iklan iwb
iklan iwb

banner-460x110 (3) image

Wajahnya yang polos terlihat bingung saat motor kudu menghadapi kondisi ramai. Bergoyang kikuk mempertahankan keseimbangan…..minggir-minggir takut kesenggol kendaraan lain. Sedang sosok kecil yang dibonceng cuek dengan kondisi tersebut…..mempermainkan kakinya tanpa kuatir dihantam kendaraan dari belakang. Mayoritas biker menoleh….dan berinisitif memberikan ruang lebih kepada mereka. Kecemasan terlihat dari muka yang melintas…..
460x110rev(1)uk460x110

Jebule saat diperhatikan…..joki didepan motor tanpa plat nomer adalah anak ingusan dengan estimasi berumur 8 tahunan membonceng balita  3-4 tahunan dibelakangnya. Badannya yang masih mungil membuat bebek Supra lawas jadi terlihat outstanding. Mengejutkan brosis. Padahal dijalan tersebut sering melintas truk-truk raksasa pengangkut peti kemas. Dosa besar jika orang tua tutup mata dengan fenomena ini. Ketika anak bau kencur diijinkan membawa motor sendiri…..dijalan raya bercampur dengan kendaraan besar yang siap mencelakakan sewaktu-waktu. Sama saja kita membunuh buah hati secara tidak langsung…..

Jika itu terjadi….jangan menyalahkan takdir. Tapi kekonyolan, keteledoran dan minimnya rasa sayang yang menjadikan nyawa mereka diujung tanduk. Monggo saja cuek tidak perduli…tapi setidaknya hargailah nyawa mereka sebagai penerus bangsa. IWB saja yang tidak ada koneksi hubungan darah dengan sikecil merasa was-was dan cemas. Herannya orang tuanya sendiri koq nggak. Jian kebacut tulen tenan……tobat rek-rek!!. Sudah sering IWB bahas perkara ini. Tapi masih tetap saja banyak kejadian yang membikin ngelus dada seperti diatas…..

So….pada kesempatan ini IWB berharap pada para pembaca Iwanbanaran.com, jangan pernah sekalipun memberikan ijin sikecil nunggang motor sendiri…apalagi bonceng adiknya. Ingat, penyesalan selalu datang belakangan…..dan jika itu terjadi, semuanya tidak akan bisa ditarik kembali. Rasa bersalah yang akan kita tanggung seumur hidup. Sayangi buah hati dengan edukasi dan didikan yang benar demi keamanan, keselamatan dan masa depan mereka kelak…..(iwb)

image

image

image

Advertisements

202 COMMENTS

    • si Koplak kie nedas mu le,,, mulakno ne yen sekolah kie mangkat ora mung ngentek2 ke duit,e wong tuo,,, direwangi wong tuo golek duit angel2 ko contong,e ra tau di toto,,,, ne mbaca kie si lengkap lllleee,,,,,

    • yo di maklum,i kang,,, karang jenenge wae SURO,,,, ra ono becik2,e,,, jan,e wong tuo ne wes wegah ngopeni,,,ra wong di sekolahke yo mung nyampah wae congor,e,,,

  1. orang tua kadang salah memberikan kebebasan ke pada anak nya.dan akhirnya apabila terjadi sesuatu hanyalah penyesalan.

  2. anak-anak sekarang susah dituturi mas… anak kurang pengawasan, atau mungkin pengen kaya maquez..sejak kecil sudah naek motor..

    bahkan masih umur segitu di belikan motor baru mas…di tumpaki gaspol…ngenggggggggggg!kok dak jalan lawong gigi prosneleng masih 0….dimasukkan lang sung jumping…ngenggggggggg! bruk ! o e k ! yg susah akhirnya yo wong tuo ya!

  3. kui emang arep latihan jumping lek,,
    diambil sisi positifnya, siapa tahu dia bisa jadi pembalap gp termuda masa depan indonesia

  4. aku malah pernah nemu anak kecil bonceng tiga lek naek matic. kebut2an pula sama2 gak pake helm semuanya. wis jan kebacut tenan wong tuwone…

  5. Mas, kejadian begini persis saya lihat sendiri di kompleks, saya samperin, ngga pake moto moto, saya omelin,”heh kamu, anak kecil jangan bawa motor!” Lalu dia belok, saya lanjut ke kantor polisi terdekat nemui bagian lantas, dan minta diadakan operasi kendaraan di daerah itu. Hasilnya sampai sekarang, nihil mas, ngga tahu harus ngomong ke mana lagi?

    • Beberapa kasus seperti teman anak saya, kunci sudah disimpan rapat, tapi si anak lebih lihai dengan membuat kunci duplikat. Kalau lalu kena sikat razia, kan langsung mewek semua.

  6. Kadang anak skrg malah lbh galak dr org tuanya om iwan..! Gak d ksh motor ngambeknya sampe gak mo skolah..!
    Bukan cuma resiko kecelakaan ,Resiko dirampok dijalan jg ada..! Ingat dulu ponakan ane dipinta motor beatnya sm org gak d kenal ,dgn polosnya dia kasih..,,katanya dipinjem sebentar…! padahal d bw kabur ,hadeuh…

    • Tantangan kita sebagai orang memberikan edukasi secara baik-baik. Saya pikir kalau orang tuanya bijak dan bisa mejadi panutan anak pasti nurut koq. Lawong saya juga pernah jadi anak kecil koq :mrgreen:

  7. inget kasusnya anaknya penyanyi terkenal negeri ini, kasusnya anaknya pak menteri, sama kasusnya anaknya mntan pejabat tinggi polisi d jawatimur…

  8. Tak lihat dr belakang ky si ibam yo….

    Xixixixixi……

    (Guyon mas,jgn di tendang aku)

  9. antara dua hal….. orang tua gak sayang anak… atau orang tua banyak anak ….(hilang satu tumbuh seribu..)…

    • ntar kalo harga motor min 30 jt…. blogsphere permotoran gak rame donk om…. gak ada fby fbh yang saling perang bacot donk……. hehehehe….

    • mas yohama=boros pooooolll, tadi udah disinggung mas iwb loh nama sampean mohon diganti, mengundang kontroversi

  10. kalo ponakan2 ane, kagak ane bolehin naik motor, ane takut2in, kalo kamu naek motor itu bikin pertumbuhanmu terhambat, kalo mau pendek silahkan naik motor, alhamdullilah ponakan ane kagak ada yang mau naek motor dan sekarang ponakan ane yang paling tuwa 18 tahun tingginya 183 cm, nah bener kan nasehat ane.

Comments are closed.