iklan iwb
iklan iwb

GIF460x110px460x110-OK

Seluruh kantor dibikin shock mendengar Arman (sebut saja demikian) mengalami kecelakan kendaraan bermotor hingga cedera parah. Kabarnya doi tersenggol bis….motor oleng…jatuh…dan kakinya dilindas kendaraan dibelakangnya hingga tulang panggul dan kaki patah. Ngilu tenan mzbro. Apesnya….bukannya ditolongin, motornya malah dibawa kabur oleh orang tak dikenal. Ketidak beruntungan ternyata tidak kunjung usai…..
Yamaha Mio

iklan iwb

Dirumah sakit karena alasan administrasi….para petugas tidak segera melakukan tindakan darurat. Ditelantarkan hingga kaki sudah mati rasa membuat Arman didera siksaan luar biasa. Setelah menunggu sekian lama dan menyelesaikan administrasi….ujung-ujungnya doi malah direkomendasikan pindah rumah sakit karena keterbatasan dokter bedah. Jawaban yang bikin frustasi mengingat luka belum disentuh sama sekali oleh perawat yang bertugas selama 24 jam pasca kecelakaan. Akibat keterlambatan, efeknya sangat fatal sebab doi akhirnya divonis cacat susah normal kembali. Sebuah kabar yang tentu saja membuat sesak siapapun yang mendengar termasuk temannya sekalipun…..

Arman adalah sosok yang baik. Bawaannya pendiam tidak pernah menyakitiΒ  orang lain. Ringan tangan suka membantu menjadi ciri khas keseharian dilingkungan kantor. Soal fisik….wah gagah bener bro.Β  Makanya kaum hawa banyak yang keranjingan pada penampilannya.Β  Dikantor juga doi akhirnya mendapatkan jodoh yang dinikahin hingga mempunyai anak satu (masih balita). Sayang, pasca kejadian tragis…..Arman seperti memutus hubungan dengan dunia luar. Doi terkesan menutup diri enggan dijenguk teman. Untunglah perusahaan tempat doi bekerja memberikan dispensasi. Arman diijinkan cuti kerja hingga cederanya sembuh…..

Waktu terus berjalan. 3 bulan sudah terlewati belum ada tanda Arman masuk kerja. Ternyata dari kasak kusuk yang beredar….operasi kaki yang dijalani beberapa bulan lalu mengalami kegagalan. Entah menjadi korban mal praktek atau nggak, yang jelas…kaki Arman kudu dibedah ulang sehingga proses recovery lebih lama dari biasanya. Mirisnya asuransi sudah angkat tangan. Yup…biaya yang mencapai puluhan juta rupiah membuat asuransi kesehatan dari perusahaan menyerah. Ya Allah….ada apa sih dengan siArman. Berat bener cobaannya sebagai orang baik. Semua teman yang mendengar hanya bisa menggeleng dan menghela nafas panjang. Beramai-ramai seluruh department akhirnya berinisiatif menggelar aksi solidararitas mengumpulkan sumbangan. Tapi akibat biaya operasi yang sangat besar….nominal yang terkumpul bak madu disiramkan keair sungai. Nggak nampol mzbro….

Memasuki bulan ke5….kabar gembira berembus dilingkungan kantor. Arman akan masuk kerja brosis….luar biasa sukacita semua teman yang sudah menunggu sejak 3 bulan yang lalu. Tanpa banyak persiapan khusus seluruh teman menyambut dengan hangat. Tapi alangkah terkejut saat masa itu datang. Sosok Arman yang gagah telah hilang. Badan jauh lebih kurus dengan dua alat penyangga berusaha membantu badan berdiri tegak. Kaki satunya kini terlihat menggelantung nyaris tidak berfungsi πŸ™ . Dengan kondisi tersebut Arman masih berusaha tersenyum menyembunyikan derita dan cobaan yang begitu luar biasa….

