iklan iwb

unnamed460x110_ok

Bro dan sis sekalian…cukup menarik mengamati pergerakan market roda dua tanah air khususnya skutik. Semakin menjulang susah disentuh…..posisi Honda kini makin berkibar menguasai hampir 62 persen dengan porsi skutik yang cukup besar. Ikhtiar Yamaha sebagai rival utama untuk menelurkan produk tandingan belum mampu menggeser posisinya. Jangankan menggeser…dekati saja susah bener. Pertanyaannya kenapa??. Apakah desain skutik Yamaha kurang ciamik?. Atau ada hal lain yang membuat skutik Honda lebih diminati??…..
440x110(1)

iklan iwb

Saat ini hanya ada 3 pabrikan Jepang yang terjun dikelas skutik yakni Suzuki, Honda dan Yamaha. Menjadi pemain minoritas, Suzuki memang belum mampu mencuri perhatian para biker. Masalahnya lebih kepada 3S serta brand yang tidak sekuat Honda-Yamaha. Padahal soal kualitas….tidak perlu diragukan lagi. Ternyata hal tersebut tidak berpengaruh. Konsumen lebih banyak berpikir logis dan enggan repot. Sales, service serta sparepart tetap menjadi acuan nomer satu. Lha terus kenapa jika 3S, Yamaha belum juga mampu ngrecokin skutik Honda??…..

Panjang ceritanya brosis. Honda-pun sebenernya butuh perjuangan dan waktu meyakinkan konsumen bahwa skutik mereka bagus. Mulai dari jaman Vario gen awal hingga Beat….tidak instan. Proses berkesinambungan tidak kenal lelah. Dari sanalah sedikit demi sedikit skutik mereka merangkak naik. Diiringi kekuatan jaringan maha luas plus tim yang solid……tren terus menanjak naik. Tapi tidak signifikan sebab dipasar Motkas….nama Mio masih merajai. Mindset sebagai first mover skutik Jepang melekat erat. Hanya saja…..Yamaha terlalu lambat merespon. Terlalu pede…..Mio akhirnya runtuhkan. Yup…digeser tanpa mampu merebut kembali, skutik Honda menjadi pilihan utama bagi mayoritas konsumen khususnya Jawa Timur. Kenapa IWB sebut Jatim??…..

Karena diarea inilah IWB mempunyai kampung halaman. Dan dari konsumen dikota kecil Tulungagung tempat IWB dilahirkan, IWB bisa menggali alasan kenapa konsumen memilih Honda ketimbang merk lain. IWB ambil contoh dari kerabat dekat dulu yakni Dewi. Sebagai adik kandung…..Dewi bukanlah sosok yang mengagungkan brand. Apapun merknya…..kalau memang cocok dan sesuai hati nurani maka dia akan ambil. Memilih Beat sebagai tunggangan….dia memberikan beberapa alasan sebelum menjatuhkan pilihan. Awal jatuh cinta pada Beat ternyata hanya berbekal test ride. Dari kesimpulan komparasi feeling saat test ride, inilah yang dirasakan pada skutik Honda…

