iklan iwb
iklan iwb

banner-460x110 (8)image

Masih seputar LED…..komponen ini ternyata susah diaplikasi kemotor lain brosis. Hal ini dikarenakan reflektor didesain khusus untuk memaksimalkan pancaran lampu dari LED. Salah perhitungan sedikit hasilnya bias tidak fokus. Selain itu….cara kerjanya memang tidak langsung memancar keluar. Maksude??…460x110uk460x110

iklan iwb

Seperti yang pernah IWB bocorkan sebelumnya…posisi LED berada dilangit-langit reflektor. Kinerjanya cukup unik yakni pancaran cahaya LED ditembakkan kebawah yang nantinya baru dipantulkan kedepan. Alasannya adalah….kekuatan cahaya LED sangat kuat dan menyilaukan jika tidak dipantulkan dahulu. Sehingga dengan hitungan akurat, LED Vario110 tetap adem dan aman buat mata. ” Sangat sulit mz. Karena bentuk desain reflektor juga beda. Vario ini dirancang untuk memaksimalkan pantulan daya pancar LED” ujar pak Edi bagian technical……

Daya pancar sendiri menggunakan ukuran berbeda dengan bohlam biasa. Jika bohlam memakai satuan watt….maka LED adalah candela. Dan untuk Vario 110 daya pancar mencapai 18ribu candela atau lebih terang 6000 candela dari peraturan minimal yang diberlakukan pemerintah. AHM mengklaim…walau cahaya cenderung putih, kemampuan membelah kabut serta hujan deras tidak perlu diragukan. Hal ini ditegaskan pak Edi dari technical department. Terus berapa banderol LED jika terjadi kerusakan???….

Satu set bersama perangkat lain dijual sekitar 750ribu. Kenapa satu set?. Karena untuk membuat LED menyala ada beberapa komponen pendukung dibelakangnya. Memang sih terkesan mahal. Namun menilik lifetime yang dikatakan nyaris unlimited, biaya yang dikeluarkan tetap tidak membuat kantong bolong. Lawong diatas 10 tahun je. Btw…AHM menegaskan, jika teknologi ini diterima dengan baik oleh para konsumen, mereka terbuka mengaplikasikan keseluruh produknya….moped ataupun sport. ” Semua tergantung pasar…..kita akan lihat nanti” ujar pak Hendri (R & D) saat menjawab pertanyaan para Blogger. ” Enaknya dengan LED kita tidak butuh ruang reflektor terlalu gede. Jadi kedepan kita bisa lebih bebas berkreasi khususnya hal desain. Sedang bohlam biasa tidak bisa karena panas yang dihasilkan membutuhkan ruang lebih..” tukas pak Edi menambahkan. Juozzz tenan!!…(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!