iklan iwb

Road to MotoGP 460x110460x110

Yamaha YZF_R15 (9)Bro dan sis sekalian….IWB haturkan terima kasih kepada bro Radith (R & D PT YIMM) yang sudah meluangkan waktu untuk menjawab seluruh pertanyaan dari pengunjung warung IWB tentang produk anyar mereka….R15. Seperti apakah betul material swing arm merupakan aluminium atau hanya besi belaka??. Dan apakah ECU Daytona tidak menghanguskan garansi??. Kemudian apakah aplikasi Android set up ECU diberikan kepada para owner special edition??. Berikut jawaban Yamaha secara resmi…..460x110

Tanya jawab IWB bedakan antara Q dan Y. Q adalah question atau pertanyaan pengunjung warung diartikel sebelumnya dan Y adalah answer atau jawaban YIMM secara resmi. Berikut kompilasinya…

iklan iwb

Q : Adakah lean angle censor?

Y : R15 memakai Lean Angle sensor

Q : ECU Daytona apakah tidak menghanguskan garansi?

Y : Garansi sepeda motor akan gugur karena ECU Daytona dapat membuka batas limiter RPM yang ditentukan YIMM. Paket aksesori SPEED KIT hanya direkomendasikan YIMM untuk RACING USE ONLY.

Q 😕 Swing arm apakah betul almu murni atau campuran?

Y : Untuk rear arm terbuat dari material aluminium jenis tertentu dengan diberikan heat treatment sehingga memiliki tingkat keuletan dan kekerasan yang sesuai untuk rear arm. Jenis material aluminiumnya berbeda dengan jenis aluminium untuk crankcase dan cylinder head.

Q : Tenaga setelah pakai ECU Daytona jadi berapa HP?

Y : Jika memakai ECU Daytona dengan kondisi knalpot standar, dan memilih setting ECONOMICAL, maka tenaga akan naik menjadi 0.5PS. Kenaikan tenaga pada settingan yang lain (SPORT, LITE-TUNING & RACING ) akan sangat bergantung kepada upgrade mesin yang dilakukan.

Q : Aplikasi android set up ECU dikasih kesemua owner SE?

Y : Ya, software Android berikut Bluetooth Dongle untuk menyambungkan unit ECU Daytona ke gadget Android akan diberikan kepada owner R15 Special Edition yang beruntung.

Q : Apakah YIMM ada pertimbangan rilis versi ultimate karena banderol sekarang dianggap terlalu murah?

Y : Jika versi Ultimate yang dimaksud adalah menyematkan perangkat SPEED KIT secara langsung di dalam unit R15 yang dijual di dealer, maka YIMM tidak berhak melakukannya karena YIMM berkomitmen untuk mematuhi peraturan pemerintah mengenai ambang batas emisi dan polusi suara. YIMM merekomendasikan bahwa SPEED KIT hanya dijual untuk kepentingan RACING USE ONLY. NAMUN jika versi Ultimate yang dimaksud adalah penambahan aksesoris STREET KIT maupun Special MotoGP Livery pada unit R15 yang dijual di dealer, maka hal tersebut sangat terbuka kemungkinannya.

Q 😕 Adakah kemungkinan harga hanya promo saja?

Y : Harga OTR sebesar Rp. 28,000,000,- untuk area Jakarta akan tetap berlaku meskipun setelah masa promo Indent Online selesai (15 April ? 15 Mei).

Q : Kenapa terjadi perbedaan power antara versi India vs Indonesia?. Apakah terjadi downgrade? (India 17ps INA 16,5ps)

Y : YIMM tidak melakukan downgrade. Bahkan karena R15 diproduksi di Indonesia, maka kualitasnya ditingkatkan, seperti penambahan secure key shutter & speed sensor (tanpa kabel speedometer). Sedangkan data power R15 sebesar 16.59 PS merupakan data dengan satuan yang telah dikonversi dari data hasil Homologasi di Departemen Perhubungan sebesar 12.2 KW. Catatan: Mungkin terdapat perbedaan metode maupun satuan yang digunakan dalam proses homologasi di India & di Indonesia.

