iklan iwb

Road to MotoGP 460x110

Z250SLBro dan sis sekalian…tidak langsung datang kelokasi, IWB lumayan tertegun membaca ulasan dari Detikoto. Ditegaskan secara gamblang oleh Assistant General Manager Marketing Division PT Kawasaki Motor Indonesia, Yusuke Shimada….mereka tidak akan memberikan toleransi pada konsumen owner Z250SL yang ngotot ngisi Premium. Bahkan secara tegas…doi menggaris bawahi….garansi pabrikan otomatis akan gugur jika itu dilakukan. Waduh…sobek tenan!!….460x110460x110

iklan iwb

Disela prescon dan peluncuran Z250SL…Mr. Shimada mengatakan bahwa secara kompresi dan engine sang kuda besi didesain nenggak bahan bakar minimal oktan 92. Oleh karena itu kalau konsumen ngotot ngisi Z250SL dengan oktan dibawahnya seperti Premium, maka garansi pabrikan ditegaskan akan gugur. “Bensinnya minimum sekelas pertamax, di bawah pertamax, garansi gugur,” jelasnya seperti dikutip Detikoto. Waduh. Tentu saja pernyataan ini cukup mengejutkan termasuk bagi IWB….

Yup….untuk pertama kalinya produsen roda dua mengimplementasikan kebijakan menggugurkan garansi karena asupan Premium. Praktis tindakan Kawasaki mirip dengan produsen roda 4 terhadap Agya dan Ayla serta beberapa mobil LGC lain. Bedanya jika produsen 4wheels cenderung kucing-kucingan enggan secara tegas mengimplementasikan dilapangan…Kawasaki tidak. Tujuan sih positif tapi…..sudah menjadi kewajiban produsen melakukan sosialisasi perkara diatas. Kenapa??….

Jangan sampai karena minim informasi……konsumen menjadi korban. Maunya klaim waktu ada kerusakan….akhirnya ditolak dengan mengkambing hitamkan Premium. IMHO….policy diatas bukan perkara kecil. Karena punishment yang diberlakukan tidak main-main yakni….gugur seluruh garansi dari pabrikan. Kendala utama lagi adalah…..banyak SPBU diluar kota atau Jawa yang tidak menyediakan Pertamax. So….bagi konsumen dilokasi tersebut sepertinya kudu putar otak jika tidak ingin garansi hangus. Bahkan setahu IWB, pabrikan moge-pun tidak memasukkan delik tersebut dalam term of service guarantee failure. Pertanyaannya…apakah peraturan diatas juga berlaku pada Ninja RR mono yang notabene menggunakan engine serupa??. Tidak jelas. Dan inilah yang juga harus diterangkan secara gamblang oleh Shimada….

Last….power Z250SL diklaim tembus 28HP@9700RPM. Mesin DOHC 250cc single silinder dengan bobot 148kg non ABS dan 150kg ABS dibanderol 38,9juta dan 44,9juta OTR Jakarta. Mulai dikirim akhir Mei…..siapapun tidak akan ngeh bahwa KMI memberlakukan garansi gugur nenggak Premium. Sudah kewajiban produsen menginformasikan hal ini kekonsumen. So…saran IWB bagi mzbro yang ingin beli Z250SL…monggo tanyakan secara gamblang perkara ini kepihak dealer. Karena IWB tahu….dibeberapa kota kecil khususnya luar Jawa,? mencari Pertamax cukup susah. Alih-alih ingin nunggang motor keren…..malah mumet dipersulit ketika klaim hanya karena kesalahan mengisi bensin. Garansi mesin gugur karena Premium??. Sudah tahu belum sampeyan perkara itu?. Atau jangan-jangan baru aware juga setelah baca artikel IWB?. Sobek bener kalau iya….PR besar bagi Kawasaki nih 🙄 ..(iwb)

 

171 COMMENTS

  1. temenku yang punya ninja 250 pernah tuh di tegur sama pegawai SPBU. kayak gini “mas motor e ninja kok ngisi bensin”.
    itu udah menjadi konsekuensi bisa beli motor mahal ya bbm nya harus yang mahal.

