iklan iwb

Road to MotoGP 460x110460x110

Yamaha YZF_R15 (12)Bro dan sis sekalian…..banyak laporan kekecewaan dilontarkan para biker yang kadung jatuh cinta pada R15. Body dan desain mempesona ditunjang banderol yang termasuk murah menjadi rebutan para biker yang ingin memboyong kerumah. Sayang…terbatasnya jumlah unit menjadikan R15 seperti susah dimiliki. Apalagi para pelaku bisnis getol menggunakan kesempatan dalam kesempitan. Dealer dan leasing berlomba-lomba meraup keuntungan sebesar-besarnya tanpa perduli nama besar merk tercederai akibat perbuatan mereka. Seperti apa modusnya??…..460x110

Dilaporkan oleh bro Hanz, email ini adalah kasus kedua yang IWB terima karena kecewa dengan bunga leasing yang menurut mereka terlalu tinggi dan diatas normal. Padahal pada saat akad kredit jumlah cicilan sudah deal dilakukan. Berikut surelnya….

iklan iwb

Kecewa berat kang. Saya indener R15 online dengan jalur kredit melalui leasing yg ditunjuk Yamaha yaitu B**. Padahal saya sudah di survey dan sudah selesai akad kredit serta sudah deal dengan cicilan perbulannya. Tapi ternyata secara sepihak saya diberitahukan bahwa harga cicilan tersebut naik kurang lebih sekitar 75rb untuk biaya administrasi dan asuransi. Bayangkan perbulannya naik 75rb dikalikan 27 bulan bisa selisihnya 2 jutaan. Benar-benar kecewa, mungkin bagi leasing ini adalah moment terbaik meraup untung sebesar-besarnya pada motor ganteng keluarga YZF ??.

Semoga melalui kang Iwan saya mendapatkan pencerahan. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih sudah mau meluangkan waktunya membaca curhatan saya ini.

– Hanz-

Tidak hanya itu. Gaya bisnis upping price juga terjadi disalah satu dealer kota Kebumen. Dengan tujuan meraup keuntungan sebesar-besarnya…..praktek tidak sehat diinformasikan oleh bro Anif via FB IWB Fanspage. “Konfirmasi kang ane sempet tanya via phone ke salah satu dealer (Yamaha) di Kebumen Jateng.? Cash bisa tapi tanda jadi 5 juta diluar harga motor. Terus ane bilang, yo wesss nunggu ready stock utawa nunggu CBR lokal. Salese kur meneng (cuma diam red). Dua contoh diatas adalah segelintir informasi banyaknya keluhan yang IWB terima…..

Praktek nakal sebenarnya sudah terjadi sejak Vixion dirilis tahun 2007. Inden membludak membuat dealer menolak pembayaran cash dan memilih via leasing. Mereka berharap keuntungan didapatkan dari dua sumber sekaligus yakni unit barang dan komisi. Sayang…..YIMM seperti tidak berdaya. Status “sold” saat unit didealer menjadi kendala utama. Diakui atau tidak, perkara ketegasan para pelaku upping price….Yamaha memang masih jauh dari kata memuaskan. Produk bagus…tercederai ulah segelintir dealer yang hanya memikirkan keuntungan tanpa perduli perasaan konsumen.? Its a pity.….

Last….tidak ada salahnya laporkan keluhan via email ke-customer service Yamaha (official website). Berikan informasi secara komplit termasuk nama sales dan dealer jika terjadi upping price. Semoga laporan yang diterima menjadi konsen YIMM agar menindak lanjuti kenakalan dealer merek secara serius. Ingat…kompetisi makin berat. Siapa yang mampu memuaskan konsumen, dialah yang akan memenangkan pertarungan. Eh…punya pengalaman serupa nggak bro khususnya YZF R15??….(iwb)

334 COMMENTS

  1. kalo di upping mah ya uda kaga usa beli, gw si ogah beli barang di upping2 gt, gk penting jg

  2. itu memang dilakukan pihak dealer atas SARAN yamaha pusat, kok tau ya karena temanku punya dealer yamaha. Dan tdk prnah diperbolehkan cash alias wajib kredit.
    Laen lagi kalo dealer honda, terserah konsumen mau kredit atau cash, dan kalo cash malah dpt potongan 400rb – 600rb dr harga normal(tp kita harus “NGEYANG” dulu).