Yamaha YZF_R15 (32)Q : Adakah rencana merombak menjadi sistem DOHC 3-4 tahun kedepan?

Y : Yamaha telah mempersiapkan sistem DOHC yang superior pada line-up motor sport-nya. Tunggu saja tanggal mainnya.

Q 😕 Apakah transmisi 6 speed bisa diaplikasi ke old vixion 3c1?

Y : Bisa. Namun diperlukan beberapa penyesuaian.

Q 😕 Maksimal ban yang bisa diupgrade?

Y : 1 step lebih besar, yakni depan 100/80-17 & belakang 140/70-17. tapi untuk mengganti ban tentunya harus di pikirkan juga terhadap performance dan durability ban tersebut.

Q : Adakah kemungkinan versi Movistar dipasarkan secara permanen seperti kompetitor?

Y : Peluang untuk hal tersebut sangat terbuka lebar.

Q : R15 bisakah dikasih premium?

Y : Bisa memakai bensin premium tanpa timbal.

Q : Kapan peluncuran R15?

Y : Secara resmi diluncurkan pada saat Press Conference tanggal 23 April minggu lalu, produksi massal mulai dilakukan pada bulan Mei minggu ke-2.

Q 😕 Harga part arm R15?

Y : Belum ada rilis resmi dari kami, namun diperkirakan berkisar antara Rp. 1,8 juta ? Rp. 2 juta mengingat unit-nya yang masih diimpor dari luar negeri.

Q 😕 Bisakah arm dipasang di NVL dan old vixy terus harga berapa?

Y : Bisa, namun harus mengganti rantai karena lebih panjang sekitar 5 cm dari NVL serta beberapa penyesuaian lain. Harga seperti pada jawaban diatas.

Q : Gigi transmisi dicangkokkan keNVL dan old vixy bisakah?

Y : Bisa. Namun diperlukan beberapa penyesuaian.

Q : Apakah rangka sasis dan mesin sama plek dengan NVL?

Y : Sasis R15 berbeda dengan NVL terutama di bagian penopang jok/kursi (Deltabox nya sama). Mesin R15 secara dimensi luar sama dengan NVL, perbedaan terletak pada sistem kopling, transmisi, FI setting, dan sistem pemasukan.

Q 😕 Adakah koordinasi dengan pihak kepolisian bahwa Sakura memang masuk kategori aman tilang soalnya sering ada petugas nakal

Y : Apabila knalpot Sakura R15 diberi dB Killer, maka secara ambang batas desibel sudah memenuhi Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. 07/2009 tentang ambang batas kebisingan kendaraan bermotor baru, yakni sebesar 89,6dB dimana menurut peraturan menteri negara lingkungan hidup, ambang batas kebisingan untuk kendaraan bermotor dengan kapasitas >80cc~175cc adalah = 90dB. Namun meski demikian, Yamaha hanya merekomendasikan pemakaian knalpot Sakura untuk RACING USE ONLY.

Yamaha YZF_R15 (7)Q : Bahan bakar rekomendasi?

Y : Rekomendasi bahan bakar tanpa timbal (premium, pertamax, pertamax plus).

Q : Handle grip belakang kalau geser gimana?

Y : Motor ini memang tidak memiliki handle grip seperti motor sport umumnya karena konsepnya tersinpirasi dari motor super sport R-1 dan R-6 yang juga tidak memiliki handle grip. Jika ingin menggerser motor dapat dilakukan dengan cara menarik footpegtandem footrest (penahan pijakan kaki penumpang).

Q 😕 Tanki apakah PNP dengan old Vixion?

Y : Tangki R15 tidak bisa langsung PNP ke Vixion 3C1, karena memiliki fuel pump dengan dimensi dan jenis yang berbeda antara keduanya.

Q : Antisipasi sparepart swing arm R15 yang keren animo biker tinggi?

Y : Ada kemungkinan stok Aluminium Rear Arm jumlahnya terbatas karena unit-nya masih diimpor dari luar negeri.

