iklan iwb

Road to MotoGP 460x110460x110

Yamaha YZF_R15 (9)Bro dan sis sekalian….IWB haturkan terima kasih kepada bro Radith (R & D PT YIMM) yang sudah meluangkan waktu untuk menjawab seluruh pertanyaan dari pengunjung warung IWB tentang produk anyar mereka….R15. Seperti apakah betul material swing arm merupakan aluminium atau hanya besi belaka??. Dan apakah ECU Daytona tidak menghanguskan garansi??. Kemudian apakah aplikasi Android set up ECU diberikan kepada para owner special edition??. Berikut jawaban Yamaha secara resmi…..460x110

Tanya jawab IWB bedakan antara Q dan Y. Q adalah question atau pertanyaan pengunjung warung diartikel sebelumnya dan Y adalah answer atau jawaban YIMM secara resmi. Berikut kompilasinya…

iklan iwb

Q : Adakah lean angle censor?

Y : R15 memakai Lean Angle sensor

Q : ECU Daytona apakah tidak menghanguskan garansi?

Y : Garansi sepeda motor akan gugur karena ECU Daytona dapat membuka batas limiter RPM yang ditentukan YIMM. Paket aksesori SPEED KIT hanya direkomendasikan YIMM untuk RACING USE ONLY.

Q 😕 Swing arm apakah betul almu murni atau campuran?

Y : Untuk rear arm terbuat dari material aluminium jenis tertentu dengan diberikan heat treatment sehingga memiliki tingkat keuletan dan kekerasan yang sesuai untuk rear arm. Jenis material aluminiumnya berbeda dengan jenis aluminium untuk crankcase dan cylinder head.

Q : Tenaga setelah pakai ECU Daytona jadi berapa HP?

Y : Jika memakai ECU Daytona dengan kondisi knalpot standar, dan memilih setting ECONOMICAL, maka tenaga akan naik menjadi 0.5PS. Kenaikan tenaga pada settingan yang lain (SPORT, LITE-TUNING & RACING ) akan sangat bergantung kepada upgrade mesin yang dilakukan.

Q : Aplikasi android set up ECU dikasih kesemua owner SE?

Y : Ya, software Android berikut Bluetooth Dongle untuk menyambungkan unit ECU Daytona ke gadget Android akan diberikan kepada owner R15 Special Edition yang beruntung.

Q : Apakah YIMM ada pertimbangan rilis versi ultimate karena banderol sekarang dianggap terlalu murah?

Y : Jika versi Ultimate yang dimaksud adalah menyematkan perangkat SPEED KIT secara langsung di dalam unit R15 yang dijual di dealer, maka YIMM tidak berhak melakukannya karena YIMM berkomitmen untuk mematuhi peraturan pemerintah mengenai ambang batas emisi dan polusi suara. YIMM merekomendasikan bahwa SPEED KIT hanya dijual untuk kepentingan RACING USE ONLY. NAMUN jika versi Ultimate yang dimaksud adalah penambahan aksesoris STREET KIT maupun Special MotoGP Livery pada unit R15 yang dijual di dealer, maka hal tersebut sangat terbuka kemungkinannya.

Q 😕 Adakah kemungkinan harga hanya promo saja?

Y : Harga OTR sebesar Rp. 28,000,000,- untuk area Jakarta akan tetap berlaku meskipun setelah masa promo Indent Online selesai (15 April ? 15 Mei).

Q : Kenapa terjadi perbedaan power antara versi India vs Indonesia?. Apakah terjadi downgrade? (India 17ps INA 16,5ps)

Y : YIMM tidak melakukan downgrade. Bahkan karena R15 diproduksi di Indonesia, maka kualitasnya ditingkatkan, seperti penambahan secure key shutter & speed sensor (tanpa kabel speedometer). Sedangkan data power R15 sebesar 16.59 PS merupakan data dengan satuan yang telah dikonversi dari data hasil Homologasi di Departemen Perhubungan sebesar 12.2 KW. Catatan: Mungkin terdapat perbedaan metode maupun satuan yang digunakan dalam proses homologasi di India & di Indonesia.

