iklan iwb
iklan iwb

wpid-460-x-110.jpg

Revo FIBro dan sis sekalian…..Honda secara sukses merilis bebek Revo FI sebulan yang lalu. Sebagai versi injeksi….motor ini memang jauh lebih ganteng dan sporty. Namun tahukah sampeyan…diluar desain, sistem injeksi sang kuda besi juga beda dibanding varian lain???….uk460x110460x110rev(1)

Honda Revo FI sudah menganut PGM FI step 5. Bedanya dibanding versi sebelumnya…step 5 adalah penyempurnaan dari gen pendahulunya khususnya pelacak kondisi filter fuel pump yang lebih akurat. Maksude piye kang Iwan??. Ok…IWB terangkan pelan-pelan sambil santai nih ya. Ojo lali…mangan siang dulu biar weteng wareg :mrgreen: . ….

iklan iwb

Jadi gini kangbro. Sistem PGM-FI step 4 telah dibekali removable filter yang dicangkokkan pada fuel pump dengan jalur back up khusus jika filter kotor. Letak lubang ini berada dibawah dekat saringan. Kelemahannya….sulit menganalisa secara akurat kondisi filter akibat posisi jalur back up berada dibawah. Karena itulah Honda memberlakukan pengecekan filter fuel pump setiap 48,000km. Dari sana insinyur Honda mencari cara agar bisa mengetahui keadaan filter tanpa membongkar fuel pump. Dan inilah hasilnya….

Disempurnakan pada step 5….Honda memberikan pipa khusus (disebut by pass) sehingga lubang jalur back up berada pada ketinggian tengah tanki. Tujuannya apa??.  Apabila saringan bahan bakar mampet….suplai bahan bakar akan terputus. Bensin kurang setengah tanki maka sepeda motor bakal brebet seperti bensin habis. Berarti indikator bahwasanya saringan bahan bakar kotor dan harus diganti. Dengan desain anyar, maka konsumen tidak perlu lagi melakukan pengecekan filter fuel pump tiap 48,000KM mengingat berbagai kondisi dan keadaan saringan bisa lebih cepat atau lebih lambat. So akurasi indikator saringan kotor PGM FI step 5 mencapai 99 persen…

Last….beda dengan step 3, pada step 4 sejak Vario 125 dan seterusnya…filter fuel pump bisa dicopot dan diganti baru. Harga saringan sendiri cukup murah yakni sekitar 55-65ribuan. Ternyata  desain fuel pump oleh Keihin sudah diperbaiki agar low cost maintenance. Nah…wis gamblang kangbro?. Jadi…..jika sampeyan mendapati motor brebet seperti kehabisan bensin padahal indikator masih setengah tanki…nggak usah panik.  Berarti sudah masuk waktunya ganti filter fuel pump. Tinggal kepom tambah bensin…..dan dibawa kebengkel untuk diganti part yang IWB sebutkan. Tapi patut diingat…tercatat pada step 5 yak khususnya Revo FI. Berikut simulasi gambarnya biar lebih jelas….(iwb)Revo

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!