Q : Sirkulasi cooling system apakah seperti ninja yang dialirkan kebawah?

Y : Sirkulasi cooling system sama seperti Yamaha New Vixion 3C1, yakni di alirkan ke water jacket di dalam cylinder body.

Q : Koq bisa murah??. Apakah tidak mengorbankan kualitas?

Y : Hal ini dapat dilakukan karena R15 sudah diproduksi di Indonesia. Dan yang pasti Yamaha selalu berusaha untuk menyajikan produk yang berkualitas dengan harga yang tepat, untuk dapat benar-benar memuaskan hati konsumennya. Ini adalah bagian dari prinsip Yamaha yang disebut ?Kando? (beyond customer?s satisfaction).

Yamaha YZF_R15 (16)Q : Gimana adanya CBR versi lokal. Strategi Yamaha menghadapinya?

Y : Dalam membuat produk, Yamaha mempunyai prinsip bahwa setiap produk-produk Yamaha haruslah memberikan kesan ?Revs Your Heart? / ?Geber Hatimu?. Produk Yamaha haruslah exciting dan mampu membangkitkan gairah yang ada di hati / jiwa konsumennya. Dalam mendesain sebuah produk, Yamaha memiliki idealisme sendiri dengan memiliki garis desain yang original & otentik serta performa mesin yang mampu menyatu ke dalam jiwa pengendaranya. Setiap produk Yamaha adalah merupakan gabungan dari Art ? Human Spirit ? Engineering. Inilah yang disebut dengan Yamaha Way. Kami akan terus konsisten dan fokus dengan strategi kami sambil tetap waspada dengan pergerakan kompetitor.

Q : Harapan skutik 150cc dari Yamaha

Y : Semua akan terjawab pada waktunya :mrgreen:

Q : Apakah perbedaan engine hanya ada 6 speed dengan vixion

Y : Perbedaan engine R15 dibanding NVL ada pada kopling, transmisi, FI setting dan sistem pemasukan.

Q : ECU ada berapa PIN 33 atau 18??

Y : ECU R15 memiliki 33 pin

Q : Apa saja subtitusi part yg sama dengan NVL? (selain: piringan cakram, velg, kampas rem)?

Y : Piringan cakram depan berbeda, diameter cakram depan NVL lebih kecil 2.2cm dibanding R15. Bahkan rangka (terutama sudut rangka belakang) juga berbeda, setting kekerasan sok depan dan belakang juga berbeda, dan masih banyak lainnya. Kurang lebih ada sekitar 30 assy parts yang berbeda, atau sekitar lebih dari 100 komponen part yang berbeda dengan total nilai parts sebesar lebih dari Rp. 10,000,000,- dan belum termasuk biaya pasang. Hanya ada sedikit parts body maupun kaki-kaki yang dapat disubtitusi.

Q : Mengingat di bekali 6 percepatan, berapa konsumsi BBM per KM nya?

Y : Masih di atas 40km/liter. Bisa lebih irit, tergantung pada gaya berkendara.

Q : Berapa top speed yang sudah di ukur oleh yamaha ?

Y : 138 km/jam on speedometer

Q : Berapa ukuran maksimal ban belakangnya ? (150/60-17 Bridgestone Battlax bt 92)

Y : Ukuran 140/70-17 untuk ban belakang masih cukup aman. Jika lebih dari itu, mungkin diperlukan modifikasi.