Keterbatasan fisik membuat Arman cepat lelah. Atas saran teman-temanya….lelaki berusia 38 tahun tersebut dianjurkan agar sering istirahat. Tidak jarang karena kelelahan, Arman tidur terlentang dilantai gudang kantor beralaskan koran seadanya. Luar biasanya…..doi bisa tidur pulas ditemani tongkat kaki yang kini menjadi teman setianya. Badan yang dulu lincah dan bersemangat kini sirna. Yang ada adalah sosok rapuh patut dikasihani. Saking nyenyaknya…seringkali mulut Arman terbuka seperti menahan letih dari cobaan yang diberikan sang khalik. Kondisi tersebut membuat teman-teman kantor tidak kuasa menahan perasaan iba, khususnya para cewek yang harus menahan air mata melihat sahabat akrab yang bekerja bersama selama 12 tahun mengalami nasib yang begitu malang….

Hari dan bulan terlewati. Alhamdulillah….Arman sudah kembali ceria melupakan terjalnya cobaan yang dilalui. Walau masih dibantu tongkat….doi bisa bersenda gurau lepas. Arman akhirnya mulai terbuka sudi menuturkan perasaan yang dialami. Ngobrol ringan hingga menuju tema serius. Suatu ketika….meluncur pengakuan yang cukup mengejutkan. Arman menuturkan ke S (sebut saja demikian) bahwa doi ikhlas dengan kondisi fisik yang diberikan sekarang. Doi mengaku bisa menerima semua yang menimpa pada dirinya. Doi menyadari…..seluruh kejadian merupakan balasan atas ulahnya sendiri. Lho koq??….

Yup….dengan bergetar Arman menuturkan. Setahun sebelum kejadian naas tersebut, ternyata doi pernah mengalami insiden tabrak lari. Entah bagaimana ceritanya….kejadiannya sangat cepat. Tanpa bisa dijabarkan secara gamblang…..tiba-tiba saja kendaraannya nubruk seseorang cukup keras. Tapi bukannya berhenti untuk nolongin….Arman malah kabur. Motor digeber meninggalkan lokasi. Alasannya satu…takut urusan panjang dan ribet. Apalagi melihat sekilas dari spion…cedera korban sepertinya cukup parah karena terkapar dipinggir aspal. Kejadian singkat tersebut dilupakan begitu saja. Namun…pasca kecelakaan yang menimpa dirinya….barulah ingatan seperti diseret kepada tabrak lari 1 tahun silam. Sebuah cerita yang membuat merinding pastinya brosis….

Kisah diatas merupakan cerita nyata yang menimpa teman IWB. Walau banyak yang meragukan ada keterkaitan antara kedua kejadian….namun itulah faktanya. Dan hati kecil Arman mengatakan demikian. Seperti bisikan tak bertuan mengingatkan keburukan yang kita perbuat. Balasan lebih pedih diberikan sang khalik jika kita jahat terhadap seseorang. Sebaliknya….insyaallah rasa manis akan kita rasakan jika sudi menabur kebaikan kepada siapapun. Yang patut dicatat…..balasan didunia hanya awal sebelum mendapatkan balasan yang maha dahsyat diakhirat kelak. Wallahualam….

Oleh karena itu brosis…marilah berlomba berbuat baik terhadap sesama. Sebab niscaya kita sendiri yang akan mendapatkan manisnya…bukan orang lain. Sebaliknya….rasa puas dan tertawa bangga melihat orang lain tersakiti oleh tindakan kita…hanya tinggal menunggu waktu tindakan tersebut bakal berbalik dengan lebih pedih. Didunia ini ada hukum sebab akibat. Siapa yang menanam…..dialah yang menuai. Peribahasa tersebut dibuat bukan hanya dongeng belaka. Namun merupakan pengalaman turun temurun dari para pendahulu kita yang tahu betul liku-liku kehidupan manusia dimuka bumi ini. Akhir kata….Semoga cerita nyata yang IWB share diatas bisa menjadi bahan renungan kita bersama agar tidak menyakiti orang lain pada umumnya serta meremehkan tindakan tabrak lari khususnya. Amin YRA….(iwb)

Gimana reaksi sampeyan cakkk !!
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Advertisements

120 COMMENTS

  1. astaghfirullahhaladzim.

    suwun mas infone, ngingetin pembaca utk selalu mengintrospeksi diri.

    kalo boleh berpendapat, sebenarnya tidak ada hukum karma dlm islam, yg ada adalah Allah maha adil dan mempunyai cara sendiri dlm menunjukkan kpd manusia agar selalu introspeksi diri, menebus kesalahan, pelajaran berharga, dsb sbg tanda Allah sayang sm kita.

    cuma pendapat mas, sy bukan ahli agama hehe..