    • Temn ente yg punya diler siapa bro? Diler yang mana!? Trus ente yakin kalo di honda ga ada oknum2 seperti itu? Kyanya smua merk motor ???? di akali sama dealer lah, ga Y, ga H, S,K , sama saja

    • sama aja dul…, dealer motor cap sayap konde juga gitu…!

      kalo loe konsumen asli lintas brand yang pernah beli cash di beberapa dealer konde n dealer kampret pasti tempe…

      ??

      • mo cash sami mawon ga si anu ga si inu ..sarua wae ..ditahan2..mun kredity lsg sareuri saropan…kudu digablogan deler kitu mah..pangalamam aing meuli cash kitu peyek klon..tah baca ku siaaa..aya aya waenya

  3. misal cbr 150 harga 32 jt. .. jadi sebanding sama r15 harga 28 jt + 3-5jt kredit leasing donk… maaf oot..

  4. pengalaman yg sama, yg kredit ada biaya admin 500rb, yg cash kena tambahan 1,5jt, ane post ke fb r15 trnyata mmg banyak kejadian sprti itu..

  5. Iku akibate yen dealer ra pati payu dodolane, begitu ada produk baru yang masih jadi rebutan, cepet-cepetan golek untung gede. Gak terlalu salah juga sih, mosok saban hari hanya nunggui motor saja, sementara konsumen pada berduyun-duyun ke dealer tatangga.

  6. ah itu khan ymh pusat dah tau dari dulu kok.,

    kalu delaernya ditindak, nanti sapa yg jual?

    jual langsung?

    ngak bisa khan?

    • gak usah peyot…

      mending jangan beli kampret r15 > biar gak laku…

      tunggu aja cebong lokal > biar ada perbandingan…

      kalo masih gitu juga…, konsumen harus boikot produk yakampret > kasih pelajaran sekalian, gampang kan…!

      masih ada tuhh motor cap sayap konde…! 😆 :mrgreen:

      ?

    • bdt lagi…

      hmm paradigma jaman dulu yaa…, sama kek ini gak om…?

      mitos kosong irit bbm n mesin honda makin panas makin beringas > dari jaman y s k main mesin 2tak sebagai perbandingannya…, itu terbawa di-benak konsumen sampai sekarang n makin menguntungkan / menguatkan produsennya…

      di-samping sumber daya n dana honda yang melimpah > lebih kuat / lebih besar dari kompetitornya…

      yaa konsumen adalah raja (gak pake singa) 😛 > yang jelas konsumen bebas2 aja mau pilih n beli yang mana…?

      bakkaaarrr….! 😆 :mrgreen:

      ?

  7. sama tuh waktu pertama kali bison brojol, ampe stress mikirin gak bisa beli, ada uang tapi gak bisa beli gimana rasanya, akhirnya puas2in naik tiger, sampai 2 tahun kemudian tetep sama dipersulit beli cash, akhirnya nyicil dah

  8. 50. peyek kloningan – Mei 9, 2014

    itu memang dilakukan pihak dealer atas SARAN yamaha pusat, kok tau ya karena temanku punya dealer yamaha. Dan tdk prnah diperbolehkan cash alias wajib kredit.
    Laen lagi kalo dealer honda, terserah konsumen mau kredit atau cash, dan kalo cash malah dpt potongan 400rb ? 600rb dr harga normal(tp kita harus ?NGEYANG? dulu).
    =================
    Dagangan laris Mas bro, mau cash mau kredit terserah, gak perlu nyekik konsumen, untung sedikit kalau laku banyak yo tetep iso guya-guyu.

  9. aq udah inden dg cash, jika up diatas 29 juta mending tk batalin aj. skalian tk laporin ke YIMM nama sales n dealernya

  10. barusan beli wagon r cash e sialan salesnya langsung pasang muka setan.. pelayanan rada asalan. walaupun ketika minta pasang kaca film rada keluar senyumnya. belum pas STK di interogasi sama supervisornya kenap kok ndak kredit,, dasar kredit riba bajingan harus ditumpas sampai ke akarnya , kata spv nya dikawatirkan konsumen memakai leasing lain yang tidak ada MOU. Semua sektor sekarang begitu gila komisi, gila riba , gila sekali… kanjeng Nabi bersabda riba sekali dosanya lebih besar daripada 36 kali zina (ndak terus berarti zina dosanya kecil) so kalo mau lezat nikmat hidup tentram akherat selamat, beli dengan cara Cash… tradisional dan menyenangkan di akhir. catatan ,yang pake embel-embel sariah sama juga bokong eh bohong

