berarti itu produsen ga yakin ama safety nya ini motor..makanya jauh bgt, haha

  3. udah ga ada nilai ekslusif sama sekali honda cbr 150 r itu…udah ngibul, loyo, overprice, model jadul yg terakhir malah : diobral…ancur2an dah

  4. Kalau menurut pendapat saya,hal ini bukan dengan tujuan alasan safety,tetapi pabrikan tersebut benar-benar tidak bisa membuat keakuratan speedometer dengan real GPS,pabrikan sudah berusaha dengan semampunya tetapi belum juga bisa akurat.

  5. emang kaya gitu om stiap pabrikan itu punya standar sendiri karna saya bekas quality engineriing dri yamaha tpi sih katanya itu standar dari pemerintah…

  6. r15 & cbr150r beda tipis cuy top speed.tp sayang sekali r15 buat di balapan d sirkuit kok pada njebluk?entahlah…

    • CB150r belum diajak nyentul aja udah pada rompal

      bedakan antara dipakai untuk balap dengan yang harian

      jangan bodoh2 banget lah bro

      • yoi bro r15 di kamplengi motor rompal di sirkuit?ngoahaha… r15 semakin kau sembah semakin njeblug ngoahaha… any question?

        • laah
          kata2 ane yg mana yg ada berunsur menyembah

          yg namanya balap itu ga cuma ngomongin tenaga tapi stabilitas handling skill dan bobot joki

          be smart lah bro
          ada data jangan ditelen mentah2

  7. Yang ini lebih gue percya…
    Dri pada comunity R25
    Ya jlas aja motor R25 dan merk yamaha di naikin pamornya

  8. dengan adanya artikel ini..fungsi utama markUp kecepatan pada speedo motor sudah tidak berlaku lagi…soal dah pada taw motor2 speed yg menipu konsumen . . tanya kenapa deh

  9. anget juga nih komparasi sampai gede2 angkanya :v
    pertamax7.com/2014/08/03/akibat-terlalu-memendekkan-shock-belakang-yamaha-r15-alumunium-banana-swing-arm-lecet/

  10. mongtor koHONDAngan kok mau dibawa ngebut?
    tidak bisa…
    motor nYAMAmaHa kok di bawa ngebut? Pake motor papah dong…

  11. motor emang gitu speedometer nya ,bandingin ama mobil simapangan speedometernya paling 1 persen doang.

  12. Wow.. Cbr spedo nya bnyk korup hahahaha..

    Apa lg yg iklan tantang bohongmu. Tmbus 151km/h kyk di iklan. Hahahah

  13. itu yg dites cbr lama atau yg baru ya? kok datanya beda, ada yg 133 kpj on speedo sama dgn 130 kpj on gps, terus ada juga yg 137 kpj on speedo sama dgn 127 kpj on gps, terakhir 143 kpj on speedo sama dgn 127 kpj. tanya kenapa?

  14. pada dasar nya hasil perhitungan top speed memank beda” susah tentukan mana yg bener sekalipun menggunakan gps.. aplagi klo daerah pengetesan nya sinyal gps ga lancar karna bisa” jeda waktu transfer data dan perekaman di divice gps jadi ngaco..

    intinya tertib lah berkendara bro taati peraturan lalu lintas dan selamat sampai tujuan..

  15. klo ga pake satu alat test bwt patokannya bagemana tong,,… nggooaahahaha.. koplak ente cuy,,
    full bahlul,,, 😀

    nikmatin aje ya toong,, lagian ente emang bisa ape buat perbandingan tanpa alat yang “mungkin” lebih akurat dari racelogic,,,

Comments are closed.