iklan iwb
iklan iwb

banner-460x110 (8) image

Bro dan sis sekalian….boleh saja HRC klaim power motor mereka tidak kalah melawan open class lainnya. Namun fakta dilapangan tidak bisa dibohongi. Dibahas oleh Motomatter….Nicky Hayden sangat senang dengan handling yang ditawarkan RCV1000R. Pasca pindah dari Ducati….nunggang RCV tentu bak motor jinak. Tapi lemahnya top speed membuat para rider open class Honda mengungkapkan kekecewaan. Kehilangan banyak waktu dilintasan lurus, mereka menuding HRC kurang mampu mengoptimalkan desain secara keseluruhan. Maksude???….
uk460x110460x110

iklan iwb

Tahukah sampeyan bahwa ukuran tanki RCV1000R ternyata hanya 22,2 liter maksimum. Kapasitas daya tampung lebih sedikit 1,7 liter dari 24 liter yang diperbolehkan Dorna. Tentu saja para tim open class yang sudah membeli RCV1000R dari Honda merasa kesal dan tidak mengerti atas desain tanki yang terkesan nanggung. Hal ini diungkapkan oleh Scott Redding seperti diungkap Crash….

” Tanki hanya mampu menampung 22,2 liter bensin. Aku tidak mengerti kenapa jika kita bisa menggunakan 24 liter…..mereka menggantinya dengan yang lebih sulit. Tapi mau bagaimana lagi, kita harus menghemat bensin saat race, sebuah pengalaman baru buatku. Jika mereka menyediakan tanki yang lebih besar, itu adalah sebuah langkah bagus untuk membuat kami bisa maju kedepan..” keluh Redding….

Sepertinya diawal pembuatan RCV1000R, Honda cukup pede bahwa motor versi produksi mampu bersaing dengan lainnya. Jadi dengan kapasitas tanki 22,2 dirasa cukup mengingat RC213V hanya dibekali tanki maksimum 21liter. Tapi dengan spek yang memang jauh dibanding versi prototype seperti nihilnya pneumatic valve, perbedaan ECU software serta SSG….banyak dari para tim open class menilai Honda telah melakukan kesalahan besar…..
image

Yup….inferiornya horse power dibutuhkan pancingan bahan bakar yang lebih banyak untuk mengejar ketertinggalan perfoma. Sayang mereka tidak bisa melakukannya karena keterbatasan desain kapasitas tanki RCV1000R yang sejak awal dipasang 22,2 liter. Pertanyaannya…kenapa Honda tidak fleksibel membebaskan tiap tim memodifikasi sendiri tanki RCV1000R agar kapasitas bisa menampung 24 liter seperti regulasi Dorna??…..

Jawabannya simple brosis. Seperti dilansir Crash….mirip dengan sampeyan saat membeli HP atau laptop yang disegel dan ditempel menyilang pada komponen. Disitu pasti tertulis ” jika stiker rusak, maka garansi hilang”. Artinya desain tanki sudah menjadi kesatuan paket RCV1000R dengan perhitungan matang. Mau dirombak atau dirubah seenak udele dewe, sorry to say…..kita lepas tangan jika itu terjadi……

Mau njengking, dlosor, mlumah murep….masa bodo. Ada apa-apa jangan libatkan kami lawong udah neko-neko utak-atik sendiri….mungkin begitulah gambarannya. Sayang sejauh ini HRC belum merespon keluhan yang dilontarkan para team open class tentang kapasitas tanki. Entah gengsi atau memang berusaha mencari solusi?….tidak ada yang tahu. So….pengguna RCV1000R??. Byuh..brodhol rambute mumet tenan kuwi :mrgreen: …..(iwb)
image

Top speed terbaik RCV1000R dibanding lainnya saat Motogp Qatar (sumber Motomatters)

Dani Pedrosa 340.2   km/jam
Valentino Rossi 338.0 gap 2.2
Aleix Espargaro 331.8 gap 8.4
Nicky Hayden 324.8 gap15.4
Scott Redding 323.6 gap 16.6

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!