    • kalo beli mobil langsung minta ketemu sama yg punya dealer bro

      pasti dapet cashback dah min 3juta plus minta akesorisnya

      plorotin aje dealer nya kya gue wktu beli honda freed

      😀 😀

  11. lohh ko gitu lek

    Ke malang nggak nyobaik iga bakar mas giri rugi masbrooo…
    nivikoko.wordpress.com/2014/05/09/iga-bakar-mas-giri-malang-iganya-itu-lo-sedap-sedap-nikmat/

  12. catat nama salesnya dan langsung sodorkan ke emon biar jadi korban sodom ke 170 😀

  13. ane jg baru ngambil skoopi di Banjarmasin dan dealer gak mau dibeli secara kash terpaksa beli kredit, ambil yg 5 bulan, di bjm harga skoopi Rp15.250.000 terus jd kredit seharga Dp Rp11.sekian cicilan Rp.1.326ribu… gimana bro

    yg terdahulu jg punya pengalaman beli pixion lawas masih bisa beli kash sih tapi nambah Rp3jt… gimana di daerah seperti ane bro…coba …..

    • beda kaleee,,, sama onda.
      kalo beli cash dapat cashback 4-6jeti
      ngoahahaha
      yimm superf3kok dikelilingi lintah darat tapi gak apa2 fby kan superkaya dan super’oon.

      • bikerlover250 pada Mei 9, 2014 pukul 2:01 PM ane jg baru ngambil skoopi di
        Banjarmasin dan dealer gak mau dibeli
        secara kash terpaksa beli kredit, ambil
        yg 5 bulan, di bjm harga skoopi
        Rp15.250.000 terus jd kredit seharga Dp
        Rp11.sekian cicilan Rp.1.326ribu? gimana bro

        D baca dlu bro 🙂

      • ngoahahaha
        maaf anda tidak beruntung seperti saya boleh beli cash dapat cashback pula.

  14. Iyak betul. Di semarang, salah satu dealer katanya bakal sedia 2 (dua!) unit akhir bulan. Harga naik jadi 28.5 (dari 28.3 sebelumnya) dan harus KREDIT!

  15. jelek nye yimm gitu

    leasing nye abal semua

    mnding klo mau kredit ntaran nunggu 4bulanan

    ky gue dulu indent jupi mx 2005 yg pertama x kluar

    btw eko mane ekoooooo

  16. kang iwan… emg sekarng angsuran kredit motor udah ga fixed lg ya? kok bisa berubah gitu?

  17. mungkin dielaer honda jug ada yg gitu, tapi mungkin tdk banyak.

    keponaken beli wtf 125 cash gampang kok.

    ngak tau kalu di luar jawa

    • nantri tiga bulan..harga dinaikin dikit ..palingan 2 retus rebu ..tapi tetep aja gareloooo

  18. Lagu lama bersemi kembali…..
    Pengalaman saya inden vixion awal loncing harga 19.500.000,- otr probolinggo jatim… pas barang datang suruh tambah 250 rb ataudikasikkan yang via leasing…. terpaksa dech nambah

  19. dealer nakal banyak kalo barang WOWKE!!

    kasus old vixy tuh 5 jeti di luar harga barang, bandem karo dohc palsu sirahe

  20. perlu dilaporin ke yamaha nya nih mas…merugikan banget ke konsumen

    ————————————–
    2 karyawan tetap yamaha dipecat gara-gara bocorkan gambar R25 ketika berada dalam pabrik

    lovemotobike.com/2014/05/09/waduh-gara-gara-bocorkan-gambar-r25-ketika-di-pabrik-2-karyawan-tetap-yamaha-dipecat/

  21. Masalah kyk gini kn dah basi dah dari dlu jga, tpi mgkin jga karena kurang laris daganganx

  22. thx bgt kang iwann.. gara2 bloger macam anda, suara kami sbg konsumen bisa sampai ke pabrikan.
    sebelum ada blog gini bingung mau curhat ke siapa. banyak upper price motor baru dr jaman ninja250 pas msh baru dulu.

    pokoknya makasih banyak. sy tau banget maksut baik anda biki threat macam ini. demi kemajuan dunia motor di Indonesia yg semakin oke-jangan sampe kyk jaman dulu motor msh itu itu aja ga ada kemajuan signifikan; sebagai jembatan konsumen; pokoknya demi semua yg lebih baik.

    makasih bro!