Yamaha YZF_R15 (32)Q : Adakah rencana merombak menjadi sistem DOHC 3-4 tahun kedepan?

Y : Yamaha telah mempersiapkan sistem DOHC yang superior pada line-up motor sport-nya. Tunggu saja tanggal mainnya.

Q 😕 Apakah transmisi 6 speed bisa diaplikasi ke old vixion 3c1?

Y : Bisa. Namun diperlukan beberapa penyesuaian.

Q 😕 Maksimal ban yang bisa diupgrade?

Y : 1 step lebih besar, yakni depan 100/80-17 & belakang 140/70-17. tapi untuk mengganti ban tentunya harus di pikirkan juga terhadap performance dan durability ban tersebut.

Q : Adakah kemungkinan versi Movistar dipasarkan secara permanen seperti kompetitor?

Y : Peluang untuk hal tersebut sangat terbuka lebar.

Q : R15 bisakah dikasih premium?

Y : Bisa memakai bensin premium tanpa timbal.

Q : Kapan peluncuran R15?

Y : Secara resmi diluncurkan pada saat Press Conference tanggal 23 April minggu lalu, produksi massal mulai dilakukan pada bulan Mei minggu ke-2.

Q 😕 Harga part arm R15?

Y : Belum ada rilis resmi dari kami, namun diperkirakan berkisar antara Rp. 1,8 juta ? Rp. 2 juta mengingat unit-nya yang masih diimpor dari luar negeri.

Q 😕 Bisakah arm dipasang di NVL dan old vixy terus harga berapa?

Y : Bisa, namun harus mengganti rantai karena lebih panjang sekitar 5 cm dari NVL serta beberapa penyesuaian lain. Harga seperti pada jawaban diatas.

Q : Gigi transmisi dicangkokkan keNVL dan old vixy bisakah?

Y : Bisa. Namun diperlukan beberapa penyesuaian.

Q : Apakah rangka sasis dan mesin sama plek dengan NVL?

Y : Sasis R15 berbeda dengan NVL terutama di bagian penopang jok/kursi (Deltabox nya sama). Mesin R15 secara dimensi luar sama dengan NVL, perbedaan terletak pada sistem kopling, transmisi, FI setting, dan sistem pemasukan.

Q 😕 Adakah koordinasi dengan pihak kepolisian bahwa Sakura memang masuk kategori aman tilang soalnya sering ada petugas nakal

Y : Apabila knalpot Sakura R15 diberi dB Killer, maka secara ambang batas desibel sudah memenuhi Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. 07/2009 tentang ambang batas kebisingan kendaraan bermotor baru, yakni sebesar 89,6dB dimana menurut peraturan menteri negara lingkungan hidup, ambang batas kebisingan untuk kendaraan bermotor dengan kapasitas >80cc~175cc adalah = 90dB. Namun meski demikian, Yamaha hanya merekomendasikan pemakaian knalpot Sakura untuk RACING USE ONLY.

Yamaha YZF_R15 (7)Q : Bahan bakar rekomendasi?

Y : Rekomendasi bahan bakar tanpa timbal (premium, pertamax, pertamax plus).

Q : Handle grip belakang kalau geser gimana?

Y : Motor ini memang tidak memiliki handle grip seperti motor sport umumnya karena konsepnya tersinpirasi dari motor super sport R-1 dan R-6 yang juga tidak memiliki handle grip. Jika ingin menggerser motor dapat dilakukan dengan cara menarik footpegtandem footrest (penahan pijakan kaki penumpang).

Q 😕 Tanki apakah PNP dengan old Vixion?

Y : Tangki R15 tidak bisa langsung PNP ke Vixion 3C1, karena memiliki fuel pump dengan dimensi dan jenis yang berbeda antara keduanya.

Q : Antisipasi sparepart swing arm R15 yang keren animo biker tinggi?

Y : Ada kemungkinan stok Aluminium Rear Arm jumlahnya terbatas karena unit-nya masih diimpor dari luar negeri.

Q : Sirkulasi cooling system apakah seperti ninja yang dialirkan kebawah?

Y : Sirkulasi cooling system sama seperti Yamaha New Vixion 3C1, yakni di alirkan ke water jacket di dalam cylinder body.

