iklan iwb

460x110 (1)460x110_rev image

Bro dan sis sekalian….isu perkara mesin 4 silinder 250cc dari Kawasaki tidak luput dari perhatian salah satu narasumber IWB yang dulunya sempat memberikan bocoran tentang Z250SL. Dari sana pula doi kembali memberikan opini dan sedikit analisa bahwa mesin 4 silinder 250cc memang sempat menjadi topik hangat namun berakhir dengan satu kesimpulan menarik bahwa kemungkinan kearah sana sangatlah tipis. Lho….kenapa???…..

440x110(1)

iklan iwb

Bro X (sebut saja demikian) sosok yang punya koneksi kuat diKMI menceritakan ikhwal distopnya engine 4 silinder secara serentak oleh pabrikan Jepang….termasuk Kawasaki. Punya produk legendaris ZX250……geng ijo akhirnya memutuskan discontinue product karena alasan efiesiensi. Yup….mesin 4 silinder 250 empat silinder dianggap kurang efisien. Mesin kecil dijejali dengan konstruksi rumit akan menjadikan cost sangat tinggi. Opini tersebut semakin kuat saat regulasi Jepang memberlakukan pengaturan power mesin 250cc tidak boleh melebihi angka 40hp. Berangkat dari sana Kawasaki dan beberapa pabrikan lain menutup produksi 4 silinder serta mengembangkan mesin 2 silinder yang akhirnya lahir EX250 (current Ninja). Cukup sampai disitu??….

Tidak mzbro. Dalam perjalanannya, Kawasaki melihat….mesin dua silinder sudah bagus. Namun R & D mengakui……secara potensi, efisiensi serta cost produksi……satu silinder jauh lebih cocok dibanding 2 silinder. Dengan background itulah mereka mengembangkan mesin satu silinder yang diberi kode BX250. Engine yang kompak, ringan, murah dan efisien. Lah…tapi kan testimoni ada yang mengatakan Kawasaki sedang mempelajari membangkitkan 4 silinder???. ” Itu cuma isu. Dulu memang pernah bikin dengan ZX250. Soalnya untuk cost tinggi dan nggak efisien dengan cc segitu. DiJepang sendiri saat ini Kawasaki hanya produksi EX250 untuk 250cc (dua silinder red)” tukasnya yakin. Apakah tidak terendus aktifitas R & D mengembangkan ulang mesin 4 silinder?. ” Tidak mungkin reborn….rasanya mustahil” tambahnya lagi. Weleh….bikin mumet bin tepuk jidat tenan…..

Last….informasi perkara Kawasaki mengembangkan mesin 4 silinder untuk mengganjal R25 datang pertama kali dari wak haji Taufik. Dari sana IWB coba cross cek kiri-kanan mencari setitik bocoran namun dilalah tren-nya negatif (kurang kuat ki koyone tirakate :mrgreen: ). Sopo sing ora puyeng. Btw…semua memang masih isu. So….ada baiknya kita tampung dan pentengin rumor ini. Saran IWB…..yang penting jangan terlalu berharap banyak dulu sebelum gamblang dan jelas. Yah….semoga Kawasaki memang cukup rapi menyimpan rahasia sehingga tidak ada leak info dengan kata lain R & D 4 silinder memang benar adanya. Hhhmm…pantes aja Honda setia dengan CBR satu silindernya bro. Jebule dari sisi pabrikan mesin itulah yang dianggap kompak dan efisien. Entahlah…..(iwb)

124 COMMENTS

  1. daripada 4 slinder mending buat motor diesel,kan blum da pabrikan lain yg turun.biar cc gde tpi irit.yg penting hindari head to head sma dua steru abadi honda yamaha

  2. moto 3 aj kejuaraan dunia aj pke 250cc 1 silinder jeee.
    Honda memang slalu berfikir kedepannn cuyy.
    klo gosip 2 silinder v engine jga itu krnq persaingan aj

  3. apakah ini decoy yg d sebar KMI? ya kl d jepang memang ada regulasi 250cc g boleh lbh dr 40hp.. apakah itu berlaku buat psar asia tenggara?kyknya tdak ada regulasi itu.. kl pun mhal ya memang mhal bhkn mgkn bs 65-70 juta.

