iklan iwb
iklan iwb

460x110 (1)460x110_ok

ninja-zx6r-636-engine

Bro dan sis sekalian….tertegun IWB membaca ulasan wak haji Taufik. Sebuah sinyal dan bocoran adanya indikasi persiapan Kawasaki racik mesin 250cc 4 silinder segaris. Bisikan kabarnya datang dari salah satu vendor KMI yang mengatakan…..Kawasaki sedang mengkaji mengembangkan engine 250cc 4 silinder tahun depan. Ediannnn!!!….
440x110(1)

iklan iwb

Kehadiran Yamaha R25 memang membuat Kawasaki gelisah. Dari beberapa informasi yang IWB kumpulkan….rasa gundah juga dirasakan para mekanik Kawasaki yang takut kelangsungan eksistensi Ninja berimbas pada masa depan mereka. Diakui atau tidak…keputusan Yamaha ikut nyemplung dikelas 250cc dengan tipe mesin identik kurang disukai Kawasaki. Padahal strategi bisnis yang mereka pegang selama ini adalah sebisa mungkin berusaha menghindari perang head to head dengan dua pabrikan besar Jepang Honda-Yamaha. Mungkin kondisi itulah yang membuat Kawasaki memutuskan keluar dari hot market lewat engine berbeda sehingga mereka mengkaji untuk mengembangkan mesin 250cc 4 silinder garis. Jika terbukti, gebrakan mereka bisa membuat para biker ngowoh…

Yup….jika bocoran benar, produk geng akan menjadi the killer machine era modern. Teriakan mesin 4 silinder lebih tinggi dibanding paralel engine. Vibrasi juga lebih halus. Untuk menyeting mesin berkitir hingga 16ribu RPM sangat memungkinkan. Hal ini karena komponen seher persilinder lebih kecil dan ringan (62,5cc). Karakter smooth dibawah dan baru meledak saat RPM merangkak dikisaran 8000RPM. Karakter ini pernah IWB buktikan saat jajal CBR600. Jangan heran raungan knalpot padat tanpa celah. Ditahun 1990an saja ZXR250 sudah mampu memuntahkan tenaga hingga 45HP (34KW). Motor 4 tak 4 silinder ini baru dikebiri powernya setelah Jepang menelurkan regulasi pembatasan tenaga mesin 250cc maksimum 40HP. Ditunjang bobot yang hanya 144kg…bisa dibayangkan betapa sadisnya motor era itu. Jika semuanya diracik ulang dengan teknologi modern??. . Langsung meriang rek badan :mrgreen: . Tapi, bukannya tanpa kelemahan….

Motor 4 silinder dipastikan lebih mahal dibanding dua silinder. Komponen lebih banyak serta tingkat kerumitan yang lebih tinggi diduga bakal mengerek harga jual nanti. Solusinya mungkin KMI bisa melokalkan sang kuda besi walau hal ini juga tidak membantu signifikan. Kehadiran Ninja RR Mono serta R25 sudah cukup buat dijadikan pembelajaran. Produk lokal tapi tidak murah-murah amat :mrgreen: . Last….semua memang masih rumor. Apalagi IWB sejauh ini juga belum mendapatkan bisikan langsung perihal diatas. Mari kita pantengi sama-sama perkembangan beritanya. Engine 250cc 4 silinder dari Kawasaki tahun depan??. Weleh…ER6 dan Versys bisa kalah merdu ki knalpotnya. Apalagi R25??. Tepuk jidat tenan!. Semoga bukan hanya isu….(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!