Q : Koq bisa murah??. Apakah tidak mengorbankan kualitas?

Y : Hal ini dapat dilakukan karena R15 sudah diproduksi di Indonesia. Dan yang pasti Yamaha selalu berusaha untuk menyajikan produk yang berkualitas dengan harga yang tepat, untuk dapat benar-benar memuaskan hati konsumennya. Ini adalah bagian dari prinsip Yamaha yang disebut ?Kando? (beyond customer?s satisfaction).

Yamaha YZF_R15 (16)Q : Gimana adanya CBR versi lokal. Strategi Yamaha menghadapinya?

Y : Dalam membuat produk, Yamaha mempunyai prinsip bahwa setiap produk-produk Yamaha haruslah memberikan kesan ?Revs Your Heart? / ?Geber Hatimu?. Produk Yamaha haruslah exciting dan mampu membangkitkan gairah yang ada di hati / jiwa konsumennya. Dalam mendesain sebuah produk, Yamaha memiliki idealisme sendiri dengan memiliki garis desain yang original & otentik serta performa mesin yang mampu menyatu ke dalam jiwa pengendaranya. Setiap produk Yamaha adalah merupakan gabungan dari Art ? Human Spirit ? Engineering. Inilah yang disebut dengan Yamaha Way. Kami akan terus konsisten dan fokus dengan strategi kami sambil tetap waspada dengan pergerakan kompetitor.

Q : Harapan skutik 150cc dari Yamaha

Y : Semua akan terjawab pada waktunya :mrgreen:

Q : Apakah perbedaan engine hanya ada 6 speed dengan vixion

Y : Perbedaan engine R15 dibanding NVL ada pada kopling, transmisi, FI setting dan sistem pemasukan.

Q : ECU ada berapa PIN 33 atau 18??

Y : ECU R15 memiliki 33 pin

Q : Apa saja subtitusi part yg sama dengan NVL? (selain: piringan cakram, velg, kampas rem)?

Y : Piringan cakram depan berbeda, diameter cakram depan NVL lebih kecil 2.2cm dibanding R15. Bahkan rangka (terutama sudut rangka belakang) juga berbeda, setting kekerasan sok depan dan belakang juga berbeda, dan masih banyak lainnya. Kurang lebih ada sekitar 30 assy parts yang berbeda, atau sekitar lebih dari 100 komponen part yang berbeda dengan total nilai parts sebesar lebih dari Rp. 10,000,000,- dan belum termasuk biaya pasang. Hanya ada sedikit parts body maupun kaki-kaki yang dapat disubtitusi.

Q : Mengingat di bekali 6 percepatan, berapa konsumsi BBM per KM nya?

Y : Masih di atas 40km/liter. Bisa lebih irit, tergantung pada gaya berkendara.

Q : Berapa top speed yang sudah di ukur oleh yamaha ?

Y : 138 km/jam on speedometer

Q : Berapa ukuran maksimal ban belakangnya ? (150/60-17 Bridgestone Battlax bt 92)

Y : Ukuran 140/70-17 untuk ban belakang masih cukup aman. Jika lebih dari itu, mungkin diperlukan modifikasi.

Nah…wis gamblang semua ya bro. Dari sesi tanya jawab diatas, YIMM juga memberikan clue tentang lahirnya skutik 150cc. Selain itu…DOHC engine akan diracik kedepan (prediksi IWB sih maksudnya adalah R25). Btw…utang IWB sudah lunas yak. Sekali lagi…thanks untuk Yamaha atas waktunya sudi menjawab pertanyaan para pembaca IWB dan suwun juga para readers yang terus setia mantengin Iwanbanaran.com. Akhir kata berikut gallery image detil R15 hasil jepretan pribadi. Semoga berguna dan salam juozzzz gandozzzzz!!! (iwb)Yamaha YZF_R15 (35) Yamaha YZF_R15 (36) Yamaha YZF_R15 (1)? Yamaha YZF_R15 (3)Yamaha YZF_R15 (2) Yamaha YZF_R15 (4) Yamaha YZF_R15 (8) Yamaha YZF_R15 (10) Yamaha YZF_R15 (11) Yamaha YZF_R15 (12) Yamaha YZF_R15 (13) Yamaha YZF_R15 (17) Yamaha YZF_R15 (18) Yamaha YZF_R15 (19) Yamaha YZF_R15 (20) Yamaha YZF_R15 (21) Yamaha YZF_R15 (22) Yamaha YZF_R15 (23) Yamaha YZF_R15 (24) Yamaha YZF_R15 (25) Yamaha YZF_R15 (26) Yamaha YZF_R15 (27) Yamaha YZF_R15 (28) Yamaha YZF_R15 (29)? Yamaha YZF_R15 (30)Yamaha YZF_R15 (33)Yamaha YZF_R15 (15)Yamaha YZF_R15 (31)Yamaha YZF_R15 (34)

