iklan iwb

GIF460x110px460x110-OK

Bro dan sis sekalian…..sebagai motor pararel twin, Z250 memang cukup menarik. Power badak ditopang dengan sasis ringan membuatnya patut dipertimbangkan sebagai motor pilihan. Tapi siapa menyangka…diusianya yang masih seumur jagung, motor ini cukup rentan terhadap benturan polisi tidur. Hal ini disinyalir karena konstruksi mesin bawah yang terbuka tanpa pelindung. Kejadian ini menimpa pada beberapa owner Z250 salah satunya laporan dari Samarinda berikut ini…..
Yamaha Mio

iklan iwb

Bro Ayi berdomisili diSamarinda kirim surel keIWB tentang kejadian yang menimpa temannya. Karena tergiur dengan iming-iming harga murah….tanpa cek secara detil sang teman langsung memboyong Z250 yang dikatakan baru dipakai 4 bulan. Jingkrak kegirangan mzbro…lawong kilometer masih rendah bener. Tanpa basa-basi serta cek ricek…..sang naked akhirnya berpindah tangan. Awalnya dipakai normal tidak masalah. Hingga suatu saat….doi tanpa sengaja melibas polisi tidur rada tinggi. Disanalah bencana terjadi….

Permukaan polisi tidur sukses nyolek bagian bawah tunggangan. Yang mengejutkan benturan kecil tersebut ternyata membuat oli bocor. Bingung dan puyeng kangbro. Rasa shock makin menjadi karena setelah dicek…..sisi komponen memang sudah bekas las-lasan tanda empu sebelumnya mengalami kejadian serupa. Opo ora lemes. Berikut surel bro Ayi…

Hallo mas Iwan, kasus nih. Teman saya, beli z250 second. Karena di dealer indent lama. Trus ada yang nawarin z250 baru 4 bulan, harga turun 10 juta. Diembat deh. Ternyata, oli bocor setelah terbentur di bagian bawah. Pas dicek, ternyata emang sudah ada las -lasan. Waduh…. Kecewa pastinya. Pertanyaannya, itu partnya apa namanya mas ya ?? Kelihatannya terpisah dari body mesin. Kira2 harganya berapa ???. Satu lagi, kenapa Z250? tidak ada protector dibagian bawah ya ?? Biar klo ada polisi tidur. Gak langsung kena body. Terima kasih Mas Iwan. Ayi, Samarinda.

Jpeg

Nah…untuk harga sendiri IWB kurang tahu. Tapi kalau dilihat posisi retak….jelas oil carter kudu diganti. Harga nggak terlalu mahal yakni kisaran 250ribu. Masalahnya part ini biasanya kudu inden 2-3 bulan. Karena itulah IWB menyarankan agar bro Ayi membawa tunggangan temannya kedealer Kawasaki. Setidaknya biar dicek yang detil. Selang nggak lama….bro Ayi melaporkan hasil dari pengecekan kebengkel geng ijo. Sebuah info yang membuat IWB mengerutkan dahi….

Kabar baru mas, dah ke dealer Kawasaki ternyata…pegawainya pakai Z250 juga dan kasusnya sama persis, pecah kena polisi tidur. Berarti siapa yang salah ???. Polisi tidur atau material kawasaki ???. Kok di satu kota sampai 2. Pegawai itu menyarankan di las saja, luar dalam. Karena dia sendiri pesimis ada barangnya klo pun inden bakal lama. Padahal oli netes terus. Ini lagi dibawa ke tukang las alumunium, ntar kalo dah selesai saya fotoin. Yang ngasih rekomen tempat lasnya pegawai dealer Kawasaki itu sendiri. Dia sendiri pakai sistem las. Belum ganti. Kata dia di Jakarta juga belum tentu barangnya ada. Ini masih nglacak di Jakarta lewat teman, siapa tau ada. Kok gampang banget rusak ya mz….

