iklan iwb
iklan iwb

460x110 (1)460x110_rev image

Bro dan sis sekalian….isu perkara mesin 4 silinder 250cc dari Kawasaki tidak luput dari perhatian salah satu narasumber IWB yang dulunya sempat memberikan bocoran tentang Z250SL. Dari sana pula doi kembali memberikan opini dan sedikit analisa bahwa mesin 4 silinder 250cc memang sempat menjadi topik hangat namun berakhir dengan satu kesimpulan menarik bahwa kemungkinan kearah sana sangatlah tipis. Lho….kenapa???…..

440x110(1)

iklan iwb

Bro X (sebut saja demikian) sosok yang punya koneksi kuat diKMI menceritakan ikhwal distopnya engine 4 silinder secara serentak oleh pabrikan Jepang….termasuk Kawasaki. Punya produk legendaris ZX250……geng ijo akhirnya memutuskan discontinue product karena alasan efiesiensi. Yup….mesin 4 silinder 250 empat silinder dianggap kurang efisien. Mesin kecil dijejali dengan konstruksi rumit akan menjadikan cost sangat tinggi. Opini tersebut semakin kuat saat regulasi Jepang memberlakukan pengaturan power mesin 250cc tidak boleh melebihi angka 40hp. Berangkat dari sana Kawasaki dan beberapa pabrikan lain menutup produksi 4 silinder serta mengembangkan mesin 2 silinder yang akhirnya lahir EX250 (current Ninja). Cukup sampai disitu??….

Tidak mzbro. Dalam perjalanannya, Kawasaki melihat….mesin dua silinder sudah bagus. Namun R & D mengakui……secara potensi, efisiensi serta cost produksi……satu silinder jauh lebih cocok dibanding 2 silinder. Dengan background itulah mereka mengembangkan mesin satu silinder yang diberi kode BX250. Engine yang kompak, ringan, murah dan efisien. Lah…tapi kan testimoni ada yang mengatakan Kawasaki sedang mempelajari membangkitkan 4 silinder???. ” Itu cuma isu. Dulu memang pernah bikin dengan ZX250. Soalnya untuk cost tinggi dan nggak efisien dengan cc segitu. DiJepang sendiri saat ini Kawasaki hanya produksi EX250 untuk 250cc (dua silinder red)” tukasnya yakin. Apakah tidak terendus aktifitas R & D mengembangkan ulang mesin 4 silinder?. ” Tidak mungkin reborn….rasanya mustahil” tambahnya lagi. Weleh….bikin mumet bin tepuk jidat tenan…..

Last….informasi perkara Kawasaki mengembangkan mesin 4 silinder untuk mengganjal R25 datang pertama kali dari wak haji Taufik. Dari sana IWB coba cross cek kiri-kanan mencari setitik bocoran namun dilalah tren-nya negatif (kurang kuat ki koyone tirakate :mrgreen: ). Sopo sing ora puyeng. Btw…semua memang masih isu. So….ada baiknya kita tampung dan pentengin rumor ini. Saran IWB…..yang penting jangan terlalu berharap banyak dulu sebelum gamblang dan jelas. Yah….semoga Kawasaki memang cukup rapi menyimpan rahasia sehingga tidak ada leak info dengan kata lain R & D 4 silinder memang benar adanya. Hhhmm…pantes aja Honda setia dengan CBR satu silindernya bro. Jebule dari sisi pabrikan mesin itulah yang dianggap kompak dan efisien. Entahlah…..(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!