Nah…wis gamblang semua ya bro. Dari sesi tanya jawab diatas, YIMM juga memberikan clue tentang lahirnya skutik 150cc. Selain itu…DOHC engine akan diracik kedepan (prediksi IWB sih maksudnya adalah R25). Btw…utang IWB sudah lunas yak. Sekali lagi…thanks untuk Yamaha atas waktunya sudi menjawab pertanyaan para pembaca IWB dan suwun juga para readers yang terus setia mantengin Iwanbanaran.com. Akhir kata berikut gallery image detil R15 hasil jepretan pribadi. Semoga berguna dan salam juozzzz gandozzzzz!!! (iwb)Yamaha YZF_R15 (35) Yamaha YZF_R15 (36) Yamaha YZF_R15 (1)? Yamaha YZF_R15 (3)Yamaha YZF_R15 (2) Yamaha YZF_R15 (4) Yamaha YZF_R15 (8) Yamaha YZF_R15 (10) Yamaha YZF_R15 (11) Yamaha YZF_R15 (12) Yamaha YZF_R15 (13) Yamaha YZF_R15 (17) Yamaha YZF_R15 (18) Yamaha YZF_R15 (19) Yamaha YZF_R15 (20) Yamaha YZF_R15 (21) Yamaha YZF_R15 (22) Yamaha YZF_R15 (23) Yamaha YZF_R15 (24) Yamaha YZF_R15 (25) Yamaha YZF_R15 (26) Yamaha YZF_R15 (27) Yamaha YZF_R15 (28) Yamaha YZF_R15 (29)? Yamaha YZF_R15 (30)Yamaha YZF_R15 (33)Yamaha YZF_R15 (15)Yamaha YZF_R15 (31)Yamaha YZF_R15 (34)

237 COMMENTS

    • Dari sisi mananya bro?. Soal power jelas Megapro FI bukan lawan Byson. Handling Megy FI juga lebih baik dibanding gen karbu

  1. Pertanyaan mb@h d@rmo pada mentri penerangan honprett !! MD : kenapa cbr gak laku ?? Mentri : karena fbh gak mampu beli .. MD : apa persamaan cbr dan fbh ?? Mentri : sama2 culun dan katrok .. MD : arm r15 dari alumunium kalo cbr ?? Mentri : cukup pakai tahu sumedang .. MD : ngoahahaha.

    • bener banget tong,,,,

      yakampret sadar,,,,

      kompetitor masih buat DHOC laba – laba,,,,

      makanya,,, sekarang cuman di kasih SOHC oper setruk yang mampu mengemplagi DOHC laba laba nya ahmpret,,, bahkan DOHC nya thaik land,,,, 😆

      catet,,,,, (cak lontong mode : on)

  2. bar iki,,,,

    mesti artikel metik,,,, 😆

    *biar para mahluk astral bisa bernapas lega,,,, 😆

  3. Ya udh ngga ush bingung2 bro….R15 Mantaap…..Harga 28jt…Body Sporty, Aerodinamis, Stabil, ganteng, Kuat, Swing arm udh banana yg lain aja pada kotak…..masih aja bingung..tinggalin CBR150…sekarang YIMM rilis generasi DNA R Series…R125, R15, R25, R3, R6, R1…..Mantaaaaaaaap….Eropa aja ngakuin kalo Yamaha Bagus….

  4. mantap mas.mksh dah kejawab semunya.tinggal liat aslinya dan dimensinya pas g buat postur badan yg gede ky saya.mksh mas IWB

  5. nah,, lho,,,,

    kok judule kok berubah kang saepul,, eh kang iwan,,,,,????

    ono opo tho,,,,??

  6. kang iwan mau tanya dong, untuk yang dapet R-15 spesial edition, itu dapet ecu standar n knalpot standar juga kah?jgn2 dpt R15 special edition dengan ecu daytona n knalpot sakura doang, untuk kerja pp kantor-rumah jebol dong tu motor,,mohon pencerahannya ya kang iwan….

    • resiko bray. kan udah ditanyain di formulir inden online kalo bersedia motornya dimodif langsung. ane rasa sih part-part terkait ditukar sama yg racing.

  7. Keren bangett! Perfect!

    Tentu sj wa gak perlu dan gak pernah perlu diperiksa.

    😀

  8. Kami akan terus konsisten dan fokus dengan strategi kami sambil tetap waspada dengan pergerakan kompetitor.
    ======================================
    Waspadalah…waspadalah… 😀

  9. kang iwan judule kok berubah,,,,???

    opo ono bakwan di balik bakso kang,,,, 😆

    jadi inget ki,,,,

    piye kang,, progres pertemuan karo si desta ibliser kang,,,,

    sukses kah,,,, ???