  4. kasian komunitas kaoskaki berharap dan bercita cita kencingi R25. sudah tau R25 itu motor kueenceng ngibrit mau dilawan,, ora iso coy.
    eh.. tau taunya,,,, ya,,, sudahlah sabaaar. kan ada CBR250 bahenol yg menunggu tuan-tuan bemurah hati untuk meminangnya mumpung numpuk di dealer. gimana?

  5. lbh efektif 1cyl aja untuk 250cc, dmari jalanan tdk mndukung untuk motor performa tinggi. lagian 1 cyl lbh simple dan lbh mudah prawatannya..

  6. Kawazaki dan Honda sdh membuat 1 silinder tp dgn power yg sdh nggilani. Yamaho sadar, sulit mengimbangi mereka berdua dgn mono silinder.
    Akhirnya R25 dibuat 2 silinder demi mengalahkan kawazaki mono dan CBR 250. Hahahahaaaaa!

  7. tipis saja lek :v
    pertamax7.com/2014/07/04/honda-cb150-lokal-diprediksi-ahm-hanya-meningkatkan-penjualan-3-saja-harga-jelas-lebih-murah-dari-honda-cbr150r/

  8. mesin CBR 250RR 4 silinder dapat melibas motor 650cc di ajang balapan TT island of man kalo nggak salah..

  9. Karena Kawasaki benar-benar tidak mengeluarkan Ninja 250 4 silinder,berarti Kawasaki rela dan pasrah market share 250cc direbut Yamaha. Mengingat Yamaha R25 memang lebih baik dari berbagai sisi dibanding Ninja 250.
    Para penunggang Ninja 250 yang sabar dan ikhlas ya,mungkin dulu memang benar adanya jika tunggangan Anda itu paling superior dan disegani,tapi kini tidak lagi. Jagoan baru telah menggantikan Ninja 250 Anda,yaitu R25. Semua itu ada masanya,dan nasib malang sudah didepan mata,jangan pula berharap banyak harga jual Ninja 250 Anda akan tinggi,karena itu mustahil.

    Selamat buat Yamaha R25,selamat menempati singgasana motor sport 250cc.

    • heboh bgt ayan nya mat solar..club ninja fi di fb n club ninja mono di fb g ad tuh yg minat berbondong2 pindah ke r25 .krn mereka dh pada liat kangsung kwalitas jauh dibawah geng ijo.itu betul adjanya.wakaka

  10. Kawasaki tidak takut penjualannya gak laku doi cuma tidak mau kalau ninja namanya mulai jatuh,sekarang dari pada koar-koar kaya pendukung capres meningan duduk manis ntar juga pada shock kalau motornya udah muncul wkwkw

  11. Ya wis, rider kawasaki sama fanatik kawasaki nangis ngeliat R25 makin jauh didepan. Wis lah, yang pengin desain segar, produksi lokal, plus performa gahar, R25 bisa buat dipinang.

  12. logika aja kawasaki raja 250cc liat r25 makan kue dan dlm 1-2 tahun kue terbanyak dimakan r25 masa diem gitu?

    prediksi 1 : zx250rr reborn, ex250 facelift
    prediksi 2 : ex250 major change

    antara 1 atau 2 terlaksana di tahun 2015

  13. Jangan Lupa :

    Kalau membeli motor / kendaraan baru (Khusus Cash) minta harga OFF THE ROAD saja, jangan mau / tolak bila dikasih harga On The Road.

    Karena tidak ada kewajiban konsumen membeli kendaraam On The Road.