1. Tarikan awal mantap. Sekali puntir langsung ngibrit tidak perlu nggerung

2. Suspensi empuk. Stang tidak bergetar ketika melewati jalanan rusak atau bergelombang

3. Ergonomi riding pas. Dengan postur tinggi 163cm…..menurutnya posisi jok serta stang memberikan kenyamanan lebih

4. Desain awal terkesan lucu. Tapi setelah diperhatikan ternyata tidak ngebosenin dan futuristik

5. Lebih irit

6. Resale value bagus. Pasaran diJawa Timur kini tertinggi.

Yup…itulah poin yang bisa IWB tangkap. Uniknya saat IWB singgung poin satu….”nggerung” ternyata dikomparasi dengan Mio awal (karbu). Dan walau pihak produsen sudah memperbaikinya diMio-J YMjet-FI…mindset Mio boros dan lelet sudah kadung melekat dibenak konsumen. Apapun itu…..yang dituturkan Dewi sebagai konsumen tentu saja polos tanpa ditunggangi tujuan dan maksud apapun. Tidak heran Honda menjadi raja skutik sebab secara produk…….skutik Honda mampu memberikan impresi positif hanya dari test awal. Desainpun tidak monoton karena mereka menawarkan perbedaan yang cukup signifikan dari varian satu kelainnya. Patut diingat….konsumen disegmen ini tidak butuh tawaran neko-neko. Mereka hanya suka kenyamanan (sisi ini nomer satu), tarikan enteng, irit dan tentu saja desain futuristik. Tidak perlu komunikasi tentang performa kencang atau handling juoz. Nah…menarikkan. so….apakah gara-gara itu skutik Honda lebih laris dibanding merk lain??. Entahlah. Toh sample diatas hanya satu contoh yang belum tentu sama dengan feeling biker lain. Atau sampeyan punya opini serta alasan lain brosis??….(iwb)

?

260 COMMENTS

  1. kalau beberapa orang yang saya tanya, beberapa orang awam yang kurang berpendidikan dan melek teknologi rata2 menjawab. mencari motor irit. karena mindset mereka honda irit dan mesinnya juga awet jadi mereka selalu membeli merk honda. setelah saya berbicara tentang teknologi yang ada pada motor, mereka tidak tahu dan jawabannya hanya “ngono yo, aku gak reti ….”. karena mereka belum melek teknologi, jadi ya ‘kemanapun perginya jangan lupa motornya (honda)’. bahkan banyak tempat yang masih menyebut kendaraan roda 2 dengan sebutan Honda, walaupun itu merek lain. jadi kalau beli ya beli???? honda. itu menurut saya.
    gue netral kang, hanya menunjukkan kenyataan yang ada di banyak daerah. karena saya tinggal di desa dan tempat kerja saya di pelosok.

  2. Akhir tahun 2013, niat beliin (kredit) motor istri &buat anter sekolah anak, setelah tanya sana-sini, ambil brosur2 yg disodorin dipinggir jalan, akhirnya tanya istri, jawabnya : beat aja deh, alasannya : mioJ dkk, gas ny terlalu spontan (nyoba punya temenny), klo honda enak gas ny (?) (pinjem tetangga), trus dengan harga kredit (DP+angsuran) lebih murah, mio kebanyakan anak2 alay yg make, modelny bagus beat,,,
    Ini share aja,, orang yg ga ngerti motor waktu mau beli motor kenapa pilih beat fi.
    Skarang setelah 8 bulan, istri nyesel, kenapa ga minta beliin satria FU aja,, haddeehh.. Hehehe

  3. ya di segment matic yg penting nyaman,bantingan shock empuk,irit
    sama modelnya bagus,ga gitu penting power gede sgala soalnya
    emang matic bukan buad ngebud lebih ke daily use..
    kalo matic ane lebih suka honda tapi kalo segment motor sportnya
    lebih suka yamaha etc=nvl,r25 😀

  4. 5. lebih irit !
    karna hondongo tau klo penduduk indonesia rata2 dompet’y pas2an buat biaya kehidupan sehari2 aja pas2an apalagi buat beli bensin, udah punya motor kreditan aja udah seneng !

    # nb : honda vario 110 FI, direkomendasi untuk orang2 yg sudah pikun, karna sudah terpasang alarm atau apalah buat orang yg sudah lupa naro motor’y diparkiran (y)

    • aneh, bikin orang seneng/hidup lebih mudah kok dihujat.
      hujat juga tuh pemerintah yg gratisin biaya sekolah. anak2 miskin kan seneng bisa sekolah.

      soal alarm, ente hidup dimana?
      alarm tu guna bgt lho klo parkir di tmpt rame macam mall atau penitipan motor (suka dipindah2 petugasnya biar rapi).

  5. ujung ujungnya lihat tetangga, masa dia bisa beli baru, diam saja…….
    nggak nyambung tapi biasanya awalnya dari obrolan yang sudah punya honda

  6. alasannya lbh stabil dari merk sebelah , buat dibawa lari kencang ‘gak limbung
    motomatic.wordpress.com/2014/06/03/yamaha-tambah-kapasitas-produksi-r25-dan-tunda-eksport/

  7. coz desain,awet,velg+ban,fitur and price…merk yamaha kalah di velg+ban dan awetnya
    inilah pikiran saya 😛

  8. Matic honda lebih laris karena, YIMM ngeyel bertahan dg kebijakan pusatnya hahahaha…
    Menurut gw ergonomi honda itu cocok buat saya, langsung plek aja walau tetep gak puas ama rem honda, krg pakem.