  10. masa inrayen make standar dl…lewat dr itu langsung ganti ECU Daytona+Muffler Sakura…Maknyusee

  11. Konsumen kurang satu informasinya :

    >> Pembelian bisa dilakukan kapan secara resmi di Dealer mana saja di Indonesia ? mengingat katanya dijual hanya di Dealer tertentu saja..
    Hal ini tentu dapat membingungkan Konsumen.
    Halo Customer Service YIMM ?

  12. wes… yamaha emang paling top margotop jozzz gandozzz… tutup tengki aja udah yang rata, yg model engsel pula, jadi gak perlu megangin kalo pas isi bensin.. sangat memperhatikan selera masa kini.
    tapi belum nyampe di lampung yak.. kemarin ke dealer yamaha belum ada mas kata si mbak nya.

    tapi akhir2 ini hati rada galau dan bimbang melihat cbr300, ehh cbr150 indo yg desainnya plek cbr300,
    huufft….

    ya Tuhan… manakah yang lebih baik…

    cuma satu yg jadi cacat honda bagi ane, katanya honda dah berbenah, tapi kemarin nyoba verza ama cb kok masih ada suara bodi berisik yak,, jangan2 new cbr150 juga gak bakalan lepas dari penyakit bawaan honda itu.. masih sangat berat hati ku untuk milih honda.. sepertinya honda masih punya penyakit lama, bodi getar berisik, rantai juga kemrasakh parah lebih prah dri pada merk lain.. tapi desain sama plek sama cbr300 nya itu lho,, membuat ku muncul rasa pingin..

    enaknya tunggu dua dua nya,, apakah cbr150 indo swing armnya sekelas R15? dan apakah tutup tengkinya dah model engsel juga..?
    haduh..mesti nunggu lama lagi nunggu dua duanya mberojol dulu, mbandingin dulu..

    judule galau hatiku, pegelo moto mu moco tulisan ku. yezzzzz
    wkwkwkwk

  13. menurut penerawangan ki joko pinter… tuh R15 mo di modif jadi naked bike juga bakal tetep keliatan ganteng..
    begitupun desain cbr300 yg nemplok di calon new cbr150…

    huuuuuhhh
    kan galau lagi..
    modiar tenan iki pertarungan antara punggawa pandawa dan kurawa, antara ninja konohagakure vs ninja amegakure.
    stresss kang.

  14. kang iwan tolong cari tau tentang swingarm bawaan punya calon new cbr150 indo dong.. swing arm nya gimana gitu..? apa banana arem arem juga atau gak..?
    biar gak galau n gak ragu nich,, ngambil R15 atau nunggu cibingier indo…

    kalau dan gamblang kan enak gitu.. hehehe
    tulung ya kang iwan…. pliiissss…

    • kagak mas bro, cbr 150 lokal disinyalir ga pakai banana arm.

      dah ditunggu cbr lokal aja.
      jadi bisa compare mana yang lebih better.

      So far yamaha ada 2 point yang unggul :
      1. R15 nya cakep ganteng.
      2. Yamaha manjain banget rider R15 nya. 😀

      So skor sementara :
      Yamaha 2 – Honda 0.5 😀

      *kok 0.5 ?? Soalnya Honda baru keluarin Spyshoot doang..
      Blm ada kabar lagi 😀 😀

      • SUdah dijawab bro Mechanoid. Minus arm tapi mereka mencoba menawarkan performa engine (DOHC). Selain itu desain khususnya sisi depan juga dirombak makin sporty….

    • kynya ngga pake arm alu.., ttp pake yg biasa..ato org blg swing arm tahu sumedang..
      design itu relatif, hanya saja design cbr 500cc kebawah gada perbedaan yg signifikan.. hampir mirip malahan..mknya ane ambil rasa lain..kebetulan spek. R15 yg torsi gede cocok dgn yg ane butuhin buat sehari”..toh power ga beda jauh..
      patut ditunggu kok cbr lokal jadinya gmn..

      monggo bergalau ria om..