    @mrdanielb

  23. emang lumrah sich.

    kham dealer kerjasam dgn leasing,

    yach kalu beli cash semua gimana?

    mungkin aja ada jatah buat leasing brp %

    dan ada jatah buat cash brp %

    kebetulan yg jatah cash dah abis,

    tinggal jatah leasing, yach mau ngak mau mesti kredit.

    karena tuh motor dah dibeli leasing

  24. yah semoga hanya pas ueforia aja, momentumnya lagi bagus gak ada saingan barang dagangan banyak yg nyari jadi leasing ngeruk untung sege-gedenya. kayak kasus bison dulu..

  25. Kalo gini yg (ngaku) smart, konsumen/fb atawa dilernya yax?!
    Ini pastee ulah wedus sohc interior nih

  26. Mgkin r15 dah byk diekspor kali, Pdahal ms terbesar Y dsni tpi kayaknya kurang menghargai konsumen dsni

  27. Bahahahaha, parah banget nih sales2 pekok.
    Ngerusak nama baik aja bisanya.
    Eh emang udah rusak yah nama baiknya xD xD xD

  28. biasanya yg mainkan harga untuk mengeruk keuntungan lebih dri harga patokan pabrik sales+leasing ….. aji mumpung
    tpi klo supply dri pabrik sdh lancar ,paling nggak indent 1 minggu dapet motor idaman harga ga dimainkan
    seperti kasus vario wtf , pas pertama x kluar indent sampai 2 bulan siapa yg berani bayar lebih di jamin dapet motor lebih dulu ,sekarang 3-6 hri sdh ready jdi bebas mau kredit ato cash lancar

  29. Yamaha mah dah gitu dari jaman jupe burhan om ipul …

    Olinya dah nemu om ?

  30. Bunga=riba. Istilah bunga istilah mnipu mas.kmblikn aj pd istilah aslinya.
    Dari dulu g sreg ama sistem pembelian inden.wong kt blm tau bntuk aslinya (kcuali yg pnya warung ama wak haji).udah gt kan brng blum jd milik sah dealer.
    Mnding pd nungguin klo udah ready aj baru beli cash.g mau di cash y udah g usah dibeli.
    Btw ini sbnrny mlh bs jd ancaman pd nungguin K45 lho..xixixi…

  31. keren kang artikelnya,, emang kudu sering bahas yang kaya begini biar para pabrikan tau keluhan konsumen dan dibaca oleh semua orang…
    kalo kita cuma kirim email ke yimm buat ngadu kaya begigini kemungkinan buat dibaca emailnya kecil tapi klo udah di share apalagi sama blog sekelas iwanbanaran.com

    gua yakin yimm pasti malu ama ulah oknum nakal yang kaya begitu..

    klo sampe bsok r15 yg gw bayar cash nambah dari harga 28juta otr jakarta,, GUA GA JADI BELI TUH MOTOR

  32. ooh kirain saya doang yang ngalamin, saya mau beli New vixion minggu kemarin disuruh kredit..ok saya bilang kredit…2 hari ga disurvei…tau2 sms dari sales Yamaha bilang kalau Cicilan BAF naik bagaimana kalau pake leasing mega???…oaaalahn..parah bener dah CASH DI SUSAHIN KREDIT DI KERJAIN!!!!!, tapi katanya ini penyakit dealer Yamaha dari dulu…bener ga ya..???

  33. oh iya parahnya lagi subsidi itu suka di makan sama dealernya…harusnya dapet subsidi 2 juta cuma di kasih 1 juta…

  34. kelakuan sales di mana aja sama tergantung kita berani ga sama mereka… kalo di tawarin sama sales beli cash harga di up minta ketemu yang punya dealer aja kalo ga tegas saja saya maua minta data sampean(sales) buat saya laporin ke yim pusat. mesti muikir 1000x kui sales ……….. sales kalo gak di getok emang kurang ajar,,,,,,,,,,

Comments are closed.