  9. Baca judulnya sekilas kayaknya yg comment bakalan kobong, ga taunya enak juga dibaca.

    Dulu ane pernah pake mio hiu 1 tahun, skr udah setaun juga pake cbs. Suspensi, ergonomi, respon engine, lebih baik cbs. Krn konsumen skutik cuma cari kenyamanan dan irit, service atau cost lainnya 11:12 lah..

    Sorry komparasinya kurang apple to apple, namanya juga gedebus.com

  10. ITULAH KEPOLOSAN ORANG KAMPUNG TAPI PINTER2 BANDINGKAN DENGAN FBY YANG SOK SMART PADAHAL PEKOK GAK NYADAR KALO TELAH DIRACUNI DENGAN IKLAN YIMM YANG GAK MENDIDIK…….

  11. kmaren beli matic yamaha xride… karena jalan yg rusak… Awalnya ragu… takut kaya mio… ternyata enak banget. cuma harganya itu, muahal… coba motor metic itu tangki bbm nya besar.. bisa ngisi bensin sampe 7 liter. pasti ga repot antri tiap 2hari…

  12. dari seluruh motor matic yg pernah ane pake cuma xride yg enak… tpi harganya yg ga enak

  13. Ergonomi? Sy kira salah, justru yamaha unggul, mereka banyak yg ngeluh kok, stang ketinggian dan posisi kaki untuk tapak lutut. Irit? Bisa diadu kok, mereka hanya ‘katanya’ orang tua, iklan dan para sales. Langsung ngacir? Pertamanya iya tp selanjutnya kalah. Empuk? Iya betul tp bikin badan mental mentul. Bergetar? Pengaruh suspensi. Desain? Yg bener aja? Pengaruh ceribel dan sales dan temen2nya. Honda hanya menang di fitur. Temen kerja sy sdh ancang2 mo ambil matik yamaha, sdh disodorin brosur honda + bonus2nya ama tetangganya yg mekanik di ahs.

  14. dah kecewa berat sama yamaha terutama produk andalannya gt 125. karena suka modelnya ane sampe beli 2 ternyata 2 -2 nya bermasalah ada suara grek grek dari mesin kalo dipake goncengan.dibawa ke service resmi mekaniknya bilang “emang gitu mas gak papa kok” .. rapopo mbah mu.complain ke facebooknya yamaha indonesia gak ada tanggapan .. mudah mudahan yamaha baca coment ini.klo emang gak ada solusi rencana ane jual aja ni motor

  15. awal punya matic itu xeon karbu,,,, desain emang kelihatan gagah dan kompak, dual keen eyes, dual arm, tapi karena ban kecil dan cari aman biar ga pusing klo ban bocor dan repot karena dual arm, maka ban langsung ganti tubles. pemakain harian terbilang lebih irit dari mio, tapi shock keras, kerasa banget klo pas jalan rusak, pingggang kadang sampe sakit, pernah kirim surat ke Yimm, tapi katanya wajar, ya sudah. Yang biki gak habis pikir itu masalah di akinya, gampang banget tekor dan setahun sampe 2 kali ganti, padahal semua lampu dan kelistrikan masih standar semua, lampu yang pernah putus pun diganti dengan yang standarnya, tapi aki tetep cepet soak, akhirnya sekarang beli lagi merk punya honda,
    rohimmoto.wordpress.com/2014/06/02/update-stripping-honda-spacy/

  16. disegmen ini honda boleh dibilang raja. coz banyak varian produk yg di buat dan dipasarkan di indonesia. faktor penentunya adalah kwalitas dan durability produk. mayoritas metik honda yg berkarakter smoot dg suara mesin halus, body yg agak bongsor (nilai plus), roda tdk gampang oleng/menari2 dan purna jual yg relatif tinggi. hal ini berbanding terbalik dgn metik ymh dg karakter speddy. pizzz