Turut prihatin mzbro. Memang harus sabar. Apalagi part yang rusak masuk kategori slow moving part. Bro Ayi berjanji akan update hasil pengelasan darurat agar oli tidak netes. So brosis sekalian….mumpung belum kejadian, IWB share artikel ini supaya para penunggang Z250 yang lain lebih waspada khususnya saat melintas diatas polisi tidur. Mencegah lebih baik ketimbang memperbaiki. Dan untuk pabrikan…..semoga kejadian diatas bisa menjadi bahan masukan dan kajian untuk memperbaiki konstruksi kedepan. Sisi rentan “crack” akibat benturan mungkin bisa dikasih protector atau sejenisnya mungkin. Semoga saja….(iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

163 COMMENTS

      • Waks kok kepotong sih aneh…
        Oil carter kena, aneh ya Z saia dulu gak gitu…paling gesrot knalpot
        ——-
        Suzuki FU dilengkapi alarm canggih di kelasnya…
        kobayogas.com/2014/07/23/suzuki-security-alarm-system-milik-satria-fu-tercanggih-di-kelasnya/

        • Asa araneh euy, itu kayaknya menghantam batu bukan poldur, soalnya si Shiro sa mentok2na ge knalpot terus yang kena, aman oil carter mah…

          Yang kiri charming, yang kanan tampan, dynamic duo 😀

          artikel malam jumat
          kobayogas.com/2014/07/24/hantu-penunggu-kontrakan-yang-menyamar-jadi-teman/

    • Untung besi, coba plastik gimana?? ‘> lirik r25*yang bodynya plastik ember semua ngaooaoaoakakakakakakaka

    • saya curiga itu bukan kena polisi tidur tapikena lubang di bakungan jalan antara samarinda-tenggarong,lubangnya besar2 bro,ini lagi tahap semenisasi tapi baru sebagian,jangankan motor mobil strada sama ford ranger aja klo lewat situ sering kena roda gilanya apalagi motor,aq yang pakai hartop aja kmrin masih terbentur mas,kalimantan memang mantap lubangnya bro?

      • mungkin aja krna poldut mas, wong tetangga sebelah yang make z250 lebih doyan jalan lewat gang sebelah yg gak ada poldutnya secara itu anak jarang jj lewat loa kulu(mungkin gak pernah)

  1. waduh lek, ;'(
    pertamax7.com/2014/07/24/promo-special-lebaran-beli-honda-cbr150r-dapat-diskon-rp-14-jutaan-jadi-rp-289-jutaan-berlaku-nasional-sampai-akhir-juli-2014/

  2. dulu ketemu rekan namanya om anton,, beliau bilang
    kawasaki z250 ku kudu hati2 kalau lewati polisi tidur, ada rekan komuntasnya yang netes oli dari mesin gara2 kasus ini

  3. serem, pake si tua tornado mah aman2 aja. nabrak poldur juga sering tapi ada besi penutup mesin di bawah, justru itu yang peyang. sisanya paling velg. murah itu mah.

    kualitas jelek? enggak tapi pertanyaannya adalah kenapa gak di kasih cover mesin?

    -_-“

    • sengaja gak dikasi kayaknya, karena kalo dilihat oil pan Z250 bersirip (heatsink) bertujuan membantu pendinginan dg udara,….
      di indo poldur emang banyak yang kebangetan, ndak onok standarisasi ukurannya.
      jadi jangan salahkan motornya,…salahkan saja sopire + poldure.

  4. Part itu namanya oil pan mas, Kalo er6n harganya 420 ribu, gak tau deh mas kalo si z250sl. Wah, kudu ati-ati nih. Ato gak mungkin dikasih belly pan buat jaga2 juga ok kayaknya

    monkeymotoblog.com/2014/07/23/untuk-pemudik-bermotor-selalu-berdoa-fokus-dan-jika-capek-istirahat-ya-d/

    • yg 250 pastinya,krna di samarinda kal-tim 4 bulan yang lalu belum masuk yang sl bro,R15 aja baru masuk skitar 12 harian ini,apalagi R25 mungkin tgl 32 agustus baru sampai sini,maklum lewati lembah naikin gunung brobaru sampai ke kalimantan timur ini baru tembus tuh motor2 baru,,,

  5. Kalo harus ganti kayaknya sih bukan crankcasenya lek, tapi ada semacam tandon oli dibawah…kalo dimobil kijang bahannya besi plat bukan almu seperti crankcase, jadi kalo kebentul ga pecah karena plat tebal. Mungkin kawasaki perlu pertimbangkan untuk ganti bagian itu aja, pake bahan plat besi tebal.

