iklan iwb

banner-460x110 (3)

edBro dan Sis sekalian?..pabrikan bisa besar karena konsumen. Pabrikan mampu berdiri kokoh karena dukungan jaringan dibawahnya. Sebagai ujung tombak yang langsung berhadapan dengan customer…..dealer adalah impresi kualitas terhadap pabrikan itu sendiri. Namun gimana jika dealer tersebut cuek bebek menyepelekan unsur “servis” karena merasa menjadi penguasa??. Inilah yang menjadi keluhan para biker terhadap dealer Kawasaki Meganusa Semesta Medan Sumatra….460x110rev(1)uk460x110

iklan iwb

Mendapatkan info dan keluhan dari beberapa biker teman IWB di pulau Sumatra…..tepatnya di kota Medan. Kisahnya berasal bro Gunawan. Seperti yang dituturkan doi, bro Gun hendak membeli ZX636R di dealer Kawasaki kota Medan yaitu Meganusa Semesta di Jl. Gatot Subroto yang iklannya ditulis main dealer Kawasaki di wilayah Aceh-Sumatra Utara – dan Riau. Tapi alangkah terkejutnya bro Gunawan dengan pelayanan counter dealer tersebut yang kurang menyenangkan (terkesan ogah-ogahan dan menyepelekan konsumen)….

Mimik mukanya dingin seperti tidak butuh. Yang menjengkelkan….saat itu ada konsumen lain yang datang naik mobil…dan sales penjaga counter begitu semangat dan lebih konsen pada mereka. Maklum kangbro, bro Gunawan waktu datang hanya mengendarai motor Vixion. Mungkin sales berpikir….bro Gunawan bukanlah potential buyer dan hanya akan menguras tenaga. Ibarat kasare ngomong…..nunggang Vixion wae mau beli moge, duit gambar bagong :mrgreen: . Pelayanan pilih kasih begitu mencolok dan transparan.? Namun ketidak profesionalan mereka belum usai….

Setelah sabar menunggu….ternyata sales counter sama sekali tidak tahu apa-apa tentang produk baru ZX636r. Mereka hanya tahu sport 600cc Kawasaki adalah ZX600r (disinyalir belum ditraining nih :mrgreen: ). Padahal bro Gun mendengar kalau Kawasaki Greentech yang di Pekanbaru sudah memiliki stock ZX636R tersebut. Rupanya terakhir baru di ketahui bahwa Greentech Pekanbaru bukan dealer yang tunduk di bawah Meganusa. Tapi berdiri sendiri sehingga bisa mengambil barang langsung dari KMI. Pantesan produk diGreentech selalu lengkap, Tapi dealer-dealer Kawasaki di kota lain di Sumatra utara seperti Tanjung Morawa tidak pernah ada stock…..

Karena merasa kecewa dan tidak ada kabar dari Kawasaki Meganusa Medan setelah menunggu 1 bulan, akhirnya bro gun pergi ke Pekanbaru. Tapi sayang…..Kawasaki Pekanbaru tidak bisa menjual unit untuk konsumen ber KTP Medan. Alasannya karena beda wilayah. Akhir doi terpaksa datang kembali ke Kawasaki Medan. Tapi tetap saja tidak ada kejelasan kapan mereka memiliki stock ZX636r. Mumet bin tepuk jidat kangbro. Mau beli moge aja susah bener. Mencari referensi teman-teman doi para biker Kawasaki lain……mendapatkan informasi bahwa Kawasaki di Medan ini memang agak susah dan rada sombong….