      • Data race logic Yamaha YZF-R15

        0-60 km/jam: 4.5 detik
        0-80 km/jam: 7.6 detik
        0-100 km/jam: 12.8 detik
        0-100m: 7.4 detik
        0-201m: 11.5 detik
        0-402m: 18.5 detik
        Top speed speedometer 133 km/jam (racelogic 126.6 km/jam)

        Setelah itu mari kita bandingkan dengan hasil tes Honda CBR150R dimajalah yang sama?.

        Data race logic Honda CBR150R

        0-60 km/jam: 4.5 detik
        0-80 km/jam: 7.5 detik
        0-100 km/jam: 12.7 detik
        0-100m: 7.4 detik
        0-201m: 11.5 detik
        0-402m: 18.4 detik
        Top speed speedometer 137 km/jam (racelogic 126.8 km/jam)

        iwanbanaran.com/2014/04/25/test-ride-versi-otomotif-top-speed-yamaha-yzf-r15-mampu-imbangi-honda-cbr150r/

        Kesimpulan Spido R15 jauh lebih akurat dari CBR 150, itulah sebabnnya R15 ungguli CBR di Sentul

        lovemotobike.com/2014/05/07/diuji-oleh-pembalap-irs-laptime-yamaha-r15-di-sirkuit-sentul-ungguli-honda-cbr-150-r-0-48-detik/

        joss

  15. maknyooooos…, foto” nya cakep bener..
    ga ada downgrade dari versi india.., justru kualitas lebih mantap..
    infonya lengkap ‘n joss..makasih kang iwan..

  16. ok lah kalau begitu,, thanks bro Mechanoid and kang iwan atas masukannya..

    ane denger kabar juga, katanya new cbr150 AHM bakal di posisikan di kisaran harga yg lebih tinggi dari R15 ya.. kalaupun seandainya harganya setara, yamaha berani kasih swingarm yang lebih bagus dari pada kotak tahu panjang punya honda AHM, belum lagi hal hal kecil namun penting pada motorsport yang sering kali di sepelekan oleh honda AHM, yang membuatnya seolah2 belum mengerti benar bagaimana caranya membuat motor sport dengan harga mahalnya..
    harusnya ku sadari yamaha emang selalu berani ngasih lebih dengan harga yg ideal.. dan lebih memuaskan..

    sip…

  17. utang IWB sudah lunas yak.
    =======
    belum???…….masih ada,,,,, k45, R25, dll. he…he…he…

  18. jos
    aripitstop.com/2014/05/08/video-kecelakaan-saat-race-bukti-sirkuit-pasar-senggol-tidak-cocok-buat-cbr-cbsfvixion-dan-yzf-r15-bebek-saja-banyak-terjadi-kecelakaan/

  19. Pointny adlh r15 bukanlah nvl pake sarung
    ad selisih 10Jt antara part r15 dan nvl.jd,kl r15 28jt,maka seharusny nvl adlh……..

  20. R15 ditempelin speed kit…:
    – Power cuman nambah 0,5 HP….dikit sih…
    – Torsi RPM awal-menengah naik…akselerasi meningkat walo gak se-extreme spek racing.
    – Topspeed Gigi 5 dari 120 km/j GPS naik jadi 132 km/j GPS… tanpa harus oprek speedometer…
    Pengin lebih ya beli R25…biar ngerasain 14rb rpm…ato lepas limiter biar ngerasain 17rb rpm…

  21. Duuh, ganteng R15 nya kang iwan, foto2nya maknyoosss, disinyalir yang di foto ini adalah unit property pribadi, xixixixiii…. #salamRseries 😀

  22. catet*Dalam membuat produk, Yamaha
    mempunyai prinsip bahwa setiap produk-
    produk Yamaha haruslah memberikan kesan
    ?Revs Your Heart? / ?Geber Hatimu?. Produk
    Yamaha haruslah exciting dan mampu
    membangkitkan gairah yang ada di hati /
    jiwa konsumennya. Dalam mendesain
    sebuah produk, Yamaha memiliki idealisme
    sendiri dengan memiliki garis desain yang
    original & otentik..

