banner-460x110 (8)

Bro dan sis sekalian…pada saat peluncuran tim Indoprix pada hari Kamis kemarin, Yamaha menegaskan bahwa mereka tidak akan ikut kelas IP150 karena alasan safety. Minimnya sirkuit yang ditawarkan serta cueknya IMI terhadap masukan ditengarai sebagai puncak YIMM mengambil keputusan pahit. Weleh….uk460x110460x110

Sebelumnya….sekitar sebulan yang lalu YIMM masih belum memberikan konfirmasi. Niat berpartipasi dikelas IP150 dipertimbangkan mereka. Tapi secara mengejutkan…last minute pihak pabrikan akhirnya memutuskan tidak mengikuti kelas ini. Kenapa??. Dilontarkan keIWB….alasan safety memang menjadi pembahasan krusial regulasi balap 150cc. Secara khusus pak Supriyanto (Manajer Motosport YIMM) pernah mengatakan keIWB…” Safety bagi kami sangat penting pak. Dengan minimnya faktor ini kami berat menerjunkan pembalap kita. Sport 150cc beda dengan bebek. Powernya sangat besar kalau sudah dioprek. Butuh sirkuit gede dan saat ini hanya Sentul dan Binuang yang masuk klasifikasi..” ujar pak Supri….

Namun sayang…..masukan YIMM kandas ditengah jalan. IMI tetap kekeuh membuka kelas IP150 tanpa sudi survei langsung kelapangan. Terus kenapa mereka tidak lantang memprotes??. ” Sudah pak. Kita kalah suara. Masalah safety menggunakan sistem polling aja kita juga udah nggak sreg. Harapan kami pihak terkait pembuat regulasi melakukan survei dilapangan…secara betul-betul. Karena urusan safety dan nyawa bagi kami nomer satu. Pembalap Yamaha kita latih dan kita siapkan untuk berkarir didunia balap tidak hanya kelas lokal. Namun jenjang karir panjang kekelas yang jauh lebih tinggi. Lha kalau disini saja sudah cedera dimana-mana…gimana masa depan mereka nanti?. MenurutĀ  kami kelas ini terlalu dipaksakan” ujarnya waktu itu….

Sudah bisa dipastikan Yamaha tidak akan berpartipasi dikelas IP150. Konfirmasi ini dilontarkan pak Supriyanto hari Kamis kemarin. Kejadian tewasnya dua penonton dan satu rider dikelas pasar senggol 150cc 2 tak beberapa tahun lalu menjadi alasan dan rasa trauma bagi mereka. Tidak heran kelas tersebut langsung dihapus setelahnya. “Urusan balap kapanpun kami selalu siap selama safety diperhatikan” tutupnya. Hhhmmm sebuah prinsip yang patut kita apresiasi. Anehnya….pengumuman urungnya Yamaha terjun kekelas 150cc seirama dengan Honda. Dari keterangan rekan media dilokasi, mereka tidak melihat preparation dari pihak AHM. Wah…jangan-jangan CB150R juga batal ikut tuh. Mosok Suzuki Satria FU mau balapan sendiri??. Tepuk jidat tenan….

Sayang hingga detik ini…IWB gagal mendapatkan konfirmasi kepihak AHM. Susahnya menembus lingkaran sosok yang menangani perkara ini menjadi biang menggantungnya kabar status Honda diajang IP150. Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya. So Urungnya YZF-R15 turun di Indoprix150 sebagai bentuk protes dari Yamaha kepada pembuat regulasi??. Entah kenapa koq IWB ngerasa begitu ya bro. Toh secara unit racing sendiri mereka sudah siap lho. Gimana menurut sampeyan….apa punya opini lain??…..(iwb)

Video Yamaha R15 versi racing saat Asian Cup race 2013 Sentul

[youtube=http://www.youtube.com/watch?v=Mt9mKf7CcNY]

Link HP : Klik disini

Advertisements