    Bila Main dealer atau Dealer ybs menolak agar diadukan kepada Produsen kendaraan tsb.

    Karena tidak ada instruksi produsen kepada Main Dealer dan Dealer untuk menjual On The Road.

    Pengurusan dan pembuatan BPKB dan STNK di Samsat kepolisian sangat mudah sekali, dalam waktu 3 – 5 hari BPKB dan STNK sudah jadi.

    Dan yang pasti harga kendaraan dapat dihemat antara Rp 500,000 – Rp 1000,000.

    Ayo kesadaraan konsumen harus di perkuat !!! IMHO.

  14. honda itu spt alien dan dukun….mesti tau 5 langkah d dpn dbanding kompetitornya….honda dlawan!!!! ora iso,coy…ngoahaha!!!!

  15. makane ane setia ma honda….honda gak mgkn lepas dr yg namanya CEPAT,IRIT…..honda dlawan!!!! ora iso coy….ngoahaha!!!!

    • ane Mau nanya maz bro Vixion sama Cb150 iritan mana hayo…? monggo di tes jarak 200 kilo Meter cepetan mana hayo…?

  16. Ck efisiensi apaan..mau efisien sono.kawasaki Blitz R aja.

    Kelas moge mah ngincer gengsi dan performa..itu kan tujuan si 4 silinder ini dirilis tdny?

  17. waktu dari ke waktu zaman ke zaman.. Dulu punya motor honda cinta sama honda skr punya merk yamaha cinta sama yamaha.. Salam satu aspal. Di jalan tetep sopan pada pngguna jalan lain nya.. Saling membntu sesama pengguna jalan..

  18. kang, misi OOT dikit..
    itu kenapa iklan politiknya keliatan berpihak sekali ya.. dan juga menjatuhkan banget… sori kang, bukan gimana giman… just my 2cent

  19. wihh…ternyata si bocah atlantis yg bener..teknologi 250cc itu yg efisien ya satu silinder…mana niih si bocah ?

  20. heran ane sama fby, dulu ajaa berteduh di kelek kaoskaki, dari serngan fbh. karena kgak ada 250 nya sekrang r25 muncul, koar2 dan bersifat negatif ma fbk,, wah brrti penyakitnya ada di fby nih.. yg suka bikin onar..

  21. fby, daripada ente koar” di blog, ane tantang ente perlihatin r25 ente kalo punya, buat video trus kirim ke blog
    Kalo terbukti ane kasih 4 jempol ane, jangan koar” aja tapi motor harian cma mio, ane yang punya ninja rr ma nvl, ponakan r15, dan sepupu r25 bru aja dateng aja gak pernah koar”
    Kalo mau taruh alamat ente jelas biar ane samperin, pengen tau ane, bacot ente sama kagak ma kemampuan uang ente

  22. setuju sama daya pemikiran ente.dulu ngumpet dn bela2in kaoskaki. sekrg dh punya gacoan semua merek baik dri hondut or kaoskaki dicaci maki..berarti biang dri segala kerusuhan selama ini di semua blog
    itu fby

  23. hata rajasa anjing !

    bocor anggaran waktu dia menteri !

    jgn pilih hata rajasa !

    anjing hata rajasa !

  24. Saya rasa dengan cc 250 di upgrade 4 slinder kurang efisien karena cc sangt amat kecil.saran saya er6 aja yang di upgrade menjadi 4 slinder.agar tidak malu maluin dengan sainganya yamaha r6,dengan honda cbr 600.tapi ya kawasaki tetap number one.

  25. power nya 225hp.. serem bener..

    Honda All New CBR 150R vs Yamaha YZF R15 ? Adu Akselerasi, Top Speed, Konsumsi BBM dan Handling | prasetyo676.com
    prasetyo676.com/2014/09/19/honda-all-new-cbr-150r-vs-yamaha-yzf-r15-adu-akselerasi-top-speed-konsumsi-bbm-dan-handling/

Comments are closed.