  17. Dari review di atas, kebanyakan yg dijadikan perbandingan adalah akustik lama Yamaha. Banyak yg blm tau bhw Skutik Yamaha baru dah jauh Lebih nyaman, irit dan kencang. Yg masih jadi PR kecil Yamaha:
    -kualitas velg
    -kenyamanan shock (selain xride)
    -update desain yg gak setengah2

    PR besarnya: BAGAIMANA MENGEDUKASI MASYARAKAT TTG PERBAIKAN2 YG TLH DILAKUKAN

  18. menurut aku sc yang dominan membuat yamaha berangusur surut pasaran maticnya karenma sistem CVT yamaha terlalu ringkih alias mudah rusak.(kecuali nuvo)
    ayo apa bilkang CVT yamaha awet?????

  19. awal kenal matic pakainya mio kluaran baru, emang “nggerung” sih, tapi lumayan lincah karena sesuai postur, coba ke vario, karena body tidak proporsional jadi kurang menarik, akhirnya pilihan jatuh ke Beat, dan emang bener, lincah, irit yg paling utama sesuai postur., 😀

    -salam Satu Hati 🙂

  20. Menurut saya jajaran semua matic yamaha pelek nya harus di ganti dengan pelek x ride biar lebih kokok, ga keras, ga geol2, dn ban lbih lbar dri pd yg skrng kecil amat. Saya adalah pengguna motor yamaha, sport sya pake bison matix sya pake xeon rc. Ya kekurangan di matic sebenarnya cma di situ, desain ma tecnologi udh ok smua

  21. pengalaman pribadi…punya honda spacy 2011 ama mio GT 2013…saya pribadi merasakan enakan spacy….tarikannya enteng dari awal di gas…kalau mio GT berat..enteng klo sudah nyentuh angka 60 km/jam…istri saya sendiri aja yang sama sekali ngga tau mesin ngomongnya juga begitu..

    mengenai kekurangan :
    – spacy : jok nya keras banget, remnya ngga pakem jauh banget ama rem mio GT…
    – mio GT : akinya baru 6 bulan sudah modar..parahnya waktu dipakai istri ngisi bensin jam 10 malem, habis ngisi motor sama sekali ngga mau hidup…besoknya saya komplain ke bengkel resmi malah disarankan lampunya utk dikasih swith off …katanya sdh banyak yang megalami begitu…sekian..

  22. brandnya udah nempel.. “Pokoknya Honda”

    monggo dikunjungi milemoto.wordpress.com/

  23. menurut saya, kalo yimm mau ngeluarin matic
    1. coba pake dual shock di belakang tapi yang lembut. shock depan dibuat lembut juga
    2. tangki bbm kalo bisa di tengah. gampangnya, rider gak perlu turun kalo mo isi bbm
    3. tangki bbm dibesarin. setidaknya 5 liter ke atas. misal tangki di pindah di dek tengah atau gmn gitu
    4. velg di perkuat (minimal sama dengan ahm) dan ban lebih besar (minimal sama dengan ahm)
    5. ergonomi yang gak bikin pegel
    6. dan yang gak kalah penting, area cvt dibuat lebih awet

  24. desain
    beat vs mio gt = beat lebih enak dilihat coalnya dari depan keblakang imbang, mio gt kegedean ekor.
    vario fi vs soul gt = sama sama bagus.
    scoopy vs fino = gak suka semua 😀
    Vario125 vs xeon gt = dari depan lebih suka xeon tapi dr brlakang vario gak tersaingi, lebih suka vario.

    value
    wesss gak usah dibahas, jelas Honda diatas angin dengan Iss dan Cbs ditambah lampu Led, Projektor, answer back dan sebentar ge charger hp di metik jelas tak tersentuh. makin jauh selisihnya.

