iklan iwb
iklan iwb

unnamed460x110_ok

Screenshot_15Bro dan sis sekalian….turing kedua R15 ditempuh dengan jarak yang cukup jauh yakni sekitar 366km dari Meulaboh keSebulussalam Aceh. Perbukitan naik turun menyeberangi gunung menjadi tantangan tersendiri bagi para peserta turing. IWB sendiri mendapatkan giliran dihari kedua…dan aspal jebule nggak sebesar serta semulus sebelumnya yang bak jalan tol. Untunglah jalanan Sumatera memang sepi puol. Akhirnya….pasca istirahat, IWB sukses mencoba mencicipi kecepatan puncak R15 yang nangkring diposisi 137km/jam!….460x110 GIF

Impressi berkendara selama setengah hari diatas YZF R15….lumayan bikin badan senam reggae khususnya dibagian pergelangan dan belakang leher. Apalagi IWB sendiri sudah hampir setengah tahun selalu nunggang matic serta sikebo Byson yang super rileks. So…sampeyan bisa tebak, tekanan saat braking dan dorongan gravitasi pada bagian tubuh yang IWB sebutkan jadi terasa lebih berat. Untunglah….handling YZF R15 termasuk jempolan. Motor ini sangat anteng walau kita geber diatas 110km/jam. Ban ukuran 90/70 seperti nancap diaspal. Beighhh….jian enak tenan kangbro. Inilah bedanya naked dan fairing bike. Hempasan angin dialirkan ketitik titik tertentu untuk membantu daya dorong pada high speed. Lho…bukannya sama dengan NVL kang Iwan??….

iklan iwb

Beda mzbro. Untuk accelerasi awal IWB pegang NVL. Karena bobot plus wheelbase yang lebih panjang….hentakan akselerasi R15 secara feeling smooth tidak galak. Namun sekalinya melewati angka 100km/jam…..dorongan terus IWB rasakan. Pelan namun pasti……untuk memasuki wilayah 130km/jam tidaklah sulit. Nafasnya jebule cukup panjang. Pengetesan coba IWB lakukan dengan menggunakan video Gopro. Sayang karena tidak tahu medan….Gopro malah kehabisan beterei saat melewati jalanan lurus, datar nan mulus. Dan pada pengetesan akhir tanpa diabadikan video, IWB sukses meraih 137km/jam jejer wak haji. Dengan bobot badan 83kg, bro Heru Godzy ternyata nyalip kita berdua (jurnalis Otospeed yang berbobot 65kg). Jarak 5 body motor terjaga tanpa bisa nyalip. Setelah IWB tanya…doi ternyata meraih 139km/jam on speedo. weleh….pantesan nggak bisa nempel. Kabotan rider je. 65kg vs 83kg….sobek tenan!!…

_WDA6784Medan mulai berat saat kita mendekati Sebulussalam. Memasuki pegunungan dengan tikungan naik turun kategori sangat curam membuat iring-iringan hanya berani mengembangkan kecepatan dikisaran 40-60km/jam. Beberapa asphalt juga bergelombang serta putus akibat pengerjaan proyek pengaspalan ulang. Nah disinilah suspensi R15 terasa beda. Walau sama-sama menganut monocross seperti NVL, bantingannya lebih lembut tidak banyak goncangan. Bahkan saat menghantam lubang besar….hentakan sadel cukup minim. Sensasi ini ternyata juga diamini salah satu jurnalis yang ngobrol dengan IWB. ” Perasaan ini sport Yamaha paling empuk suspensinya bro” seru bro Luluk dari Oto mengomentari smoothnya ban saat melewati permukaan bumpy. Asyiknya….”feel” empuk tidak membuat handling kedodoran. Analisa IWB untuk untuk kekerasan mungkin sama. So sensasi tersebut kemungkinan diperoleh berkat sumbangsih komponen swing arm almu sehingga goncangan bisa diredam secara sempurna….

Last…..seluruh rombongan tiba diSebulussalam sekitar jam 4 sore. Finish didealer Yamaha, IWB segera mengintip speedo, kilometer tercatat 768km. Melihat catatan start awal…..kilometer tertulis 404km. So….jarak yang sudah IWB tempuh yakni 366km. Weleh…..lumayan jauh euy. Pantes pergelangan dan boyok (punggung red) ngilu semua :mrgreen: . Tapi satu yang bikin IWB heran adalah komsumsi BBM-nya. Koq irit banget ya bro 🙄 Dengan kapasitas tanki yang hanya 12,5 liter…..motor ini masih tersisa 2-3 bar. Artinya…walau digeber-geber habis-habisan, asumsi IWB tetap dapat diatas 40km/liter (monggo diitung sendiri dengan analisanya brosis). Btw….turing terakhir akan dilanjutkan ke danau Toba Medan hari ini. Puncak event yang ditutup dengan dibukanya sang R25. Semoga saja….(iwb)

_WDA6489 IMG_2539 _WDA6687 _WDA6626 _WDA6549 IMG_2223 _WDA6804 _WDA6892 _WDA6762

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!