iklan iwb
iklan iwb

unnamed460x110_ok

Bro dan sis sekalian….Kawasaki masih anteng saat Honda rilis CBR250R kepasar lokal. Perbedaan spek mesin membuat mereka percaya…..Ninja250FI tetap akan menjadi favorit para biker yang demen kelas 250cc. Seiring perjalanan waktu…analisa tersebut terbukti. Namun….rasa pede ini sedikit berbeda ketika Yamaha mengeluarkan produk tandingan. Sama-sama dibekali mesin 250cc paralel, bobot lebih ringan dan power lebih besar….YZF R25 diakui akan memberikan ancaman bagi produk mereka!….
440x110

Diulas oleh Tribunnews…..Yusuke Shimada (Asst GM Marketing KMI) menuturkan, YZF R25 bisa menjadi ancaman bagi Ninja250. Pasar sang 250cc yang banyak dikuasai Ninja akan digerogoti produk kompetitor. “Penjualan Ninja 250 FI kita saat ini sekitar 2.000 unit perbulan. Mungkin setelah ada R25, penjualan jadi 1.600 unit perbulan. Untuk sementara KMI akan wait and see baru tentukan strategi selanjutnya” tukasnya. Dari apa yang diungkapkan Shimada, jelas kehadiran rival dengan spek identik disikapi serius oleh mereka. Apalagi posisi Yamaha juga menang khususnya status lokalisasi yang akan membuat suplai sparepart lebih gampang dibanding import. Didukung jaringan dealer yang jauh lebih luas, bahkan Mr. Terada (PT YIMM) waktu itu berani sesumbar sparepart YZF R25 akan lebih murah dibanding Ninja. So…adakah rencana Kawasaki melokalkan Ninja 250FI untuk membuatnya kompetitif??…

iklan iwb

“Kita tidak ada rencana CKD atau produksi lokal untuk Kawasaki Ninja 250 FI, tetap kita impor dari Thailand,” urai Shimada disela-sela perjalanan “Kawasaki Dealer’s Touring With Pride”. Artinya…khusus paralel engine, produksi tetap dipusatkan dinegeri gajah putih. Toh lokalisasi belum tentu bisa menekan banderol secara signifikan. Kita ambil contoh saj……RR Mono dan Z250SL, YZF R25, Toyota Vios (roda empat) dan masih banyak lagi lainnya. Mungkin hanya YZF R15 yang lumayan nampol perbedaannya. Yap…..dengan harga yang lebih mahal 700ribu, Kawasaki memandang belum perlu melokalkan Ninja250FI. Jikapun mau tentu bukan perkara mudah untuk untuk merealisasikannya sebab dibutuhkan infrastruktur pendukung, SDM plus biaya yang tidak sedikit. Selain itu, IWB mendapatkan bisikan beberapa kenalan bahwa Kawasaki Jepang memang sudah mengatur kapasitas otoritas masing-masing region….

Yup…khusus untuk pabrik diIndonesia hanya memproduksi engine satu silinder 250cc kebawah. Sedang twin silinder tetap dipercayakan pada Thailand. So…tidak heran Shimada bisa menjawab secara tegas perihal tidak ada niatnya lokalisasi Ninja250FI. Btw…..nama besar Ninja tidak akan gampang digoyang. Boleh saja spesifikasi dan 3S Yamaha unggul. Namun untuk menggeser Ninja dibutuhkan usaha serta kerja keras. Dari sisi Kawasaki, tidak ada salahnya KMI meningkatkan pelayanan dengan cara memanjakan konsumen penunggang Ninja. Spek kalah tapi pelayanan juozz akan mempererat rasa loyalitas customer. Benahi dealer ataupun bengkel serta ketersediaan sparepart yang masih sering dikeluhkan konsumen. Ingat….terjual 2800 unit tidaklah sedikit sebab Ninja butuh satu bulan untuk melakukannya. Sedang YZF R25 hanya 25 jam. Terlepas faktor eforia….duel sport 250cc baru akan dimulai. Kita tunggu saja brosis. Ninja250FI vs YZF R25??. Pilih mana mzbro??….(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!