    • setuja om..gw geli n pengen ngakak liat selera org indonesia..motor pengen keren n power’e top markotop tp ngisinya premium wkwkwkwkwkwkwk

  2. iso tuku ninja kudu sio tuku pertamax, motor murahku ae tak isi pertamax ko, kadang 🙂

  3. hhmm,,,

    kang iwan,,,,

    trus tau dari mana pabrikan kalo tuh motor pernah di isi ama premium ama usernya kang,,,????

    • kalu suatu saat ada masalah di mesin,dicek klau pakai pertamax/plus pasti ada semacam bekas warna hijau/merah di klep, klau pakai premium yg ada berkerak klepnya, ketahuan kan

  4. iya lah kang.. ini motor mesinnya punya kompresi tinggi 11.3:1.. diatas cbr 250 yg 10.7:1.. cbr250 sy aja mintanya oktan 95, dibawah itu gampang knocking.. coba terbitin lagi kang tulisan hubungan antara kompresi mesin-tenaga/torsi-bbm, buat pembelajaran..

  5. apa ada semacam sensor di tengkinya kang iwan,,,

    jadi bisa terekam di ECUnya,, kalo nih mongtor pernah di isi ama bengsin kismin,,,,

    kalo kagak ada,,, ntar bisa jadi debat kusir antara user dan dealer/pabrikan kalo terjadi kasus kerusakan mesin akibat BBM,,,

  6. tapi yang patut di apresiasi,, langkah KMI patut di ikuti ama pabrikan lain,,,

    jadi intinya,, mongtor premium,, minunya jangan premium,,,

  7. Malu laah, motor 40jt ngantrii premium bareng kwek2, matik dan maaf *kalangan penerima subsidi.
    gak usah diajarkan kalau yg beli memang konsumen melek otomotif dan anti subsidi

  8. ane pake pertamax. seringnya kalo isi seminggu sekali. nampol bayarnya gocap dikewer-kewer sambil lirik ke belakang. pernah juga 2 minggu bayar cepe kebetulan yg ngisi cewe langsung dah tu cewe terpukau ane sawer pake cepean.
    org mana tahu ane ngisi seminggu sekali.

  9. di kota ane malah kagak ada pertamax,,,

    yang ada pertamak pulus,,,

    alhasil,,, 50 rebu cuman dapet 3 liter koma sekian doang,,, 🙁

  10. solusi nya gampang,,,

    isi bengsin,,,,

    plus tenggak octane boster,,,,

    wkwkwkwkw,,,,

    *orang indonesa pasti panjang akalnya,,,, 😆

  11. mendingan pake superkips aja!! aman n nyaman minum premium!! power jga lebih gede,, msih berani bilang superkips boros!! tak kamplengi pisan

    • kalu orang yg gak mikir polusi yg makin parah ya gini…dipikir anak cucunya kelak bakal pindah ke planet mars kali ya

  12. ea pr juga bagi pemerintah.. Pertamax,Pertamax plus di tiap spbu harus di adakan. Jgn hnya di daerah perkotaan aj. Bgipemilik kendraan mewah di wajibkan isi pertamax. Klo ngga gransi pabrikan hangus.. Top buat KMI..

  13. wah-wah isi premium aja gugur ,tapi kalau harga pertamax aja naik terus gimana ?

    ——————————
    Test Ride NMP FI
    rpmsuper.wordpress.com/2014/05/02/sensasi-berkendara-honda-new-megapro-fi/

  14. pertanyaan simple ,separah apa seh kerusakan yang di timbulkan si premium terhadap mesin Z250SL itu,mesin terlalu panas sampe pistonnya jebol kah??loss power kah??nglitik,nglotok??? ini yang perlu di cari tau kang iwan.

