iklan iwb
iklan iwb

Road to MotoGP 460x110460x110

Honda CBR150Bro dan sis sekalian…disela susahnya menggali perkembangan progress K45, sumber IWB sukses memberikan sample spatbor depan yang dipakai sang kuda besi. Menggunakan 3 ikatan….front fender K45 ini ternyata identik dengan CBR series khususnya CBR300R. Hhhmmmm…kembar plek euy!!460x110

Mzbro bisa perhatikan…..front fender K45 yang dibuat salah satu vendor ini menggunakan desain yang begitu identik dengan CBR series khususnya CBR300R. Artinya…spatbor depan tidak common part dengan CB150R. Bisa diintip dari dudukan baut disisi bawah…..sang street fire absen ikatan. Dengan bocoran ini bisa kita simpulkan….lokalisasi sudah mencakup semua komponen termasuk cetak casing. Begitu pula dari sisi engine…..

iklan iwb

Mesin K45 ternyata sama dengan CB150R. Hal ini cukup lumrah sebab engine CBSF sendiri merupakan kembaran dari CBR versi Thailand. Bedanya….jika CBR masih import CBU, maka engine CBSF dibuat secara lokal dengan komponen mencapai 95%. Bahkan statornyapun sama persis (terlampir). Lha terus apa bedanya dengan sang naked kalau begitu??….

Honda CBR150aAnalisa IWB ada pada sistem ECU, mapping dan kelistrikan. Mirip R15 vs NVL…..maka CBSF vs CBR150 lokal adalah pada karakter. Prediksi ini diperkuat informasi dari salah satu sumber IWB yang mengatakan pengapian outputnya lebih besar. Yah…memang tidak serta merta mendongkrak power on wheels sebab mapping bisa saja untuk mengejar ban yang lebih gambot. Dengan ukuran ban depan 100 dan belakang 130 (estimasi)…diperlukan setingan yang lebih agresif untuk mengangkat accelerasi awal. At least….tenaga imbang dengan CBR versi Thailand sudah cukup bagus….

Last…..K45 atau CBR150 saat ini sedang dipegang bagian PQE yakni divisi yang bertugas melakukan testing new produk. Singkatan dari Product Quality engineering……testing biasanya dilakukan disirkuit Cakung. Jika sudah menuju tahap ini….hanya kalangan terbatas yang boleh akses atau bersentuhan langsung. Wis….pokoke dikerangkeng kayak penjara kangbro :mrgreen: . Btw….IWB akan tetap pantengin tiap perkembangan project K45. Sosok yang sudah jelas desainnya namun tetap akan afdol jika kita mampu mengungkap secara gamblang berdasarkan bukti. Ditunggu updates selanjutnya…….(iwb)

Bandingkan dengan front fender CBR300R vs CBSF
_27245 ae015e78ebb6e91669b98a636655ddc7_f1273

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!