Jadi atas masukan para kolega, bro Gun terpaksa membeli unit ZX636r dari Greentech Pekanbaru menggunakan KTP orang lain yang berdomisili di kota tersebut. Alias plat yang keluar adalah BM. Masalah selesai??. Belum kangbro…..

image(4)
Free coupon servis tidak berlaku diMeganusa Medan kecuali produk yang dibeli disana (wajah disamarkan atas permintaan bro Gunawan)

Setelah beberapa hari kemudian akhirnya unit ZX636 hijau sampai kepelukan. Waktu servis pertama telah tiba…..bro gun kembali mengunjungi Kawasaki Meganusa Medan sebagai dealer resmi terdekat. Namun alangkah terkejutnya……sebab customer service malah mengatakan mereka tidak bisa menerima service motor yang bukan dari hasil jualan mereka dengan free service coupon, tapi harus bayar cash alias kupon tidak berlaku disana. Bahkan yang lebih tidak masuk akal adalah biaya service plat BM di patok dua kali lipat dari harga service motor plat BK. Dengan berat hati service tetap dilakukan, tapi membuat rasa trauma untuk kembali mengunjungi dealer tersebut….

  1. Yang ingin di pertanyakan adalah…..apa salah konsumen yang membeli motor di tempat lain padahal dealer di kotanya tidak menyediakan unit tersebut ?
  2. Apa free service kupon hanya berlaku di jaringan dealer tempat dia membeli saja? Bukan berlaku national?

Jelas…sejauh yang IWB tahu kupon servis gratis berlaku secara nasional. Mau sampeyan berada diujung Merauke ataupun Sabang…dealer wajib menerima dan membantu servis produk berdasarkan brand atau merk sesuai dengan buku garansi. Flownya sederhana…..kupon tersebut oleh pihak dealer akan di-reimburst atau diklaim kepusat. Jadi sebenarnya…dealer tidak sepenuhnya gratis karena pusat mengganti nominal fee untuk servis yang dikeluarkan. So….dari kasus Meganusa, dealer ini terindikasi enggan membantu atau memang sengaja melakukan dengan alasan khusus…..

Sedang untuk case pertama….jujur memang rada rumit. Sepertinya terjadi persaingan tidak sehat antara kedua dealer. Jadi dengan tindakan dan manuver Meganusa terhadap konsumen yang beli diPekanbaru…mereka berharap konsumen kapok dan lebih memilih mereka. Orientasi bisnisnya sangat kuat dan cenderung merugikan konsumen. Pertanyaannya….gimana jika mereka tidak mampu menyediakan produk yang kita inginkan??. Sepertinya nggak fair ya bro konsumen menjadi korban keegoisan bisnisnya. Nah…inilah yang menjadi kendala dan PR Kawasaki pusat guna bertindak tegas. Turun kelapangan langsung membenahi carut marutnya kinerja dealer besar mereka didaerah….

Last…..bro Gunawan berharap dengan hadirnya artikel ini bisa menjadi perhatian serius Kawasaki agar lebih baik lagi……menyikapi secara sungguh-sungguh keluhan konsumen terhadap pelayanan para dealer besar. Patut diingat…persaingan semakin ketat. Geng ijo kedepan tidak sendiri dalam memasarkan moge. Suzuki dan Yamaha sudah menapakkan kaki dizona tersebut. Dealer hanya orientasi bisnis??. Pabrikan kudu bertindak tegas jika tidak ingin terjadi seleksi alam. Produk keren dealer memble ya sami mawon. Ya nggak bro…..(iwb)

349 COMMENTS

    • pertamaker ini disinyalir sebelahan omah dg iwb lantas nyantol kabel receiver. pantesan begitu iwb nge enter upload artikel langsung disambar.
      aje gileeeee

  1. isoackckckckc, jebule
    pertamax7.com/2014/03/14/gosip-yamaha-yzf-r15-v3-0-di-india-ganti-ecu-power-naik-jadi-18-ps-foootstepnya-mirip-bakal-calon-yamaha-r15-indonesia-yak/

  2. Bener kang kawasaki greentech pekanbaru langsung dibawah naungan KMI jadi stock moge dan motor lain lengkap… Untuk Riau main dealer kawasaki keluarga Greentech….