      • Betul bro…karma memang bahasa Indonesia baku yang sering digunakan. Karma sendiri mengadopsi bahasa Sansekerta kuno karmapala. Dan betul sebutan tersebut tidak ada diIslam
        * Sudah direvisi kalimatnya biar tidak rancu

    • Karma itu ada di agama Buddha bros, dan itu memang nyata, percaya gak percaya itu terserah bros sekalian, tp bukti nyata udah banyak, seperti yg menimpa abang saya sendiri. Apa yg kita tanam itu yg kita tuai nantinya.

      • setuju. Pemahaman keyakinan karma memang ada tp tidak dlm agama islam.
        So kl mungkin rada berseberangan dg keyakinan lain mohon dimaklumi.

      • Karma ada dlm ajaran agama q bro,jngan mengolok2,tkutnya bsok anda ga bisa mengetik kalimat demi klimat lg krna jari anda mengalami cedera ato bahkan putus,hehehe

      • emange dr td gue mengolok2?
        Kan dah ku jelaskan td. Silahkan baca lg.
        gue tak mengolok2 bkn krn takut spt tak bs ngetik atau apa, tp memang ajaran agama yg gue anut tak bolehkan mengolok2.

      • ga ada yg mengolok bro, kita menghormati ajaran keyakinan lain.
        kalo di agama budha ada karma, itu hak bagi pemeluknya.
        begitupun juga kepercayaan yg dianut umat yg lain.
        dalam kasus ini, kita kan tahu kalo mas iwan itu beragama islam, jadi saling mengingatkan dan berbagi aja.
        kalo yg bilang ada karma itu memeluk budha ya kita ga masalah bro dan kita membiarkan orang itu menganut keyakinannya dan aku pribadi khususnya ga berhak mencampuri apalagi menghakimi kepercayaan itu karena aku menganut keyakinan yg berlainan.
        no sara, hanya sekedar berbagi, dan saling bertoleransi.

      • iya kan aku ga mempermasalahkan kalo karma itu ada di keyakinan budha atau mungkin yg lain.
        karena aku muslim, maka aku mneyebutnya dg keadilan Tuhan, dan itu yg kuyakini.
        dan aku juga gak akan memusuhi apalagi menghakimi orang yg percaya adanya karma.
        karna mas iwan muslim jd aku hanya sekedar mengingatkan.
        diterima atau tidak itu hak prerogatifnya Tuhan dan mas iwan sendiri.
        case closed.

      • nitip lapak kang
        yang mau kredit motor Honda,Yamaha dan Kawasaki bisa dimarih
        http://www.kaskus.co.id/profile/viewallclassified/6911796
        keunggulan kalau agan kredit/cash di ane
        – DP bisa pakai motor bekas
        – Syarat cuma KTP dan KK aj
        – Malam ane jemput data , pagi atau siang di survey , sore motor ud bisa agan ambil di delaer , PROSES MAKSIMAL 24 JAM ,!!

        makasih kang

    • apakah ada dalil atau dasar hukum dlm islam ttg karma?
      (gue anggap pernyataan loe islam krn ada kata tausiyah)

      • Q pernah lihat kaligrafi di kcmtn widang yg artinya : sesungguhnya ada jawaban untuk tiap tiap perkataan dan ada balasan untuk tiap tiap perbuatan

      • tp itukan bkn karma, krn yg berhak menghukum manusia adlh Yang Maha Kuasa.
        Jd apa yg ditulis diartikel menurut islam yg ku pahami, penderitaan subyek bukan semata2 disebabkan perbuatannya krn dulu prnh tabrak lari. Tp hukuman itu datang dr Allah.

      • pada ayat tsb, apa ada yg menyebut istilah karma?
        Imho, hukum karma lbh ditekankan pd hukuman di dunia. Sdg dlm islam hukuman tak hanya berlaku didunia, tp jg diakhirat.

    • saya percaya seratus persen kl fb yg selalu komentar binatang, lisannya selalu terjaga.

