iklan iwb
iklan iwb

unnamed460x110_ok image

Bro dan sis sekalian…pernah nggak sampeyan ngilu jika tunggangan kesayangan membentur polisi tidur (poldur). Entah karena salah perhitungan atau terlalu kencang…..kejadian bisa menimpa siapa saja. Khususnya motor skutik. Karena dibekali casing hingga kebawah dek plus ground clearance yamg termasuk rendah menjadikan kendaraan jenis ini sangat gampang menyapa poldur. Pertanyaan muncul….kira-kira berbahaya nggak sih dan apakah bisa berakibat fatal mesin pecah misalnya???….

440x110

iklan iwb

Dalam beberapa kasus, IWB pernah mergokin motor bebek terpaksa turun mesin akibat crankcase retak terhantam poldur pada kecepatan tinggi. Bisa jadi akibat ketinggian polisi tidur diatas rata-rata atau sang empu cuek bebek tidak mengurangi kecepatan. Dengan posisi yang salah hal itu berakibat fatal. Padahal motor bebek termasuk cukup jarang mengalami gasruk dibandingkan motor metic. Pertanyaan muncul…..mungkinkah ancaman pecah mesin juga bisa terjadi pada motor metic??. Ketika IWB analisa, kemungkinannya sangat kecil mzbro…..

Konstruksi engine motor metic beda dengan bebek. Casing dek mampu melindungi mesin dari hantaman objek luar. Selain itu…posisi mesin malah lebih tinggi dan tersembunyi dibanding moped. IWB ambil contoh Honda Vario125 berikut ini. Kendati menjadi motor yang termasuk sering menyenggol polisi tidur karena ground clearance yang rada rendah, pabrikan sudah membekali beberapa pengaman supaya benturan tidak menyerang bagian fatal. Dari sisi bawah terlihat besi protector mengapit di antara leher knalpot. Pada posisi tegak lurus sangat kecil kemungkinan polisi tidur menghantam bagian tengah. Artinya objek akan ditahan oleh besi penopang. Kecuali terjadi kasus istimewa dimana benturan langsung mengarah ke bagian manifold knalpot seperti yang IWB alami digambar terlampir….

Benturan kedua, gesekan ternyata lebih condong menyerang bagian belakang casing. Bisa terlihat dari gambar…..dek bawah depan malah aman tanpa tergores sama sekali. So….kesimpulan akhir, dari pengamatan langsung dilapangan…..dua komponen yang diserang poldur adalah leher knalpot bawah dan casing dek sisi belakang. Selebihnya aman. Tapi ingat…..analisa merupakan kasus normal lho. Lek sampeyan pecicilan ora ngerem blas saat menghadapi poldur….emboh wis :mrgreen: . Tapi tetap….crankcase engine aman koq. So….monggo ora usah ngilu kalau gasruk. Sing penting alon-alon wae. Ocreee…..(iwb)
image

image

image

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!