iklan iwb

banner-460x110 (8)image

Masih seputar LED…..komponen ini ternyata susah diaplikasi kemotor lain brosis. Hal ini dikarenakan reflektor didesain khusus untuk memaksimalkan pancaran lampu dari LED. Salah perhitungan sedikit hasilnya bias tidak fokus. Selain itu….cara kerjanya memang tidak langsung memancar keluar. Maksude??…460x110uk460x110

iklan iwb

Seperti yang pernah IWB bocorkan sebelumnya…posisi LED berada dilangit-langit reflektor. Kinerjanya cukup unik yakni pancaran cahaya LED ditembakkan kebawah yang nantinya baru dipantulkan kedepan. Alasannya adalah….kekuatan cahaya LED sangat kuat dan menyilaukan jika tidak dipantulkan dahulu. Sehingga dengan hitungan akurat, LED Vario110 tetap adem dan aman buat mata. ” Sangat sulit mz. Karena bentuk desain reflektor juga beda. Vario ini dirancang untuk memaksimalkan pantulan daya pancar LED” ujar pak Edi bagian technical……

Daya pancar sendiri menggunakan ukuran berbeda dengan bohlam biasa. Jika bohlam memakai satuan watt….maka LED adalah candela. Dan untuk Vario 110 daya pancar mencapai 18ribu candela atau lebih terang 6000 candela dari peraturan minimal yang diberlakukan pemerintah. AHM mengklaim…walau cahaya cenderung putih, kemampuan membelah kabut serta hujan deras tidak perlu diragukan. Hal ini ditegaskan pak Edi dari technical department. Terus berapa banderol LED jika terjadi kerusakan???….

Satu set bersama perangkat lain dijual sekitar 750ribu. Kenapa satu set?. Karena untuk membuat LED menyala ada beberapa komponen pendukung dibelakangnya. Memang sih terkesan mahal. Namun menilik lifetime yang dikatakan nyaris unlimited, biaya yang dikeluarkan tetap tidak membuat kantong bolong. Lawong diatas 10 tahun je. Btw…AHM menegaskan, jika teknologi ini diterima dengan baik oleh para konsumen, mereka terbuka mengaplikasikan keseluruh produknya….moped ataupun sport. ” Semua tergantung pasar…..kita akan lihat nanti” ujar pak Hendri (R & D) saat menjawab pertanyaan para Blogger. ” Enaknya dengan LED kita tidak butuh ruang reflektor terlalu gede. Jadi kedepan kita bisa lebih bebas berkreasi khususnya hal desain. Sedang bohlam biasa tidak bisa karena panas yang dihasilkan membutuhkan ruang lebih..” tukas pak Edi menambahkan. Juozzz tenan!!…(iwb)

186 COMMENTS

  1. lha truss klo misalnya terbentur dan pecah brarti harus ngeluarin duit 750 rebu dong … waaaa .. ampunn dechh …. hiks ..
    inovasi nguras kantong .. wkwkwkwk …

  2. lagian klo nunggu 10 tahun tuch motor udah ketinggalan jaman, motor sekarang 2 tahun udah ganti model .. mending lampu biasa aja dech .. toh terangnya ga jauh2 amat bedanya .. ora pengen blasss ..

  3. lama-lama juga pasti yamaha ngikutin kok, teknologi honda tahun 80an yamaha ngikutinnya tahun 2000an…tunggu saja 20tahun lagi, yamaha pasti ikutan. hahahaha

  4. yg ada dikepala or otak dungu fby2, kalo ngomong LED langsung ke lampu LED cabe…wkwkkwkwkwk…….. maklum biasa beli LED di pinggir jalan….. dungu ya tetap dungu…mo dijelasin juga tetap dungu….xixixi

  5. fby2 dungu, nih jenis LED juga oi61.tinypic.com/ns08p.jpg biar dungunya berkurang. biar tau diluar sana selain dipinggir jalan langganan ente2 ada LED yg satu biji seharga 1 karung LED langganan ente2…wkwkkwkw

    • 316. Klingon V2 = New Vixion ? Oktober 30, 2012

      semakin sering fby berkomentar negatif?.semakin gundah gulananya dia sebagai fby??.

