iklan iwb

banner-460x110 (3) image

Wajahnya yang polos terlihat bingung saat motor kudu menghadapi kondisi ramai. Bergoyang kikuk mempertahankan keseimbangan…..minggir-minggir takut kesenggol kendaraan lain. Sedang sosok kecil yang dibonceng cuek dengan kondisi tersebut…..mempermainkan kakinya tanpa kuatir dihantam kendaraan dari belakang. Mayoritas biker menoleh….dan berinisitif memberikan ruang lebih kepada mereka. Kecemasan terlihat dari muka yang melintas…..
460x110rev(1)uk460x110

iklan iwb

Jebule saat diperhatikan…..joki didepan motor tanpa plat nomer adalah anak ingusan dengan estimasi berumur 8 tahunan membonceng balita  3-4 tahunan dibelakangnya. Badannya yang masih mungil membuat bebek Supra lawas jadi terlihat outstanding. Mengejutkan brosis. Padahal dijalan tersebut sering melintas truk-truk raksasa pengangkut peti kemas. Dosa besar jika orang tua tutup mata dengan fenomena ini. Ketika anak bau kencur diijinkan membawa motor sendiri…..dijalan raya bercampur dengan kendaraan besar yang siap mencelakakan sewaktu-waktu. Sama saja kita membunuh buah hati secara tidak langsung…..

Jika itu terjadi….jangan menyalahkan takdir. Tapi kekonyolan, keteledoran dan minimnya rasa sayang yang menjadikan nyawa mereka diujung tanduk. Monggo saja cuek tidak perduli…tapi setidaknya hargailah nyawa mereka sebagai penerus bangsa. IWB saja yang tidak ada koneksi hubungan darah dengan sikecil merasa was-was dan cemas. Herannya orang tuanya sendiri koq nggak. Jian kebacut tulen tenan……tobat rek-rek!!. Sudah sering IWB bahas perkara ini. Tapi masih tetap saja banyak kejadian yang membikin ngelus dada seperti diatas…..

So….pada kesempatan ini IWB berharap pada para pembaca Iwanbanaran.com, jangan pernah sekalipun memberikan ijin sikecil nunggang motor sendiri…apalagi bonceng adiknya. Ingat, penyesalan selalu datang belakangan…..dan jika itu terjadi, semuanya tidak akan bisa ditarik kembali. Rasa bersalah yang akan kita tanggung seumur hidup. Sayangi buah hati dengan edukasi dan didikan yang benar demi keamanan, keselamatan dan masa depan mereka kelak…..(iwb)

image

image

image

202 COMMENTS

  1. Buah itu gimana pohonnya.. Anak pinter opo keblinger mesti melu wong tuwek.. Kalo masih melempar tanggung jawab, berarti sampeyan orang tua pengecut.. Ing ngarso suntulodo,, ing madyo mbangun karso,, tut wuri handayani..

  2. Ya seharusmya Tidak hanya mengambil Foto harus ikut berperan mencegak anak trersebut unyuk tidak melanjutkan perjalanan dan mengendarainya. Dab lagi rak ada Pkat Nomornya kalau ada apa apa dengan kecelakaan tersebut sesah melacak keluarga siapa Pe4miliknya.

  3. Ngeri kang iwan… Cah se’umuranku (usia SMPnan) akeh sing srudukan numpak brompit…opo meneh iki, cah 8 tahun… Paling pas ditakok’i polisi di mana SIM dan STNKnya, mereka ogah menjawab terus ngeloyor minggat….

    *nek ora paling yo ngetokke SIM card, hehe

    • itu disirkuit, patah tulang, lecet2, langsung ada marshall plus petugas medis. dijalan umum lo kira bisa langsung panggil petugas medis???