  15. ini yg perlu ditiru, gak kayak pabrikan H & Y, jelas2 kompresi mesinnya tinggi, malah bilang “aman kok pakai premium”

  16. hahaha
    ya emang wajib itu…
    mampu beli motor premium, ya harus mampu beli pertamax…
    masa mau minum bensin premium juga… malu atuh

  17. Bagus buat KMI…..motor bagus masa ngisi premium…malu lah ngantri sama bebek jadul….haha

  18. kalo menurut ane sih,, bukan hal yang baru kalo premium dapat menghanguskan garansi mesin,,,,

    bahkan untuk produk merek lainnya juga bisa,, atau kalo boleh di katakan untuk semua merek dan semua type,,, contohnya,,, premium di siram ke produk tersebut,,, trus di sumet karo geni cilik,,,

    😆

  19. yo masuk akal sih.. masa kompresi tinggi mau diisi premium. trus buat kawasaki nih, mending sekalian buka spbu jualan pertamax, biar konsumen yg udah inden g kesulitan nyari bbm yg cocok

  20. Kawasaki memang Josss gandos kotosss kotosss sampe mbedosss tetep bae josss…kagak kayak pabrikan Honda, kompresi mesin 11.0:1 katanya masih bersahabat minum premium (nb: kasus cebong)

  21. om ini klarifikasi KMI mengenai isu hangusnya garansi Z250SL
    oto.detik.com/read/2014/05/02/165154/2571767/1208/kawasaki-klarifikasi-soal-garansi-motor-z250sl

  22. m.otomotifnet.com/read_article/17460521/2014/05/02/Tenang__Kawasaki_Z250SL_Aman_Pakai_Premium_ bingung nih mz iwan yg bener yg mana?

  23. …ya iyalah pake pertamax, …masak bs beli motor kerenz masih ngarepin subsidi (premium)…. #malu_ah

  24. Saat pembelian unit harus ada sosialisasinya. kalau bisa tertulis dengan jelas, jangan kucing2an juga
    . biar konsumen tidak tercederai rasa bangga dengan kawasaki.
    kang, sobek tenan. gak jadi beli, gak sanggup kasi minumnya? hahahahaaa..pdhal bisanya beli yg 110 cc. sobek tenan..

  25. yah byk yg mengurungkan niat pinang nih motor, ada yg bilang bisa beli motor bagus masak gk kuat beli pertamax…kyk motor sy gk suka premium bersin2 gmpang mati, mesin jd kasar bgt, emang spec pertamax up yo wajarlah

  26. orang kampung seperti saya cukup naik astrea prima taun jebot aja, kalau bawa keluarga atau bawa banyak barang ya naik bendi keramat aja hehehe.
    nasib wong ndeso nan kismin 🙁

  27. berarti yg boleh beli ni motor khusus orang kota…. orang daerah gk boleh beli,, soalnya di daerah jarang ada pertamax… padahal orang2 daerah tu pada paling demen kalo ada motor di tanki ada tulisan ninja… wkwkwk

  28. Update dari oto.detik.com kang :
    Berikut pernyataan Kawasaki Motor Indonesia tentang hangusnya garansi motor:

    Sehubungan dengan adanya berita di beberapa media tentang hilangnya garansi
    pabrikan apabila Kawasaki Ninja RR mono & Kawasaki Z250 SL tidak menggunakan bahan bakar pertamax, maka dengan ini kami informasikan bahwa hal tersebut adalah tidak benar.

    Untuk model Kawasaki Ninja RR mono & Kawasaki Z250 SL, tidak akan hilang
    garansi pabriknya meskipun konsumen tersebut tidak menggunakan bahan bakar pertamax.

    Demikian klarifikasi dari kami dan mohon dipergunakan sebagaimana mestinya.

    • oto.detik.com/read/2014/05/02/165154/2571767/1208/kawasaki-klarifikasi-soal-garansi-motor-z250sl

  29. di daerah ane pontianak, cuma ada 5 spbu yg punya PERTAMAX PLUS … PERTAMAX TIDAK DISEDIAKAN !
    (premium, pertamax plus, solar)
    itu pun dalam kota saja, jika sudah ke luar daerah siap2 minum oplosan premium, wong SPBU ajah bisa di itung jari kalau di luar daerah, maklum kota kecil.

    ada ada ajah KMI, kalo modif gugur masih masuk akal.

  30. sudah seharusnya sih, bisa beli motor 40an juta, masa minumnya masih premium. taat sama pemerintah saja, premium hanya untuk kalangan yang pantas disubsidi. *tapi kalau masalah susah cari pertamax di daerah pinggiran ya, lain ceritanya.

Comments are closed.