      *yg tak terjaga jari2nya buat pencet pad

  2. Mari kita menjalani hidup ini dengan penuh doa dan usaha jgn pernah berbuat buruk pada sesama jadilah orang yg bisa menjadi teladan bagi orang lain di ajaran agama kt tdk ada yg namanya karma akan ttpi slama kt hidup di dunia hukum alam/tmbal balik psti brlaku

  3. Untung nya si arman udah mrasakan surga dunia(nikah) dan punya kturunan mari kawan2 kt selalu brhati di jalan raya gak usah kebut-kebutan/nantang org blapan apapun mtornya KEEP SAFETY RIDING

  4. ane jg punya pengalaman mas…tp ini pengalaman ane nolongin org kecelakaan..nah, kira2 2 minggu kmudian dompet ane jatuh di jalan yg isinya ada SIM, STNK, KTP n Kartu ATM..rasanya bingung mas gmn ngurusnya nanti..tp alhamdulillah ada org nemu d jalan n ngantar dompet ane k rumah..mau d kasih ongkos capek ma orgnya dia ga mau mas..subhanallah sekali mas..dan semenjak tu ane percaya jika kita menolong org lain pasti d balas apa yg kita prbuat

  5. aja sok ngrebut sing dudu wek_e. aja sok ngece. Aja sok nyilakani liyan. Elingo roda iku mubeng kanggo kabeh manungsa. Sah sombong merga bandha.

    Piwales uga pangeling2 iku bisa tiba maring anak putu. Dadi wong nom kudu ngormati. Dadi wong tua sing tinuitui. Aja mung tua tuwek.

  6. terlepas dari kesalahan Arman, yg bikin heran itu kenapa masih ada rumah sakit yg lebih mengutamakan ADMINISTRASI daripada KEMANUSIAAN…
    jika cepet dapat tindakan medis mungkin bisa mengurangi akibat yg lebih buruk..

    • Udah biasa bro. Adik ipar wkt kecelakaan bbrp thn lalu jg begitu, dibiarin aja gitu sampai pamannya dtg beresin admin br ditanganin, pdhl kondisinya parah, hampir lewat tuh…

    • jaman sekarang ini duit lebih berharga dari pada nyawa bro
      jadi jangan heran. biar kata tuh orang udah megap2 juga kalo duit gak megang sama juga bo’ong. pake BPJS juga belum tentu di layani kok.

      πŸ˜‰

    • Saya yakin tidak ada perawat/dokter yg akan menelantarkan pasien,apalaghi dg kondisi mas Arman spt itu. Tolong dibedakan unit pelayanan medis dg administrasi. Pihak administrasi mmg bertanggung jawab penuh terhadap kelancaran pembayaran pasien,tp ingat petugas administrasi bukan paramedis & ruangannnya pun tidak satu ruang dg pelayanan medis/ugd. Jadi mmg petugas admin tdk PAHAM ttg kondisi pasien. Apalagi korban laka lantas masbro kan yg ngantar blm tentu keluarga/saudaranya, mmg harus ada yg bertanggung jawab thd pasien baik itu untuk persetujuan tindakan terhadap pasien maupun persetujuan administratif(penjamin). Klo kita nemu org korban laka lantas tanpa identitas, pasti kita ” dipaksa” jadi pihak yg bertanggung jawab,siapa tau dia org baik, siapa yg tau dia residivis? Klo kondisi parah & harus dirujuk kan harus melunasi administrasi RS yg ditinggal juga to.. Paramedis bertanggung jawab penuh dg kondisi pasien, jadi g mungkin ” ditelantarkan”, mgkn di ugd sedang rame pasien yg ga kalah berat kondisinya dg mas Arma, misal ada pasien serangan jantung,serangan stroke,dll..sementara paramedis juga terbtas,jadi didahulukan berdasar klasifikasinya. Mosok ada pasien serangan jantung,paramedis malah cuma ngelus2 pasien yg luka.. Saya kira lumpuhnya kaki mas Arman bukan karena terlambtnya penanganan/krn ” ditelantarkan” , tp karena riwayat kecelakaan yg mengenai tulang panggul itu mas,.. Sekedar contoh g perlu kelindes deh mas, kita jatuh terduduk dan tulang ekor ada yg retak dikit aja bisa impoten atau bahkan lumpuh permanen.
      Kasihan paramedis juga mas klo ada dibilang menelantarkan, toh kita juga ga tau kondisi saat itu bgmn, paramedis/medis ga ada hubungannya dg administrasi, mereka taunya mendiagnosa, memberi terapi,mempertahankan kondisi pasien sebaik mgkn,jgn smp syok maupun meninggal. Dlm kondisi pasien henti napas , jantung ga berdenyutpun mereka masih berusaha mempertahankan agar pasien bisa bernapas, bisa berdetak jantungnya..mereka ga rela pasien meninggal dihadapannya mas..mereka msh menyimpan rasa bersalah meski sdh berjuang mati2an.. Mmg klo kita diposisi pasien atau keluarga pasien, pasti minta didahulukan , segera ditangani,bentak2, emosi,..tp paramedis/medis ttp melyani dg senyum,dg sepenuh hati meski dibentak kasar oleh pasien maupun keluarga pasien.. Hargailah paramedis/medis,jgn sampai anda bisa menghargai klo sudah terbaring di rumah sakit