    mesin
    yamaha unggul dngan diasil sylinder garansi 5 tahun tapi mesin honda juga awet kox gak pakai itu. yang penting dirawat tuch motor. klo cvt ? 😀

    kenyamanan.
    wesss honda diatas angin meneh, ban gede ditunjang shockbreaker empuk sangat enek buat harian. yamaha ban kecil n shokbreker keras pasti kalah nyaman di jalan yang bukan aspal goreng. apalagi pelk yamaha sering geal geol, pengalaman punya mio 2008 ban bocor ditambal bkin geal geol tu pelk,

    dengan harga yang sama tapi dengan value yang diberikan honda muncul pertanyaan, kox metik yamaha masih laku yak ?
    hihihiiiiii

    klo secara keseluruhan produk yang perlu diperhatiin menurut saya pribadi dalam produk yamaha adalah sterkom, 2 temen gak jadi beli NVL karna isu sterkom ganti tiap tahun dg harga hampir 500rb. klo untuk metik semoga kedepan tambah nyaman dan lebih value. 🙂

  25. Alhamdulillah..gua udah lunas xeon 2010..punya bini. Gua ndiri masih pake mx 2007 livery movistar #curhad

  26. Gw ada Vario Tecno 125 PGM-F1 juga Mio J Sporty YmJet-F1,,,

    Gw pake Vario,,, Istri pakai Mio,,, Motor batangan off dulu kalo buat kerja,,, Hehehe,,,

    Baik Vario atau Mio semua ada plus minusnya,,,
    Vario nyaman juga responsif cuma kualitas cat-nya buruk,,,
    Mio larinya juga agresif buat ngebut nyaman kalo jalanan mulus, cuma kelemahannya di shaocbreaker yang keras,,,

  27. urusan mindset memang SUSAH POLL. sekali nancep susah dicabutnya. Honda udah punya mindset irit, ditambah lagi 3s yg bertebaran tambah lagi first impression yg mengena banget khususnya calon buyer yg maunya simpel.

    Yamaha 3snya moncer tp menurut ane desain2 skutiknya gaada yg bagus kecuali Nuvo. blm lagi spek2 serba “kentang” yg ditawarkan berlawanan dgn barisan sportnya.

    Sijuki secara Value, kualitas & durabilitas sangat juara. Sayangnya para “militan2 FBS” masih dibuat gerah perihal 3S nya

  28. saya rasa karena yang ada beritanya Honda. saya punya Beat dan Mio gt, sama-sama baru dari dealer April 2014, nyatanya yang saya rasakan enakan naik Mio (shokbeker belakang pakai Xride). bukan promosi tapi kenyataan, handling enak + speed juga enak, bahkan bensin bisa lebih irit bila dibandingkan sama Beat dengan cara pakai, rute dan jarak tempuh yang sama. Pripun menawi mekaten Mas Iwan..

  29. sy suka honda karna fiturnya inovatif, perawatan mudah & sp part murah(baca banyak KW-nya), mesin bandel (dari awal punya supra x, x 125, sampai nambah verza blm pernah mogok), yg utama irit, cocok buat cari duit hehe

    yg punya merk lain, yah, disukuri aj dan dirawat yg baik pasti performa tetep ok

  30. karena DP minimum matic honda biasax lebih murah 500 ribuan dari pada kompetitor, matic honda bisa di tawar dp nya mas sedang yamaha tidak…

  31. andai yamaha bisa ngejual Nouvo SX135 seharga XEON
    dijamin Vario kalah
    terlalu percaya diri dengan Xeon makin mendekatkan mereka ke jurang kehancuran maticnya

  32. Ikut nimbrung mas.
    Waktu ambil matic honda vario wtf ada beberapa pertimbangan jg
    .starter alus ACG
    .lampu utama udah DC dr aki
    .mesin alus
    .swing arm double shok empuk
    .bagasi lega
    .rem sama standar bisa buat sensor alarm

    Tp ada sedikit kurangnya
    .Jok rada keras
    .Cat kaya kurang tebel kegores dikit kelihatan item2nya

  33. Istri mengeluh karena Soul GT Gas-nya berat (mungkin karena kabel gasnya 2 x ya), tangan pegel om iwan katanya, akhirnya lebih milih naik REVO motor dinas dari kantornya.. *maksud hati beliin matik buat kenyamanan istri.. jadi dpakek sendiri 😀