      ——————————

      96. Klingon V2 = New Vixion ? Oktober 29, 2012

      asisten juragan pengen nyulut lagi?ngakak??.. yep hr minggu khusus buat keluarga, sambil ngerecokin fby walao jatah hari itu anak maen game namun sedikit menghibur liat tingkah laku para fby?.ngakak

      Reply:
      {yep hr minggu khusus buat keluarga, sambil ngerecokin fby walao jatah hari itu anak maen game}

      ——————————

      194. Klingon V2 = New Vixion ? Oktober 28, 2012

      xixixixi?ane tersenyum bisa bikin fby gondok di tengah kegirangan uforia lorenzo jurdu???. nanti ane sambung lg ya para fby?.. coz compy nya gantian ma monik ane?. nge game?. bye..bye? fby yg dilanda uforia?.serius?.

      Reply:
      {nanti ane sambung lg ya para fby?.. coz compy nya gantian ma monik ane?. nge game?. bye..bye? fby yg dilanda uforia?.serius?.}

      : //iwb.com/2012/10/28/lorenzo-juara-dunia-pedrosa-mengaku-tetap-bangga/#comment-223995

      203. Klingon V2 = New Vixion ? Oktober 28, 2012

      tp ga berlaku buat ngirit2an wtf vs sial gt n miaou j???. kalo wtf lbh irit di bilang ngibul?wkkwkwkwkwkwk?..udah ah?.anak ane dah ngambek?..

      Reply:
      {.udah ah?.anak ane dah ngambek?..}

      —————————————-
      —————————————-

      “WAKTU ITU KLINGON NGELES KARENA TERPOJOK DEBAT KUSIR DAN BERALASAN SEPERTI ITU!”

      @NVL = KLINGON V2

      Jangan lupa sama ini.
      Kasihan anak anda mau main game sampai ngambek berebut komputer dengan anda bapaknya.
      Jadi terenyuh saya, terngiang terus komentar ini, sudah tua bangka Bapak Klingon masih ngalay disini.
      Prihatin saya melihat kehidupan aslinya Mas Klingon

  6. Klo LED yg d toko Rp.1000,-/biji tu ga sampe sminggu dh modiar kbakar walau dksh komponen apapun buat ngatur arus n tegangan tetep aja modiar..
    Klo LED impor memang mahal tp awet smpe 10 tahunan..

      • emang bener om gak mati kan nyalanya redup, kalo kira-kira dibuat lampu motor bisa gak ya sampe terang banget… paling gak nyampe 1 menit udh gosong tuh led.

        • Ya ga bs d samain to bro… kan jenisnya jg beda? Kalo untuk lampu motor ya pasti pake luxeon, dan tentu harganya berlipat ganda….

      • Ngomong motor belok nang Ampli trs puter balik nang motor mneh… Smkin josss ae
        Hehe…

  7. bukannya LED itu harusnya lebih murah ya?
    ini kok malah lebih mahal ya?

    750rb diklaim mampu sampai 10 tahun? dalam 10 tahun pemakaian apa gk ada kemungkinan terjadi nya kecelakaan yg bs menyebabkan headlamp rusak? malah boros donk yg ada konsumen keluar biaya lebih. apalagi jika aki mulai lemah (biasanya dalam 1 thn pemakaian aki melemah) setau saya LED arus listriknya harus stabil banget biar gak cepet rusak.

    setau saya malah lampu LED di pasaran jauh lebih murah dan universal, malah ada yg dimodif jadi projie sehingga meminimalisir tingkat kesilauan dan lebih gaya, jika masih silau juga tinggal di selipin stiker aja sebagai penahan CUT-OFF cahaya pada sisi bagian atas projie LED tsb. sehingga pancaran cahaya LED projienya tidak menyilaukan mata.

    kalo begitu kesimpulan saya mendingan bohlam biasa saja drpd 750rb utk satu set LED yg notabene di pasaran jauh lebih murah dan universal.