    Nah ahm dalm desain identik j ngekor..trus. Jupi z ditiru blade,vixi ma cebong,

    ngekor trus kaya miner*a,produk musiman

  23. Walaaah…
    Kok ada yang nanyain pemakaian aluminum murni sebagai swing arm nya sih? Gila apa…
    Aluminum harus dipadu dgn unsur paduan lain supaya mechanical properties nya meningkat.
    Gak kebayang memakai material yg sama dengan panci/wajan untuk bagian dari sasis motor.

    • tante2 tahunya aluminium ya panci bro. emas tahunya kalung mana tahu emas juga ada di elektronik (pelapis). apalagi motor bro tahunya tuas kanan dan kiri di setang itu rem.
      ngoahaha.

  24. Memang masih harus inreyen ya? setau saya motor2 baru dengan teknologi canggih sudah tidak perlu inreyen…seperti mobil saja.

  25. Coba swing arm nya ga import..pasti harga sekarang udah pake ECU Daytona+knalpot sakura tuh…

  26. Alamaaak.. front fender R15 mirip dg CBR series :mrgreen:
    Beda di jumlah lubang baut & coakannya doank 😆
    iwanbanaran.files.wordpress.com/2014/05/yamaha-yzf_r15-4.jpg

  27. Q : Sirkulasi cooling system apakah seperti ninja yang dialirkan kebawah?

    Y : Sirkulasi cooling system sama seperti Yamaha New Vixion 3C1, yakni di alirkan ke water jacket di dalam cylinder body.

    ========================================

    Ditanya apa di jawab apa? Wkwkwk maksudnya apakah cooling sistemnya kaya ninya fi yg panas dari radiator di semburian ke bawah mesin?

    Atau kaya ninja karbu yg panasnya ya di buang gitu aja. Sehingga panasnya lari kemana mana

    Terus mengenai kalibrasi, alatnya itu terstandart. Jadi nilainya ga bakalan berubah

    Kalo power lebih kecil. Bilang aja lah. Emang downgrade.

    Toh beda 0,5 ps juga ga ngaruh2 amat

    Lagian kalo mesin biasa di negara tropis, emang power di turunkan. Kasihan mesin

    Payah nih yg jawab. Kalap kaya fby

    Movistar? Boleh sih. Tapi naikin dulu semangat jolor. Jangan kalah mulu si jolor. Sama yg tuir aja kalah. Sama yg ga juara dunia bertaun2 kalah, sama bocah kelahiran 93 gugup sampe nyoling start

    • menurut ane pertanyaannya yg salah kalo pengen jawabannya ttg anginnya. coba pikirin arti sirkulasi cooling system. dari kata sirkulasi aja udah ketahuan barang yg sama berputar terus.

    • @ “Ditanya apa di jawab apa? Wkwkwk maksudnya apakah cooling sistemnya kaya ninya fi yg panas dari radiator di semburian ke bawah mesin?”
      –> maklum broo, namanya juga bukan pengunjung warung dan orang pabrikan Y mungkin hanya fokus sama produknya doang.

  28. peak power r15 juga cukup tinggi di 9800 rpm, beda sma nvl peak power nvl kisaran 8rbuan rpm

    di india rata2 rada hiperbola smua pabrikan kasih spek mesin di dalam brosurnya

      • peak power grand astrea sesuai brosur 8 rb rpm, krna ane sndiri belum dyno, spec grand astrea ane, sohc kubikasi masih standart 97 cc, pake oil cooler satria fu, busi iridium NGK, cop busi splitfire, yg lain masih standart, top speed lumayan cuma 100 kpj on speedo di jalan datar 🙂

  29. weleh, informasi yg di kewer kewer
    josss gandos
    dual headlamp pun skarang FBH sudah gak berani mencela gak bisa buat bahan BC … soalnya kueren polll tow ?? any question !?

    Honda berani gak yah buka bukaan gini ..hihi biar konsumen semakin untung

Comments are closed.