iklan iwb

banner-460x110 (3) image

Bro dan sis sekalian…testing versi open class mesin Desmo lewat Doviozo dinyatakan sukses (sebelumnya IWB mengira versi factory). Menimbang dengan cermat prospek kedepan….plus minus serta beratnya menjadi factory team bersaing dengan Honda-Yamaha membuat Ducati secara official menyatakan masuk open class dan meninggalkan posisi paling bergengsi diajang Motogp..

460x110rev(1)uk460x110

iklan iwb

Hari ini adalah deadline yang dipasang Dorna bagi Ducati untuk memutuskan niat mereka antara factory team atau open class. Dihembuskan pertama kali Januari silam….akhirnya tim merah menghapus tim elit factory dan meyakinkan diri melanhkah keopen class. So…tercatat Jumat 28 Februari 2014, Cal Crutchlow dan Andrea Dovizioso, plus Pramac’s Andrea Iannone….mengikuti jejak Yonny Hernandez. Rumor panjang perkara ini sebenarnya sudah disuarakan GM Gigi Dall’Igna sejak kemarin. Atas keputusannya doi mengatakan….

” Kita telah pelajari secara hati-hati regulasi teknis yang baru dan pada kesimpulan akhir kelas open adalah yang paling menarik bagi Ducati saat ini. Tahun ini kita harus terus mengembangkan motor sepanjang musim untuk meningkatkan daya saing, sementara kelas factory dilarang melakukannya. Kita percaya diri….paket elektronik yang disupplai Magneti Marelli bersama Dorna punya kualitas yang sangat bagus dan bisa membantu pengaturan seluruh fungsi elektronik motor dengan benar..” ujar Gigi memberikan alasan kepindahan mereka….

Yup….Ducati sudah memilih mzbro. Keuntungan open class yang bisa mengganti mesin sebanyak 12 kali, bebas mengembangkan mesin sepanjang musim, bensin lebih banyak 4 liter, tipe kompon belakang yang lebih lunak dibanding factory class akhirnya meruntuhkan gengsi tim Desmo. Tidak bisa dipungkiri..sepeninggal Stoner, Ducati bagai kehilangan taji. Bahkan Rossi-pun dibuat menyerah. Hingga kesempatan itu datang. Jajal spek open class menggunakan software yang dilock Dorna buatan Magneti Marelli plus benefit regulasi….Ducati langsung kompetitif…..

last…apakah keputusan Ducati akan mempengaruhi peta persaingan diMotogp 2014?. Dan gimana dengan Suzuki yang berniat kembali keMotogp tahun depan??. Mungkinkah mereka mengikuti langkah serupa??. Apakah regulasi yang dibuat Dorna memang sengaja untuk menekan Honda yang begitu kekeuh tetap ingin menggunakan sofware pabrikan dan mengancam hengkang jika dibuat sama?. Makin menarik brosis. Kita pantengin saja terus kabar ini. Factory class?. Tinggal Honda Yamaha nih. Beighhh…musuh bebuyutan lagi dah :mrgreen: …..(iwb)

99 COMMENTS

  1. bisa ga bang musim ini ducati pindah open class semusim berikutnya krn satu pertimbangan balik ke status factory.
    kayaknya ga ya, bisa sia2 regulasi openclass tante Dorna 😀

  2. Motor paling aneh sejagad,
    masa’ versi open class lebih kenceng drpd factory, kerjaan r & d team factorynya gmn tuh,

  3. di wsbk udah seret, di motogp makin tenggelam…

    masuk kelas OC, malah makin kenceng???
    terus pas masih factory itu mekaniknya gimana, masa emang ducati takut boros bensin???

    si CC mau factory, ya gigit jari…

    *paling tidak gak kaya gogon, dari pake motor factory ampe open gak masuk 5 besar mulu, tapi meweknya menjuara… 😆

  4. ini mah akal2an ducati aja dari dulu jg ecu dan software udah disuply magneti marelli, kaga ada bedanya tuh ecu dan software factory ducati sama open class, pake trik halus model begini supaya bisa bersaing ma pabrikan jepang? factory ducati berbulu open class ekekekeke

  5. Waduh, jangan2 nantinya ridernya jg standar dorna yaitu orang spanyol, minimal eropah.

  6. mslh desain eropa jagonya!
    mslh teknologi asia jagonya?

    Indonesia katut asia yo? Eh..

  7. Confirmed..!

    Hot Topic..!

    Disinyalir motor yg digunakan oleh semua tim di Motogp diwajibkan menggunakan jasa tambal ban yg disupplai oleh Dorna & Magneti Marelli.

  8. Disini mungkin dorna n fim brmaksud mnghilangkan dominasi 2 pabrikan n dominasi 4L klo kata wak haji topik.. Klo mw murah mah balapan keong aj jgn balapan motor!!! Mana ad balapan murah,smw balapan butuh pengembangan mesin n elektronik,nah maksud dr dorna mw mengembalikan balapan brdasarkan kombinasi mesin motor yg baik dan skill yg mumpuni jd g 4L lg

  9. Ujung2nya nnt ECU dr dorna yg exis di motogp, untung cm ducati dr ATPM yg pindah OC, coba kalo semua wuuuuiiihhhh ! Bs gawat broo !

  10. Ducati kencang karna ECU dorna, ok !, tp asumsi publik jls berbeda kn ? Nama ducati sudah di pertaruhkan sebagai merk yg tidak bisa berkembang sbg tim factory , ibaratnya adlh kencang tp dengan bantuan ECU dr dorna, ini nntinya membuat nama ducati menjadi kurang istimewa di hati bikers.

    Bisnis jangka panjang yang di impikan dorna akan meraup untung yang besar ! Dan juga akan mengancam merk2 jepang pula, makanya honda,yamaha,suzuki masih ttp bersikeras menolak kebijakan dorna karna mereka menilai ini adalah jangka panjang yg terselubung

  11. di kompetisi nanti mereka tetap tidak bakalan bisa melawan factory team yang sudah mapan

Comments are closed.