    IMHO CMIIW

      • led abal maupun berkualitas menurut saya itu sama saja, sebab itu kastanya motor bebek, konsumennya menengah bawah, jika led nya saja sudah 750rb itu apa uda gak melenceng dari target pasar? sementara led yg 200rb saja bisa awet bertahun2 dan sinarnya terang ga kalah dgn yg berkualitas. 750rb bs utk servis besar dan ganti kampas kopling dan lain2..

        kemungkinan besar di mark up tinggi banget..

        tinggal konsumen nya aja cerdas atau gak dalam memilih produk

        IMHO CMIIW

    • led nya emang yahud,tetep kemahalan harganya
      lha aku beli 200 rebu dah dapet led 20 watt plus inverter di glodok,ni tak pasang dimotor dah 2 tahun

    • mas tanyain honda mau ga menggaransi lampunya 10 tahun krn kejadian kmarin lampu led ku mati gara2 njegluk lubang jalanan

      • paling2 nanti setelah rusak yg di garansi cuma bohlam LED nya saja, komponen2 di belakangnya, headlamp nya, reflektornya, dll nya “TIDAK DI GARANSI” atau garansi tapi dengan SYARAT KETENTUAN BERLAKU 😀

  8. 750rb cuma dapat 1 set lampu led se up*l2.
    mendingan buat beli kue bolu basah dapat sekeranjang.

  9. Mas Iwan, nitip artikel hari iniii

    Kumpul Blogger dan test ride, Mantap!
    monkeymotoblog.wordpress.com/2014/03/29/hari-ini-kumpul-blogger-kunjungan-ke-warehouse-ahm-di-jatake-test-ride-dua-motor-dan-jadi-fotografer-cabutan-asyik-banget/

  10. @petibarang
    LED yg ada bintik kuningx itu lo bro,entah fosfor atau apa namax ane ga tau..
    Klo LED biasa buat lampu indikator sih mmg awet..

    • Itu Led luxeon bro, super terang… sebenarnya si awet jg, yg penting sesuai spek karena lampu ini sensitif, tegangan dan arus harus sesuai dan konstan. Juga harus di beri pendingin yg memadai karena menghasilkan panas yg tinggi, bahkan jika watt besar selain di beri heatsink jg di beri kipas pendingin layaknya processor

  11. LED impor smisal luxeon yg sdh ada projinya hrgx skitar 350-500rb,daya 20watt,tp ingat itu cuma isi 1 biji LED aja lo..
    Mslh terang jgn dtanya..

  12. Ini merupakan pembodohan terhadap konsumen, seharusnya Oon-da menggaransi 10 tahun bukan dapat tahan 10 tahun Head Lamp LED nya.

    Konsumen dipaksa beli Head lamp seharga Rp 750 ribu bila rusak. 🙁

    Lebih baik semua motor Honda di samakan saja Head Lamp nya dengan CB 150 R yang sudah DC type H4 dengan kemampuan 55/60watt, lampu ini sudah terang banget dan harga bohlamnya cuma -/+ Rp 40 rb / buah, dng syarat mikanya yg bener aja agar tidak meleleh krn kepanasan. 😀

    Quo Vadis Head Lamp LED 😛 😛 😛

  13. kedepan’nya,. tekhnlogi rem dpan honda, bisa di stel mas,.. mau pendek, sedang, atau dalem, cuman biaya mahal.. masih di riset…..

  14. kadang aneh ya,, tutup tangki rata emang cakep,.. tpi pernah gak, ngalamin tuch anak kuncinya macet atau ilang…? di cungkil susah bro,.. palingan ganti tuch ma tangki’nya,. kalo model jendol masih lumayan mudah kalo kejadian apes kek, tutup tangki bisa diakali di cngkel,. ma’af kalo saya salah,.

