iklan iwb
iklan iwb

GIF460x110px460x110-OK

BSA becak siantar (4)

Bro dan sis sekalian……jepretan unik dikirim oleh bro Septian dari Siantar yang menunjukkan becak menggunakan motor. Jika motor umum sih nggak kaget. Tapi pemandangan yang ada didepan mata cukup mengejutkan. Namun….kendaraan yang digunakan adalah merk BSA….motor yang harusnya menjadi ajang koleksi bagi para kolektor…..
Yamaha Mio

iklan iwb

Jepretan diambil didaerah Siantar atau tepatnya dikota Madya Pematang Siantar Sumatera utara. Posisi kota ini hanya sekitar 3-4 jam dari pusat ibu kota Medan. Menurut bro Septian….disana banyak dijumpai motor antik BSA yang oleh penduduk setempat dialih fungsikan menjadi becak mesin. Walau kuno, pertimbangan mereka mungkin dikarenakan komponen kuda besi racikan Inggris ini kuat dan tahan banting. Padahal sayang banget tuh. Kalau dirawat pasti mempunyai nilai jual lumayan tinggi. Sistem transmisi BSA juga unik. Jika perseneling motor sekarang berada dikiri….BSA malah sebaliknya yakni diposisi kanan. Weleh….mumet ki kalau nggak terbiasa. Btw…sparepartnya gimana ya. Jerohan kayaknya udah modifikasi kali. Tapi tetap salut untuk motor tua masih mampu dipakai jalan. Emange BSA ki opo mz Iwan??…

Sekilas info…Birmingham Small Arms (BSA) sendiri didirikan pertama kali tahun 1861. Perusahaan awalnya hanya membuat senjata serta permesinan. Baru tahun 1880…BSA merilis produk sepeda onthel. Untuk motor mereka baru merambah ditahun 1910. Dengan mesin bertenaga 3,5HP….produk mereka laris manis. Diperang dunia satu dan dua…BSA juga terkenal menjadi penyuplai motor untuk pasukan Inggris dimedan pertempuran. Produk yang cukup terkenal masa itu yakni A series Twin, Triples (3 silinder) dan single. Ditahun 1912…BSA juga sempat meminta bantua Hupmobile Amerika untuk membuat body besi pada motornya. Sayang seiring perjalananan waktu BSA terus redup…

Didera krisis keuangan…pabrikan akhirnya diakuisi oleh Manganase Bronze Holding ditahun 1973. Grup ini ternyata gagal mengangkat kembali BSA berbarengan dengan Norton dan Triumph. Itulah akhir cerita dari BSA motorcycles UK. Dimasa sekarang ada 3 perusahaan yang menggunakan nama BSA yakni produsen motor India TI Cycles, produsen bearing dan terakhir perusahaan air Gun. Namun dipastikan ketiganya tidak ada hubungan dengan Birmingham Small Arms yang sempat melegenda dimasa silam. Pertanyannya BSA yang ada digambar adalah Birmingham Small Arms Inggris atau produk TI cycles India??. Menilik fisiknya yang renta sih sepertinya buatan Inggris mzbro. Jian sayang tenan kalau bener tuh……(iwb)

  BSA becak siantar (5)BSA becak siantar (2)BSA becak siantar (3) BSA becak siantar (1)

 

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!