iklan iwb
iklan iwb

460x110 (1)460x110_ok

YZF_R25

Bro dan sis sekalian……dalam event singkat bertajuk ” bedah teknology YZF R25″ di Rolling Stones coffe Kemang, IWB mendapatkan gambaran detil tentang teknology yang dijejalkan pada sang fairing. Mulai dari fuel injection systemnya….dapur pacu hingga distribution weigh yang memungkin handling sang kuda besi sangat stabil dan nurut khususnya dalam melibas tikungan. Semuanya disajikan secara sederhana namun detil. Berikut presentasi yang IWB share untuk para pengunjung setia Iwanbanaran.com….440x110(1)

iklan iwb

1. Yamaha menggunakan filosofi “fastest-lightest-advance” dalam meracik R25. Bisa diartikan sebagai terkencang…paling ringan serta canggih….

Yamaha YZF R25 (2)

2. Filosofi kedua dan dijadikan acuan insinyur Yamaha pada R25 adalah “Superbike you can ride everyday”…motor super yang bisa digunakan sebagai harian

Yamaha YZF R25 (3)

Yamaha YZF R25 (9)

3. Dalam desain Yamaha R25 ada 4 poin yang ditonjolkan yakni mass forward silhouette, two eye headlight, center positioned air duct, aerodynamic with muscular looks like a trained athlete, dan up cutting tail section. Untuk detil penjabaran monggo intip lampiran dibawah..

Screenshot_3

4. Kubikasi murni R25 adalah 249,6cc….4 tak 8 katup, dua silinder Double cam. Diameter x langkah yaitu 60 x 44,1 mm.Screenshot_4

5. Soal engine R25 dibekali teknologi terkini kelas 250cc. Sebut saja intake manifold dengan desain downdraft yang membuat pembakaran lebih cepat, throttle body besar (32mm), injektor 12 lubang, forged piston dan diasil silinder, deep bottom oil pan (posisi oli dibawah membantu center gravity) dan masih banyak lagi lainnya yang bisa mzbro intip dari gambar terlampir. Tidak heran power melonjak hingga 36PS (klik untuk zooming)….

Screenshot_12

Yamaha YZF R25 (4)   Yamaha YZF R25 (6)Yamaha YZF R25 (7)Yamaha YZF R25 (5) Screenshot_11 Screenshot_8 Screenshot_7

6. Soal desain dan ergonomi juga dihitung secara detil untuk memastikan kenyamanan berkendara harian sekalipun. Radius putar paling lebar untuk motor fairing yakni 34 derajat. Jadi mau nyelip-nyelip dikemacetan bukan masalah berart buat R25…

Yamaha YZF R25 (10)

7. FI system pada R25 terbilang sangat komplit. Dalam perangkat ECU yang dibenamkan pada sang fairing, ada sensor TPS, IAPS, IATS, Crankshaft position sensor, coolant temperature sensor, Oxygen sensor, lean angle sensor, speed sensor, dan oil pressure switch. Yang terakhir adalah sensor khusus untuk membaca tekanan oli yang akan mendeteksi sejak dini jika tekanan lemah untuk menghindari kerusakan silinder head ataupun jerohan lain akibar low pressure oil. Sinyal akan diteruskan dalam bentuk informasi via speedometer…

Yamaha YZF R25 (8)Yamaha YZF R25 (12)

8. Progressive-shape pulley adalah semacam pulley khusus yang ditanamkan pada THB. Fungsinya adalah untuk mengontrol bukaan gas agar lebih lembut dan tidak mengejutkan. Yamaha menyebutnya “control power as you like”. Semua makin sempurna dengan adanya setingan kopling yang diklaim paling presisi sehingga secara feeling akan lembut namun agresif…Yamaha YZF R25 (11)

9. Long Assymetric rear arm. Desain arm R25 sebelah kanan tidak sama dengan kiri (lebih melengkung). Hal ini disengaja untuk menahan tekanan tenaga atau pressure sebelah kiri. Efeknya kendati dibetot kencang….handling motor tetap anteng. Yang kedua adalah panjang swing arm yang mencapai 573mm dengan wheel travel 125mm. Karena alasan wheel travel inilah maka R25 diklaim tidak perlu menggunakan link cushion….

Screenshot_19

10. Para rangka atau sasis penopang engine, R25 dibekali rubber mounting untuk mengurangi getaran. Tidak heran kendati mesin besar, saat digeber vibrasi R25 tetap halus….

Screenshot_16

11. Yamaha menyebutnya excellent weight balance karena hanya R25 yang mempunyai keseimbangan nyaris sempurna yakni 50 : 50. Distribusi berat seimbang ini menjadikan R25 gampang melibas rute dan model jalanan apapun. Cornering oke….straightpun tetap senyum..

Screenshot_15 Screenshot_20

Yup…itulah beberapa kelebihan dari R25. Mungkin IWB tidak menjabarkan seluruhnya secara detil karena jika dijelaskan per-item…weleh banyak bener. Driji iso keriting rekkkk :mrgreen: . So….monggo diklik saja lampiran satu persatu dan dibaca, diresapin kemudian dimengerti. Jika ada yang kurang mudeng silahkan curahkan dikolom komentar untuk dibahas bersama-sama. Piye brosis??….sudah dapat gambarankan??…..(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!