    • Da bnarny tu, Om… Aq jg mulai kuatir, ttup tangki Byson d rmh jg mulai Error.
      Prnh agk gmna gtu d SPBU, pas mw buka tangki eh macet.. Untung bs mski agk mksa.

      • Emange tutup tangki jendol bisa gampang dicongkel ya tong???
        Penggiringan opini orang kampung. Ngapain lu FBH ngaku punya Byson kalo takut tutup tangki rata macet?? Baru tau ada yang kaya begini!! Jendol ya jendol aja tong, ngga usah penggiringan opini tutup tangki rata bisa bla bla bla.
        Sales maH0nda lu yah??
        Salam jendol FBH ayann.
        Ngoahahahahaha

    • Klo d paksa congkel, berarti bisa buka tapi g bisa d tutup lagi donk, ninja dr tahun jebot pake ttup flat,belom pernah denger ada kasus gituan? Mungkin next artikel kali ya..

  15. 750rb uang semua apa ,……….

    campur daun ? -buat makanan MbekHA ?

    alias kaum kambing , hehehehe

  16. kebanyakan
    yang pake nickname baru pada pinter-pinter
    tidak salah lagi mereka orang penting dipabrikan y dan h.

  17. ==========================

    Harusnya tampang R15 kaya gini :

    s28.postimg.org/4gdcc0r1p/R15.jpg

    ===========================

  18. gerombolan fby pd ayan dan bilang kalo tekn0logi lampu led ahm Rp.750.000 adalah mahal.
    Padhal katanya kaum kaya? Dan selalu ngejek kaum fbh adalah miskin.
    Dan cuman 750 adalah mahal?
    Jadi… Miskin teriak miskin nih. Ngoahahaa

    • Lu salah brayy.
      FBY ngga bakal beli motor Honda, justru FBY kasihan sama FBH yang diteppu terus sama maH0nda. Ck ck ck. Kasihan FBH buat komen dimari aja sampe rebutan kompi sama anaknya.
      Ngoahahahahaha.

  19. Salut buat Honda sebagai pelopor lampu LED pertama buat motor skutiknya dibanding pabrikan lainnya. Dua jempol, mantap.

  20. hehehehehehehehehehehehe

    duit 750rb mending buat beli kuambing lg,

    …. itung-itung nambahin temen fbh pekok sesama MbekHA , hahahahahhahahahahahahaa

    biar nggak kesepian di kandang , hehehehhehehehhehehehhehehehhehehehehhehheheehhe

  21. keluaran produk AHM indonesia selalu bikin kejutan dgn trobosan baru pemikiran sendiri,,,,
    ga seprti Y*M*H* Indonesia bisanya nyela, nyacat, tp ga ada hasilnya,,, mental2 MUNAFIK,,,,

  22. pusing baca baca komentar, teknologi LED beda-beda bro yang terang di pake di senter ama luxion itu jenis CREE itu rata-rata 1 biji harganya diatas 100rb tergantung jedis LED CREE yg di pake makin baru type nya makin mahal belum lagi Housing LED dan regulator wajar harganya mahal.

  23. mas iwan tolong dong dijelasin juga diartikel selanjutnya tentang teknologi LED nya honda kenapa bisa semahal itu.
    yang saya tau led berkualitas dan yang sanggup menghasilkan cahaya yang sangat terang sudah pasti mahal, contoh gampangnya lampu LED untuk rumah buatan philips yang hanya 5 wat saja bisa mencapai 150 ribu. apalagi untuk motor yang jelas-jelas cahaya yang dihasilkan bisa 5 kali lipat atau lebih dari lampu philips tersebut.