  3. wah sangat dipersulit…. konsumen jadi sengsara

    nivikoko.wordpress.com/2014/03/14/tercengang-ketika-r15-hanya-25-26-juta-nasib-nvl-saya-jadi-menggantung-antara-dijual-atau-dihibahkan-ke-fbh-aka-adik-saya/

  4. kawasaki sebuah brand yang terkenal adem ayem tanpa banyak ba bi bu, ternyata tercederai oleh perilaku dealer,,, patut disayangkan

  5. daripada beli Moge kawasaki 600cc , mending buat beli truk Hino Dutro seken ! warnanya juga sama-sama ijo

    • nahh sejauh ini komen ente paling cerdas, bro
      di lintas sumatra zx636 apa berani nyalip hino dutro? bisa2 jadi lemper dah, warnanya juga sama2 ijo

  6. Kawasaki Motor Indonesia????…..gak beda ama importir umum black market…disuruh ngurusin kayak gitu mana mau….komplain P200NS aja dilempar2 gak jelas…habis itu komplain ke dealer resmi di Semarang malah disuruh foto sendiri….bener2 luar biasaaaaaa

      • Jujur, saat ini kalau ditempat saya yang mendekati seperti itu hanya yamahu, honde cuma pande jualan, purna jual lelet koyo keong, kawoskaki jualan ninja tok (lainnya gak laku) bengkel gak ada, suzuki kerjanya nyetok barang ampe debuan gak laku2, purna jual juga parah..

        #saya pejalan kaki

  7. Yah mungkin itulah alasan kenapa kangbro yg brada diTulungagung lbh menunggu R15 drpd RR mono cz 3S kawasaki yg payah…ingt artikel kang Iwan dulu!

  8. aneh ya koq dealer di pekanbaru ga nerima pembelian gara2 ktpnya medan…? emang kawasaki nerapin aturan kayagitu..?

  9. diler spt ini kudu di sikat ni bro.. segera laporkan saja ke pusat..

    sinaga17.wordpress.com/2014/03/14/cara-import-contact-email-dari-excel-ke-outlook/

  10. Sama,,,
    Kmrn juga mau beli z1000 di kawasaki cikarang dekat mall SGC .
    Katanya bisa tersedia,
    Tapi kudu indent,
    Okey ndak masalah indent,
    Trz dealer berkata,
    Indent selama 3 ~ 5 bulan
    Wuih,,, ( ora sudi ) red
    Lalu dealer ngomong,
    Kl pngn cepet juga bisa sih,,
    Nambah 4juta ,

    Akhirnya saya putuskan tidak jadi beli saja,
    Dan memilih beli pajero saja,

    Mohon dibantu untuk kasus permainan dealer kawasaki se indonesia ini,

      • Masa sih ?
        Saya inden becak di diler ondah 1 hari diantar kerumah kok boss, inden gerobak sayur cukup 2 hari di diler yamahu 😀

  11. Btw rata2 smua dealer mlakukan hal yg sama dmana pmbeli yg dtang dngn pnampilan baik lbh dtrima drpd pmbeli yg brpnampilan jelek n lusuh,pdhal blm tntu yg jelek n lusuh gak pnya uang bt beli mtor…

    Soalnya da kjdian serupa pd tmen ane yg niat beli NVL,mentang2 dtang kedealer Yamaha cm naek angkot pke kaos n clana pndek maen mremehkan ja,pdhal ditas doi bwa uang 15jta…bgtu udah dbyar lngsug ja tuh NVL dnaeki bwa plang! Trus da crita orng yg dtang ke dealer Yahonda cm naek bcak dngn pkaian lusuh jg dtolak

  12. Apa mas Gun ini perna email pihak Kawasaki lek?
    Atau sudah membuat surat keluhan pembaca gitu?
    setau saya juga kupon gratis berlaku buat seluruh dealer resmi.

  13. Pengalaman sama dgn sepupu ane… Dtg ke dealer kaoskaki dgn baju alakadarnya, counter salesnya senyum aja kga… Setelah agk sdkit di “gas” baru deh mw ngeladenin… Katanya sih klo sales kaoskaki emg kya gt karna emg gk ngejer MS dan pny prinsip “mau beli ya syukur, gk ya sdh”…

Comments are closed.