      • itu hanya katanya atau udah lihat/mengalami sendiri..?? udah melihat sendiri misal perlakuan pasien yang ikut bpjs vs swasta..??

      • Keterangan kamu @soposiro memang ada benarnya tapi pada kenyataannya banyak kejadian seperti yg ditulis kodokijo n roysuempak. Advise n mengingatkan kembali untuk pelaku medik (dokter, pemodal, nurse, dll yg berhubungan dengan medis) Bidang kalian adalah Ranah Sosial, Jadi kedepankanlah Jiwa Sosial. Kalau mau mencari profit/keuntungan semata carilah/bukalah usaha lain (dagang/trading dan semacamnya). Cita2 mau jadi orang kaya/bergengsi jangan masuk kedokteran, sebab itu wilayah pelayanan sosial. Utk pemerintah sebenarnya harus Meng-Gratiskan sekolah kedokteran. Kalau mau kaya masuk sekolah bisnis, jelas kekayaan oriented. Sekian, thanks.

    • Ngga cuma di motor kredit, di Rumah Sakit juga harus ada DP-nya kecuali pasien yg ditanggung sama asuransi.

  7. Saya ikut geram kalau benar penanganan rumah sakit seperti itu (saya juga perawat)
    soal ada mal praktek atau tidak waktu pembedahan itu keberhasilan bukan indikasinya mas iwan, tapi apakah prosedurnya sudah betul atau belum bgt, jd kalo mas iwan bilang mal praktek atau bukan sepertinya kurang tepat karena bisa memancing kemarahan, inggih mboten?
    semoga cepat sembuh untuk temannya. aaaaamiiiiin

    • Sami-sami mzbro. Saking terbawa perasaan nih makanya sampe saya buatin artikel. Merinding juga denger ceritanya…

  8. Kalo boleh menyebut itu namanya HUKUM TIMBAL BALIK kang… apa yang diperbuat suatu saat akan jatuh pada dirinya…

  9. mirip cerita saya lek iwb, kalo saya nabrak kucing 2 kali di daerah karang tengah ciledug mlem hari pas plg kerja sama yg kedua dkt kampus mercubuana mlm hari plg kerja jg.. saya engga nolongin kucing itu stlh beberapa bln saya menabrak seorang perempuan sampai kaki tangan patah dan saya di pukuli massa dan sempat ada teriakan dibakar aja

    • soal nabrak kucing, itu hanya mitos kang. Secara kucing kan hewan kesayangan, sering dielus2, tp kucing tetaplah hewan, yg derajatnya lbh rendah dibanding manusia.

      Turut prihatin atas kecelakaannya.

  10. Sedikit mengingatkan, bahwa doa yg mustajab itu salah satunya adalah doa org teraniaya/ tersakiti baik secara lahir atw batinu. Mungkin korban atw keluarga korban tabrak lari mas arman ga terima & (maaf) mendoakan agar mas arman mendpt balasan setimpal. Pelajaran utk kita semuA agar lbh berhati2 dlm bertindak atau berucap..