  4. Gonku okeh kang,tapi bocah cilik2 gowo motor podo petakilan malah nyebeli.Tau aq disalip yo cah cilik gowo motore buanter,knalpote racing,e lha bar nyelip aq mobil angkot ngarepku mandek ngedukne penumpang,lha cah sing nyalip aq ngerem dadak geol geol,brookkk…ambruk motore,bocahe ingah ingih ra ono sing nulungi,dijarno wae ujung2e ngadek ngangkat motore dewe.trs bar kui baru alon2,padahal yo wes bonyok sikile

  5. tingkat kecerobohan ortunya tuh…. Membiarkan anak”nya berada di tempat yg blom smestinya….

  6. Kalo nyesel duluan itu namanya daftar ulang kang….
    Alhamdulillah….
    Meskipun anak ane 11tahun sudah bisa mengendarai motor sendiri. Tetap saja, kami orang tuanya tidak mengijinkan membawa motor sendiri. Kesekolah aja pk sepeda pancal ko.
    Ane ajari anak ane mengendarai motor…. Untuk darurat saja. Misalnya, ibunya sakit….. Jd bisa mengantar ibunya ke rumah sakit terdekat….. Dan alhamdulillah…. Anak laki2 (11th)ane dikaruniakan tinggi badan yang cukup untuk menjejak tanah di motor shooter n vario ane.

  7. Kadang miris mas
    udah bawanya ngebut, nggak pakai helm
    nggak di kota nggak di kampung sama mas
    kunci utama adalah orang tua
    pernah saya ngobrol dikampung kenapa
    anak kecil pada dikasih naik motor
    katanya biar enak ada yang disuruh
    kejadiannya waktu aku pulang kampung ke Ngawi
    waktu saya ceritain kalau anak saya belum bisa naik motor
    orang kampung pada heran, masalahnya anakku sudah 17 tahun
    sama 12 tahun, sedang dikampung umur 9 tahun sdh pada jago
    naik motor

  8. Ada mas pembalap tmpat ane 9 thn luar biasa,,calon pengganti doni tata,,rafid topan kayakx..

  9. *******Dear Mas IWB******

    Tolong anda kapasitasnya sebagai blogger kondang, untuk menyampaikan ke kepolisian republik indonesia untuk dibuatkan suatu keputusan untuk dilarang merokok ketika berkendara baik sepeda motor maupun mobil.

    Gw sering jengkel kalau ada orang ngerokok di lampu merah dari congornya keluar asap dan itu persis di samping gwe, rasanya pengin gw gaplokin tuh mulutnya.

    Begitu pula pengendara mobil kalau buang abu rokoknya dengan cara memantikkan jarinya keluar kaca mobil. Pengin gw tonjok rasanya mukanya.

    Itu seharusnya jadi perhatian serius, soalnya disini prinsipnya saling menghargai pengendara.

    tks

  10. malah tempo hari sya searah di jalanan dengan pasangan suami istri di sebuar perumahan di kawasan cileungsi. pasangan suami istri ini ber asik ria naik motor sore2 yg bikin dengkul lemes ketika saya lihat di dek motor mio pasangan suami istri tersebut anak umur 20bulanan yg dia taru nyelip di dek motor. langsung saya kejara motor tersebut. mau kasih tau anaknya tidur di dik. sambil duduk.. sempet di cuekin pas saya kasih tau. baru di denger pas saya marah2.. sya gak abis fikir ketika orang tua tersebut bawa jalan2 anak bayi, saya sebut bayi karena belum genap 2th, di

    • kalau di tempat ane malah lebih tragis lagi. si anak dibiarkan berdiri di jok, ketika bapaknya menghindari lubang di jalan si anak terjatuh dan kelindas angkot

      • Kemarin kejadian di deket rumah mazbro. Pasangan suami istri bawa anak umur 3th. Dia berangkat dari depok mau ke daerah cikrang. Anaknya di diriin di tengah2 bapak sama ibunya. Motor kpleset.. mungkin kenceng atau gimana. Anak jatuh ke kanan, ibu bapaknya ke kiri. Si anak Pas kena ban belakang truk. Kepala kelides truk. Amburadul.. kepalanya.. posisi tengkurep. Saya lihat fotonya sja sudah lemes. Amit2