237 COMMENTS

    • Q : Adakah rencana merombak menjadi sistem DOHC
      3-4 tahun kedepan?
      Y : Yamaha telah mempersiapkan sistem DOHC yang
      superior pada line-up motor sport-nya. Tunggu saja
      tanggal mainnya.
      #################################
      jangan sampai maen di150 dohc. bisa bisa fb smart menarik perkataanya 😀

    • Kalau artikel yang dibawah ini ENGGAK JOSS,,, jangan di tiru dah

      yudha79.wordpress.com/2014/05/07/punya-moge-koq-lebih-parah-dari-alay-ya-bro/

    • Oke banget daaah,,, makin oke kalau rantainya jangan sampai berisik ya bro
      yudha79.wordpress.com/2014/05/07/jangan-sepelekan-rantai-loe-nyawa-loe-bro/

  1. wahh, kuciwa banget pake ecu daytona hilang garansinya…masak yang pake settingan ga lepas limiter pun hilang 🙁

    jadi pikir-pikir lagi deh kalau mau minang, xixixi

      • Benar-benar aneh Bin Ajaib kalau emang seperti itu

        yudha79.wordpress.com/2014/05/05/surat-terbuka-untuk-kmi-mengapa-dikau-abaikan-ninja-yang-satu-ini/

    • Tenang az bro gampang ko ngakalin mslh garansinya, kalo mau service ke dealer tinggal balikin az partnya Ecu ato Knalpotnya ke standar, kan gx tiap hari jg bwa motor service ke dealer, jd pasti gx bakal tau jua petugas servicenya, hehe…

  2. walah,, jos,, kotos,, klostos,,, infone kang iwan,,,,

    matur suwun tengkyu kang,,,,

    pokoke komplit,, plit,, plit,,,,

    terjawab sudah pertanyaan ane,,,,

    tinggal nyiapin isi dompet nih,,, 🙂

  3. r15 nyentul ngalahin cbr150

    oprekmotore.blogspot.com/2014/05/komparasi-best-time-sentul-yamaha-r15.html

    • kyknya harus lepas tutup rante baru muat bro. rata2 yg bikin mentok yah tutup rante ini.

  4. Quote
    Adakah rencana merombak menjadi sistem DOHC 3-4 tahun kedepan?

    Y : Yamaha telah mempersiapkan sistem DOHC yang superior pada line-up motor sport-nya. Tunggu saja tanggal mainnya….
    unquote
    nunggu ini aja dah!!

  5. wah bisa setting ECU pakai Android.. mantap..

    Penjualan Big Bike Kawasaki-ER6N Terlaris, Pasar Moge Menggiurkan
    prasetyo676.wordpress.com/2014/05/08/penjualan-big-bike-kawasaki-er6n-terlaris-pasar-moge-menggiurkan/

  6. yahhh jangan dohc dongggg

    klo yimm bkin dohc 150cc ntar cebong mlah gantung diri lagi

    soalny yg beli cebong kn krena cuma cebong doang yg sport batangan (ngaku nya sih) yg pke dohc, sdgkn FU itu bebek

    ngoahahaha

  7. Q : Adakah rencana merombak menjadi sistem DOHC 3-4 tahun kedepan?

    Y : Yamaha telah mempersiapkan sistem DOHC yang superior pada line-up motor sport-nya. Tunggu saja tanggal mainnya.
    _________________________________________

    Jawaban ini masih tanda tanya, apkah untuk segmen 150cc atau 250cc?? kalau 250cc memang udah jelas.