  24. sekedarshare pada Maret 29, 2014……..
    creee murah mas
    aku beli cuma 5 rebu dapet 3 watt di glodok
    reflektornya juga murah
    setuju kalo teknologi ini terlalu mahal
    moga yg lain cepetan ngikutin sehingga honda tidak mendikte harga
    krn ini teknologi lama sebenernya
    dah diterapin di ducati vespa harley & hampir semua motor electric terbaru

    good job bwat honda

  25. “Kinerjanya cukup unik yakni pancaran cahaya LED ditembakkan kebawah yang nantinya baru dipantulkan kedepan. Alasannya adalah?.kekuatan cahaya LED sangat kuat dan menyilaukan jika tidak dipantulkan dahulu.”

    kayaknya bukannya kekuatan led sangat kuat deh mas, tapi led itu kalo tanpa lensa atau reflektor, pancaran sinarnya relatif lurus ke 1 titik.

    kenapa diarahin kebawah gak langsung kedepan, kalo diarahin kedepan langsung nanti useless sinar hanya 1 titik aja gak nyebar ke jalan.

    efeknya silau iya, tapi jadi gak terang dan lebar sinarnya 🙂

    cmiiw

  26. kenapa headlamp lednya mahal?

    karena yang dipake itu bukan led biasa yg buat lampu sein, atau lampu rem. yg dipake itu HPL High Power LED

    kelebihannya lebih terang dan irit listrik. kekurangannya dia lebih panas. dan harus ada driver yang ngatur arus listrik masuk ke lednya.

    kalo dek depan dibuka harusnya sih ada heatshink buat led nya tuh..

    kalo enggak bisa cepet putus lednya 😀

    kalo cree beda tipe led

    kalo mau diaplikasiin kemotor lain bisa, cuman 1 set sama reflektornya. kalo ngambil lednya aja, musti bikin reflektornya lagi

    cmiiw

  27. Da bnarny tu, Om… Aq jg mulai kuatir, ttup tangki Byson d rmh jg mulai Error.
    Prnh agk gmna gtu d SPBU, pas mw buka tangki eh macet.. Untung bs mski agk mksa.

    • Penggiringan opini orang kampung. Ngapain lu FBH ngaku punya Byson kalo takut tutup tangki rata macet?? Baru tau ada yang kaya begini!! Jendol ya jendol aja tong, ngga usah penggiringan opini tutup tangki rata bisa bla bla bla.
      Sales maH0nda lu yah??
      Salam jendol FBH ayann.
      Ngoahahahahaha

  28. lagi musim led
    cree cree
    pertamax7.com/2014/03/29/yamaha-yzf-r15-seharga-rp-297-di-thailand-harusnya-sih-di-indonesia-lebih-murah-atau-minimal-sama/

  29. halah pda rbut apa ini…
    triak2 kualitas blablabla
    udh trima aja lahh, slama msh tgl di indo jgn berharap high quality, klo mau high quality jgn di indo, masyarakat indo tu blom bsa klo di kasih brg high quality, akui n trima aja
    klo gak trima yaa buat produk asli dlam negri yg high quality n gak tipu2

  30. Kalo kepingin pake led, nggak usah susah dan mahal bel punya vario110, bikin sendiri saja, gampang kok
    titip mas motogokil.com/2014/03/29/mengenal-sistem-kecerdasan-buatan-dan-aplikasinya-pada-otomotif/

  31. Cara Mensetting ketinggian lampu Depannya gimana Master,New Honda Fario 110 FI saya lampu dekatnya nunduk Sekali, dan lampu jauhnya juga ikut nunduk

  32. Dimana beli lampu lednya mas, motor vario 110 fi saya sudah 2 kali putus lampu LEDnya, cuma lampu kotanya saja yang hidup skr. tolong info harga dan no telponnya juga karena kalau dari ahass katanya indent 8 bulanan, jadi motor ini kalau malau tak bisa dipakai. untuk wilayah palembang (sekayu) belum ada jualan lampunya…

  33. Maaf bang , vario saya headlampnya mati baru 1 tahun pembelian april 2014.. itu kenapa ya apakah da yg salah dengn komponennya? Atau justeru harnessnya? Gejalanya tidak mati total tapi mati ketika kena getaran akibat jalan lubang atau polisi tidur, mohon pencerahannya..

Comments are closed.