  34. selain mindset di atas prilaku sales dan diler honda profesional bang..mereka mematuhi patokan harga resmi dan bisa ambil secara cash disamping back up dari FIF yang proses cicilan lebih kecil dan uang muka terjangkau serta pelayanan 3s nya yang mudah, serta fariatifnya jenis motor sangat berpengaruh karena ada produk tahun tertentu yang harganya terkadang lebih tinggi dari yang baru, mungkin ini permainan para pelaku perdagangan motor bekas tapi mampu membuat imagenya tertanam di masyarakat bahwa beli honda tidak rugi bang

  35. Yamaha mestinya memperbaiki tarikan awal pada skutiknya setidaknya seperti Mio karbu,lalu shock belakang harusnya empuk tapi stabil,enaknya yamaha tarikan atasnya enak sama enak diajak ngerebah meskipun bannya kecil

  36. kemaren ambil GT125 pertimbangannya :
    1. ada promo UM
    2. keluaran baru (dulu sempat compare xeon RC vs Vario ISS)
    3. berhubung dr dulu motor honda smua, pengen ganti haluan 😀

    akhirnya GT125 ditangan dan shock belakang ganti punya xride, kalo shock depan belum compare dgn Vario ISS temen ane 😀

  37. Saya pernah melakukan komparasi sebelum akhirnya memutuskan membeli Beat FI.
    1. Yamaha terlalu pelit dengan bannya yang mungil, desainya bongsor, bannya mungil… (sepele yaa…)
    2. Fitur Switch Standar, Rem CBS. Kalo dapat lebih dengan harga yang hampir sama, kenapa harus beli yang nggak ada fiturnya.
    3. Kenyamanan. Kalo motor harian yang penting memang harus nyaman, soal kecepatan dan handling nomor sekian…. (ibu2 mau balapan di mana mas??)
    4. Testimoni Test ride dari internet, banyak kesan positifnya. Apalagi jika emang value antara harga dan produknya seimbang…
    5. Model stikernya Honda everlasting,… nggak norak, cocok dipakai siapa saja… (saya gagal meminang Mio J dan Soul GT gara2 stikernya yang rame, malahan elegan model yang sebelumnya).

    Jika YMH mau merebut kembali pasar matic, coba saja direnungkan 5 hal di atas. Jujur, kalau kualitas materialnya memang sebenarnya saya cenderung pilih Yahama, tetapi sekali lagi keputusan membeli banyak faktornya… dan ternyata kenyamanan menjadi prioritas nomor 1.

  38. Numpang nimbrung ya bang iwan, saya prefer ke kymco free ex. ditengah munculnya produk-produk baru keluaran pabrikan terkenal seperti Honda,Suzuki dan Yamaha, saya masih setia dengan skutik taiwan besutan Kwang Yang Motor (Kymco). tunggangan kymco free ex tahun 2006 saya masih oke banget, body kokoh dan mesin handal. Sehari2 dioperasional kan utk delivery gas LPG dan air mineral Galon,tetap mantap lancar jaya. beberapa kekurangan saya akui ada,tapi itu karena usia pakai saja,dan spare parts masih bisa di substitute dengan after market lainnya..Kalo Honda,yamaha, atau suzuki yang saat ini melaju kencang dijalan, itu karena usianya masih baru seumur jagung. salam skutik lover

  39. vario kinclonk – June 3, 2014
    Kymco nyaman??
    nyaman palelu somplak, nyari kabel speedo free ex aja setengah modar kalo kgk dibawa bengkel kusus nanganin kymco itu pun gw inden kalo stok ada,

    definisi nyaman itu bengkel gampang, irit, harga jual kgk jatoh, sparepart terjamin, baru deh disebut nyaman luar dalem

    >>Yang anda alami itu adalah ketidaknyamanan pelayanan, bukan ketidaknyamanan dari motor KYMCO nya…Keputusan membeli adalah keputusan tiap orang masing2. jadi gak usahlah ngejelek2in orang kyk gitu. Menurut saya juga merek ini dan merek itu kurang baik. gak perlu menjelekkan sesama skutik lover. Peace ya. salam kenal dari Manado

Comments are closed.