  11. nah kan…pepatah : don’t judge a book by its cover tetap ampuh… siapa sangka sosok arman yg digambarkan begitu baik taunya nyimpan dosa dari perbuatan tidak terpuji…Allah maha adil, Dia yang memberikan azabNya kepada siapapun yg dikehendakiNya…

    • dimaafin saja mas bro, doakan semoga dia dpt hidayah.
      Jd hati bs tenang, hidup tanpa keinginan balas dendam

  12. Sungguh pembelajaran yanx sangat2 penting untuk kita semua…. Dan yanx nyikat motornya bnr2 gila tuh orang. . gak punya hati… Dan rumah sakitnya jg sama apa gak punya pikiran… Tuntut aja tuh….

  13. ibarat utang dan tabungan, menyakiti itu utang, disakiti itu utang, dan yang tau waktu pengambilan tabungan dan penagihan utang hanya Dia, tapi yang perlu diketahui, mereka yang disayang Tuhan lebih cepet ditagih utangnya, tujuanya supaya lebih cepet bersih

  14. Semoga ownernya rumah sakit itu juga membaca artikel ini lik.. Biar bisa tobat sebelum ada karma yang menghampiri dirinya atau garis keturunanya krn telah berlaku tidak adil terhadap orang yang teraniaya..
    Wallahualam bishshawab

  15. di dunia ini hukum nya sebab akibat, siapa yang berbuat dia yang menerima hasil nya .
    mungkin kalau di islam nama nya azab kali ya, ALLAH SWT maha adil kok, selalu mangabulkan doa orang yang teraniaya dan mengabulkan doa orang orang yang ihklas .

  16. Setuju kang Iwan maka mari mulai comment yang baik jaga setiap comment karena maaf manusia tak sedalam maaf Yang Maha Kuasa

  17. hanya jiwa2 yang masih hidup yang masih sudi mengambil mengambil hikmah dari setiap kejadian, sekecil apapun itu. salam

  18. Saya lebih tertarik dgn ulasan korps baju putih’nya… tahukah anda jika mereka sdh menyelesaikan studinya sllu di sumpah.itu omong kosong.gk percaya..? Cb sj ke rumah sakit pakai bpjs.bandingkan jika anda bw cash.rasakan bedanya.

  19. Tenanglah anakku, Bapa selalu ada di sisimu. Aku adalah hidup dan mati, barang siapa percaya kepadaKu, ia akan hidup walaupun sudah mati..

  20. sadari bersama…Jalanan adalah tempat paling berbahaya nomor 1 jadi berhati2lah, apapun bisa terjadi disini….

  21. Thanks mas Iwan.. InshaAllah sangat bermanfaat..

    Sekedar saling mengingatkan Allah SWT berfirman, “Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrah (biji atom), niscaya dia akan menerima (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan seberat dzarrah (biji atom) pun, niscaya dia akan menerima (balasan)nya.” (QS. Al-Zalzalah [99]:7-8).

    Maka, pengertian KARMA yg manakah yg kamu yakini, monggo tergantung keluasan ilmu dan sudut pandangnya masing2.. Namun sbg muslim sy meyakini setiap kebaikan pasti akan mendapat balasan (di dunia dan atau di akhirat, hak prerogatif Allah), begitu pula sebaliknya..

  22. Emang benar om iwan. Karma memang berlaku. Zaman smu dulu, Saya pernah senggol orng suami istri pake mtr trus jatuh. Saya kabur takut urusan panjang dsbnya. Setelah beberapa bulan nya ortu saya di ambil sang khalik gara2 kecelakaan juga di senggol mobil. :(. Dari itulah saya mulai sopan djln dan slow tp pasti.

  23. Jadi pelajaran buat kita bersama… bahwa apapun yang kita lakukan selalu ada balasan nya… entah baik maupun buruk… untuk yang Muslim mungkin anda tidak percaya akan ada nya karma… tapi bagi orang selain Muslim, terutama Hindu sangat percaya akan ada nya karma… mari saling menghargai kepercayaan masing2… πŸ™‚

  24. bener itu, kang…siapa yg menanam jagung…pasti panennya jagung…barangsiapa menanam kebaikan, maka panennya kebaikan….semoga jd renungan bersama…..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here