iklan iwb
iklan iwb

wpid-460-x-110.jpg

diasil silinderBro dan sis sekalian….seakan ingin membuktikan keunggulan forged piston & diasil silinder, Yamaha mengajak segenap media dan Blogger mengintip secara langsung bedah silinder salah satu motor Vixion keluaran 2007 milik salah satu komunitas. Kuda besi yang memang sudah tua karena termakan usia akhirnya dibongkar. Didepan kita semua….hasil yang berada didepan mata ternyata lumayan mengejutkan. Lha gimana nggak mzbro…dinding silinder mengkilap bak kaca rias. Lah….koq iso??….uk460x110460x110rev(1)

Bedah mesin dari lab sih biasa. Namun gimana jika yang dibedah adalah motor dari milik pengguna langsung. Alat transportasi  yang digunakan lalu lalang harian….melibas macet, hujan, panas, debu, topan, badai (haiyah…koq malah prakiraan cuaca :mrgreen: ). Intinya….pabrikan nyomot tunggangan user sebab simulasi harian lebih riil ketimbang tester yang melakukan. Terus…gimana hasilnya??….

iklan iwb

Kepala seher berkerak tanda motor telah dipakai menempuh jarak yang cukup eskstrim. Kerak ini terbentuk dengan sendirinya karena bensin mempunyai senyawa yang bersifat unwash gum (monggo intip artikel lawas). Walau pembakaran sempurna unsur ini akan tetap terbentuk sebagai hasil pembakaran selama bertahun-tahun. Diluar piston….yang cukup mencengangkan adalah dinding silinder. Jian kinclong tenan kangbro…..

diasil silinderKinclongnya bak kaca rias beda dengan dinding silinder yang biasa IWB lihat sebelumnya. “Itulah diasil silinder. Jadi kalau ada yang mengatakan material tempa aluminium sama saja dengan silinder biasa adalah tidak benar. Kita ingin edukasi konsumen tentang informasi-informasi menyesatkan seperti itu...” tukas Pak Abidin (PT YIMM).  Yang dikatakan pak Abidin diamini pak Dion yang mengatakan bangga mempersembahkan teknologi tersebut untuk konsumen Indonesia. Menurut mereka, material tempa lebih padat dan kerapatan jauh lebih kecil dibanding reguler. Selain itu material piston juga elastis sehingga mampu menutup celah atau clearance dinding silinder. Alhasil kompresi tetap terjaga walau kendaraan sudah menempuh jarak puluhan kilometer. Tidak heran pabrikan berani memberi garansi hingga 5 tahun untuk komponen yang dimaksud. Juozz….

Last…apapun itu bagi IWB yang paling utama adalah perawatan khususnya penggantian oli secara teratur. Hal ini sudah IWB buktikan saat memiliki tunggangan lawas Megapro lansiran 2002. Berumur 8 tahun…..sang kuda besi tetap mantap larinya. Kalau lari 115km/jam mah eces kangbro. Sebaliknya…kendati sudah dibekali forged piston dan diasil silinder tapi sampeyan ogah-ogahan ganti oli….ya pasti ambrol juga. Nah…kalau sudah rajin dikombinasikan motor bermaterial forged piston & diasil silinder….opo ora juozz gandozzz kuwi. Yo wis…untuk memberikan gambaran, berikut video rupa dinding silinder diasil setelah menempuh jarak 88,777 km. Cekidot….(iwb)Forged piston

Video kondisi diasil silinder setelah menempuh jarak 88,777 km

[youtube=http://www.youtube.com/watch?v=tc-qBVznIgA&feature=youtu.be]

Profil kendaraan

Yamaha Vixion B 6774 TT
Keluaran : 04-07-2007
No mesin : 3C1 -002*8*
No rangka : MH33C10*17K001989
Jarak tempuh : 88,777 KM

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!