    • yg Z250 pastinya,krna di samarinda kal-tim 4 bulan yang lalu belum masuk yang SL bro,R15 aja baru masuk skitar 12 harian ini,apalagi R25 mungkin tgl 32 agustus baru sampai sini,maklum lewati lembah naikin gunung brobaru sampai ke kalimantan timur ini baru tembus tuh motor2 baru,,,

  6. Kalo dibangka masing jarang yg make z250sl mas.. saya kemaren nanya ke saalah sati dealer di s.liat.. saya kaget harga nya ditaro 50juta mas.. trus saya bilang bukan nya harusnya sama kyk rr monobyg dikisaran 42 juta.. tpi dijawab sama pegawainya.. beda mas itu rr bru.. kalo yg ini adek nya z250 yg biasa.. gila gak to dealer… apa gak ada pihak kawasaki yg ngasih sanksi untum dealer yg upping pricenya gila2an..

    • yg Z250 pastinya,krna di samarinda kal-tim 4 bulan yang lalu belum masuk yang SL bro,R15 aja baru masuk skitar 12 harian ini,apalagi R25 mungkin tgl 32 agustus baru sampai sini,maklum lewati lembah naikin gunung bro baru sampai ke kalimantan timur ini baru tembus tuh motor2 baru,,,

  7. Bang kobay masih belum mampu menandingi ketampanan bang Setiawan Dwi Hendri aka bang saepul

    ngoahahahaha

  8. Update Arus Mudik Jalur Selatan
    bonsaibiker.com/2014/07/24/update-arus-mudik-jalur-selatan-dan-tengah-lalin-gentong-ciawi-jamanis-ramai-lancar-tol-kopo-subang-lengang/

  9. wkwkwk Ternyata produkk kaoskaki ada yang rompal juga engine nya wkwk

    buagus nih buat nemenin Cebong di bengkel las wkwk

    salam las-lasan . . .salam las karbit wkwjwk

  10. 11-12 sama cebong rompal wkwkwk kesenggol semen dikit langsung rompal

    gajauh beda sama produk buatan Astra Honda Minerva ternyata cong

    wkwk rejeki nya tukang las nih

    • semennya semen tiga roda pak eko prabowo kw 7,mobil yang nabrak aja gpp apalagi cuma motor yang 20% mengandung buatan china ya rompal mas,klo semennya semen gresik atau semen tonasa mungkin semennya yg rompal.kuatnya ya semen tiga roda,salam 3 roda, eh salam 3 jari maksud q,xixixixi..

  11. ” Berarti siapa yang
    salah ???. Polisi tidur atau
    material kawasaki ”

    ===============

    Jelas itu material nya buatan cina ngoahahahaha

  12. Merk apapun klo namanya material aluminium kegasruk polisi tidur ya pasti bisa pecah..itu cm masalah desain oil pan yg terlalu kebawah dan tidak ada penutup pelindungnya. Dilas jg g mempengaruhi performace mesin lha wong cuma tempat penampungan oli sebelum dipompa kembali utk didistribusikan.

  13. Mas Iwan… Kenapa email notifikasi yg msk selalu 2 x ya ? Sdh beberapa hari ini setiap ada artikel brojol selalu 2 x msk email, jd penuh nih inbox, hehehe

  14. yamaha disunat, kawasaki rompallll, honda so far belum ada masalah untuk 250cc nya, kecuali masalah power kekecilan & silinder jomblo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here