    Q : Apakah perbedaan engine hanya ada 6 speed dengan vixion

    Y : Perbedaan engine R15 dibanding NVL ada pada kopling, transmisi, FI setting dan sistem pemasukan.
    _________________________________________

    untuk part koplingnya masih penasaran seberapa beda dengan NVL

  8. wah wis kebak… absen dulu
    78deka.wordpress.com/2014/05/08/imho-desain-motor-sport-jepang-paling-keren-ada-di-600-cc/

  9. Owh ntu daitona nya buat mbalap only, kalo pake harian, garangsi ngosong

    Hmmmmmmmmmmm piye njal???

    Ene duidte ra?? Ora rek!!

    Yo wes ndloweh ae neng pinggir numpak onthel

  10. assalamu alaikum..
    kang iwan, udah lama di tempat ane seliweran r15 abal abal..
    pas liat asli nye jadi kurang nggreget..

  11. Q : Adakah rencana merombak menjadi sistem DOHC 3-4 tahun kedepan?

    Y : Yamaha telah mempersiapkan sistem DOHC yang superior pada line-up motor sport-nya. Tunggu saja tanggal mainnya.

    150cc juga kahhh…???
    oooohhhh….

    • msa yimm mau bkin dohc 150cc, sama ajah ngekor strategy sebelah klo bgtu, msih 3-4 thun mendatang lg….
      it jg disinyalir kuat msih pngembangan dri minarelli lg….sobek2….

      • kl d kluarin skrg ente g bs ngebece lg donk..

        ntar kl g bs ngebece g d kasih mkan ma ngahaem….

        hihihihiiiiiii…..

      • Suka2 yamehek donk, wong minarelli jg anak perusahaan yamehek. makanya sono honpret jgn mau kalah.. ambil noh viar jd anak perusahaannya.. muehehehehe..

      • minarelli itukan pers motor itali yang sejak 1990 bergabung sama yamaha.

        lah terus klo yamaha bikin mesin mobil buat toyota masak toyota mau ganti YAMATO/ TOYAMA = yamaha-toyota.

  12. ditinggal baca dulu terlempar dari urutan 4 jadi urutan 24!!!

    jiannn DOHC yamaha emang kenceng beuddd…!!!

    #loh???
    wkwkwkwkwkwk

  13. Okeh mas Radithyo,
    Assalamualiakum
    Mas iwan,,
    Selamat pagi
    Selamat beraktifitas,

  14. mantep !
    kyknya dgn kondisi stndar aja udh nampol bgd performa nih motor.. gk kbayang klo dipasangi racing kit.. kompetitor musti waspada nih

  15. yakampret ngeluarin DOHC 150 kalo ntar ahmpret udah bener2 ngeluarin DOHC 150 yang bener2 DOHC,, bukan kayak sekarang deh,,,

    itu DOHC laba – laba,, mosok iso romphal lan klotok2,,,

    yakampret melihat,,, SOHC yang oper setruk nya aja masih bisa ngepretin DOHC laba – laba nya ahmpret,,,,

    tunggu aja,,, 😆

  16. pengen swing arm’e,,tp kok larangmen eo 🙁
    lebok’e neng bengkel CUSTOM ae paling murah 😀 d lapisi piber 😀

    cla10.heck.in
    Nitip 😀

    • ntar bagi yagn dapet undian racing kit R15,,

      tapi kagak mau di pasang kan ke R15 anyarnya karena takut garasi gosonk,,,,

      ane sedia nampung dengan harga bersaing,,,, 🙂

      *serius mode : on

  17. ntar bagi yagn dapet undian racing kit R15,,

    tapi kagak mau di pasang kan ke R15 anyarnya karena takut garasi gosonk,,,,

    ane sedia nampung dengan harga bersaing,,,,, 🙂

    *serius mode : on

  18. Q : R15 bisakah dikasih premium?
    Y : Bisa memakai bensin premium
    tanpa timbal.
    Q : Bahan bakar rekomendasi?
    Y : Rekomendasi bahan bakar tanpa
    timbal (premium, pertamax,
    pertamax plus).
    ++++++++++++++++++++++++++++
    meluruskan saja, dr prnyataan ini bisa mnjerumuskan bg yg krg paham mngenai BBM yg dimaksud. hrsnya kata BAHAN BAKAR/BENSIN/PREMIUM TANPA TIMBAL gk usah diungkapkan krn itu sama artinya dg PERTAMAX..kesimpulannya minimum PERTAMAX, mmg lbh baik motor injeksi pakai minimum PERTAMAX