      • kalau ane bawa anak kecil lebih suka ditaruh didepan pakai motor tanpa kopling biar tangan sebelah bisa bebas megangin

  11. lek anaknya jgn boleh kyk gt lo..
    ntr malah di kasi sport buat pemula..
    wedine ngene lek,,pas ngandani anak’e lek iwb ngene njawab’e : “buapakku loo iwb,biker endi seng ra kenal”..

    wuadieh tepuk jidat ngelus dompet 😀

  12. di daerah saya, anak smp kelas 1 minta dibelikan motor dan anehnya lagi langsung dibelikan oleh orang tuanya. Opo ora sobek tenan kuwi mas

    bapakesalma.wordpress.com/2014/03/18/fenomena-fby-dan-fbh/

  13. jaran wesine supra x keluaran 98 cmiiw :mrgreen:

    nivikoko.wordpress.com/2014/03/18/cara-untuk-menghemat-bbm-wajib-dicoba-nyesel-kalo-nggakk/

  14. munkin faktor mindset jga berperan om . .
    mungkin ortu nya mikir klo udah di biasain bwa motor dari kecil gedenya bkal jago bwa motor . .
    padahal skill aja gak cukup, perlu jga mengerti tata tertib lalu lintas
    di daerah ane malah lebih ekstrim om . . anak 13 taon dah berani bawa ninja … gak pke helm pula

  15. Di daerah banyak kang. Mungkin si orang tua nya merasa bangga bila si bocah bisa bawa motor. Karna dulu nya orang tua nya ga sekolah trus bisa beli motor. Soal nya kalo dulu orang bawa motor di katain hebat.

  16. neng sak endonesya raia seko sabang tekan meroke kayane mesthi ono sing ngene2 iki, trus piye kang solusine? nek kembali ke kesadaran masing2 biasane sadare yen wes kebacut je..

  17. m.detik.com/oto/read/2014/03/18/153424/2529329/1208/hati-hati-banyak-bengkel-ahass-jadi-jadian

  18. beruntung dulu orang tua saya benar-benar protektif masalah motoran.helm sampe gak dipakai stnk n kunci diambil gak boleh bawa motor.tapi beda sama anak sekarang mungkin.

  19. Pabrik.y di demo aja kang,,kalo bisa di tutup,, dan si kndaraan di jdikan brang langka alias barang mahal..karena kalo ga gitu otomatis si kndaraan pasti smakin lama smakin banyak..dan harga.y pun pasti bkal rndah… Dan jga peminat dan pngguna.y makin banyak trmasuk anak” sd. ” ngalarti teu nu ku urang di maksud teh?”

  20. bener kang iwan, sampekpolisi judeg arep ditilang jik cilik diceluk wong tuwane malah jare ra weruh lek anak numpak rotom…

  21. inget teman saya (pendiri MOCY-yogya), 15 tahunan yang lalu…. adeknya merengek-rengek minta diajarin naik motor, temenklu jengah, terus ambil tuh supra 800, digelatik di jalan, temenku ngomong:
    “KUI MOTOR KOK DEK-NE DISIK, NEK WIS ISO NGEDEKNE MOTOR TIBO, NEMBE TAK AJARI NUMPAK MOTOR”.
    si adek, sampai kempas-kempis gak bisa diriin tuh motor, dari jauh, kancaku klepas-klepus ngudut Djarum 76.
    salam mas iwan….anak baru, silent rider nih….

  22. Anake sopo kuwi mas iwan,,,, hadewhhhh
    Mungkin org tua nya sedang keluar/pergi jdi anak itu bisa mencuri2 waktu bawa motor sendirian tanpa pengawasan org tua …

Comments are closed.