iklan iwb

GIF460x110px460x110_rev image

Pasti semua tahu….betapa pentingnya temperatur ban dibalap Motogp. Sisi ini menjadi hal krusial bagi rider saat melakukan start ataupun race. Makanya setiap saat team selalu membungkus ban dengan tire warmer entah sebelum start ataupun pemanasan. Bahkan disebutkan….suhu ban ketika race berlangsung bisa tembus 100 derajat celcius. Ediannn!!!….

440x110(1)

iklan iwb

Pernah nggak sampeyan dengar atau baca insiden rider jatuh dikarenakan ban masih dingin. Dengan suhu yang cenderung adem…..traksi karet bundar keaspal belum sepenuhnya sempurna sehingga rider tidak boleh pecicilan. Nah….untuk mengakalinya, ban selalu dipanaskan agar tidak ngedrop signifikan menggunakan tire warmer. Hanya saja….alat ini tidak akan mampu mengatrol suhu pada kondisi optimum secara natural. Kenapa???….

Sebab temperatur dikatakan sempurna ketika ban mencapai 100 derajat celcius. Direntang suhu ini……ban seperti lengket dengan aspal. Traksi yang dihasikan sulit dibayangkan. Maka jangan heran walau posisi motor miring hingga 50 derajat dikecepatan 140km/jam, yang nempel kepermukaan aspal hanya beberapa milimeter…..traksi tetap terjaga. Video berjudul Fastest mengungkapkan fakta yang membuat IWB bengong. Lha piye mzbro….lha suhu ban koq kayak air mendidih. Opo ora leleh ya???…

image

Itulah teknologi. Material kompon pilihan plus perhitungan matang membuat traksi ban era modern jauh lebih sadis dibanding era lawas. Tidak heran Motogp machine dari jaman kejaman makin kencang dalam menaklukkan tikungan. Elektronik, sasis, engine serta dukungan ban mumpuni menjadi kunci keberhasilan. Kegagalan kinerja bisa dikarenakan pemukaan aspal yang terlalu abrasif atau kompon yang tidak sesuai trek. So….berani memegang ban Motogp pasca race??. Kayaknya harus pakai kaos tangan mzbro. 100 derajat euy…edian!!! (Iwb)

92 COMMENTS

  1. Kalo prolink ambrol termasuk gak mister ? ngoahahaha

    aripitstop.com/2014/02/14/tantang-nyalimu-prolink-honda-cb150r-streetfire-yang-rusak-bukan-recall-tapi-silent-recall-bisa-jadi-ayo-buruan-ngantri-di-ahass/

    • Prolink ambrol juga termasuk kasus di CB150R Pak,makanya saya benar-benar kecewa sama produk ini,lha wong dalam satu produk kok banyak kasusnya.
      Saya tidak jadi beli CB150R,dan akhirnya ambil motor sport pabrikan sebelah yang lebih ganteng,lebih gagah dan lebih irit. Dan saya puas sampai saat ini.

  2. Jngn bahas motogp, ntar tambah bengek… Bahas R15 ama R25 aja, ato market share sport…

  3. Hehehehe, gloves nya make merk mechanix wear bikinan pabrik tempat kerja saya.
    Suhu ban ampe segitu bisa saja sih asal compound bannya bagus, yang jelas pasti R&D nya butuh waktu sekian lama sampe bisa bikin ban kayak sekarang.

    CMIIW

  4. Buat para fansboy, mbok ya ngeBC dengan bahasa yang lebih santun. Mungkin salary anda begitu tinggi untuk pekerjaan ini, tapi tidak ada salahnya menerapkan tatakrama. Saya yakin kita bisa lebih baik dari penilaian orang lain terhadap kita.
    ‘be a smart biker, not fansboy’

Comments are closed.