    • iya nih…katanya dah ada premium yg ga pake timbal bro, tp ga tau beli dimana….mungkin di tempatnya shell

    • sejak beberapa tahun lalu, kayaknya skrg tahun ke tiga atau keempat deh, Pertamina bilang semua premium yang beredar di Indonesia sudah bebas timbal. awalnya hanya untuk jakarta.
      Asumsi saat ini, harusnya 80-90% Indonesia premiumnya sudah bebas timbal…kalau mengacu ucapan pertamina sih…

      kobayogas.com/2014/05/07/firts-impression-piaggio-mp3-250ie/

    • kalo menurut data yang dulu sempat tak lihat, semua bbm pertamina itu bertimbal. cuma kadar nya aja yang berbeda dan yang pasti jauh berkurang dibanding sblm tahun 2010

  19. ayo dong,,, AHMpret,,,,

    keluarin mongtor semprot yang bener dong,,,,

    jangan asal asalan,,,,

    kasian tuh penboy ente,,,,

    liat aja tuh,, yang kelas 150 sese mau pun kelas 250 sese,,,

    beli mahal2,, di kamplengi ama persi murah nan lokal,,,,

    jangan untung gede aja yang ente pikirin,,,,

    contoh kompetitor juga kagak masalah,, yang penting demi kepuasan konsumen,,,,

    *kang iwan,,, semoga komen ane di baca ama petinggi AHM pret nih,,,,,

    • setuju mas, semoga ahm bisa ngeliat ini.
      semoga mata mereka terbuka lah.

      gila kasian gw ngeliat cbr cbu harga selangit, dihajar sama cbr lokal nanti nya.

      semoga sih ga cuma nyari untung juga, tapi bisa manjain rider nya, sama seperti yang di lakukan oleh Yamaha 🙂

  20. Yang menarik…
    Q : Adakah rencana merombak menjadi sistem DOHC 3-4 tahun kedepan?

    Y : Yamaha telah mempersiapkan sistem DOHC yang superior pada line-up motor sport-nya. Tunggu saja tanggal mainnya.

    Woooowwww…. 🙂 siap” aja ngeliat V-ixion jadi DOHC. SOHC aja udah bisa ngasapin si cebong, apalagi lw udah jadi DOHC….hehehe. Salamnya bukan ???? salam 6 detik, tapi salam 10 detik hai cebong dohc kw-kw an…. 😀 ngoahahahahahahahaiiiii….

    • udah aja pake mesin gen Vixion … di eropa dipake untuk MT125 dan r125, di amrik selatan ada r15 , di india ada r15, di Apac ada r15 juga… itu mesin vixion di riset sama Minarelli italia… meskipun SOHC tapi mendunia.

      DOHCnya yamaha kemungkinan cuman akan di disiapkan untuk 250cc…. IMHO

  21. garansi hangus, racing use only 😀
    pertamax7.com/2014/05/08/yamaha-yzf-r15-sudah-diatas-truk-distribusi-mau-dikirim-ke-konsumen-atau-buat-touring-jurnalis-besok/

    • baca lagi om,,

      seting economical,, dan pake senalpot sutandar,,,,

      *miker,,,,, ( cak lontong mode : on)

  22. Walah yang dapet special edition nasib garansinya gimana nih. asli kocak 😀 😀

    Berharap dapet yg standard aja dah klo gitu 😀 😀

  23. nitip guyon ya..hehe
    astaotoblog.wordpress.com/2014/05/06/degelan-r15-punya-kans-besar-untuk-di-ban-cacingkan-oleh-para-penggunanya-hahs/

Comments are closed.