banner-460x110px (1)

tiger-revoBro dan sis sekalian….tak terhitung banyaknya pertanyaan kenewsroom IWB tentang kelangsungan Honda Tiger. Discontinue diam-diam sejak Januari 2014….sang legendaris bak tenggelam ditelan bumi. Konsentrasi penuh untuk menggedor sport 150cc membuat pabrikan seakan melupakannya. Tapi ditengah makin hilangnya nama Tiger, ada beberapa suara mengangkat rumor bahwa grup Astra diam-diam menyiapkan versi fuel injeksi dalam waktu dekat. Isu yang IWB tidak tahu dari mana asalnya menyebut tahun ini sebagai moment kelahiran sang injeksi. Apakah betul demikian???….460x110-lwb460x110

Tiger memang banyak yang menanti. Mempunyai komunitas terbesar diIndonesia….produk satu ini sangat disegani. Bahkan saking loyalnya….mereka tetap setia walau disodori dengan produk ala kadarnya. Kenapa IWB sebut ala kadar??…dengan banderol terakhir 26jutaan, nyaris tidak ada fitur atau kelebihan apapun yang ditawarkan pabrikan. Engine Kaizen era 1980an dan hanya dipermanis kiri kanan. Revolusi seperti mandeg ditengah jalan. Praktis kita hanya disodori nama besar serta kubikasi gede sebagai faktor kebanggaan…

Tidak heran…..para komunitas Honda Tiger sempat protes saat CBSF dirilis kepasar. Mereka merasa dianak tirikan oleh pabrikan. Bukannya tidak tahu…sosok pentolan tinggi yang sering berinteraksi langsung dengan para komunitas mengerti betul kondisi tersebut. Segala masukan ditampung dan diteruskan kepusat. Sayang…..menelurkan produk legendaris tidak semudah membalikkan telapak tangan. Segala sisi dibutuhkan pertimbangan matang. Tidak heran project ini masuk kategori terlama yang pernah IWB pantau…..

IWB sendiri sempat mengangkat berita tentang Tiger FI sudah sejak dua tahun lalu. Bisa mzbro lihat dibawah ini….

1. http://iwanbanaran.com/2011/10/13/bocor-alus-mesin-lama-honda-tiger-dipastikan-akan-lengser/

2. http://iwanbanaran.com/2012/10/07/menganalisa-project-honda-tiger-masih-misterius/

3. http://iwanbanaran.com/2011/02/05/revolusi-honda-tiger-makan-waktu-2-tahun/

Dua artikel diatas dirilis tahun 2011 dan 2012 serta masih banyak artikel lain yang tidak bisa IWB sebutkan satu persatu. Artinya….project motor ini memang terus mundur. Jika ditahun 2011 IWB memprediksi butuh satu dua tahun kelar….jebule sudah masuk kurtal 2 tahun 2014 tidak menunjukkan batang hidung. Uniknya beberapa media online yakin generasi fuel injection hadir tahun ini….estimasi semester dua (monggo baca ME yang IWB singgung disini)…..kenyataan dilapangan??. negatif brosis. Seluruh telik sandi yang IWB colek, rata-rata mereka menggeleng tanda nihil. Bahkan kode produkpun belum sampai ditangan mereka. Sinyal bahwa kelahiran sang macan tidak akan hadir ditahun 2014??. Disinyalir begitu….

Last…..kemisteriusan sang legendaris semakin kuat saat IWB coba mengintip master plant AHM hingga 2015. Percaya atau tidak….nama Tiger kembali tidsk nongol. IWB hanya menemukan kode K31G sebagai satu-satunya produk berkubikasi diatas 200cc milik AHM. Uniknya diplacement bukanlah 230cc seperti yang diyakini para Blogger ataupun media online. Namun 250cc dengan label produk CB250R. Tidak hanya itu….saat menyelidiki Honda KRET yang sempat wak haji Taufik singgung diartikelnya beberapa hari lalu…IWB tidak menemukan indikasi sebagai sosok Tiger. KRET dari hasil endus awal merupakan produk Honda Brazil dengan model NXR 150. So…IMHO kemungkinan cukup kecil motor ini yang menggantikan sang legendaris. Sebagai informasi, dari olah penyelidikan….AHM mempersiapkan 7 model dipertengahan 2014 hingga awal 2015 dengan komposisi 2 model baru (disinyalir CBR150 lokal dan Vario150)….FMC 4 produk dan MMC satu model. Mirisnya semua tidak menyinggung Tiger FI sama sekali. Jian bikin ngowoh lan doweh tenan. Semoga ada perkembangan ditengah jalan. Tiger??. Nasibmu kini nak :mrgreen:.(iwb)

Advertisements